Motivasi dan Kata kata Bijak Tentang Berpikir Positif

By | February 4, 2017

Berikut ini merupakan motivasi dan kata kata bijak berpikir positif. Alangkah pentingnya jika kita bisa selalu berpikir dan berpandangan positif dalam menjalani hidup ini. Memang, berpikir positif tak semudah yang dikatakan dan dibayangkan. Sering orang memulai dengan pandangan negatif dalam menghadapi suatu masalah. Padahal, cara ini sering tidak memecahkan masalah bahkan dapat merugikan diri sendiri.

 

Kata kata bijak berpikir positif

 

Banyak orang yang merasa gelisah karena pikiran negatif yang menghampirinya ketika ada hal-hal baru yang tidak disukai atau belum dapat dilakukan, padahal belum tentu yang dipikirkan olehnya akan terjadi dan berdampak buruk. Memang ada masanya kita sesekali bersikap waspada, namun bukan untuk dipikirkan sisi buruknya dan dalam waktu yang lama. Sebaliknya yang diperlukan adalah solusi dari apa yang kita waspadai akan terjadi, Jika kamu mengisi hidupmu dengan berpikir negatif, kamu tentunya akan mudah dihinggapi rasa cemas dan takut serta menghambat produktifitas. Berkebalikan saat dirimu selalu berusaha berpikir positif dan mencari solusi dari suatu persoalan, akan ada harapan yang terbangun sehingga sesuatu yang kamu harapkan akan sangat besar kemungkinannya untuk dapat kamu raih. Perasaan kita juga akan lebih tentram dan damai saat bisa membiasakan selalu berpikir positif dan mencari solusi. Bahkan, jika apa yang kamu harapkan tidak tercapai, setidaknya kamu sudah berusaha dan pasti (harus dengan doa) akan tercapai di masa yang akan datang.

Pengertian pikiran positif

Sebelum membahas mengenai kata bijak tentang berpikir positif, sebaiknya kita mencari tahu terlebih dahulu apa sebenarnya pengertian pikiran positif. Banyak orang yang sudah memahami namun sulit untuk menerapkannya. Berpikir positif ialah pikiran yang mengarah ke hal-hal yang baik-baik saja dan dapat menghasilkan hal-hal yang produktif. Pikiran semacam ini bisa membuat diri menjadi lebih semangat dan optimis dalam menjalani kehidupan.

Pikiran dan sikap memiliki hubungan saling ketergantungan. Saat bisa berpikir positif, kita juga akan memiliki sikap yang positif. Kamu bisa mengatasi segala permasalahan dengan berpikir positif. Salah satu manfaat dari berpikir positif adalah menghindari stres berlebihan. Hal ini karena kamu bisa mengendalikan diri dengan baik dan terhindar dari kecemasan dan ketakutan berlebihan.

Berikut ini ada kumpulan berpikir positif dari tokoh terkenal. Yuk simak ulasannya karena bisa menjadi inspirasi dalam hidup.

 

Kata Kata Bijak Berpikir Positif

 

Dapat melakukan hal lebih baik dengan berpikir positif

“Berpikir positif akan membiarkan Anda melakukan segala sesuatu lebih baik daripada berpikir negatif.” – Zig Ziglar

Saat kamu bisa selalu berpikir positif, kamu akan lebih mampu melakukan segala hal dengan baik. Pikiran memberikan dampak yang sangat besar bagi tindakan. Kemudian, tindakan akam mempengaruhi hasil yang diterima. Ketiganya memiliki kesinambungan yang diawali dengan pikiran positif. Nah, apabila kamu ingin mendapatkan hasil yang memuaskan, awali dengan berpikir positif.

Berusaha berpikir positif setiap hari

“Hal pertama yang kubangun dalam diriku untuk bisa menghadapi hari dengan semangat adalah menciptakan sebanyak-banyaknya pikiran positif.” – Merry Triana

Hal terpenting dalam hidup ini ialah berpikir positif. Sudah saatnya kamu meninggalkan kebiasaan berpikiran negatif dan menggantinya dengan kebiasaan pikiran positif. Apapun yang terjadi pada hidupmu, berusahalah untuk berpikir positif (atau mengambil sisi positifnya). Hal ini akan menghasilkan energi positif sehingga kamu akan lebih semangat dan produktif dalam menjalani kehidupan ini. Saat bangun pagi, mulailah dengan pikiran positif dengan rasa syukur. Lakukan hal tersebut setiap hari sehingga menjadi suatu kebiasaan.

Menjadi manusia yang lebih baik dengan berpikir positif

“Kesanggupan untuk bersabar dan bertahan dalam pikiran yang positif merupakan dasar dari loncatan-loncatan manusia selanjutnya.” – Merry Triana

Untuk bisa menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya, kamu perlu memiliki kesabaran yang besar. Jika belum kamu miliki, cobalah dilatih setiap hari secara bertahap sehingga kamu memperolehnya. Kesabaran ini akan membuatmu mampu bertahan dalam menghadapi segala macam cobaan hidup ini. tak ada manusia yang hidup tanpa diberikan cobaan. Besar kecilnya cobaan yang diterima oleh masing-masing orang berbeda-beda. Hal yang bisa membuat kamu bertahan untuk kehidupan yang lebih baik ialah tentang sikap kamu menghadapi masalah atau cobaan. Jika kamu bisa menyelesaikan setiap cobaan dengan baik, kamu akan menjadi pribadi yang lebih bijaksana.

Pikiran positif bisa membuat tentram

“Perasaan tentram dalam keluarga bisa dibangun melalui hubungan yang positif baik dari segi rohani, pikiran maupun jasmani.” – Abdullah Gymnastiar

Apa yang selalu dicari oleh manusia? Perasaan tentram selalu dicari oleh setiap manusia karena rasa ini mampu membuat seseorang menjadi bahagia. Banyak orang yang mendambakan ingin memiliki keluarga yang harmonis. Sebagaimana kamu tahu, banyak orang yang memiliki harta berlimpah namun mereka tidak memiliki rasa tentram dan bahagia dalam keluarga yang telah dibina. Apa yang salah dengan semua itu? Kunci utama mendapatkan kebahagiaan dalam keluarga ialah dengan selalu menumbuhkan pikiran positif. Pikiran ini harus ditanamkan sedari dini untuk anak-anak sehingga mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang berakhlak bagus.

Persepsi tentang suatu hal

“ Kita bisa mengeluh mawar memiliki duri, atau bersukacita karena duri memiliki mawar.” – Abraham Lincoln

Pikiran positif akan membuat segala hal yang terjadi di dunia ini menjadi bermakna positif. Sebagai contohnya, ketika melihat mawar berduri, ada dua pendapat yang mungkin dipikirkan oleh seseorang. Orang yang memiliki pikiran negatif akan menganggap sayang sekali bunga mawar yang indah memiliki duri yang bisa menusuk kapan saja. Namun, bagi orang yang memiliki pikiran positif, mereka bisa berpikir bahwa duri yang tajam dan membahayakan memiliki bunga yang indah. Hal tersebut bisa terjadi ketika kamu menanggapi sesuatu yang terjadi pada kehidupan kamu. Cobaan seberat apapun dapat diselesaikan dengan baik ketika kamu mengatasinya dengan berpikiran positif.

Dapatkan hasil positif dari pikiran positif

 “Segera setelah kamu menggantikan pikiran-pikiran negatif dengan yang positif, kamu akan mulai mendapatkan hasil yang positif.” – Wilie Nelson

Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang positif, kamu bisa selalu menumbuhkan pikiran positif. Janganlah kamu berpikir negatif karena akan berpengaruh terhadap hasil yang kamu dapatkan. Bahkan, pikiran positif dan negatif bisa membentuk karakter atau pribadi seseorang. Hal ini juga akan mempengaruhi perasaan yang kamu rasakan serta tindakan kamu. Hati akan menjadi tak karuan seperti resah dan gelisah saat berpikir negatif. Sebaliknya, kamu akan lebih produktif dan merasa tentram dan damai saat kamu mampu berpikir positif. Dengan perasaaan yang positif tindakan kita juga tentunya akan mengarah ke hal-hal yang positif sehingga hasil yang diperoleh mulai sesuai dengan yang diharapkan.

Fokus pada hal-hal positif

 “Hidupkan hidupmu sepenuhnya dan fokus pada hal-hal positif” – Matt Cameron

Untuk mencapai apa yang kamu impikan dalam hidup ini, fokuslah pada hal-hal positif. Ini akan mempengaruhi semangatmu untuk bertindak. Kamu akan sulit untuk merasa putus asa jika mampu memelihara pikiran positif. Berbagai usaha dapat kamu lakukan untuk bisa mencapai tujuan hidup. Sebagai contoh, ketika melakukan usaha kemudian gagal, seseorang yang berpikir positif akan menganggap bahwa kegagalan yang dialaminya adalah keberhasilan yang tertunda. Dia bisa belajar dari kegagalan yang dialaminya untuk bisa berjuang keras menuju keberhasilan. Pasti ada makna yang tersembunyi dibaliknya.

Selalu bersyukur dan berpikir positif

“Bersyukur atas apapun yang terjadi di hidupmu, itu semuanya pengalaman.” – Roy T. Bennet

Jika orang mampu berpikir positif, dia akan selalu bersyukur atas apa yang terjadi pada hidup ini. Entah suka maupun duka akan diterima dengan rasa syukur. Setiap musibah pasti menyimpan makna tersendiri. Bahkan, orang yang bersyukur saat mendapatkan musibah. Dia akan berpikir bahwa musibah adalah ujian dari Tuhan sebagai tanda kasih sayang bagi hambaNya karena merupakan suatu cara untuk meninggikan derajatnya. Intinya, segala sesuatu akan terasa ringan jika kamu menghadapinya dengan pikiran positif sehingga bisa selalu bersyukur. Apapun yang terjadi, semua itu akan menjadi pengalaman yang berharga.

Belajar untuk tetap positif dan bahagia

“Tetap positif dan bahagia. Bekerja keras dan tidak berhenti berharap. Terbuka terhadap kritik dan terus belajar. Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang bahagia, hangat, dan tidak palsu.” – Tena Desae

Orang akan merasa bahagia kalau dia selalu memiliki pikiran positif. Pikiran positif akan melahirkan semangat dalam menjalani kehidupan ini. Harapan tinggi akan dimiliki oleh seseorang yang mampu memelihara semangat yang ada pada dirinya. Tanpa adanya suatu harapan, tentu saja semangat itu tak akan ada. Hidup dengan rasa putus asa akan menjadi kosong dan hampa. Jangan sampai kamu merasakan hal seperti ini. Untuk mendapatkan energi positif, bergaulah dengan orang-orang yang memiliki semangat tinggi dan kehangatan karena hal ini akan membuat kamu merasa lebih bahagia.

Raih hal hebat dengan pikiran positif

“Semakin kamu memberi makan pikiranmu dengan pikiran-pikiran positif, semakin kamu dapat menarik hal-hal hebat ke dalam hidupmu.” – Roy T. Bennet

Pikiran positif bisa melahirkan hal hebat dalam hidup ini. kamu bisa meraih tujuanmu. Sebab, hidupmu lebih terarah. Kamu akan lebih fokus dalam menghadapi setiap permasalahan yang kamu miliki. Ini merupakan cara menjalani hidup dengan baik. Kamu akan mengetahu cara atau langkah apa yang akan diraih jika bisa selalu berpikir positif.

Selalu berpikir positif menghadapi kehidupan

“Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu. “ – Ali bin Abi Thalib

Tentunya hidup ini keras. Setiap orang bisa merasakah kerasnya kehidupan ini sehinga diperlukan perjuangan yang keras untuk menaklukkan kerasnya hidup sehingga berakhir dengan kebahagiaan. Jangan merasa bahwa kamu tak akan mampu menghadapi ujian atau cobaan berat yang diberikan oleh Allah SWT. Tetaplah berpikir positif dalam segala keadaan. Berpikirlah bahwa tak ada hal yang tak bisa diselesaikan. Kamu hanya butuh berpikir lebih keras untuk menemukan jalan keluar yang harus kamu lakukan. Selain itu, kamu juga harus memiliki kesabaran yang ekstra tinggi untuk menghadapinya. Seiring berjalan waktu kamu akan menemukan solusi yang tepat akan permasalahan tersebut. Dengan berpikir positif, kamu mampu mengambil keputusan secara tepat tanpa membuat kesalahan.

Selesaikan masalah dengan sikap positif

“Sikap positif mungkin tidak bisa menyelesaikan semua masalah, tapi bisa membuat penyelesaian masalah menjadi pengalaman yang lebih menyenangkan.” – Grant Fairley

Manfaat berpikir positif sangat besar. Salah satunya ialah bisa menyelesaikan permasalahan dengan cara yang tepat. Tak hanya itu saja, seseorang akan mendapatkan pengalaman yang sangat luar biasa dengan memiliki sikap positif. Sebelum terlambat, ayo bekali dirimu dengan selalu berpikir serta bersikap positif supaya bisa menjalani hidup ini dengan lancar. Dengan begitu, kebahagiaan akan datang padamu.

Melakukan hal baik dengan berpikir positif

 “Berpikir positif akan membiarkan Anda melakukan segala sesuatu lebih baik daripada berpikir negatif.” – Zig Ziglar

Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang lebih baik dari sebelumnya, tanamkan pikiran positif di benakmu. Ini merupakan cara yang tepat untuk menjalani proses menuju hasil yang lebih baik. Banyak orang belum menyadari akan pentingnya berpikir positif. Banyak di antara mereka yang masih berpikiran negatif dalam memandang segala hal. Jangan biarkan hal ini meracuni pikiranmu sehingga membuat hidupmu tak tenang. Saat ada pikiran negatif menghampiri, segeralah membuangnya jauh-jauh. Lebih baik berpikir positif walaupun hal yang kamu pikirkan mengenai sesuatu yang jelek. Sebab, bisa saja sesuatu yang jelek memiliki sisi baik yang bisa ditemukan jika memandangnya dengan pikiran positif.

Ambil hikmah positif dari setiap musibah

 “Di tiap musibah yang menimpa Anda, ingatlah untuk bercermin dan bertanya tentang daya apa yang bisa Anda upayakan guna menarik pelajaran positif dari kejadian itu.” – Epictetus

Terkadang, saat musibah menghampiri kamu tak bisa mengelakkan bahwa ada pikiran negatif yang dalam dirimu. Mungkin kamu berpikir tak seharusnya musibah ini terjadi padamu. Janganlah berpikir seperti itu lagi. Menyesali akan musibah yang menimpa tak akan dapat menyelesaikannya justru membuatnya semakin runyam. Hal yang harus kamu lakukan ialah berusaha menerima setiap musibah yang datang dengan hati yang ikhlas. Kemudian, berpikirlah positif agar bisa menyelesaikannya sebaik mungkin. Kamu bisa mengambil hikmah positif dari musibah yang menimpamu. Inilah cara menikmati hidup yang sesungguhnya.

Energi positif dimiliki oleh orang yang berpikir positif

“Hal-hal positif terjadi pada orang-orang yang berlaku positif.” – Sarah Beeny

Siapa bilang energi positif terjadi begitu saja. Energi positif bisa diciptakan oleh seseorang. Caranya ialah dengan selalu berpikir dan bersikap positif. Kalau kamu mau hidupmu bahagia, jangan pernah lupa untuk berpikir positif. Tak hanya membuat pikiran tenang dan hati damai, ternyata pikiran positif akan membuat keadaan kesehatan membaik. Nah, hidup bahagia dan sehat merupakan hal yang sangat diidam-idamkan oleh banyak orang karena hal tersebut merupakan sumber kebahagiaan.

Hadapi masalah berar dengan positif

“Hidup itu bukan mengenai seberapa berat masalah yang datang menghampiri kita, namun mengenai seberapa positif kita mampu merespon segala permasalahan tersebut.” – Bambang Pamungkas

Jangan pernah putus asa saat menghadapi masalah yang berat. Ingatlah bahwa kamu dibekali oleh akal dan pikiran untuk bisa mencari solusi akan suatu masalah entah masalah berat ataupun ringan. Tuhan tidak akan memberikan masalah yang terlalu berat kepada umatNya melebihi takaran kemampuannya. Jadi, ketika kamu diberikan cobaan yang begitu berat, itu tandanya bahwa Allah SWT yakin jika kamu memiliki kemampuan hebat sehingga bisa menyelesaikannya dengan baik. Ingatlah akan manfaat dari berpikir positif. Pikiran seperti itu akan membuat kamu mampu lebih fokus dalam menyelesaikan masalah sehingga setiap masalah akan terselesaikan dengan baik.

Carilah teman yang bersikap positif

“Jika galau, bergaullah dengan orang-orang yang sikapnya positif dan mensyukuri kehidupan yang aktif dan bergembira.” – Mario Teguh

Memang benar bahwa lingkungan pergaulan sangat berpengaruh terhadap kehidupan dan kepribadian seseorang. Untuk itu, supaya kamu bisa menjalani hidup ini lebih baik, bergaulah dengan orang-orang yang bisa memberikan pengaruh positif kepadamu. Misalnya saja, ketika kamu merasa resah dan gelisah karena sedang mendapatkan permasalahan, dekatilah orang-orang yang memiliki sikap positif. Dengan cara ini, kamu akan mendapatkan energi positif dari mereka sehingga kamu bisa melakukan beberapa sikap positif untuk menyelesaikan permasalahan yang kamu hadapi. Permasalahan bukan untuk dihindari, tapi untuk diselesaikan dengan cara yang tepat.

 

Lihatlah sisi positif dari setiap permasalahan yang ada

“Jika kamu melihatnya dengan positif, masa lalu tidak ada yang buruk. Yang ada hanya masa lalu yang indah dan pelajaran yang berharga.” – Mario Teguh

Hal yang buruk sekalipun akan terlihat memiliki keindahan jika kamu memandangnya dengan pikiran positif. Misalnya, orang yang memiliki masa lalu buruk bukan berarti dia adalah orang jahat. Selama ada niat untuk berubah menjadi manusia yang lebih baik, dia masih memiliki kesempatan yang bagus untuk berubah. Justru masa lalu yang kelam bisa dijadikan sebagai sesuatu yang berharga untuk berubah menjadi lebih baik lagi. Apabila kamu memiliki teman atau keluarga dengan masa lalunya yang buruk, cobalah untuk berpikir positif dan memberikan kesempatan untuknya agar bisa berubah lebih baik lagi.

Demikianlah kutipan motivasi kata kata bijak tentang berpikir positif dari tokoh terkenal. Semoga dapat menginspirasi ya.

(Ika Pratiwi)

 
Share

One thought on “Motivasi dan Kata kata Bijak Tentang Berpikir Positif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *