Kumpulan Kata Mutiara Bijak Tentang Hidup Sederhana

By | January 4, 2017

Hidup sederhana sangat menyenangkan. Banyak orang membuat hidup ini begitu rumit karena ada banyak tuntutan. Mereka sendirilah yang membuat hidup ini menjadi pelik. Gaya hidup modern membuat seseorang tergoda untuk membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Karena gaya hidup inilah, kehidupan menjadi sulit. Banyak orang berlomba-lomba untuk bisa lebih unggul dengan gaya hidup hedonisnya. Mereka selalu ingin menunjukkan kemewahan yang dimilikinya untuk meningkatkan gengsi.

 

 

Kata kata mutiara hidup sederhana

 

Padahal sebenarnya mereka memiliki kondisi finansial yang bisa dibilang tidak bisa mendukung gaya hidup mewahnya. Di sinilah letak permasalahan dari gaya hidup bermewah-mewahan yang tidak sesuai dengan isi kantong. Banyak orang memaksakan diri untuk bisa tampil mewah. Padahal, apa yang dilakukannya sangat merugikan diri sendiri.

Setiap manusia pada dasarnya memiliki keinginan yang tidak terbatas. Naluri ini dimiliki oleh siapapun. Tugas kita ialah membatasi keinginan tersebut sesuai dengan keadaan finansial yang dimiliki. Kita harus pandai memilah-milah antara kebutuhan dan keinginan. Tak perlu hidup mewah untuk dipuji banyak orang. Bergaya mewah dengan mengorbankan diri sendiri justru menjadi awal bencana. Kamu tak akan bisa merasakn kebahagiaan yang sesungguhnya. Kesederhanaan membuat hidup ini tenang dan damai.

Siapa bilang kebahagiaan hanya bisa didapatkan dari kemewahan. Kemewahan palsu justru membuat hati merana. Banyak orang memiliki hutang banyak hanya karena menuruti gengsinya. Dengan hidup sederhana, kita akan lebih mudah bersyukur. Hati yang damai dan tentram bisa membuat hidup ini bahagia.

Berikut ini ada beberapa kumpulan kata tentang hidup sederhana dari tokoh terkenal. Yuk kita simak !

Hidup sederhana tapi janganlah kikir

“Jadilah orang yang dermawan tapi jangan menjadi pemboros. Jadilah orang yang hidup sederhana, tetapi jangan menjadi orang yang kikir.” – Ali bin Abi Thalib

Bedakah antara hidup sederhana dengan kikir. Meskipun kamu hidup dalam penuh kesederhanaan, jangalah pelit untuk diri sendiri maupun orang lain. Kamu harus mau mengeluarkan uang untuk sesuatu yang memang benar-benar kamu butuhkan. Sedangkan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat, sebaiknya dihindari.

Selain itu, hiduplah sederhana dengan tidak melupakan hak-hak orang lain dalam harta benda kita. Ya, kamu harus tetap bersedekah agar harta yang kamu miliki bisa berkah. Dengan begitu, hidup sederhana akan semakin bahagia.

Marilah hidup sederhana

“Hidup sederhana bertenda langit yang berbintang!” – I. Zangwill

Tak perlu mengejar kemewahan di dunia ini. Hal yang sangat membahagiakan jika kamu bisa hidup sederhana. Meskipun kamu memiliki penghasilan yang besar, kamu bisa memiliki pola piker hidup sederhana. Janganlah membelanjakan harta untuk hal-hal yang tidak penting. Singkirkan gengsimu. Jangan turuti hawa nafsu dengan membeli barang-barang mewah yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Akan lebih bermanfaat jika harta yang kamu miliki sebagian diberikan untuk orang yang membutuhkannya. Dengan cara ini, hidup akan menjadi lebih tenang dan damai sehingga kamu bisa merasakan kebahagiaan yang hakiki.

Orang bijak mengangap bahwa hidup sederhana lebih indah

“Hal-hal sederhana dalam hidup memang yang paling luar biasa, hanya orang-orang yang bijak yang dapat memahaminya.” – Paulo Coelho

Dalam kesederhaan ada sesuatu yang luar biasa. Kamu akan merasakan bahwa hidup ini lebih indah. Kamu harus memahami bahwa kehidupan ini tidak harus diisi dengan kemewahan. Menjadi sosialita sekarang sedang menjadi trend. Banyak yang memamerkan harta benda melalui media sosial. Sebenarnya, apa sih untungnya memamerkan harta benda tersebut? Harta benda bukan untuk dipamerkan, melainkan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya. Kamu juga harus mengerti akan tenggang rasa. Bisa saja akibat kamu memamerkan harta bendamu, ada hati yang terluka karena iri melihat apa yang kamu miliki. Lebih baik hidup dengan cara sederhana karena ini luar biasa.

Hidup sederhana berbeda dengan hidup miskin

“Miskin itu berbeda dengan sederhana,karena miskin itu kondisi hidup sedangkan sederhana adalah gaya hidup.” – Cak Lontong (Lies Hartono)

Kamu harus bisa membedakan antara hidup sederhana dengan hidup miskin sebab keduanya sangat berbeda. Miskin merupakan keadaan hidup di mana minimnya keadaan ekonomi finansial. Kondisi ini menyebabkan seseorang tidak  bisa memenuhi apa yang menjadi kebutuhannya. Sedangkan hidup sederhana ialah pola hidup. Kamu memiliki penghasilan yang cukup, bahkan lebih dari cukup tapi tidak menggunakannya untuk membeli barang-barang mewah yang tak berguna. Hidup sederhana juga mampu memenuhi apa yang menjadi kebutuhannya. Gaya hidup sangat mempengaruhi cara hidup kamu. Baik buruknya, bermanfaat atau tidaknya, semua tergantung bagaimana kamu memilihnya apakah ingin bergaya hidup sosialita dengan pemborosan, atau hidup sederhana dengan damai dan tentram.

Hidup itu sangat simpel

“Hidup itu sangat sederhana, tapi kita yang membuat hidup menjadi rumit.” – Konfusius

Sesungguhnya, hidup itu sangat sederhana. Kebutuhan dasar manusia ada tiga yaitu papan, sandang, dan pangan. Ketika ketiga kebutuhan ini bisa kamu penuhi, sebenarnya kamu sudah bisa menikmati hidup dengan damai dan nyaman. Janganlah membuat hidup menjadi rumit karena hal-hal yang tak penting. Ingin memiliki rumah mewah, mobil mewah, hp mewah, baju branded, jalan-jalan ke luar negeri dan lain sebagainya. Ingat ya, memang keinginan manusia tak ada batasannya. Jika kamu tidak membatasi sendiri, kamu akan terbawa oleh arus dasar sifat naluri manusia. Hidup tak akan tenang meskipun sebenarnya kamu sudah dalam keadaan berkecukupan.

Lebih sederhana, lebih cantik

“Hidup itu sudah ditetapkan bahwa lebih sederhana lebih cantik.” – Nakamura Kou

Hidup sederhana merupakan gaya hidup. Kamu akan merasakah kedamaian dan kebahagiaan ketika mampu hidup sederhana dengan ikhlas. Semua berjalan apa adanya tanpa kamu pusing harus mengejar gemerlap dunia. Kebutuhan manusia itu sangat simpel, yang membuat kompleks ialah gaya hidup itu sendiri. Bahkan, seorang tokoh terkenal penerbit novel bernama Nakamura Kou berpendapat bahwa lebih sederhana lebih cantik. Misalnya saja ketika melihat gaya hidup seorang perempuan. Perempuan yang berdandan sederhana, tanpa menggunakan make up yang berlebihan akan tampak lebih alami dan cantik. Inilah kekuatan hidup sederhana.

Mulai hidup sederhana dari perilaku

“Jika anda menginginkan perubahan sederhana dalam hidup anda, lakukanlah lewat tingkah laku anda. Tapi, jika anda menginginkan perubahan yang besar dan primer, lakukanlah dengan paradigma anda.” – Stephen Covey

Apabila kamu tertarik untuk hidup sederhana, sebenarnya hal ini sangat mudah dilakukan. Mulailah dengan merubah tingkah laku kamu. Misalnya dari kebiasaan-kebiasaanmu. Mulailah untuk membeli barang-barang yang memang benar-benar kamu butuhkan. Jangan pernah menghambur-hamburkan uang tanpa tujuan yang jelas. Ketika kebiasaan-kebiasaan kecil dapat kamu rubah, maka hidup sederhana bisa kamu dapatkan. Cukup mudah untuk melatih hidup sederhana. Kamu hanya perlu latihan sampai hidup sederhana menjadi kebiasaan yang mendarah daging.

Hidup sederhana membuat hidup bahagia

“Kebahagiaan hidup yang sebenarnya adalah hidup sederhana.”-W.M Thackeray

Hidup sederhana memang membuat hidup sederhana. Kamu tak perlu pusing memikirkan banyak hal apalagi mengejar sesuatu di luar batas kemampuanmu. Kamu akan mampu menikmati hidup lebih baik karena setiap pengeluaran yang kamu lakukan akan jelas akumulasinya. Kamu tak perlu lagi bingung dengan hal-hal kecil yang tidak penting. Tak perlu bergaya hedonism untuk menunjukan eksistensimu. Cukup tunjukkan kepada dunia siapa kamu sebenarnya dengan sikap dan prestasi yang kamu miliki. Orang akan mengangap kamu karena sesuatu hal yang memang kamu miliki, bukan karena harta yang kamu miliki. Percuma jika kamu memiliki teman karena dia suka hartamu, begitu kamu tidak memiliki apa-apa, mereka akan pergi meninggalkanmu.

Kunci kebahagiaan ialah hidup sederhana secara terus menerus

“Salah satu rahasia untuk mendapatkan kebahagiaan hidup adalah terus menerus melakukan sesuatu yang sederhana.” – Iris Murdoch

Kunci rahasia hidup bahagia ialah dengan melakukan pola hidup sederhana. Kamu akan benar-benar merasa bahagia ketika bisa berperilaku sederhana. Jika pikiran dan hati tidak muluk-muluk akan keinginan yang sebenarnya belum mampu mendapatkannya, tentu hidup ini akan damai. Hidup sederhana akan dekat dengan hidup penuh syukur. Menikmati setiap pemberianNya dengan penuh syukur akan membuat hati bahagia. Inilah mengapa dikatakan bahwa kunci kebahagiaan ialah hidup sederhana secara terus menerus.

Berpikir bahwa hidup in simpel

“Kalau dipikir-pikir hidup ini sebenarnya simpel. Makanya jangan dipikirin, biar ribet dan seru.” – Jerinx

Jika kamu memikirkan hidup ini dengan sungguh-sungguh, sebenarnya hidup ini simpel. Tujuan hidup seseorang sebenarnya sangat sederhana, melakukan yang terbaik, hidup dikelilingi oleh keluarga yang saling sayang menyayangi, beribadah dengan rajin dan sebagainya. Apabila merenungi mengenai tujuan hidup yang sebernarnya, seseorang akan mampu bergaya hidup simpel. Apa yang dibutuhkan dalam hidup ini tidak seheboh dengan apa yang menjadi keinginan. Misalnya saja, sudah memiliki hp android, masih ingin memiliki hp dengan model terbaru, begitu seterusnya. Jika kamu mampu menahan diri dari gaya hidup hedonisme yaitu membeli barang-barang yang tak penting, kamu akan berperilaku hidup sederhana. Kamu akan berpikir ulang ketika akan membeli suatu barang mengenai penting tidaknya barang tersebut. Ketika ternyata barang itu tidak termasuk prioritas, sebaiknya urungkan niat untuk membelinya karena termasuk perbuatan yang mubazir.

Hidup sederhana akan mendapatkan pengalaman yang berharga

“Kesederhanaan adalah pengalaman yang sangat berharga di dunia” – Leonardo da Vinci

Hidup sederhana merupakan pengalaman yang sangat berharga. Kamu bisa mengerti apa artinya memiliki, menghargai dan mensyukuri segala nikmat Allah SWT. Inilah mengapa ketika kita bisa hidup dengan gaya sederhana maka kebahagiaan akan datang menghampiri. Hati akan selalu tenang dan damai karena rasa syukur tersebut.

Kesederhanaan adalah kekayaan yang terbesar di dunia

“Jarang orang mau mengakui, kesederhanaan adalah kekayaan yang terbesar di dunia ini: suatu karunia alam. Dan yang terpenting diatas segala-galanya ialah keberaniannya. Kesederhaan adalah kejujuran, dan keberanian adalah ketulusan.” – Pramoedya Ananta Toer

Tak banyak orang yang setuju bahwa harta terbesar ialah kesederhanaan yang dimiliki. Sangat jarang ada orang yang bergelimang harta namun rela hidup sederhana. Orang kaya raya yang bisa memegang prinsip hidup sederhana sangat luar biasa. Dalam kesehariannya, ia akan selalu berusaha untuk bergaya hidup apa adanya jauh dari gemerlap kemewahan. Memanfaatkan harta benda sesuai dengan takarannya merupakan perbuatan yang sangat disenangi oleh Allah SWT. Orang yang bergaya hidup boros termasuk orang yang tidak disenangi olehNya karena perbuatan ini termasuk perbuatan yang dibenci oleh Allah SWT.

Salah satu harta karun terbesar ialah kesederhanaan

“Saya mempunyai tiga hal untuk diajarkan, kesederhanaan, kesabaran, kasih sayang. Ketiganya adalah harta karun terbesar Anda.” – Lao-Zu

Sebenarnya, harta karun terbesar meliputi tiga hal yaitu kesederhanaan, kesabaran, dan kasih sayang. Jika ketiga hal ini dapat kamu ajarkan di dalam lingkungan kelurgan, hidup akan terasa sangat bahagia. Seorang anak yang dibekali dengan hal terbaik dalam hidupnya akan mampu menjalani kehidupan ini dengan bijaksana. Sebagai orang tua, kita harus selalu mendidik anak untuk hidup sederhana, bersikap sabar dan hidup penuh kasih sayang.

Berpuas diri dengan kesederhanaan ialah kehidupan yang luar biasa 

“Ketika Anda sudah merasa puas dengan kesederhanaan Anda sendiri dan tidak membandingkan atau bersaing dengan yang lainnya, maka semua orang akan menghargai Anda.” – Lao-Zu

Dalam menjalani kehidupan ini, kita tak perlu membanding-bandingkan dengan kehidupan orang lain. Jika hanya melihat orang yang sudah berada di atas kita, tentu kita tak akan pernah ada puasnya. Bukankah di atas langit masih ada langit lagi. Boleh boleh saja melihat orang lain yang posisinya di atas kita kalau untuk ingin memotivasi supaya lebih maju. Namun, agar diri kita lebih bisa bersyukur sebaiknya melihat posisi orang yang ada di bawah ini. Tak perlu membanding-bandingkan apa yang kamu miliki dengan kepunyaan orang lain.

Hidup sederhana akan membawa kepada kesuksesan

“Ini adalah salah satu mantra saya: fokus dan kesederhanaan. Kamu harus berkerja lebih keras untuk menjernihkan pikiran dan menghasilkan kesederhanaan. Pada akhirnya hal ini akan setimpal. Saat kamu tiba di sana, kamu bisa memindahkan gunung.” – Steve Jobs

Jika kamu ingin menjadi orang sukses, sebaiknya lakukan gaya hidup sederhana. Hidup sederhana akan membuat kamu lebih bisa menata diri. Selain hidup sederhana, kamu juga harus fokus terhadap apa yang kamu lakukan. Memang, melakukan perilaku sederhana tidak semudah seperti yang dibayangkan. Kamu membutuhkan perjuangan keras untuk bisa menahan diri dari hawa nafsu. Harus kita akui bahwa manusia memiliki sikap dasar suka pamer kepada orang lain untuk menunjukkan eksistensinya. Namun, jika kamu berhasil menahan hal tersebut dan menjalankan kehidupan dengan pola gaya sederhana, kamu akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan perjuangan tersebut. Kamu bisa menikmati kesuksesanmu tanpa harus hidup dengan kemewahan dan pemborosan yang tidak ada manfaatnya.

Kesederhanaan ialah moral dasar manusia

“Kesederhanaan adalah dasar segala moral dan kebajikan utama manusia. Tanpa kesederhanaan, manusia tidak ada bedanya dengan binatang.” – Napoleon Bonaparte

Pada dasarnya, manusia memiliki sikap sederhana. Jadi, sudah sepantasnya kalau kita berusaha untuk menjalankan pola hidup yang sederhana sehingga kehidupan ini akan terasa lebih nikmat dan bahagia. Seandainya ada manusia yang tidak bisa hidup dengan penuh kesederhanaan, maka manusia tersebut memiliki sifat seperti binatang yang tidak bisa menekan hawa nafsu. Sudah sepantasnya hidup di dunia ini membatasi diri dari perbuatan yang tidak semestinya sebab manusia dibekali dengan akal dan pikiran oleh Allah SWT. Kita harus memanfaatkannya sebaik mungkin.

Demikianlah kumpulan kata bijak tentang hidup sederhana dari tokoh terkenal. Setelah membaca beberapa uraian di atas, semoga kita semua semakin bersemangat untuk menjalankan gaya hidup sederhana sehingga akan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Hidup dengan kemewahan tak menjamin kebahagiaan.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *