10 Tips Melakukan Penghematan Bagi Pekerja Kantoran atau Eksekutif Muda

By | March 25, 2017

 

Menghemat adalah hal yang perlu dilakukan oleh kita terutama untuk menabung untuk keperluan yang lebih penting untuk masa yang akan datang. Dengan berhemat kita dapat merencanakan atau menganggarkan biaya untuk hal-hal di luar rutinitas yang dilakukan sehari-hari seperti menabung untuk membeli rumah, bersedekah, membayar pendidikan anak di masa yang akan datang atau persiapan pensiun, biaya tidak terduga, serta investasi atau modal usaha. Seseorang dengan penghasilan yang besar (jauh melebihi pengeluaran pokok) namun tidak dapat menabung dapat dikatakan orang tersebut boros dalam pengeluaran. Penghematan perlu direncanakan dengan baik, karena jika tidak, gaya hidup kita akan selalu mengikuti penghasilan yang kita peroleh sehingga sulit bagi seseorang untuk menabung untuk keperluan lain yang lebih penting di masa yang akan datang.

 

 

Berikut ini merupakan tips berhemat dari pertamakali.com terutama bagi yang kesehariannya bekerja di kantoran agar dapat menabung kelebihan penghasilannya untuk hal-hal yang lebih penting di masa mendatang.

10 Tips Berhemat Bagi Pekerja Kantoran

  1. Selalu membiasakan belanja segala kebutuhan pokok di awal bulan. Anda tentunya perlu membuat anggaran setiap bulannya serta selalu disiplin untuk membelanjakan uang sesuai anggaran setiap bulannya. Dengan begitu dapat mengurangi intensitas Anda untuk berbelanja ke supermaket serta menghindari berbelanja di luar kebutuhan yang telah direncanakan.
  2. Membiasakan untuk mencatat setiap pegeluaran setiap harinya. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kemana saja selama ini uang yang kita pergunakan dan saat kita akan mengurangi atau menekan pengeluaran, kita akan tahu post-post mana sajakah yang bisa dikurangi pengeluarannya .
  3. Bagi Anda pekerja kantoran, persiapkan makan siang di kantor dengan membawa bekal dari rumah atau mendatangi tempat makan yang bersih & masih terjangkau. Batasi atau tidak perlu makan di mall atau cafe yang bergengsi, kita harus berjanji pada diri sendiri bahwa alasan kita memilih tempat makan yang terjangkau agar kita bisa berhemat. Makanlah makanan yang bergizi seperti buah dan sayuran agar Anda lebih bersemangat dan berenergi dalam bekerja.
  4. Mengganti provider layanan program TV dan internet di rumah kita dengan yang lebih murah. Banyak provider program TV yang menawarkan paket berlangganan yang hampir sama dengan harga yang lebih murah. Namun jika Anda sudah merasa nyaman dengan provider program TV yang sudah ada yang Anda gunakan saat ini, Anda dapat mengganti paket lengkap menjadi paket basic. Coba seleksi kembali saluran mana saja yang menjadi favorit Anda lalu pilih saluran tersebut sebagai basic untuk berlangganan. Dengan mengganti paket berlangganan sesuai yang diinginkan, maka anda bisa berhemat misal 250.000 per bulan.
  5. Bagi Anda yang gemar nonton, dapat mengurangi frekuensi menonton di bioskop atau makan-makan di restoran setiap bulannya. Misalkan Anda terbiasa nonton setiap minggu diubah menjadi 2x sebulan, dengan mengganti aktifitas menonton dengan aktifitas yang menyenangkan lainnya namun lebih hemat. Bagi pasangan muda, Anda dapat mengajak anak ke tempat bermain yang menawarkan jenis permainan yang sama dengan tempat bermain lainnya namun lebih murah. Saat ini, banyak tempat-tempat bermain anak-anak yang menawarkan fasilitas permainan yang banyak tapi masih terjangkau dan lebih murah dan anak-anak tetap have fun dalam bermain. Selain megurangi jadwal menonton dan makan-makan, alangkah baiknya jika Anda makan terlebih dulu di rumah sebelum pergi ke tempat bermain atau nonton. Misalnya jika setiap week end Anda makan siang dan malam selalu di luar rumah, maka Anda bisa makan terlebih dahulu di rumah siangnya dan makan malam di luar setelah selesai bermain atau nonton, langkah ini bisa meminimilisir pengeluaran.
  6. Mengurangi pemakaian pulsa HP. Saat ini banyak provider- provider telekomunikasi yang menawarkan paket telepon murah ke sesama provider dan ada juga paket murah ke provider lain pada jam-jam tertentu. Selain itu ada juga paket bicara sekian menit dengan tarif lebih murah dari tarif normal. Anda tentu bisa menggunakan fasilitas ini dengan untuk melakukan penghematan. Hindari penggunaan handphone untuk melakukan panggilan ke no local, karena biaya yang Anda keluarkan akan lebih besar daripada Anda melakukan panggilan ke no local dengan menggunakan pesawat telepon di rumah anda .
  7. Belanja di tempat-tempat atau toko yang menawarkan discount, sale, promo. Misal Anda tahu di mana tempat yang menjual sayur atau buah-buahan murah maka Anda berbelanja di toko A, Anda tahu dimana tempat yang menjual produk sabun dan peralatan rumah tangga yang murah, maka Anda berbelanja di toko B, dan Anda tahu toko yang menjual beras dan sembako yang murah maka anda berbelanja di toko C. Karena tidak setiap tempat menawarkan semua produk dijual lebih murah dari toko lainnya, ada beberapa barang yang mungkin lebih mahal dibanding toko lainnya. Walau sedang promo, hindari menyetok bahan-bahan makanan seperti sayuran dan buah-buahan karena ini merupakan bahan makanan yang tidak awet dan tidak tahan lama. Jika Anda berburu dan membeli banyak makanan yang tidak tahan lama dan tidak segera dikonsumsi, akan menjadi mubazir dan pada akhirnya busuk dan terbuang. Hindari juga menyetok produk-produk makanan yang memiliki masa kadaluarsa sudah dekat, karena bisa saja kita lupa kapan masa kadaluarsa makanan itu. Kecuali jika Anda ingin langsung mengonsumsinya. Pada umumnya produk-produk makanan yang promo adalah produk makanan yang baru launcing atau produk makanan yang masa kadaluarsanya akan habis, maka berhati-hatilah sebelum berbelanja, jangan hanya megikuti keinginan karena sedang promo. Jika anda ingin menyetok, Anda bisa membeli bahan-bahan yang masa berlakunya lebih lama seperti sabun cuci, sabun mandi, pelembut pakaian, sampo, pasta gigi, dll. Dengan megikuti cara-cara di atas , maka anda telah belanja cerdas dan mengurangi pengeluaran berlebihan.
  8. Memilih salon-salon tempat perawatan yang menawarkan jasa perawatan yang sama tetapi lebih murah dan bagus. Jangan hanya melihat tempat dan fasilitasnya saja. Kita kadang sering ke salon di mana tempat tersebut menawarkan kualitas yang sama tetapi berbeda dari segi fasilitas, seperti : tempat tersebut lebih indah, parkir luas atau servis yang lebih ramah dan sopan, juga mendapatkan ekstra fasilitas jamuan jahe hangat atau teh hangat. Memang betul seperti yang di katakan orang-orang, ada harga ada rupa, tapi tujuan utama kita ke salon adalah untuk melakukan perawatan rambut dan tubuh bukan ? Jika itu tujuan kita, tidak ada salahnya, jika kita beralih mencari tempat yang menawarkan jasa yang sama dengan tarif lebih rendah, dengan begitu Anda telah melakukan penghematan.
  9. Memanfaatkan parkiran di sekitar kantor Anda. Saat ini banyak orang-orang yang memiliki pelataran atau halaman di belakang perkantoran untuk di sewakan sebagai lahan parkir dengan tarif yang lebih rendah daripada di parkiran kantor itu sendiri, tentunya dengan tingkat keamanan yang sama. Nah tidak ada salahnya Anda mencoba, dengan begitu Anda telah melakukan penghematan .
  10. Lakukan penghematan listrik, kadang kita tidak menyadari post pengeluaran ini membengkak dikarenakan pemakaian listrik yang tidak terkontrol dan tidak bermanfaat. Cek kembali apakah Anda sudah menggunakan listrik dengan semestinya sehingga Anda terhindar dari pemborosan dengan penggunaan listrik yang lebih cerdas.

Demikianlah tips menghemat pengeluaran atau belanja bulanan bagi para eksekutif muda atau pekerja kantoran. Semoga tips di atas dapat bermanfaat serta dapat diterapkan dengan bijak.

(Lisnawati)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *