Cara Menggunakan Fungsi Large dan Small untuk Mengurutkan Nilai Pada Excel

By | November 2, 2016

Dalam mencari nilai terbesar dan terkecil beserta urutannya ialah dengan menggunakan Rumus Excel Large dan Small. Jika dibandingkan dengan fungsi MAX dan MIN, tentu ada bedanya. Fungsi MAX dan MIN hanya bisa untuk mencari nilai paling besar dan nilai paling kecil. Lalu, fungsi LARGE dan SMALL dapat mengurutkan angka-angka baik mulai dari nilai tertinggi maupun dari nilai terendah sesuai yang diinginkan.

Misalnya, seorang guru yang ingin mencari peringkat 1 sampai 30 dalam satu kelas. Bila menggunakan cara manual, bisa saja terjadi kekeliruan karena tidak teliti. Namun, dengan menggunakan fungsi LARGE dan SMALL, urutan siswa yang mendapat peringkat satu sampai terakhir dapat diketahui dalam waktu yang cepat dan ketelitiannya tidak diragukan lagi.

Gunakanlah fungsi LARGE jika kamu ingin mendapatkan data dari yang tertinggi sampai terendah secara urut. Kemudian, jika ingin mengurutkan nilai terendah sampai tertinggi, maka gunakan fungsi SMALL.

Fungsi LARGE dan SMALL cukup mudah dalam mengunakannya. Berikut ini cara penulisannya:

=SMALL(array,k), fungsi ini untuk mencari nilai kecil

=LARGE(array,k), fungsi ini untuk mencari nilai besar

Keterangan fungsi yaitu:

  • Array : diisi dengan sel yang berisi rentang data yang ingin dicari. Baik ingin mencari nilai urutan terbesar ke sekian atau urutan terkecil ke sekian.
  • K : urutan ke sekian terbesar atau terkecil dari data yang ingin dicari. Misalkan k pada Large, jika k = 1 artinya urutan terbesar ke-1, jika k = 2 artinya terbesar ke 2. Sedangkan pada SMALL misalkan jika k = 4 artinya terkecil ke 4.

Berikut ini cara penggunaan fungsi SMALL dan LARGE yang bisa kamu perhatikan:

  1. Anggap saja gambar berikut ini merupakan data yang ingin dicari urutannya

 

rumus-excel-large-small-2

Gambar di atas merupakan data-data nama siswa yang akan dicari peringkat 1 sampai 5 berdasarkan jumlah nilai yang diraih.

  1. Setelah itu, letakkan kursor pada H4 agar hasilnya muncul pada sel tersebut. Kemudian tulis fungsi =LARGE($C$4:$C$12;1), tekan enter. Maka akan muncul jumlah angka yang terbesar. Anda juga dapat menggantikan nilai k dengan Row()-3 dimana Row() di sini akan menghasilkan posisi baris di mana Rumus Excel Large diletakkan. Misal rumus Row() di letakkan baris ke-4 kolom H. Jika kita ketik =Row() di H4 maka akan menghasilkan nilai 4. Cara seperti ini akan memudahkan jika kita ingin menarik rumus ini sampai baris selanjutnya. Jadi rumus dapat ditulis ulang menjadi sebagai berikut =LARGE($C$4:$C$12;Row()-3). Kita kurangi Row() dengan 3 agar urutan dimulai dari urutan 1 karena Row() ini awalnya berada pada posisi baris ke-4.
  2. Ulangi lagi dengan menempatkan kursor pada H5 dan tulis fungsi seperti di atas. Maka nilai terbesar ke 2 akan muncul. Ulangi hal yang sama pada beberapa sel sesuai dengan yang kamu butuhkan. Anda juga dapat langsung menarik rumus di atasnya sampai dengan baris ke-11. Hasilnya bisa dilihat pada gambar berikut ini.

 

rumus-excel-large-small-1

 

Gambar di atas menunjukkan bahwa jumlah dari terbesar sampai terkecil secara urut. Dengan begitu, peringkat 1 diraih oleh Dani. Peringkat 2 diraih oleh Andi dan seterusnya.

Untuk menggunakan fungsi SMALL juga sama dengan cara penggunaan fungsi LARGE. Bentuk fungsi tersebut yaitu =SMALL($C$4:$C$12;1). C4 dan C12 merupakan nilai pada sel yang akan diurutkan. Ketika menggunakan fungsi tersebut, silahkan sesuaikan dengan nama sel di mana data tersebut berada.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menggunakan Rumus Excel Large dan SMALL untuk mencari urutan nilai terbesar atau terkecil. Semoga artikel di atas bermanfaat.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *