Nasehat dan Kata Kata Bijak Menyikapi Masa Lalu Agar Tetap Semangat

By | February 15, 2017

Masa lalu memang merupakan suatu bagian dari kehidupan seseorang. Setiap orang memiliki masa lalu entah buruk maupun baik. Masa lalu buruk seringkali menghantui langkah kita untuk melangkah maju demi mencapai kehidupan yang lebih baik. Hal yang harus dilakukan ialah ketika memiliki masa lalu buruk, berusahalah untuk memiliki semangat tinggi meraih kehidupan masa depan yang lebih baik. Jangan sampai masa lalu buruk terulang kembali. Justru hal tersebut bisa menjadi cambukan agar lebih giat dan bersemangat dalam meraih masa depan yang cemerlang.

 

Kata kata bijak mendengarkan

 

Orang yang hanya menyesali akan apa yang telah terjadi tidak akan mampu bangkit mencapai kehidupan yang lebih baik. Setiap orang memiliki kesempatan untuk berubah lebih baik dari sebelumnya. Mungkin memang tidak mudah saat melalui fase perubahan diri dari buruk menjadi baik. Akan tetapi, demi mendapatkan masa depan yang lebih baik, kamu tak perlu mencemaskan hal tersebut. Melangkahlah dengan hati yang mantap. Tak perlu kamu perhatikan setiap orang yang meremehkanmu karena suatu kesalahan yang telah kamu perbuat di masa lalu. Manusia tempatnya dosa. Ketika dia mampu menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya, percayalah bahwa Allah SWT telah menyiapkan tempat terbaik-Nya.

Melangkah dengan menggunakan masa depan sebagai acuan

“Kesadaran membuat Anda bisa mencermati pemikiran dan tindakan Anda sehingga Anda bisa hidup dari pilihan sebenarnya yang ada di masa sekarang, bukannya hidup dengan program dari masa lalu.” – T Harv Eker

Hidup terus berjalan. Jangan biarkan dirimu hidup dalam bayang-bayang masa lalu sehingga membuatmu sulit melangkah. Hal yang harus kamu lakukan ialah fokus pada apa yang terjadi di masa sekarang. Tak perlu lagi menoleh ke belakang karena apa yang harus kamu kejar ada di depan mata. Boleh saja menengok ke belakang, namun hal ini hanyalah sebagai pacuan untuk lebih bersemangat lagi mencapai kehidupan masa depan yang lebih baik. Orang dikatakan berhasil dalam menjalani kehidupan apabila dia mampu menunjukan adanya perkembangan yang lebih baik dari sebelumnya.

Hilangkan penyesalan akan masa lalu

“Jangan melihat masa lalu dengan penyesalan, jangan pula melihat masa depan dengan ketakutan, tapi lihatlah sekitarmu dengan penuh kesadaran” – James Thurber

Rasa penyesalan yang berlebihan akan keadaan masa lalu buruk yang pernah terjadi memberikan dampak negatif pada hidupmu. Sebaiknya, hilangkan perasaan menyesal tersebut sehingga kamu bisa berusaha mencapai masa depan yang lebih cemerlang. Tugasmu ialah meraih masa depan dengan penuh kebahagiaan. Tak perlu merasa takut untuk menggapainya karena dengan kegigihan dan perjuangan, kamu dapat mencapai apa yang ingin kamu dapatkan. Kamu pasti bisa melalui setiap cobaan dan rintangan yang menghadang.

Ambil keputusan dengan bijaksana

“Sejarah adalah masa lalu. Ambillah keputusan berdasarkan masa depan.” – Greg S. Reid

Dalam mengambil keputusan, kamu harus mempertimbangkannya dengan penuh kematangan. Jangan sampai salah mengambil keputusan karena keputusan tersebut akan berdampak pada kehidupan yang akan datang. Untuk itulah mengapa kamu harus mempertimbangkan mengenai masa depan saat ingin mengambil keputusan.

Setiap orang memiliki masa lalu

“Tidak ada orang gagal yang tidak punya masa depan dan tidak ada orang sukses yang tidak punya masa lalu.” – Rangga Umara

Setiap orang memiliki masa lalu. Dari masa lalui itulah seseorang bisa bangkit merah masa depan yang sukses. Tanpa adanya keterpurukan pada posisi bawah di masa lalu, seseorang tidak akan mengerti bagaimana rasanya berjuang. Perjuangan dari titik nol sangat indah apabila dinikmati setiap prosesnya. Bahkan, ketika mencapai titik kejayaan, akan ada sesuatu yang sangat istimewa yang bisa kamu dapatkan. Jadikan masa lalu menjadi penyemangat untuk mencapai kehidupan yang lebih istimewa.

Bijak dalam menyikapi masa lalu demi menghadapi masa depan

“Saya belajar dari masa lalu, tapi saya merencanakan masa depan dengan fokus secara eksklusif pada saat ini.” – Donald Trump

Agar kamu bisa mencapai kesuksesan, hal yang harus dilakukan ialah belajar dari masa lalu. Kegagalan yang pernah kamu alami menyimpan banyak makna yang bisa kamu ambil hikmahnya. Tanpa mengalami itu semua, kamu tak akan tahu apa kesalahanmu. Di sini, kamu harus mengambil kesempatan untuk belajar. Jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan ini karena kamu bisa mendapatkan banyak pelajaran berharga. Ingat ya, masa lalu bukan untuk disesali akan tetapi untuk dijadikan sebagai bahan renungan karena ada banyak pelajaran dan makna yang terkandung di dalamnya.

Milikilah masa depan yang masih bisa kamu raih

“Masa lalu tak bisa diraih kembali, kendati kita dapat belajar darinya; masa depan belum kita miliki tapi kita harus merencanakannya. Saatnya adalah sekarang. Yang kita miliki hanya hari ini.” – Charles Hummell

Waktu tak dapat berputar kembali. Hal yang perlu kamu lakukan ialah memanfaatkan sisa waktu yang kamu miliki untuk menggapai masa depan cemerlang. Karena waktu tak dapat berputar, tentu saja kamu tak bisa merubah masa lalu kelam yang pernah kamu lakukan. Tak perlu berkecil hati. Meskipun masa lalu tersebut tak bisa dirubah, kamu masih bisa memperbaikinya dengan melakukan segala yang yang lebih baik dar sebelumnya. Masa depan bisa kamu rencanakan. Jika kamu sudah memiliki masa lalu yang tidak menyenangkan, saatnya kamu menyusun rencana mengenai masa depan yang indah. Jika sudah merencanakannya, mulai harimu dengan melakukan apa yang memang seharusnya kamu lakukan. Ini adalah cara terbaik untuk menggapai tujuan hidupmu di masa yang akan datang.

Ingatlah bahwa masih ada masa depan yang indah untukmu

“Seburuk dan sekelam apa pun masa lalumu, masa depanmu masih suci.” – Mario Teguh

Kalau kamu memiliki masa lalu yang buruk, jangan terus menerus larut dalam kesedihan. Bersemangatlah dalam menjalani hidup ini karena kamu masih memiliki masa depan yang indah. Semua orang memiliki kesempatan untuk mendapatkan masa depan yang bahagia, sukses, dan lebih indah dibandingkan dengan sebelumnya. Namun, tidak semua orang bisa mencapainya. Hanya mereka yang berusaha keras mencapai masa depan cemerlang yang mampu mencapai titik puncak tersebut.

Semua orang memiliki masa lalu dan masa depan

“Setiap orang suci punya masa lalu. Setiap pendosa punya masa depan.” – Oscar Wilde

Hidup akan terus berjalan meskipun sangat sulit dilewati karena berbagai macam cobaan datang menghampiri. Kalau kamu ingin mendapatkan hidup yang lebih baik, kamu harus hidup dengan cara yang lebih baik. Setiap orang yang terlahir di dunia ini pasti memiliki masa lalu meskipun dia adalah orang yang sangat baik. Sebaliknya, seseorang yang memiliki masa lalu kelam memiliki masa depan yang indah. Tinggal bagaimana kamu melakukan usaha keras agar bisa mencapainya dengan baik.

Masa lalu tak akan pernah bisa dilupakan

“Anda tidak akan bisa melupakan masa lalu, karena Anda harus ingat dulu apa yang harus Anda lupakan.” – Mario Teguh

Melupakan masa lalu memang sulit. Hal ini tidak bisa dilakukan dengan mudah. Seperti sudah menjadi bagian penting dalam hidup seseorang, masa lalu sepahit apapun akan tetap dikenang. Meskipun demikian, orang yang bisa menyikapi adanya masa lalu kelam bisa mendapatkan kesuksesan yang tak terduga. Jangan salah kira, seburuk-buruknya manusia, dia memiliki kesempatan untuk berubah lebih baik selama nafas masih berhembus. Untuk itulah, apabila kamu memiliki masa lalu yang buruk, tak perlu berusaha untuk menghapusnya agar bisa mendapatkan masa depan cerah. Sebab, hal tersebut jutru akan membuat langkahmu semakin berat karena kamu melakukan hal yang sulit untuk dilakukan. Berbeda jika kamu menjadikan masa lalu sebagai penyemangat untuk bisa berubah menjadi lebih baik.

Tak perlu menyalahkan dirimu sendiri terlalu lama

“Betapa pun kelamnya masa lalumu, masa depanmu masih suci. Maafkanlah dirimu, dan majulah.” – Mario Teguh

Banyak orang selalu menyalahkan diri sendiri ketika memiliki masa lalu yang buruk. Meskipun hanya sebuah masa lalu, kehidupan dulu sering dikaitkan dengan kehidupan saat ini. Sebagai manusia, pasti ada rasa menyesal yang teramat dalam. Namun, kamu harus bisa memaafkan dirimu sendiri untuk bisa hidup lebih baik. Jika kamu masih saja hidup dalam bayang-bayang masa lalu, kamu akan sulit merencanakan masa depan indah di depan mata. Saatnya kamu memaafkan dirimu dan mulai menata kehidupanmu. Salah satu cara terbaik untuk menebus kesalahan di masa lalu ialah dengan memperbaiki hidup agar memiliki masa depan yang jauh lebih baik.

Bijaksanalah dalam menyikapi masa lalu, masa sekarang dan masa depan

“Janganlah menatap masa lalu dengan berduka, ia tak akan kembali lagi. Hadapilah masa sekarang dengan biaksana dan sambutlah bayangan masa depan dengan keraguan dan dengan disertai keteguhan hati. “– H. W. Longer Fellow

Masa lalu harus dijadikan sebagai sebuah pelajaran berharga dalam hidup seseorang. Namun, janganlah berduka meratapi masa lalu yang kelam. Jangan berpikir bahwa kamu ingin kembali ke masa itu, dan memperbaiki supaya masa itu tak pernah terjadi. Ini hanyalah harapan kosong karena waktu akan terus berjalan tanpa bisa berputar kembali ke belakang. Sudahlah, biarkan yang terjadi karena memang sudah terjadi. Penyesalan memang sering datang di belakang dan menghantui kehidupan seseorang. Kalau kamu masih diliputi rasa penyesalan, perlahan-lahan hilangkan perasaan tersebut. Tak ada gunanya meratapi sesuatu yang telah terjadi. Hal terbaik yang sebaiknya kamu lakukan ialah hadapi hari ini dengan bijaksana. Hari ini dan esok merupakan waktu yang tepat untuk merubah  kehidupanmu jauh lebih baik dari kehidupan di masa lalu.

Ambil pengalaman terbaik dari masa lalu demi masa depan

“Belajarlah dari masa lalu, hiduplah untuk masa depan. Yang terpenting adalah tidak berhenti bertanya. “– Albert Einstein

Sebaik-baiknya seseorang, pasti dia memiliki masa lalu. Manusia tempatnya dosa sehingga sangat wajar apabila memiliki sebuah kesalahan yang mungkin sangat merugikan kehidupannya. Karena hal ini, banyak orang merasa hina akan dirinya sendiri. Namun, tak jarang orang tak peduli dengan kesalahan yang telah diperbuat. Biasanya, orang yang menyesal akan kesalahan di masa lalu dapat memperbaiki kehidupannya jauh lebih baik. Sangat disayangkan jika tidak memikirkan masa depan yang akan datang. Mulailah merajut masa depan yang indah dengan belajar mengenai pengalaman di masa lalu.

Bercermin dari masa lalu

“Terkadang arti kebahagiaan dapat terjadi karena kita melihat masa lalu dan membawanya ke masa depan untuk bercermin tentang kehidupan kita saat ini.” – Agnes Davonar

Jika kamu ingin bahagia, kamu bisa mulai bercermin dari kehidupan masa lalu. Saat hidupmu sudah lebih baik dari kehidupan masa lalu, kamu akan merasa bersyukur. Ini merupakan cara agar kamu bisa selalu merasa bahagia atas nikmatnya. Perubahan sekecil apapun harus disyukuri karena lama kelamaan perubahan tersebut akan memberikan dampak yang besar.

Masa lalu hanya kenangan yang tak bisa kembali

“Jarum jam seakan akan berputar ke kiri, lalu tiba tiba aku menangis, kemudian tertawa. Nyatanya ini cuma imajinasi. Masa masa itu tetap tak kembali.” – Rohmatikal Maskur

Ingatlah bahwa jarum jam selalu berputar ke kanan, dia tak mungkin bisa  berputar ke kiri. Kamu hanya bisa membayangkan seolah-olah masa lalu itu kembali lagi. Namun, itu semua hanyalah khayalan semata. Masa lalu hanyalah kenangan yang tak bisa kembali. Dia hanya bisa hadir dalam bayang-bayang pikiran.

Jangan hidup dengan masa lalu

“Jika kamu ingin bahagia, jangan biarkan masa lalu mengusikmu. Kamu boleh melihat ke belakang, namun jangan membawanya kembali.” – Nazril Irham

Tahukah kamu apa itu kunci bahagia? Jika ingin hidup bahagia, jangan biarkan masa lalu mengganggu ketenanganmu. Masa lalu buruk hanyalah sebuah kenangan. Masa itu menjadi suatu pelajaran berharga agar bisa menjalani hidup lebih baik. Hal yang harus menjadi pegangan hidup ialah jangan pernah mengulangi kesalahan yang sama seperti kesalahan yang pernah dilakukan di masa lalu. Memperbaiki diri memang tidak semudah yang dibayangkan. Akan tetapi, dengan rasa semangat yang tinggi, percayalah bahwa kamu mampu melaluinya dengan baik.

Bijaksanalah dengan menyikapi masa lalu dan masa depan dengan tepat

“Kita menjadi bijak bukan oleh ingatan masa lalu kita, tetapi dengan tanggung jawab untuk masa depan kita.” – George Bernard Shaw

Jadilah seseorang yang bertanggungjawab. Setiap orang memiliki tanggung jawab walaupun hanya pada dirinya sendiri. Misalnya saja, tanggung jawab untuk meraih masa depan yang cemerlang. Masa depan tersebut tidak akan datang begitu saja. Jika kamu ingin sukses di masa yang akan datang, berusahalah untuk mencapainya mulai dari sekarang.

Banyak pelajaran berharga dari masa lalu
“Belajarlah dari masa lalu, karena di sanalah Tuhan memberikan banyak contekan untuk ujian di masa depan.” – Alit Susanto

Benar kata orang, pengalaman merupakan guru paling berharga karena seseorang akan jauh lebih pintar dalam menyikapi kehidupan sekarang untuk masa depan dari pengalaman masa lalunya. Nah, kamu pun bisa melakukannya. Belajar tentang banyak hal bisa dilakukan dar masa lalu yang kamu miliki. Masa lalu menyimpan banyak pelajaran berharga yang sangat disayangkan kalau kamu tak mau mengambil hikmah darinya.

Jangan resah dengan masa lalu

“Kita tidak seharusnya resah terhadap masa lalu, begitupula kita juga tidak boleh cemas akan masa depan. Manusia bijaksana hanya memikirkan masa kini.” – Chanakya

Yang sudah terjadi, biarlah berlalu. Tak perlu kamu menyesali dan meratapi begitu dalam di waktu yang lama. Masa lalu tidak untuk diresahkan. Namun, masa lalu harus dijadikan sebagai bahan pelajaran yang berharga. Walaupun memiliki masa lalu yang buruk, percayalah bahwa masa depan akan lebih baik jika dipersiapkan sejak dini. Buat rencana mengenai apa yang ingin kamu capai. Jika sudah menentukannya, buatlah rencana mengenai cara meraih tujuan tersebut.

Demikianlah nasehat dan kutipan kata kata bijak tentang masa lalu dari para tokoh yang bisa dijadikan bahan renungan dan dapat diambil sisi positifnya. Semoga bermanfaat ya. Hiduplah untuk masa sekarang dan masa yang akan datang. Jadikan masa lalu sebagai bahan pelajaran yang bernilai.

(Ika Pratiwi)

 
Share

One thought on “Nasehat dan Kata Kata Bijak Menyikapi Masa Lalu Agar Tetap Semangat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *