Kutipan Kata kata Bijak Tentang Tersenyum atau Tertawa

By | January 16, 2017

Tersenyum merupakan hal yang sangat dianjurkan karena memiliki banyak manfaat, baik bagi diri sendiri ataupun orang lain. Senyum bisa bermanfaat bagi kesehatan dan psikologi. Yang jelas, senyum bisa mengurangi depresi. Hati akan lebih tenang jika ketika ada masalah yang sedang kamu hadapi, kamu bisa tersenyum.

 

Kata kata mutiara hidup sederhana

 

Selain itu, tersenyum juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Fungsi imun akan meningkat jika seseorang rajin tersenyum. Pikiran akan semakin rileks sehingga terhindar dari penyakit seperti batuk dan pilek. Jika kamu ingin awet muda, seringlah tersenyum. Otot-otot pada wajah akan bekerja lebih baik saat kamu tersenyum atau tertawa.

Kemudian, wanita yang tersenyum akan terlihat lebih cantik daripada ketika tidak sedang tersenyum. Bagaimana, banyak sekali bukan manfaat tersenyum yang bisa kamu dapatkan? Putuskan apakah kamu akan menjadi orang yang murah senyum atau sebaliknya. Senyum atay tertawa mudah dilakukan namun memiliki banyak manfaatnya.

Berikut ini kamu hadirkan beberapa kata-kata bijak tentang tersenyum atau tertawa dari tokoh terkenal sehingga kamu bisa terinspirasi. Berikut ini ulasan lengkapnya:

Buat hari penuh makna dengan tertawa

 “Sebuah hari tanpa tertawa adalah hari yang tidak berguna.” – Charlie Chaplin

Usahakan setiap harimu untuk dapat tertawa. Tawa bisa dilakukan karena banyak hal. Bahkan karena kamu bersendau gurau dengan teman atau keluarga. Ciptakan suasana kebahagiaan di manapun kamu berada, entah di rumah, di sekolah atau tempat kerja, di lingkungan masyarakat dan di manapun kamu berada.

Bahkan, jika hari-hari yang kamu lalui tanpa adanya tawa, sama saja hal itu akan membuat harimu tiada berguna. Hidup di dunia ini hanya sementara, jangan sampai kamu menyia-nyiakan hidupmu. Tertawalah agar kamu bisa merasa bahagia dalam menjalani kehidupan ini.

Bisa saja tertawa dalam kesediahan

“Saat kita tertawa, hanya kitalah yang tahu persis apakah tawa itu bahagia atau tidak. Boleh jadi kita sedang tertawa dalam seluruh kesedihan. Orang lain hanya melihat wajah.” – Tere Liye

Ketika seseorang tertawa, hanya dia sendirilah yang tahu apakah itu tawa bahagia atau tidak. Sebab, bisa jadi seseorang tertawa untuk menutupi kesedihan yang sedang dirasakan. Tak ada salahnya tertawa di depan orang lain untuk menutupi kesedihan yang sedang dirasakan. Orang lain akan mengira kalau kamu sedang berbahagia. Kamu boleh melakukan hal ini sebagai pilihan untuk menyembunyikan kesedihan yang kamu rasakan sehingga orang lain tidak ikut merasa sedih. Berbagi kebahagiaan sangat dianjurkan karena akan mendapatkan pahala yang berlimpah. Bagaimanapun keadaanmu, berusahalah untuk selalu tersenyum kepada orang lain sehingga mereka bisa merasa bahagia dengan keramahan yang kamu berikan.

Wanita akan melakukan apapun ketika ada seseorang yang berhasil membuatnya tertawa

“Jika Anda dapat membuat seorang wanita tertawa, maka Anda bisa membuatnya melakukan apapun.” – Marilyn Monroe

Wanita sangat menginginkan kebahagiaan. Ketika mencari pendamping hidup, dia akan mencari seseorang yang bisa membuatnya merasa nyaman dan tertawa bahagia bersama. Bukan soal tampang dan materi yang menjadi patokan utama seorang wanita mencari seorang kekasih hati. Ketika bertemu lelaki yang bisa membuatnya bahagia, dia akan rela melakukan apa saja termasuk mengorbankan dirinya sendiri demi kebahagiaan orang yang telah membuatnya bahagia. Itulah sifat wanita.

Orang yang membuatmu tertawa ialah orang yang peduli kepadamu

“Orang-orang yang membuat Anda tertawa, yang membantu Anda ketika Anda membutuhkan. Orang-orang yang benar-benar peduli. Mereka adalah orang-orang layak disimpan dalam hidup Anda. Orang lain hanya lewat.” – Karl Marx

Dalam hidup ini, sifat manusia berbeda-beda. Kamu pastinya menjumpai beberapa orang dengan karakter yang berbeda dari satu orang dengan yang lainnya. Untuk mengetahui siapakah orang yang benar-benar peduli padamu, kamu bisa mencari tahu siapakah yang senantiasa berusaha membuatmu tertawa bahagia. Orang yang peduli padamu pasti ingin melihat kamu bahagia. Dia tak ingin membuatmu sedih. Jika kamu telah menemukan seseorang yang selalu berusaha membuat tawa di wajahmu, jangan lepaskan. Jadikan dia sebagai orang yang selalu dekat denganmu. Orang yang peduli denganmu bisa saja keluarga, teman, ataupun sang pujaan hati.

Menyukai seseorang yang membuatku tertawa

 “Aku menyukai orang orang yang membuatku tertawa. Sejujurnya, itu adalah hal yang paling kusukai, tertawa. Itu menyembuhkan banyak rasa sakit. Itu mungkin hal yang paling penting di dalam diri seseorang.” – Audrey Hepburn

Berkumpul dan bersama dengan orang-orang yang selalu membuat tertawa sangat menyenangkan. Mereka akan menjadikan hari-hari kita penuh makna. Kabahagiaan bisa kita rasakan kapan saja saat bertemu dengan mereka. Kamu akan mendapatkan suasana yang nyaman ketika bersama orang-orang yang peduli denganmu. Bahkan, ketika kamu sedang dalam posisi sesulit apapun, berkumpul dengan orang-orang tersebut membuatmu bahagia. Kamu bisa melepaskan beban pikiran yang membuatmu sedih meskipun hanya sementara waktu. Walaupun demikian, kamu akan merasa lebih baik sehingga hari-harimu lebih berwarna. Kamu akan semakin bersemangat menjalanin kehidupan ini.

Jadilah orang yang bisa membuat orang lain tertawa

 “Jika saya bisa menyebabkan seseorang menyeka air mata karena tertawa, itulah penghargaan untuk saya.” – Victor Borge

Bahagia itu ketika bisa bermanfaat untuk orang lain. Ketika kamu bisa membuat orang lain bahagia, itulah kebahagiaan sejati yang kamu rasakan. Kamu akan merasa sangat lega dan nyaman ketika bisa membuat orang lain tertawa bahagia. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat orang lain merasa bahagia. Tidak harus dengan materi yang berlimpah kamu bisa membahagiakan orang lain. Kamu bisa memulainya dengan melakukan hal-hal kecil seperti tersenyum kepada mereka.

Cari orang yang bisa membuatmu tertawa

“Ia butuh seseorang yang dapat membuatnya tertawa dan melupakan dunia sejenak.” – Alvin Syahrini

Dunia ini memang indah. Namun, di sisi lain kehidupan ini sangat kejam. Sedih senang harus kamu hadapi dalam menjalanin kehidupan ini. Kamu harus bisa bertahan dari kerasnya dunia. Sekuat-kuatnya dan setegar-tegarnya manusia, pasti dia memiliki sisi kelemahan yang bisa membuatnya bersedih. Untuk bisa menambah ketegaran, temukanlah seseorang yang bisa membuatmu tertawa. Seketika itu, kamu akan mampu melupakan sejenak kerasnya dunia. Segala permasalahan yang kamu hadapi harus dilupakan sejenak sehingga pikiran akan tenang. Hati juga akan semakin damai ketika kamu bisa tertawa bahagia.

Tertawalah ketika kamu harus tertawa, dan sebaliknya

 “Butuh waktu untuk tertawa, tertawalah. Butuh waktu untuk menangis, menangislah. Itu manusiawi, setelah puas kembalilah fokus pada tujuan hidup.” – Harry Slyman

Ada beragam hal yang harus dihadapi oleh seseorang. Ada kalanya kita merasa bahagia, ada kalanya juga kita bersedih. Memang benar segala hal di dunia ini tak ada yang abadi. Kamu harus terus melangkah menjalani kehidupan ini. Hidup ini harus seimbang. Supaya bisa menjalani kehidupan dengan mudah, jalani saja seperti mengikuti arus aliran sungai. Berjalanlah sesuai arus tersebut. Misalnya saja ketika kamu merasa bahagia atas sesuatu, tertawalah karena kamu harus melakukan itu. Berhentilah sejenak dari aktifitasmu untuk merasakan kabahagiaan yang kamu rasakan sehingga kamu bisa lebih bersyukur kepadaNya. Kemudian, ketika kamu sedang dalam keadaan sedih, kamu memang butuh waktu untuk menangis. Tak perlu kau tahan air matamu karena dengan menangis hati dan pikiran akan tenang. Barulah kamu bisa kembali fokus pada kesibukan yang kamu miliki agar tujuan hidup ini dapat tercapai dengan baik.

Gila karena tidak bisa tertawa

“Jika kita tidak bisa tertawa kita semua akan gila.” – Robert Frost

Siapa bilang tertawa ciri orang gila. Justru sebaliknya, orang yang tidak bisa tertawa akan gila. Tidak bisa tertawa berarti kamu tidak bisa menikmati hidup yang indah. Kebahagiaan tidak kamu dapatkan. Yang ada hanyalah rasa hampa sehingga kamu sudah bisa tidak bisa merasakah kebahagiaan yang seharusnya kamu dapatkan. Mulai sekarang, sebisa mungkin berusalahan untuk tertawa tak peduli bagaimana keadaanmu saat ini. Tak mengapa tertawa ketika hati sedang bersedih. Hal ini untuk menyeimbangkan hidup. Ketika tertawa, otot-otot akan menjadi rileks sehingga kamu akan merasa lebih baik dan tenang.

Kekuatan terbesar adalah tertawa

“Tidak ada kekuatan yang lebih besar daripada tertawa, dan kebahagiaan adalah kekuatan yang dapat menyelamatkan seseorang dari kengerian dunia.” – Hillary DePiano

Tertawa merupakan sumber kekuatan terbesar karena bisa membuat memiliki makna indah dalam menjalani kehidupan ini. Seseorang akan merasa bahagia ketika bisa tertawa lepas. Hidup ini akan terasa indah jika dihiasi dengan kebahagiaan yang mengagumkan. Dunia yang mengerikan bisa dihadapi dengan tegar. Milikilah kekuatan tertawa agar kamu bisa menjalani kehidupan ini, bagaimanapun itu keadaannya. Pasti setiap orang ingin merasakan kebahagiaan dalam hidupnya. Maka dari itu, mari tertawa.

Atasi penderitaan agar bisa tertawa

“Untuk bisa benar-benar tertawa, kau harus bisa mengatasi penderitaanmu, dan bermain dengannya.” – Charlie Chaplin

Tak ada manusia hidup di dunia ini tanpa adanya masalah. Setiap orang memiliki masalah dalam hidupnya meskipun tak sama. Yang membedakannya ialah tingkat kesulitan masalah tersebut. Ada yang diberikan cobaan dengan masalah kecil, ada juga yang diberikan masalah besar. Namun, kamu tetap harus bersikap tenang sebab tidak ada manusia yang diberikan cobaan di luar batas kemampuannya. Kamu tetap harus semangat mengatasi permasalahan yang kamu rasakan. Bertahanlah meskipun kamu hidup dengan masalah yang besar. Berusahalah untuk menyelesaikan setiap permasalahan, bukan malah merenunginya. Bersedih tidak akan menyelesaikan permasalahan. Kamu harus bersikap tegar supaya masalah terselesaikan sehingga kamu bisa benar-benar tertawa bahagia.

Tertawa merupakan liburan yang instan

“Tertawa adalah liburan instan.” – Milton Berle

Jika kamu membutuhkan liburan untuk merefresh otak dan mencari kebahagiaan, ada liburan instan yang bisa kamu lakukan. Hal yang dimaksud ialah dengan tertawa. Saat tertawa, kamu bisa membuat pikiran lebih tenang. Hatipun akan ikut tentram. Saat itu, otot-otot pada wajah mengendur dengan baik sehingga kamu akan merasa lebih rileks.

Tersenyum untuk bahagia

“Jangan menunggu bahagia untuk tersenyum tetapi tersenyumlah untuk bahagia.” – Dr. Aidh Abdullah al-Qarni

Banyak orang beranggapan bahwa tersenyum bisa dilakukan apabila sedang merasa bahagia. Anggapan ini tidak benar. Kebahagiaan bisa diciptakan dari senyuman. Jika kamu selalu tersenyum dalam kehidupan sehari-hari, kamu bisa merasa bahagia. Masalah yang sedang kamu hadapi akan terasa lebih ringan. Terlebih lagi jika kamu menyapa dan tersenyum ramah kepada orang lain. Saat itu, kamu melakukan ibadah seperti melakukan sedekah karena tersenyum kepada orang lain membuat mereka bahagia.

Senyuman merupakan sikap

“Kita tersenyum bukanlah karena sedang bersandiwara. Bukan karena senyuman adalah suatu kedok. Tetapi karena senyuman adalah suatu sikap. Sikap kita untuk Tuhan, manusia sesama, nasib dan kehidupan.” – W.S Rendra

Senyum merupakan sikap terpuji yang harus selalu dijunjung tinggi oleh siapa saja. Orang yang bisa memiliki prinsip selalu tersenyum setiap hari akan merasa sangat nyaman dan bahagia dalam menjalani kehidupan ini. Senyum merupakan hal yang mudah dilakukan. Sepertinya, ini merupakan perilaku atau tindakan kecil. Namun, tindakan kecil ini memiliki dampak yang luar biasa bagi setiap orang. Orang akan merasa lebih bahagia. Tidak hanya baik untuk psikologi saja, tetapi tersenyum juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Jika kamu ingin hidup sehat dan awet muda, rajin-rajinlah tersenyum.

Tersenyumlah meskipun sedang memiliki banyak masalah

 “Aku punya banyak masalah di kehidupanku. Tapi bibirku tidak mengetahuinya. Bibirku selalu tersenyum.” – Charlie Chaplin

Meskipun kamu memiliki banyak masalah kehidupan, berusahalah untuk tetap tersenyum. Kamu tak perlu mempertujukan kesedihan dengan raut muka yang memelas kepada orang lain. Tindakan ini tidak jauh baik dibandingkan kamu memberikan senyuman kepada orang-orang di dekatmu. Mereka akan merasa sangat bahagia jika kamu memberikan senyuman kepada mereka. Jika kamu bisa membuat orang lain merasa bahagia, kebahagiaan itu akan bisa kamu rasakan. Inilah kebahagiaan yang sejati.

Senyuman merupakan hadiah terindah untuk seseorang

“Setiap kali Anda tersenyum pada seseorang, itu adalah tindakan cinta, hadiah untuk orang itu, dan hal yang sangat indah.” – Bunda Teresa

Tidak ada hadiah yang lebih indah dibandingkan dengan senyuman. Senyuman yang kamu berikan kepada orang lain bagaikan hadiah yang sangat indah. Orang tersebut akan merasa senang dan nyaman karena sambutan atau sapaan yang kamu berikan. Hati akan terasa damai tatkala ada seseorang yang memberikan senyuman tulusnya. Mulai saat ini, berusahalah untuk memberikan senyuman terindah untuk orang-orang di sekelilingmu supaya hidup lebih bermanfaat.

Membahagiakan orang lain dengan senyuman

“Saat kita tersenyum tulus pada saudara kita, saat itulah kita sedang membahagiakannya yang berarti membahagiakan diri kita sendiri.” – Abdullah Gymnastiar

Cara mudah membahagiakan seseorang ialah dengan memberikan senyuman terindah. Senyum tulus akan membuat orang lain merasa bahagia. Ketika kamu memberikan senyuman kepada mereka, secara otomatis mereka akan memberikan senyum tulusnya kepadamu. Pada saat itu kamu akan merasakan kebahagiaan sesungguhnya.

Berikan senyuman saat berpapasan kepada orang lain

“Ketika Anda berpapasan dengan yang lain, berani untuk membuat mereka tersenyum.” – Steve Maraboli

Sebagai manusia yang memiliki kepedulian tinggi, sebaiknya lakukan adab tersenyum saat berpapasan dengan orang lain. Saat kamu melempar senyuman kepada orang lain, mereka akan membalas senyumanmu. Tali silaturahmi akan terjalin semakin erat dengan senyuman. Kebahagiaan juga akan tercipta.

Demikianlah kutipan mengenai kata kata bijak tentang tersenyum atau tertawa. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika sering tertawa atau tersenyum. Hidup akan jauh lebih bahagia jika kamu sering tersenyum kepada orang lain. Jangan lupa luangkan waktu untuk tertawa sebagai cara menikmati kehidupan yang indah. Semoga kita semua menjadi manusia yang selalu bisa bermanfaat bagi orang lain karena membahagiakan orang lain akan membuat diri kita sendiri juga merasa bahagia.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *