Bahan Alami dan Ramuan Tradisional Untuk Obati Asam Urat

By | November 28, 2016

Asam urat merupakan suatu zat hasil dari katabolisme (pemecahan) purin. Purin merupakan suatu kelompok struktur kimia pembentuk DNA. Zat yang masuk dalam kelompok purin adalah adenosin dan guanosin. Saat DNA dihancurkan purin juga akan dikatabolisme yang akan menghasilkan hasil akhir berupa asam urat.

 

 

jahe

 

 

Kadar rata-rata asam urat di dalam darah tergantung usia dan jenis kelamin. Pada sebagian besar anak memiliki kadar asam urat pada 3 sampai 4 mg/dL. Kadar ini akan naik selama pubertas pada laki-laki tetapi rendah pada perempuan sampai masa monopouse. Nilai asam urat rata-rata untuk laki-laki dewasa dan perempuan pramonopouse adalah 6,8 mg/dL dan 6 mg/dL. Sedangkan untuk wanita deawasa di bawah 6 mg/dL.

Penyakit Asam urat atau disebut juga gout merupakan suatu gejala penyakit yang dapat menyebabkan rasa nyeri yang parah serta panas pada persendian, serta pembengkakan. Meskipun tidak semua gejala nyeri atau rematik ini disebabkan oleh asam urat.

Asam urat ini dapat menyebabkan semua sendi tubuh menjadi nyeri, namun yang paling sering terkena adalah jari kaki, pergelangan kaki, lutut atau jari tangan.

Dibandingkan perempuan laki-laki lebih rawan terkena penyakit asam urat ini, terutama saat usia mereka di atas 30 tahun. Sedangkan pada perempuan, biasanya resiko timbul setelah masa menopause.

Diet asam urat telah lama dikaitkan dengan gaya hidupyang kaya melibatkan konsumsi daging dan alkohol. Menurut Health Professionals Follow-up Study (HPFS) menunjukkan faktor risiko orang-orang yang mengkonsumsi daging merah memiliki resiko terjadinya serangan gout pertama, berikutnya konsumsi makanan laut. Diet sayuran tinggi purin tidak menunjukkan faktor risiko yang tinggi, sementara dengan diet konsumsi rendah lemak menunjukkan penurunan kadar resiko gout sendiri.

Asam urat ini dapat diturunkan dengan cara pengobatan kimia atau dengan ramuan alami. Jika penyakit asam urat ini masih dalam tahap awal dan dirasa belum terlalu parah Anda dapat mencoba pengobatan cara alami terlebih dahulu karena tentunya lebih aman. Namun perlu diingat ini jika penyakit asam urat Anda belum disertai dengan penyakit turunan lainnya seperti obesitas, penurunan fungsi ginjal, jantung, dll. Jika Anda mengalami gangguan kesehatan yang cukup serius lainnya tentunya Anda bisa lebih lanjut berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan.

Berikut ini merupakan ramuan tradisional herbal untuk membantu membantu mengobati atau menurunkan kadar purin dalam tubuh dengan menggunakan bahan alami serta ramuan tradisional yang mudah untuk dilakukan :

Cara I :

Bahan-bahan :

5 butir kapulaga, 5 butir cengkih, 15 g jahe merah, 1 jari kayu manis, 5 g biji pala, 10 butir lada, 200 g ubi jalar merah dan 1000 cc air bersih.

Cara pengolahan dan pengobatan :

Semua bahan direbus dalam 1000 cc air sampai hanya tersisa 500 cc. Kemudian airnya disaring dan diminum. Sementara ubi jalarnya dimakan sebagai ubi jalar rebus.

Cara II :

Bahan-bahan :

Satu ibu jari kayu manis, 15 gram jahe merah, 5 gram biji pala, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkih, 4 lembar daun cocor / sosor bebek dan 600 cc air bersih.

Cara pengolahan dan pengobatan :

Rebus semua bahan dengan 600 cc air hingga bersisa 300 cc air. Air rebusan didinginkan, disaring dan diminum.

Cara III :

Bahan-bahan :

Suruhan atau tumpangan air dengan nama botani peperomia pellucida (banyak tumbuh liar di tempat yang lembab).

Cara pengolahan dan pengobatan :

Sebanyak 30 gram herba suruhan ditumbuk halus kemudian diperas dan air hasil perasan diminum sekaligus.

Demikian cara alami pengobatan asam urat dengan bahan dari tanaman obat asli Indonesia. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi Anda sekeluarga.

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *