Rumus Mencari Nilai FPB dan KPK pada Excel

By | November 6, 2016

Berikut ini merupakan tips untuk mencari Nilai FPB dan KPK dengan menggunakan Rumus GCD dan LCM pada Excel. Sejak di bangku sekolah dasar, kita sudah mengenal tentang FPB dan KPK. Ternyata manfaat FPB dan KPK bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, kita bisa menentukan jumlah makanan yang diperlukan dalam suatu acara pesta ulang tahun. Kamu akan lebih mudah membagi makanan-makanan yang jumlahnya berbeda. Contohnya ketika memiliki 40 batang cokelat, 26 permen dan 20 mainan. Kamu bisa menggunakan FPB untuk menentukan 1 box berisi berapa cokelat, permen dan mainan dengan jumlah sama banyak.

Jika hanya menghitung hanya satu data, kamu bisa menghitung dengan cara manual. Tapi, bila data yang harus dihitung dalam jumlah banyak, tentunya sangat memusingkan dan menyita banyak waktu. Misalnya sebuah supermarket yang ingin membuat parcel lebaran dengan isi berbagai macam barang dengan budget tertentu, pastinya memerlukan perhitungan FPB.

Berikut ini ada cara menghitung FPB dan KPK menggunakan rumus Excel. Kamu bisa menggunakan fungsi Greatest Common Divisor atau GCD untuk mencari FPB dari beberapa angka. Nah, dengan fungsi GCD ini, kamu bisa mencari bilangan prima.

Yuk simak bagaimana caranya.

  1. Pertama kali, buka Microsoft Excel kamu ya.
  2. Buat tabel pada Microsoft Excel. Lihat gambar berikut ini.

rumus-fpb-kpk-excel

Keterangan : sel B2 dan C2 ialah angka yang akan dicari FPB nya

  1. Setelah itu, tempatkan kursor pada C3.

rumus-fpb-kpk-excel-2

  1. Ketik fungsi untuk mencari FPB yaitu =GCD(B2;C2) lalu tekan enter. Hasil angkanya akan muncul di kolom C3.

rumus-fpb-kpk-excel-3

  1. Selain menggunakan fungsi yang memasukkan nama sel B2 dan C2, kamu juga bisa langsung memasukkan angkanya seperti ini =GCD(25;45), hasilnya akan sama saja. Perhatikan gambar berikut ini.

rumus-fpb-kpk-excel-4

  1. Lakukan cara yang sama pada angka di B7, C7, dan D7. Hasilnya bisa dilihat pada gambar berikut ini.

rumus-fpb-kpk-excel-5

Kemudian, untuk mencari KPK, kamu bisa menggunakan fungsi LCM jika menggunakan Microsoft Excel. Sebenarnya, banyak hal yang bisa dihitung dengan menggunakan rumus KPK.

Misalkan angka 24, 30 dan 36 ialah angka-angka yang akan dicari KPK-nya seperti pada gambar di bawah ini.

rumus-fpb-kpk-excel-6

1. Tempatkan kursor pada C3 sebagai tempat hasil KPK.

rumus-fpb-kpk-excel-7

2. Setelah itu, tulis fungsi LCM untuk mencari KPK yaitu =LCM(24;30;36). Lihatlah gambar di bawah ini.

rumus-fpb-kpk-excel-8

3. Setelah memasukan fungsi LCM tekan enter, maka hasilnya akan keluar seperti pada gambar berikut ini.

rumus-fpb-kpk-excel-9

Bagaimana cukup mudah bukan? Demikianlah cara mencari FPB dan KPK dengan menggunakan rumus fungsi CGD dan LCM. Untuk mencari data yang jumlahnya lebih dari satu, tentunya akan lebih efisien sehingga mempercepat waktu dalam mencari FPB atau KPK dibandingkan mencarinya dengan cara manual karena harus mencari satu persatu.

Semoga informasi mengenai cara mencari FPB dan KPK dengan menggunakan Rumus GCD dan LCM dan fungsi lainnya pada Excel dapat bermanfaat dan dapat dipraktekkan dalam kegiatan sehari-hari.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *