Kutipan Kata kata Bijak Tentang Berpikiran Negatif

By | January 25, 2017

Berusahalah untuk selalu berpikir positif atau menghindari berpikir negatif, karena sering berpikir negatif akan berdampak tidak baik bagi kesehatan, perilaku maupun karir kamu. Namun, banyak orang sulit menghindari berpikir negatif karena sudah menjadi kebiasaan atau mendarah daging. Pola pikiran merupakan sesuatu hal yang tidak mudah untuk dikontrol. Pemikiran itu terkadang timbul begitu saja. Walaupun berpikir negatif sulit dihindari, kamu tetap harus berusaha untuk menghilangkannya dari kebiasaan sehari-hari karena dampaknya yang tidak baik. Bahkan, parahnya, pikiran negatif sulit dideteksi sehingga penanganannya sulit.

 

Kata kata mutiara hidup sederhana

 

Sikap atau tabiat akan terpengaruh oleh apa yang kita pikirkan. Jika kita berpikir negatif, sikap dan tingkah laku akan terpengaruh menjadi negatif. Kebahagiaan hidup akan semakin sulit dirasakan. Sebagai contohnya, ketika seseorang mengalami PHK dan tidak memiliki pekerjaan, dia akan terus mencari-cari kesalahan apa yang telah dia perbuat sehingga sampai dikeluarkan dari pekerjaannya. Padahal, hal semacam ini merupakan contoh pikiran negatif yang akan berdampak buruk bagi kehidupan selanjutnya. Seseorang tersebut akan terus menerus mencari-cari kesalahan apa yang telah diperbuat dan menyalahkan diri sendiri. Padahal, sikap semacam ini akan membuat peluang mendapatkan pekerjaan lain sulit. Hal yang perlu dilakukan ialah fokus dan bangkit dari keterpurukan kemudian berusaha keras untuk mencari pekerjaan lain yang lebih baik dari sebelumnya.

Sebagai bahan referensi, berikut ini ada kumpulan mengenai kata bijak tentang pikiran negatif dari tokoh terkenal. Yuk simak ulasannya!

Jangan menyimpan amarah di dalam hati

“Sebagai manusia, kemarahan adalah bagian dari pikiran kita. Rasa jengkel juga bagian dari pikiran kita. Tapi kamu bisa melakukannya; kemarahan datang dan pergi. Jangan pernah menyimpannya; di dalam dirimu yang terdalam, lalu menciptakan banyak kecurigaan, banyak ketidakpercayaan, banyak hal-hal yang negatif, lebih banyak kekhawatiran.” – Dalai Lama XIV

Sangat wajar apabila seseorang memiliki amarah. Entah karena suatu hal, amarah datang menyelimuti hati dan pikiran. Hal yang harus kamu lakukan ialah tidak memendam amarah tersebut terlalu lama. Sebab, hal tersebut dapat menimbulkan pikiran negatif yang berdampak buruk pada kehidupanmu. Hidup akan menjadi gelisah, khawatir dan tak tentram. Hal tersebut akan berdampak pada kebahagiaan hidup yang seharusnya kamu dapatkan.

Jangan bergaul dengan orang yang berpikir negatif

“Bergaul dengan orang yang berpikir negatif dengan sendirinya mendorong Anda jadi pemalas, gagal.” – Anthony Robbins

Pergaulan memberikan dampak yang besar bagi seseorang. Termasuk dalam penularan pikiran negatif. Biasanya, seseorang cenderung akan menyerupai teman dekatnya baik dalam bersikap atau bertingkah laku. Ketika kamu menemukan seorang kawan yang memiliki pikiran negatif, sebaiknya menjauhlah. Dia tidak pantas untuk terus kamu dekati. Lebih baik pergi meninggalkannya dan bergaul dengan orang-orang yang selalu berpikir positif sehingga bisa memberikan pengaruh yang baik dalam hidupmu.

Emosi negatif sangat berbahaya

 “Aku tak percaya ada orang yang mati karena kerja keras. Mereka mati karena stres atau khawatir atau takut, emosi-emosi negatif. Itulah yang membunuh mereka, bukan kerja keras. Faktanya adalah, dalam masyarakat kita sekarang ini, kebanyakan orang tidak mengerti apa itu kerja keras.” – Arthur Williams

Jika ada pernyataan yang menyatakan bahwa kerja keras bisa membuat seseorang meninggal dunia, hal ini sangat keliru. Seseorang akan sedih dan cemas berlebihan bukan karena kerja keras yang dilakukannya. Akan tetapi, hal tersebut karena emosi-emosi negatif yang ada pada diri seseorang. Sebaiknya pahamilah apa yang disebut dengan kerja keras. Kerja keras harus diimbangi dengan kerja cerdas sehingga kamu memiliki kehidupan yang seimbang.

Hidup ini hanya sementara

“Bila hidupku tidak berlangsung lama lantas kenapa kutipan-kutipan negatif menyelubungi keyakinan-keyakinanku?” – Ahmad Fuadi

Untuk apa berpikir negatif dalam menjalani kehidupan ini. Apa pun yang telah terjadi pada diri seseorang sudah menjadi suratan takdir. Kita sebagai manusia hanya bisa menerimanya dengan ikhlas setelah melakukan usaha semaksimal mungkin. Ya, tugas manusia hanyalah berusaha, kemudian hasilnya ditentukan oleh Allah SWT. Ketika hasil yang kamu dapatkan tidak sesuai harapan, jangan langsung berpikir negatif. Selalulah berpikir positif. Mungkin saja apa yang terjadi padamu merupakan yang terbaik menurut Tuhan Yang Maha Esa.

Tentang menyikapi kekalahan

“Kekalahan bisa menjadi batu pijakan atau batu sandungan, tergantung apakah sikapmu positif atau negatif.” – Napoleon Hill

Kekalahan mampu menjadi sesuatu yang indah, bisa juga menjadi sesuatu yang buruk. Semua itu tergantung bagaimana cara pandangmu dalam memaknai kekalahan tersebut. Seseorang yang berpikir positif akan memaknai kekalahan sebagai kesuksesan yang tertunda. Dia akan bangkit dan mencoba lagi sampai berhasil. Justru apa yang membuatnya kalah akan menjadi pelajaran berharga untuk tidak dilakukan lagi. Kemudian, ketika kamu memaknai kekalahan dengan sikap negatif, hal ini akan menjadikan dirimu merasa cemas dan takut. Kamu akan menyalahkan diri sendiri karena ternyata kamu tak bisa meraih apa yang kamu inginkan.

Pikiran negatif menjadi suatu kebiasaan beberapa orang

“Bagi beberapa orang, berpikiran negatif merupakan kebiasaan, yang sejalan dengan berlalunya waktu akan berubah menjadi sebuah kecanduan. Seperti penyakit, seperti kecanduan alkohol, berlebihan makan, atau kecanduan obat terlarang. Banyak orang yang menderita akibat penyakit ini karena berpikiran negatif merusak tiga hal berikut: jiwa, tubuh, dan perasaan.” – Peter Mc Williams

Banyak orang tidak sadar bahwa mereka memiliki kebiasaan berpikir negatif. Jika hal ini sudah menjadi kebiasaan, tentunya akan sangat sulit untuk meninggalkannya. Ibarat seperti candu, pikiran negatif akan selalu menyelimuti seseorang. Langkah tepat untuk menghindari kebiasaan berpikir negatif ialah berusaha keras untuk menanamkan pikiran-pikiran positif. Saat itu, kamu akan merasa sangat damai dan tentram. Pikiran memang sumber ketentraman hati.

Bahagia dengan berprasangka positif

“Dengan berprasangka baik saja, hati kau masih ketar-ketir memendam duga, menyusun harap, apalagi dengan prasangka negatif, tambah kusut lagi perasaan kau.” – Tere Liye

Apabila ingin mendapatkan hati tenang dan damai, kamu harus selalu berpikir positif. Tidak baik memiliki prasangka buruk terhadap sesuatu. Hal tersebut karena akan berdampak buruk pada suasana hati. Kamu akan merasakan emosi yang membuat hari-hari terasa buruk. Berusahalah untuk memandang segala sesuatu dengan pikiran positif supaya bisa mendapatkan ketenangan hati.

Taklukan dirimu dengan berpikir positif

“Diri manusia harus menundukkan peperangan diri sendiri terhadap yang negatif.” – Pepeng Soebardi Ferrasta

Untuk bisa berpikir positif, hal tersebut bukanlah hal yang mudah. Meski kelihatannya mudah, ternyata merubah pikiran negatif menjadi positif teramat susah. Meskipun demikian, kamu harus berusaha melawannya sehingga bisa berpikir positif. Dampak dari berpikir negatif sangat buruk sehingga kamu perlu berhati-hati. Bahkan, perasaaan bahagia bisa dipengaruhi dari pikiran positif. Sebaliknya, jika dirimu selalu menanamkan pikiran negatif, kamu akan sulit merasakan kebahagiaan.

Jangan berpikir negatif

“Jangan habiskan energi untuk kekhawatiran atau pikiran-pikiran negatif.” – Bruce Lee

Sebenarnya, berpikir negatif hanya akan merugikan diri sendiri. Dirimu menjadi tak tenang karena adanya praduga buruk tentang suatu hal yang sebenarnya tidak seperti yang kamu bayangkan. Banyak orang merasakan ketakutan dan kekhawatiran yang berlebihan hanya karena mereka memiliki pikiran negatif. Jangan sia-siakan waktu dan tenagamu untuk memikirkan sesuatu yang tak perlu kamu pikirkan.  Masih banyak hal lain yang lebih bermanfaat.

Buang pikiran negatif menuju perubahan yang lebih baik

“Kebiasaan merupakan pengulangan yang berpola. Buang mengulang yang negatif yang pasti merugikan! Ulangi pola yang positif!” – Andrie Wongso

Setiap orang pasti memiliki kebiasaan dalam bertingkah laku. Kebiasaan ini dapat diatur sedemikian rupa sehingga seseorang bisa memilih akan melakukan kebiasaan buruk ataupun baik. Kebiasaan baik harus diusahakan oleh setiap individu. Misalnya saja dengan berkaca pada pengalaman yang telah lalu. Dari situlah, seseorang bisa memilih mengulangi perbuatan yang baik, dan meninggalkan perbuatan yang buruk. Segala hal negatif mampu disingkirkan dengan baik. Cukup memilih melakukan segala hal yang positif sehingga hidup akan terasa bahagia dan lebih baik dari sebelumnya.

Rasa empati bisa merubah energi negatif menjadi positif

“Ketika kamu menunjukkan empati yang besar terhadap orang lain, energi negatif mereka menurun dan digantikan oleh energi yang positif. Itulah ketika kamu lebih kreatif dalam menyelesaikan masalah.” – Stephen Covey

Sungguh luar biasa menfaat dari rasa empati. Seseorang akan merasa sangat bahagia apabila ketika mendapatkan kesusahan ada orang lain yang menunjukkan rasa empatinya. Perhatian tersebut akan mampu menggantikan energi negatif menjadi positif. Dia akan merasa ada seseorang yang memperhatikannya sehingga merasa nyaman bahwa dia tidak sendiri. Energi positif yang dimilikinya mampu memberikan berbagai manfaat yang luar biasa. Salah satu manfaatnya ialah bisa menyelesaikan setiap masalah dengan cara yang tepat.

Jangan menjadi pribadi yang bersikap negatif

“Membuat kesalahan adalah hak orang-orang yang aktif. Orang-orang yang biasa-biasa sajalah yang selalu bersikap negatif, yang menghabiskan waktu mereka dengan membuktikan bahwa mereka tidak salah.” – Ingvar Kamprad

Sebagai manusia, berbuat kesalahan merupakan hal yang wajar. Oleh sebab itu, jangan berputus asa ketika sudah melakukan suatu kesalahan. Justru kamu harus semakin bersemangat sehingga tidak akan mengulangi kesalahan yang sama. Inilah cara orang cerdas dan berkualitas dalam menjalani kehidupan. Mereka tidak takut salah untuk mendapatkan perubahan hidup yang lebih baik dan berkualitas dari sebelumnya. Bukan malah berdiam diri karena takut berbuat kesalahan.

Energi negatif dimiliki oleh orang yang pesimis

 “Orang optimis punya kebiasaan menjelaskan apapun yang terjadi pada diri mereka secara positif. Orang pesimis menjelaskan apapun yang terjadi pada diri mereka secara negatif.” – Haryanto Kandani

Energi positif akan dimiliki oleh seseorang yang memiliki sikap optimis. Ya, dia merasa bahwa dapat melakukan segala sesuatu. Sikap ini sangat penting dimiliki oleh setiap orang sehingga mereka bisa bersemangat tinggi dalam mencapai apa yang diinginkan. Sementara itu, energi negatif akan dimiliki oleh seseorang yang bersikap pesimis. Pesimis merupakan suatu tindakan tidak percaya diri pada kemampuan yang dimiliki. Kamu harus menghindari sikap ini untuk menumbuhkan semangat juang yang tinggi dalam meraih kesuksesan ataupun hal lainnya.

Pikiran negatif akan melahirkan sikap negatif

“Pemikiran negatif sebanding dengan nilai dari pencipta, dan hasil cetak pelaksanaannya.” – Ansel Adams

Segala sikap dan kelakuan seseorang akan bersumber pada pikiran kita. Jika kita bisa memelihari pikiran positif, hasil yang akan didapatkan lebih bagus. Hal ini karena pemikiran positif membuat seseorang bersikap positif. Dia akan merasa bahwa hidup ini penuh makna dan tujuan sehingga apa yang dilakukannya haruslah berdasarkan pada apa yang akan menjadi tujuan hidupnya.

Jalani hidup dengan bahagia, bukan untuk berpikir negatif

 “Hidup adalah untuk hidup, bukan berpikir. Agar hidup bebas, kita harus membebaskan diri dari pikiran-pikiran negatif.” – Vernon Howard

Jalani hidup ini dengan simpel. Hidup ini tidak serumit yang kamu bayangkan jika kamu mampu membuatnya lebih sederhana. Jangan terlalu banyak berpikir tentang suatu hal karena akan membuatmu memiliki banyak pikiran negatif. Tenanglah, berusahalah untuk mengalihkan perhatianmu dengan cara berpikir positif. Dengan cara ini, kamu akan lebih mudah mendapatkan kebahagiaan yang selama ini kamu nantikan.

Berpikir negatif membuat kita menjadi pesimis

“Bila kita selalu berpikir negatif, energi yang akan kita hasilkan ya nggak jauh-jauh dari sikap pesimis, tidak percaya diri, galau, selalu mengeluh, dan menyalahkan orang lain.” – Rangga Umara

Jangan sampai kamu memiliki pikiran negatif karena hal itu akan membuat dirimu memiliki sikap pesimis. Sikap ini sangat buruk karena dampaknya berbahaya bagi kehidupanmu. Kamu akan merasa sedih dan galau. Lebih parahnya, kamu tak bisa menerima apa yang terjadi jika hal tersebut tidak seperti yang kamu harapkan.

Jika ingin sukses, jangan berpikir negatif mengenai penjualan dan promosi 

“Orang kaya bersedia untuk mempromosikan diri mereka sendiri dan nilai mereka. Orang miskin berpikir secara negatif tentang penjualan dan promosi.” – T Harv Eker

Ada hal mencolok yang membedakan antara orang kaya dan orang miskin. Orang kaya tak akan pernah malu mempromosikan diri sendiri dengan menyebutkan apa kelebihan yang dimiliki melalui sebuah iklan atau promosi. Suatu usaha akan dikenal oleh masyarakat luas jika dipromosikan dalam bentuk iklan. Bahkan, promosi mengenai diri sendiri sangat penting karena hal ini akan menambah relasi. Seseorang akan menaruh kepercayaan kepada pribadi yang berkualitas.

Menjauhlah dari orang yang suka mengeluh

 “Saya akan pergi sejauh mungkin dari orang yang suka mengeluh karena energi negatif itu bersifat menular.” – T Harv Eker

Jangan biarkan dirimu menjadi orang yang suka mengeluh. Sikap ini sangat merugikan diri sendiri. Ketika mengalami kesulitan, hal yang harus dilakukan ialah bukannya mengeluh. Tapi, berusahalah mencari kesalahan apa yang dilakukan sehingga tidak akan melakukannya lagi. Jika dalam melakukan suatu usaha kamu gagal, cari tahu apakah cara yang kamu lakukan sudah tepat atau belum. Jika belum, carilah cara lain untuk mencoba melakukan usaha dengan gigih.

Jangan berdekatan dengan orang yang bersikap negatif

“Larilah dari orang-orang yang bersikap negatif.” – Greg S. Reid

Janganlah berdekatan dengan mereka yang memiliki sikap negatif. Hal ini karena sikap negatif mampu menular kepada orang lain. Jika kamu selalu bergaul dengan seseorang yang bersikap negatif, bukan tidak mungkin kamu akan seperti mereka. Untuk itu, lebih baik kamu mulai menghindar dari mereka supaya tidak tertular memiliki pikiran dan sikap negatif.

Demikianlah pembahasan mengenai kumpulan kata bijak tentang pikiran negatif. Banyak tokoh terkenal yang mengemukakan pendapatnya melalui kata-kata bijak atau mutiara. Ternyata, banyak sekali dampak yang akan didapatkan jika dirimu selalu diselimuti oleh pikiran dan sikap negatif. Semoga dengan memperhatikan berbagai kumpulan kata bijak tersebut, kamu akan terhindar dari pikiran negatif.

(Ika Pratiwi)

 
Share

2 thoughts on “Kutipan Kata kata Bijak Tentang Berpikiran Negatif

  1. Hon Book Store

    Terima kasih untuk artikelnya. Membuat kami semakin yakin bahwa berjualan buku tidak hanya mengenalkan sebuah judul buku. Tetapi dapat membantu memberikan manfaat bagi konsumen yang membaca buku itu.

     
    View Comment
    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *