Ramuan Tanaman Obat Tradisional untuk Terapi Diabetes

By | December 26, 2016

Diabetes merupakan suatu jenis penyakit di mana kadar gula di dalam darah mengalami peningkatan karena tidak mampu diserap oleh tubuh. Dalam keadaaan normal tubuh seseorang mampu menjadikan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan menjadi glukosa dengan bantuan insulin, yang kemudian disalurkan ke seluruh sel tubuh untuk dijadikan energi. Namun bagi orang yang kekurangan zat insulin di dalam tubuhnya akan sulit untuk menyerap glukosa sehingga mengakibatkan penumpukan glukosa dalam darah. Hal inilah yang menyebabkan seseorang disebut menderita diabetes.

 

Ramuan Tanaman Obat Diabates

 

Berikut ini merupakan ciri atau tanda seseorang menderita penyakit diabetes :

  • Mudah mengantuk
  • Sering gatal-gatal
  • Padangan menjadi buram
  • Keluarga memiliki riwayat diabetes
  • Mengalami obesitas (kelebihan berat badan)
  • Mudah mati rasa atau rasa sakit pada bagian bawah tubuh
  • Mudah lelah
  • Infeksi kulit, serasa dipotong-potong, gatal-gatal, khususnya pada bagian kaki
  • Sering kencing (secara terus menerus)
  • Haus yang tidak seperti biasanya
  • Rasa lapar yang berlebihan
  • Berat badan turun secara cepat
  • Mudah naik darah
  • Sangat lelah dan lemas
  • Mual mual atau muntah-muntah

Jika satu atau dua dari tanda-tanda di atas Anda alami, maka Anda patut berhati-hati terhadap penyakit ini.

Ada 2 tipe diabetes yaitu diabetes tipe 1 (faktor bawaan) dan diabetes tipe 2. Biasanya diabetes tipe 2 ini jika menyerang mereka yang tidak menerapkan pola hidup sehat seperti pola makan, olah raga, pola istirahat, dll.

Sering dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dapat menyembuhkan penyakit diabetes tipe 2 ini.

Pada kesempatan ini pertamakali.com ingin berbagai informasi mengenai berbagai ramuan tanaman obat tradisional untuk terapi diabetes tipe 2 yang dialami seseorang. Ramuan ini bukan dimaksudkan untuk mengganti pengobatan kedokteran tetapi lebih bersihat sebagai penanggulangan awal bagi Anda yang menderita diabetes tipe 2 ini selain dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Perlu diperhatikan juga jika penyakit diabetes yang dialami seseorang sudah sampai menganggu organ tubuh lainnya Anda sebaiknya mengkonsultasikan kepada dokter atau ahli penyakit ini untuk penanganan yang lebih serius.

 

Ramuan Tanaman Obat Tradisional untuk Penyakit Diabetes

 

Ramuan I :

Tumbuhan Ciplukan yang sudah berbuah dicabut beserta dengan akar-akarnya dan dibersihkan. Tumbuhan dilayukan, kemudian direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih sehingga tersisa 1,5 gelas, kemudian air hasil rebusan disaring. Air rebusan diminum 1 kali sehari.

Ramuan II :

Ambillah 1 jari bidara upas dan 1 cangkir air. Cara pembuatan : bidara upas tadi diparut sampai halus. Kemudian dicampur dengan secangkir air. Aduklah sampai rata, kemudian hasil pencampuran yang sudah diaduk disaring baru Anda minum 2 kali sehari satu cangkir yaitu pagi dan sore.

Ramuan III :

Ambil 1 sendok makan kulit kayu kencur dan 1 gelas air. Cara pembuatan : 1 sendok makan kulit kayu kencur direbus dengan air 1 gelas. Setelah tinggal separohnya dan air hangat-hangat kuku minumlah, dengan berkali-kali sampai kurang lebih 3 bulan setiap pagi.

Ramuan IV :

Ambillah 15 butir biji juwet dikeringkan dan daun meniran 1 sendok the. Setelah itu rebuslah kedua ramuan tersebut dengan 3 cangkir air. Setelah air terlihat berkurang separuhnya angkatlah kemudian biarkan sampai hangat-hangat kuku. Setengah cangkir diminum 3 kali, yaitu pagi, siang dan sore setiap hari. Jika Anda menginginkan kembali, ganti dengan ramuan yang baru kembali.

Ramuan V :

Siapkan daun lidah buaya sebanyak 2 pelepah, durinya dibuang dan dicuci bersih kemudian dipotong-potong seperlunya. Rebus potongan lidah buaya tersebut ke dalam air bersih 3 gelas. Sesudah dingin, saring lalu minum sehabis makan 2 sampai 3 kali sehari sebanyak setengah (1/2) gelas.

Ramuan VI :
Siapkan serbuk biji petai cina 1 sendok the, diseduh dengan air panas setengah (1/2) gelas. Suam-suam kuku diminum 3 menit sebelum makan (2-3 kali sehari sebanyak 3 sendok makan).

Ramuan VII :
Siapkan daun tapak dara segar sebanyak 20 lembar, batangnya sepanjang 5 jari tangan, akarnya 10 jari tangan dan 10 kuntum bunganya yang masih segar, semuanya dicuci bersih dan direbus dengan air sebanyak 1 liter. Biarkan mendidih sampai tersisa setengahnya, didinginkan lalu disaring. Minum air rebusan tadi sebanyak 1 gelas makan, 2 kali sehari.

Demikianlah ramuan tanaman obat tradisional untuk atasi diabetes. Semoga ramuan di atas bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami keluhan penyakit ini dan Insya Allah penyakit Anda dapat segera sembuh.

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *