Tips Bersikap Kepada Orangtua Menurut Islam

By | January 18, 2017

Mungkin banyak dari kita yang belum memahami bagaimana Islam mengatur seseorang dalam bersikap dan berperilaku terhadap kedua orangtua kita. Orangtua adalah tokoh paling penting yang telah membesarkan dan mengasuh kita sejak dari bayi sampai saat ini sehingga kita dapat menjadi orang yang berguna, baik untuk diri kita sendiri maupun untuk keluarga dan masyarakat di sekitar kita. Jasa orangtua terhadap kita tidak mungkin kita lupakan dan tidak dapat dibalas sampai akhir hayat kita. Islam mengajarkan agar kita selalu bersikap lemah lembut terhadap kedua orangtua meskipun terkadang orangtua kita tidak selamanya benar dalam tindakannya.

 

 

Tata cara dan patuh terhadap orangtua telah diatur di dalam Islam. Sikap dan kepatuhan kita kepada orangtua haruslah berasal dari pengetahuan yang benar dari Allah SWT, karena tidak ada amal kebajikan yang dapat membawa orang yang dapat melaksanakannya lebih dekat kepada keridhaan Allah daripada kepatuhan untuk memercayai kedua orangtua semata demi Allah. Hal ini dikarenakan hak-hak yang ada pada orangtua kita ini asalnya dari Allah semata, sehingga selama mereka berada di jalan Allah serta sunnah yang benar, serta tidak mencegah seorang anak dalam mematuhi demi Allah ketika mematuhi mereka, atau mendorongnya keluar dari keyakinan (Islam) kepada keraguan, atau dari ketaqwaan kepada pengejaran dan nafsu-nafsu duniawi, atau menuntunnya pada sesuatu yang bertentangan dengan keimanan dan sunnah.

Jika orantua kita menuntun kita kepada tindakan yang bertentangan dengan Islam maka, kita tetap diwajibkan bersikap lemah lembut terhadap mereka namun merupakan suatu tindakan yang diperintahkan untuk tidak mengikuti orangtua kita dan dibenarkan untuk tidak mengikuti hal-hal yang bertentangan dengan Islam.

Allah berfirman,

Jika mereka (orangtua) keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan yang lain, sedangkan kamu tidak mempunyai pengetahuan apa-apa tentang itu, maka janganlah kamu turuti mereka itu. Namun pergaulilah mereka dengan sebaik-baiknya selama hidup di dunia ini. Ikutilah jalan orang-orang yang suka kembali tobat kepada-Ku. Kemudian kepada-Kulah kamu sekalian akan kembali pulang” –  (QS Luqman [31]: 15)

Sepanjang menyangkut pergaulan, pergaulilah kedua orangtua kita dengan sikap yang lembut terhadap mereka. Kita diperintahkan untuk merawat kedua orangtua kita sebagaimana mereka menanggung penderitaan kita sewaktu kecil meskipun mungkin tidak akan setara dengan pengorbanan yang telah mereka lakukan terhadap seorang anak, dan janganlah bersikap pelit terhadap mereka sedangkan Allah telah mengaruniakan kepada kita rezeki berupa makanan dan pakaian yang berlimpah. Sebagai seorang anak tidak seharusnya memalingkan wajah dari mereka atau meninggikan suara terhadap mereka. Menghormati kedua orangtua adalah bagian dari perintah Allah; berbicaralah dengan cara yang paling baik dan bersikap baik pulalah terhadap mereka. Allah tidak akan membiarkan pahala untuk mereka yang berbuat baik terbuang sia-sia.

Demikian lah uraian sekilas mengenai bagaimana Islam mengatur sikap kita sebaiknya terhadap orangtua kita. Semoga kedua orantua kita selalu mendapat hidayah, lindungan dan karunia berlimpah dari Allah SWT. Amin..

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *