Jangan Lupa Datang ke Tempat ini Jika Wisata ke Padang

By | March 11, 2017

Dengan karunia kekayaan alam yang berlimpah disertai aneka budaya nya, tinggal di bumi Indonesia merupakan kenikmatan dan kebanggaan tersendiri bagi setiap orang di bumi Indonesia ini. Indonesia tidak hanya kaya akan hasil alam, budaya serta bahasanya, namun memiliki keindahan alam yang mempesona. Keindahan alam tersebut bisa dijadikan sebagai Sumber Daya Alam tersendiri yang bisa memajukan bangsa. Hal tersebut termasuk dengan ragam budayanya yang bisa dijadikan sebagai destinasi liburan atau wisata yang menarik.

Padang merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Sumatera, tepatnya adalah ibukota dari Provinsi Sumatera Barat. Kamu pasti tidak asing lagi dengan dongeng Malin Kundang dan Siti Nurbaya kan? Cerita tersebut berasal dari kota ini. Seperti pulau-pulau di Indonesia lainnya, Padang juga memiliki berbagai jenis obyek wisata yang patut untuk dikunjungi.

Keindahan alam Padang bisa kamu nikmati mulai dari tempat wisata baharinya yang memukau, kekayaan wisata budayanya yang menarik, dan bangunan-bangunan bersejarahnya yang memiliki ciri khas tersendiri. Jika kamu datang ke kota Padang, jangan lupa untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata yang akan dibeberkan pertamakali.com berikut ini.

Pesona Alami Pantai Nirwana

Pantai-Nirwana

http://anekatempatwisata.com/wp-content/uploads/2014/07/Pantai-Nirwana.jpg

Indonesia memang terkenal dengan pantai-pantainya yang sangat indah. Salah satunya merupakan pantai yang bisa kamu temukan di kota Padang, yaitu Pantai Nirwana. Kemolekan Pantai Nirwana yang bagi sebagian orang merupakan salah satu “surga dunia” ini, menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Barat. Bagi kamu yang senang dengan teduhnya suasana sore hari sambil menikmati senja, ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk dikunjungi.

Pantai Nirwana terletak pada jarak 14 km dari pusat kota Padang. Lokasi pantai ini berdekatan dengan Pelabuhan Teluk Bayur yang sudah terkenal keindahannya. Dari jaman penjajahan Belanda, pelabuhan ini memang sudah cantik hingga sekarang. Banyak hal yang bisa dinikmati ketika berada di Pantai Nirwana. Kapal-kapal yang berlalu lalang dengan membawa penumpang serta beberapa pemandangan kapal bersandar di Pelabuhan Teluk Bayur akan dapat Anda lihat di sana.

Hal yang membuat Pantai Nirwana ini semakin menarik dan indah adalah dengan hadirnya pohon-pohon kelapa yang cukup banyak. Ini membuat pantai terasa lebih sejuk. Terlebih lagi jika dikombinasikan dengan hamparan pasir putihnya yang luas. Tempat ini akan nampak seperti “surga” yang membuat siapa saja menjadi terpesona.

Air lautnya yang jernih serta dikelilingi oleh perbukitan yang asri membuat daerah Pantai Nirwana ini selalu menjadi tempat yang paling menarik untuk dikunjungi. Keindahan sunset di senja hari merupakan salah satu hal yang menjadi favorit bagi banyak orang.

Tips berkunjung ke Pantai Nirwana

Tidak memerlukan persiapan yang banyak ketika Anda berencana untuk berlibur ke Pantai Nirwana. Namun Anda yang berasal dari luar Kota Padang tentu saja harus mempersiapkan penginapan terlebih dahulu. Akses menuju Pantai ini sangat mudah dan bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat. Untuk mendapatkan moment yang tidak terlupakan di Pantai Nirwana, kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Untuk menikmati suasana yang romantis, kamu bisa berkunjung di malam hari. Kerlap-kerlip lampu dari Pelabuhan Teluk Bayur membuat malam hari di Pantai Nirwana semakin mempesona.
  2. Datanglah pada bulan Juni hingga Agustus untuk mendapatkan pemandangan sunset yang luar biasa. Pada bulan tersebut, pemandangan sunset akan menjadi sangat jelas diiringi dengan pemandangan perahu-perahu nelayan yang semakin mengesankan.
  3. Persiapan pakaian ganti juga perlu dilakukan mengingat pantai berpasir putih ini termasuk dalam kategori pantai berombak kecil. Kamu bisa bermain pasir putih sepuasnya sambil bersentuhan langsung dengan air pantai yang masih alami.

Uniknya Miniatur Mekah Mini Lubuk Minturun

 Wisata Padang Lubuk Minturun

http://www.pelangiholiday.com/2014/04/miniatur-mekah-mini-di-lubuk-minturun.html

Selain wisata baharinya yang memukau, terdapat pula bangunan menarik yang terdapat di Kota Padang. Bangunan ini seperti kota Makkah, maka disebutlah bangunan tersebut dengan nama Miniatur Mekah. Tempat ini berbeda dengan tempat wisata lainnya, karena tempat ini sebenarnya dibuat untuk melakukan manasik haji dan wisata rohani.

Miniatur Mekah sudah berdiri sejak tahun 2000, tepatnya dibangun akhir tahun yaitu 13 Desember. Sejak tanggal 8 September 2001, tempat ini sudah dibangun dengan sempurna. Meskipun ukurannya tidak seluas kota Mekah, namun ketika memasuki pintu gerbang kamu akan merasa takjub dengan adanya tugu Qur’an Raksasa.

Tempat ini memang diperuntukkan bagi kamu yang ingin mengenal lebih jauh dengan kota Mekkah dan bagi mereka yang akan melaksanakan ibadah haji. Di bagian dalam bangunan terdapat sebuah masjid bernama Masjid Nurzikrullah. Masjid ini akan dibuka ketika waktu sholat telah tiba.

Tidak hanya bisa melakukan perjalanan wisata religi saja, namun kamu juga bisa menikmati pemandangan wisata alamnya yang cukup menarik. Wisata alamnya terdapat di bagian latar belakangnya. Kamu bisa melihat hamparan padang rumput nan hijau dengan beberapa koleksi satwa yang ada. Ada Unta, ular pyton, serta beberapa satwa lainnya yang memang dipelihara dengan baik di tempat ini.

Tips Berkunjung ke Miniatur Mekah, Padang

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Miniatur Mekah, kamu bisa melewati jalur yang mudah saja. Berkendaralah melalui jalur by pass dengan tujuan Lubuk Minturun. Ini bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih setengah jam saja dari pusat kota Padang. Jarak yang cukup dekat tersebut bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Atau, kamu juga bisa menggunakan trayek kendaraan umum yang melintas.

Buat kamu yang hobi dengan fotografi, persiapkanlah kamera dengan baterai yang penuh karena banyak moment-moment berharga yang nantinya akan kamu abadikan. Baik dari pemandangan miniature Mekahnya yang keren dan perbukitan hijaunya yang alami, itu bisa menjadikan koleksi foto kamu menjadi semakin banyak.

Cantiknya Pemandangan Malam di Jembatan Siti Nurbaya

Wisata Padang Jembatan Siti Nurbaya

https://tourdesumbar.wordpress.com/2015/10/14/kisah-dibalik-kokohnya-jembatan-siti-nurbaya/

Cerita Siti Nurbaya merupakan salah satu cerita yang melegenda di Indonesia. Cerita ini tidak lain datang dari Provinsi Sumatera Barat. Jembatan ini sebenarnya merupakan jembatan yang menghubungkan kota Padang dengan bukit Sentiong. Mereka dipisahkan oleh sungai Batang Harau.

Disebut jembatan Siti Nurbaya karena pembangunan jembatan ini diinspirasi dari tokoh Siti Nurbaya yang merupakan cerita dalam novel karangan Marah Rusli. Novel dari Marah Rusli tersebut nyatanya memiliki penggemar yang sangat banyak sehingga lama kelamaan, cerita Siti Nurbaya sudah menjadi seperti legenda saja.

Banyak anak remaja yang menanyakan dimanakah makam dari Siti Nurbaya. Terlepas dari cerita ini, memang terdapat sebuah Makam yang terdapat di gunung Padang yang disebutkan sebagai makam dari Siti Nurbaya.

Jembatan Siti Nurbaya memiliki pemandangan yang sangan mempesonakan mata. Banyak kapal yang berlalu lalang di siang hari untuk mengangkut kayu-kayu. Ketika malam hari tiba, jembatan ini menjadi semakin molek saja dengan hiasan lampu malamnya. Banyak pula wisata kuliner khas Padang yang bisa kamu nikmati sambil melihat indahnya lampu yang berkilauan.

Tips Berkunjung ke Jembatan Siti Nurbaya

Akses menuju jembatan Siti Nurbaya terbilang sangat mudah. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat untuk berkunjung.

  1. Kamu bisa datang ke jembatan Siti Nurbaya menjelang senja kira-kira pukul 5 sore. Suasana senja di Jembatan Siti Nurbaya akan kamu lihat dan jangan kaget dengan sunset yang amat cantik. Abadikanlah moment matahari tenggelam dengan pemandangan jembatan yang khas untuk menambah koleksi fotomu.
  2. Untuk kamu yang hobi dengan wisata kuliner, kamu bisa berkunjung ke jembatan ini pada malam hari. Kamu bisa melihat banyaknya penjual yang menawarkan wisata kuliner yang lengkap. Mulai dari jagung bakar hingga makanan yang bisa memanjakan perut lainnya bisa kamu nikmati di sana.

Panorama Sitinjau Lauik yang Mengesankan

Wisata Padang Sitinjau

http://travelingseru.com/panorama-sitinjau-lauik/

Sitinjau Lauik merupakan salah satu tempat wisata alam yang berada di Bumi Sumatera, tepatnya di kota Padang. Ini biasanya disebut dengan Padang Scenic Point. Tempat yang berada di ketinggian lebih dari 1000 meter dari permukaan air laut, yang merupakan salah satu obyek wisata yang bisa didatangi untuk menikmati pemandangan alam Samudra Hindia dan perbukitan yang hijau di Padang.

Kegiatan wisata yang paling disukai oleh wisatawan ketika berkunjung ke Sitinjau Lautik adalah pada siang hari. Kamu bisa menikmati pemandangan pegunungan yang berakhir pada pemandangan Samudra Hindia dari kejauhan. Namun pemandangan di malam hari tidak kalah indahnya dengan pemandangan di siang hari. Kelap-kelip lampu kota Padang yang memukau terlihat sangat manis.

Sitinjau Lauik juga menjadi salah tempat wisata paling favorit di kota Padang. Keberadaannya juga sudah diketahui oleh orang banyak. Terletak di daerah ketinggian membuat udara yang akan kamu hirup di tempat ini masih sangat segar dan bersih. Ini bisa menjadi salah satu solusi refreshing bagi kamu yang biasa hidup di hiruk pikuk kota dengan udara yang kurang bersih.

Tips Berkunjung ke Sitinjau Lautik

Akses menuju Sitinjau Lauik cukup sulit. Tempat ini berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Padang. Jalanan perbukitan yang menanjak dan terjal membuat Anda harus berhati-hati ketika berkunjung ke tempat ini.

  1. Persiapkan kendaraan dengan bahan bakar yang cukup dan kondisi kendaraan yang masih benar-benar prima. Akan lebih baik untuk menyewa kendaraan sekaligus supir yang sudah benar-benar terbiasa untuk meniti jalan yang menanjak dan terjal untuk menjaga keamanan di perjalanan.
  2. Kamu bisa mendapatkan panorama yang memukau dengan mendatangi pos 2. Terdapat beberapa pos yang terdapat di Padang Scenic Point. Pos 2 merupakan pos yang ditandai dengan adanya gazebo. Kamu bisa berhenti di pos 2 ini untuk menemukan pemandangan alam perbukitan yang hijau serta melihat birunya lautan yang mempesona.
  3. Jangan lupa untuk mempersiapkan kamera untuk mengabadikan moment kamu selama di perbukitan. Ini bisa dijadikan kenangan yang tidak terlupakan selama mengunjungi kota Padang.

Indahnya Air Terjun Lembah Anai

Wisata Padang Lembah Anai

http://www.lihat.co.id/wisata/air-terjun-lembah-anai-wisata-alam-murah-di-padang.html

Lembah Anai merupakan salah satu lembah terkenal yang berada di Kota Padang. Keindahan air terjun yang terdapat di Lembah Anai menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Padang. Solusi tempat wisata yang murah meriah bisa kamu dapatkan di tempat ini. Perjalanan menuju air terjun lembah Anai juga tidak sulit. Akses yang sangat mudah membuat tempat ini ramai dengan wisatawan.

Air Terjun Lembah Anai tepatnya terletak di pinggir jalan raya yang telah menjadi jalur transportasi yng utama dari kota Padang menuju kota Bukit Tinggi. Air terjun ini berada di Kecamatan Sepuluh Koto yang terletak di Kabupaten Tanah Datar. Jarak antara Kota Padang dengan Air Terjun Lembah Anai diperkirakan mencapai 60 km.

Jarak yang jauh tersebut akan kamu tempuh dengan perjalanan yang mengasyikkan. Traveler akan melihat pemandangan alam di sepanjang perjalanan menuju Lembah Anai. Sebenarnya, terdapat beberapa air terjun, kurang lebih 3 air terjun yang berada di Padang. Namun kebanyakan air terjun tertutup oleh hutan. Satu-satunya air terjun yang bisa dijangkau dengan mudah adalah Air Terjun Lembah Anai.

Air Terjun ini telah dilindungi oleh Cagar Alam. Oleh karena itu, kamu harus mentaati seluruh peraturan yang telah ditentukan oleh pengelola cagar alam ketika berkunjung ke air terjun ini. Banyak hewan langka yang bisa kamu temui seperti Kancil, Harimau Sumatra, Siamang, Beruk, dan lain-lain.

Tips Berkunjung ke Lembah Anai

Berkunjung ke Lembah Anai memang tidak membutuhkan biaya yang mahal. Kamu hanya perlu membayar uang sebesar 1500 rupiah untuk memasuki Air Terjun ini. Beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika berkunjung ke Lembah Anai adalah:

  1. Keindahan alam memukau ini telah dilindungi oleh Cagar Alam. Oleh karena itu, semua peraturan yang bertujuan untuk melindungi lembah ini dari kerusakan harus ditaati.
  2. Persiapkan kondisi tubuh yang prima karena jarak yang akan kamu tempuh cukup jauh. Namun pastinya semua itu akan terbayar dengan pemandangan alam yang menakjubkan
  3. Persiapkan kendaraan dengan sebaik-bainya. Kamu bisa pergi ke lembah Anai dengan menggunakan kendaraan roda 2 yang bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam.

Segarnya Pemandangan di Air Terjun Tingkat Tiga

Wisata Padang Tiga Tingkat

http://wisata-indonesiana.blogspot.co.id/2015/12/air-terjun-tiga-tingkat-lubuk-hitam.html

Air terjun selalu menjadi destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Selain air terjun di Lembah Anai, kamu juga bisa mengunjungi Air Terjun Tingkat Tiga. Air terjun ini memiliki ketinggian lebih dari 600 meter dan berada di kaki Bukit Barisan. Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk menuju air terjun tingkat 3 ini.

Namun, kamu pastinya akan takjub dengan pemandangan yang akan kamu temui di sana. Keindahan panorama alam sekitar air terjun akan membuat semua kelelahan selama perjalanan menjadi hilang.

Air terjun tingkat 3 tepatnya terletak di Desa Koto Lubuk Hitam yang berada di Kelurahan Teluk Kabung Utara. Jaraknya sekiar 21 km dari selatan Kota Padang. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun taksi untuk mencapai air terjun ini.

Selama di perjalanan, pemandangan Bukit Barisan akan setia menemani perjalananmu. Pemandangan yang masih alami dan udaranya yang segar akan memanjakan setiap wisatawan yang datang.

Tips Berkunjung Ke Air Terjun Tingkat Tiga

Medan untuk menempuh air terjun tingkat 3 memang cukup berat. Beberapa tips yang bisa kamu pelajari untuk mengunjungi tempat ini adalah kesiapan fisik dan mental. Jalan yang cukup licin membuat kamu harus bersiap untuk menepuh perjalanan dengan cara yang cukup ekstrim. Kamu bisa berjalan merangkak agar tidak terpeleset. Tidak semua orang bisa melewati jalan yang menantang ini.

Itulah beberapa tempat wisata alam yang bisa kamu kunjungi ketika berkunjung ke kota Padang. Dengan mengunjungi tempat wisata alam di Indonesia, kita pun akhirnya akan menyadari betapa Indahnya bumi Nusantara ini. Jadi, berwisata itu tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri lho. Indonesia saja sudah Indah. Sudah berapa banyakkah kekayaan wisata alam di Indonesia yang pernah kamu datangi? Selamat berwisata.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *