Tips Agar Terhindar Dari Tilang yang dilakukan Oleh Pak Polisi

By | November 15, 2016

Terkadang saat kita sedang mengendarai kendaraan bermotor, baik itu kendaraan roda dua atau kendaraan roda 4 kita dihentikan oleh Polisi yang sedang patroli di jalan yang kita lalui. Namun sering saat kita dihentikan kita belum menyadari atau baru menyadari kesalahan kita, sehingga kita terlambat untuk menghindar dari denda yang bisa dikenakan karena kelalaian yang bisa jadi tidak sengaja kita lakukan. Selain perlu menghindarai kesalahan untuk keamanan dan keselamatan saat berkendara, jika dikenakan denda resmi, nilai denda yang harus kita tanggung cukup besar jika gaji kita pas-pasan dan cukup mengganggu anggaran bulanan.

 

denda-tilang

Kali ini pertamakali.com akan memberikan tips agar kita dapat terhindar dari tilang Pak Polisi serta agar tidak terkena denda yang cukup besar ini sehingga tidak mengganggu pengeluaran bulanan dan untuk keamanan dan  keselamatan berkendara.

Saat tips ini dibuat, penulis mendapatkan informasi bahwa hari ini dimulai tanggal 16 sampai dengan 29 November 2016 akan dilaksanakan operasi Zebra serentak dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia. Maka bagi Anda yang memiliki kendaraan yang tidak layak dan berpotensi kena tilang, ada baiknya untuk menggunakan kendaraan umum terlebih dulu atau segera mengecek kelengkapan kendaraan Anda.

Berikut ini hal-hal yang perlu dihindari dan dipersiapkan ketika berkendara, serta denda yang dikenakan jika Anda melanggar nya :

Tidak membawa STNK

Jika Anda tidak membawa STNK saat berkendara, Anda dapat dikenai denda tilang sebesar 500 ribu rupiah. Jangan lupa untuk mengecek kelengkapan STNK Anda saat ingin berkendara.

Tidak membawa SIM

Bagi Anda yang lupa membawa SIM atau tidak memiliki SIM Anda dapat dikenai denda tilang 250 ribu rupiah.

Pengendara Tidak Pakai Helm saat berkendara motor

Helm sangat penting bagi keselamatan saat berkendara motor. Jadi jangan lupa untuk memakai perlengkapan keselamatan yang satu ini. Denda tidak memakai helm ini adalah sebesar 250 ribu rupiah.

Lampu Utama Motor Tidak Menyala (Siang)

Nyalakan lampu kendaraan motor Anda baik siang hari saat berkendara. Dendanya 100 ribu.

Lampu Utama tidak menyala saat malam

Dendanya 250 ribu rupiah.

Penumpang motor tidak pakai helm saat menumpang

Selain pengendara, penumpang juga wajib menggunakan helm saat berkendara motor. Dendanya sama dengan pengendara sebesar 250 ribu rupiah. Jika pengendara dan penumpang tidak pakai helm, tinggal Anda kalikan saja berapa dendanya.

Tidak pakai Seat Belt saat berkendara mobil (pengendara dan penumpang)

Dendanya adalah sebesar 250 ribu rupiah.

Melanggar lampu merah

Denda untuk mobil adalah sebesar 250 ribu rupiah. Sedangkan denda untuk motor adalah sebesar seratus ribu rupiah.

Tidak pasang segitiga pengaman saat mogok

Jika kendaraan Anda mogok, jika memungkinkan menepi terlebih dahulu (didorong dengan bantuan orang sekitar) dan segera pasang segitiga pengaman agar kendaraan dibelakang Anda mengetahui kalau kendaraan Anda sedang tidak jalan dan menghindari jalur lokasi kendaraan Anda. Denda nya jika melanggar adalah sebesar 500 ribu rupiah.

Pintu mobil terbuka saat jalan

Denda yang dikenakan sebesar 250 ribu rupiah.

Perlengkapan mobil kurang lengkap

Perlengkapan mobil yang dimaksud bisa spion, lampu, dll. Dendanya adalah 250 ribu rupiah.

Melanggar Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB)

Dendanya adalah sebesar 500 ribu rupiah.

Menggunakan HP saat berkendara

Gunakan HP di saat yang tepat. Anda bisa menepi terlebih dahulu di tempat yang aman jika perlu mengangkat panggilan HP atau Anda bisa menelpon balik saat sedang tidak berkendara. Dendanya adalah sebesar 750 ribu rupiah.

Tidak memiliki spion, klakson

Denda bagi motor adalah sebesar 250 ribu rupiah. Sedangkan mobil dendanya juga sebesar 250 ribu rupiah.

Melanggar rambu lalu lintas

Denda melanggar rambu lalu lintas adalah sebesar 500 ribu rupiah.

Demikian tips serta informasi dari mabes POLRI yang dapat dijadikan acuan untuk kelengkapan serta keselamatan kita saat berkendara. Semoga tips dari pertamakali.com ini dapat bermanfaat.

Sumber : polri.go.id

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *