Nasehat Bijak Bersikap Tenang yang Mungkin Sedang Anda Butuhkan

By | November 9, 2016

Setiap orang harus selalu mampu bersikap tenang dalam segala situasi dan kondisi terutama ketika mengalami masalah atau akan mengambil suatu keputusan yang penting. Ciri-ciri orang yang tenang ialah tidak panik, tidak galau, tidak emosi, dan sebagainya. Keputusan yang diambil dengan bersikap tenang akan lebih tepat dibandingkan dengan orang yang mengambil keputusan dengan panik. Selain itu, sikap tenang juga membuat orang mampu menyelesaikan masalah yang dihadapinya dengan baik.

 

Nasehat Bijak Bersikap Tenang

Orang yang memiliki sikap tenang akan memiliki wibawa atau karisma yang tercermin pada dirinya. Di lingkungan, dia akan selalu disegani oleh teman-temannya. Namun, orang yang selalu overacting, yaitu kebalikan dari sikap tenang, karisma tidak akan tercermin pada dirinya. Oleh karena itu, pemimpin yang baik harus memiliki sikap tenang agar berkarisma. Jangan biarkan emosi menghantui sehingga tidak mempu mengendalikan emosi.

Jangan salah mengartikan kata tenang. Tenang sangat berbeda dengan lamban. Bahkan, Rasulullah memiliki sikap tenang tetapi sangat gesit dalam memutuskan permasalahan. Tenang tidak memiliki hubungan dengan waktu sebab tenang merupakan sikap yang mampu mengendalikan diri sehingga tidak berlebihan, namun mampu bertindak dengan cepat.

Berikut ini ada beberapa kumpulan kata bijak dari orang terkenal yang bisa kamu jadikan penyemangat untuk bisa bersikap tenang setiap saat meskipun sedang menghadapi permasalahan yang rumit.

Besarnya pengaruh ketenangan

“Ketenangan lebih berpengaruh daripada kata-kata” – Thomas Caryle

Ketenangan sangat memiliki pengaruh besar dalam kehidupan. Orang yang bersikap tenang akan mampu menghadapi permasalahan hidup dengan bijak serta menyelesaikannya dengan cara yang tepat. Kata-kata yang berlebihan ketika menghadapi suatu masalah justru akan memperkeruh suasana sehingga tidak menyelesaikan permasalahan.

Ketika menghadapi suatu masalah, bersikap tenanglah sehingga kamu akan mampu melewatinya dengan baik. Orang yang berkepala dingin mampu memikirkan segala sesuatu dengan baik dan benar sehingga keputusan yang diambilnya juga merupakan keputusan yang benar.

Sumber kekuatan yang besar

“Ketenangan merupakan sumber kekuatan yang besar” – Lao Zu

Kutipan kata bijak ini benar adanya. Orang akan memiliki kekuatan besar jika dia mampu duduk dan berpikir tenang untuk menghadapi masalah. Ketenangan yang dimilikinya akan membuatnya mampu menyelesaikan setiap masalah dengan tepat. Berbeda dengan orang yang panik dan tergesa-gesa. Dia akan kebingungan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Kalaupun dia mengambil keputusan, keputusannya belum tentu tepat karena tidak dipikirkan secara baik-baik dengan kepala dingin dan sikap yang tenang.

Di jaman sekarang ini, kasus kriminal semakin meningkat. Salah satu faktor pemicunya ialah karena tidak bersikap tenang. Orang akan depresi ketika memiliki masalah berat dan tidak mampu menyelesaikannya. Kepanikan yang dialami mendorong memiliki sikap stress dan depresi. Sikap ini mampu mendorong seseorang berbuat apa saja, seperti melukai orang lain maupun diri sendiri. Jika kamu mampu menumbuhkan sikap tenang, bukan fisik saja yang mendapatkan manfaatnya melainkan juga bermanfaat bagi mental.

Berusahalah bersikap tenang

“Untuk mata yang cantik, lihatlah kebaikan orang lain; untuk bibir yang indah, berkata-katalah dalam kebaikan; dan ketenangan diri, berjalanlah dengan pengetahuan bahwa kamu tidak pernah sendiri.” – Audrey Hepburn

Hidup ini indah sehingga kamu harus menikmatinya. Agar hidup semakin sempurna, jangan lupa untuk selalu berbuat kebaikan karena hal  tersebut akan membawa pengaruh positif bagi kehidupan.

Setiap orang pasti memiliki masalah hidup entah ringan atau berat. Terkadang, manusia mengeluh atas masalah yang dia peroleh karena terlalu berat. Namun, sebenarnya setiap masalah meskipun itu berat akan bisa diselesaikan dengan baik. Kamu harus mampu bersikap  tenang. Ketika kepanikan itu mulai muncul, lihatlah bahwa kamu tak sendirian. Ada orang-orang tersayang di sekitarmu seperti keluarga dan teman-teman yang akan selalu mendukungmu. Dukungan moril sangat berarti untuk bisa menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

Bersikap panik justru hanya akan menambah kekacauan. Bukan masalah selesai namun masalah justru akan bertambah dengan sikap ketidaktenanganmu. Ketenangan diri juga akan menghindarkan diri dari masalah karena kamu memiliki kemampuan mengendalikan sikap dan ucapan.

Dapatkan manfaat bersikap tenang

“Gunakan keteraturan untuk menantikan kekacauan. Gunakan ketenangan untuk menantikan kebisingan. Inilah yang dimaksud dengan mengatur hati dan pikiran” – Sun Tzu

Bersikap tenang harus selalu dilakukan oleh siapapun. Hidup ini tak lepas oleh masalah. Permasalahan yang pelik akan mampu diselesaikan dengan  tepat, sebab salah satu manfaat dari bersikap tenang ialah mampu mengambil keputusan dengan tepat. Saat itulah, permasalahan yang dihadapi mampu diselesaikan dengan baik karena keputusan yang tepat.

Mengapa keputusan yang diambil bisa tepat jika bersikap tenang? Saat bersikap  tenang, seseorang akan mampu berkonsentrasi lebih terhadap apa yang harus dilakukan. Pikiran juga akan jernih serta terarah. Sementara, kepanikan akan membuat pikiran tidak karuan sehingga tidak bisa berpikir jernih.

Berhasil tidaknya menyelesaikan suatu masalah, ini bergantung pada sikap tenang yang kamu miliki. Orang tenang akan mempu menyelesaikan setiap masalah yang datang.

Hadapi masalah dengan bersikap tenang

“Hadapi kawan atau musuhmu itu dengan wajah yang menunjukkan kegembiraan, kerelaan penuh kesopanan dan ketenangan. Jangan menampakkan sikap angkuh dan sombong.” – Abu Hamid Al Ghazali

Permasalahan dalam hidup harus dihadapi dengan bersikap tenang. Termasuk ketika menghadapi suatu lawan. Misalnya, kamu memiliki lawan berbisnis. Jangan menunjukkan kesombongan dan keangkuhan terhadapnya. Cukup berikan aura kegembiraan padanya. Jangan lupa untuk bersikap sopan dan tenang agar tidak salah langkah.

Orang yang bersikap tenang akan memiliki pikiran yang jernih. Masalah permusuhan bisa diatasi apabila kamu mampu melihat jeli akar permasalahan. Bukankah permusuhan akan lebih indah bila diakhiri. Untuk bisa mengakhirinya, kamu harus mampu mencari penyebabnya. Solusi akan segera ditemukan setelah penyebab permasalahan dapat diketahui dengan pasti.

Biasanya, orang yang bermusuhan akan membuat suasana menjadi tidak kondusif. Namun, jika kamu mampu menhadapi lawan dengan bersikap tenang, suasana tetap akan terjaga . Kamu akan mampu mencegah berbagai macam pertikaian yang mungkin saja bisa terjadi karena emosi bisa diredam. Ketika marah, kamu akan mudah dihasut oleh provokator yang bisa mengambil keuntungan.

Menghormati ketenangan diri

“Jangan bersuara. Sebagian tanggung jawab Anda adalah menghormati ketenangan di dalam diri Anda agar Anda bisa mendengarkan panggilannya.” – Oprah Winfrey

Kita perlu menghormati ketenangan di dalam diri. Ketika mampu bersikap tenang, kamu akan mampu mendengarkan panggilan Tuhan untuk selalu mengingatnya dan bertakwa terhadapNya. Ini salah satu keuntungan memiliki sikap tenang.

Untuk bisa bersikap tenang, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Misalnya, cobalah untuk duduk dan tarik nafas dalam-dalam. Lakukan hal ini ketika kamu sedang marah. Ulangi hal ini berulang kali sehingga kamu merasa bahwa pikiran tenang. Pikiran tenang akan membuatmu mampu mengendalikan tubuh dengan baik.

Selain itu, cobalah untuk berhenti dari kegiatan. Apapun yang kamu lakukan, berhentilah karena melakukan suatu tindakan tanpa fokus dan konsentrasi hasilnya tidak akan maksimal. Ketika sedang emosi, ada baiknya untuk tidak memaksakan diri melakukan aktivitas. Berikan dirimu waktu untuk menenangkan diri.

Tentang kunci ketenangan diri

“Jujur kepada diri tak berharap orang lain menilai lebih dari kenyataan, adalah kunci ketenangan diri. Jangan gadaikan diri dengan menipu diri.” – Abdullah Gymnastiar

Jika kamu ingin hidup dengan tenang, kamu harus berusaha menjadi manusia yang berperilaku mulia. Tak perlu berharap orang lain akan menilai kebaikan apa yang telah kita lakukan. Cukup niatkan dalam hati ingin mendapatkan ridhoNya maka hidup ini akan tenang.

Jangan pernah berharap bahwa orang lain akan selalu memuji perilaku kita. Sesungguhnya perbuatan ini sama saja dengan menipu dirimu sendiri. Berperilaku baik dan menjadi diri sendiri merupakan cara sukses mendapatkan ketenangan hidup.

Ketenangan merupakan elemen penting

“Ketenangan adalah elemen di mana hal-hal luar biasa terbentuk.” – Thomas Carlyle

Ada banyak hal yang bisa terjadi bila kamu mampu bersikap tenang. Salah satu manfaat bersikap tenang ialah memiliki daya ingat yang kuat. Dibandingkan dengan orang yang bersikap panik, orang yang bersikap santai dan tenang dalam menghadapi situasi akan memiliki kemampuan mengingat yang lebih tajam. Hal ini karena pengaruh kinerja syaraf.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa orang yang sering panik memiliki kadar neurotisme tinggi sehingga daya ingatnya tidak terlalu bagus sebab keterkaitan syarafnya lambat. Nah, daya ingat akan berpengaruh terhadap kepribadian seseorang. Orang yang mampu bersikap tenang akan memiliki daya ingat bagus sehingga memiliki kepribadian yang bagus pula. Dengan kepribadian yang bagus, seseorang akan lebih mudah mengejar apa yang dia inginkan. Dalam menghadapi masalah, dia mampu berpikir secara jernih sehingga setiap masalah dapat terselesaikan dengan baik.

Penyelesaian masalah besar menjadi lebih mudah

“Ketenangan membuat masalah besar mudah diselesaikan.” – Harry Slyman

Sungguh luar biasa manfaat ketenangan karena masalah yang besar bisa diselesaikan dengan mudah. Hal tersebut karena orang yang bersikap tenang akan memiliki kemampuan berpikir secara jernih. Bila pikiran jernih, maka ia dapat membedakan antara yang buruk dan baik serta mampu memilih untuk melakukan tindakan yang benar.

Selain itu, masalah akan mudah diselesaikan karena orang yang bersikap tenang tidak akan memutuskan suatu masalah dengan gegabah. Sikap gegabah justru akan membuat masalah semakin rumit. Kemudian, orang bersikap tenang cenderung memiliki kematangan emosi yang baik karena dia mampu meredam amarah dengan baik. Orang yang tidak mudah marah akan membuat situasi menjadi tetap kondusif.

Ketenangan itu sama dengan keabadian

“Ketenangan sama dalamnya dengan keabadian, mengutarakan sesuatu makna dalam satu waktu.” – Thomas Carlyle

Semakin dewasa, orang akan semakin mampu meredam emosi menjadi bersikap tenang. Namun, banyaknya usia tak bisa menjadi patokan seseorang memiliki sikap tenang atau tidak. Butuh usaha keras untuk mendapatkan ketenangan. Jadi, tidak aneh bila orang yang usianya lebih muda mampu bersikap tenang dibandingkan dengan orang yang usianya lebih tua darinya.

Apabila kamu mampu bersikap tenang dalam menghadapi suatu masalah, maka keputusan yang kamu ambil akan tepat. Ini sangat penting untuk kita pahami agar bisa selalu bersikap tenang dalam situasi apapun dan di mana saja kamu berada.

Mendapatkan ketenangan dari bersikap ikhlas

“Meraih keikhlasan tentu tidak mudah, tapi kita harus berlatih, sebab tanpa ikhlas kita tidak akan memperoleh pahala ibadah dan ketenangan.” – Abdullah Gymnastiar

Ikhlas itu sulit dilakukan. Namun, betapa sulitnya bersikap ikhlas, kita harus melatih diri kita untuk melakukannya. Sebab, apabila keikhlasan sudah didapatkan, maka hidup ini akan tenang. Kamu akan lebih bersyukur terhadap apa yang telah diberikan kepadamu. Selain itu, setiap masalah yang datang kepadamu tidak akan membuatmu mengeluh dan berputus asa.

Jangan lupa untuk selalu tenang dalam menghadapi ujian kehidupan ini. Ingatlah bahwa kamu punya Allah SWT sehingga kamu bisa berdoa kepadaNya setiap saat. Orang yang beriman akan selalu meminta pertolongan Allah ketika menghadapi cobaan. Allah ialah yang paling tahu mana yang terbaik untuk kita. Kamu pun bisa bersikap tenang ketika keburukan datang menimpamu karena selalu berpikiran positif kepada Allah. Allah akan memberikan kebahagiaan setelah kesedihan.

Kekuatan didapatkan dari ketenangan

“Pengendalian diri adalah kekuatan. Pikiran yang tepat adalah penguasaan. Ketenangan adalah kekuatan. “ – James Allen

Orang yang bisa bersikap tenang akan menikmati hidup ini dengan bahagia. Dia tak akan pernah menyerah menghadapi setiap kesulitan yang datang padanya. Bahkan, ketenangan bisa membuat otak berpikir dengan jernih. Oleh karena itu, ketenangan merupakan kekuatan bagi otak sehingga bisa bekerja secara maksimal. Jika kerja otak baik, maka ketika menghadapi masalah kamu akan menemukan suatu solusi yang tepat.

Orang sukses bersikap tenang

“Orang sukses berusaha tenang, menikmati apa yang ada dan menyenangkan diri sendiri walaupun sedang dalam tekanan.” – Rangga Umara

Kunci kesuksesan ialah bersikap  tenang sehingga pikiran menjadi jernih dan bisa memecahkan berbagai macam tantangan dengan baik. Meskipun kamu memiliki banyak pekerjaan yang menumpuk, tetap bersikap tenanglah. Jangan panik dan stress karena sikap tersebut bukannya membuat pekerjaanmu selesai malah membuat kamu tak mampu bekerja dengan baik. Selain itu, kepanikan juga bisa membuat kesehatan terganggu. Alih-alih pekerjaan selesai, justru malah semua pekerjaan terbengkalai jika kamu sakit.

Kamu harus meniru sikap orang sukses yang selalu bersikap tenang. Dia selalu sabar ketika memiliki banyak pekerjaan sulit yang harus dilakukan. Selain itu, optimis tetap diperlukan sehingga pekerjaan bisa selesai dengan tepat waktu dan hasilnya memuaskan.

Agar tetap bersikap tenang, kamu harus tahu bahwa bekerja tidak harus selama 24 jam sehari penuh. Kamu juga tetap perlu beristirahat dan melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan. Dengan begitu, kamu akan mampu bersikap tenang dan siap kembali bekerja.

Kiat hidup sukses

“Kiat hidup sukses dalam kesederhanaan yaitu sikap tenang, terampil, tertib, tekun, tegar dan tawadhu.” – Abdullah Gymnastiar

Bersikap tenang merupakan salah satu kunci hidup sukses. Orang yang bisa bersikap tenang tidak akan mudah terpengaruh oleh hal-hal di lingkungannya. Dia akan mampu mengendalikan diri sehingga kebahagiaan dapat dirasakan. Namun, tidak hanya cukup bersikap tenang saja untuk bisa hidup bahagia dalam kesederhaan. Diperlukan sikap semangat bekerja keras, rendah hati atau tidak sombong dan siap menjalani lika liku kehidupan yang kadang di bawah dan kadang di atas.

Demikianlah kumpulan kata bijak tentang bersikap tenang dari orang terkenal. Semoga dapat menginspirasi sehingga kita semua bisa menjadi pribadi yang selalu bersikap tenang. Hal ini karena banyak manfaat yang akan kita peroleh apabila mampu memiliki sikap tenang. Bahkan, ketenangan sangat diperlukan di berbagai bidang. Banyak orang yang selalu bersikap tenang sehingga mampu menikmati kesuksesan yang telah diraihnya saat ini.

(Ika Pratiwi)

 
Share

One thought on “Nasehat Bijak Bersikap Tenang yang Mungkin Sedang Anda Butuhkan

  1. rully wicaksono

    Assalamualaikum wr. Wb
    Salam sahabat, perkenalkan nama saya rully wicaksono. asal saya demak, niat saya hanya ingin berbagi kebaikan khusus kepada orang yang mengalami kesusahan,
    Bismillahirrahmanirrahim
    Percaya tidak percaya semua kembali pada pembaca postingan saya, 6 thn yang lalu. awalnya sy seorang pengusaha yang bisa dibilang sukses,tapi banyak yang tidak suka kalau saya sukses, Bisnis saya bangkrut. saya punya anak dua dan mash kecil2, saya sempat putus asa dan tidak tau mau berbuat apa2,.hutang di bank hampir 2m , diperongan jg yang kian menempuk + bunga, Bahkan rumah saya serta pabrik pun disita oleh bank. pada saat itu saya sempat putus asa dan saya sempat mau mengakhiri hidup,tapi setiap saya melihat anak semua putus asa saya hilang.
    Iktiar demi iktiar saya lakukan, tapi mengalami jalan buntu. Teman dan saudara semua menghindar, ya begitulah……dikala senang banyak uang bak gula dikerumini semut. Tersirat dalam hati, tersengkur didepan sajadah, dosa apa yang saya lakukan ya tuhan, padahal dikala sukses saya termasuk orang yg dermawan, suka membantu teman, tetangga dan keluarga. Larut dalam kesedihan, kesusahan dan penderitaan ….. Ya tuhan, saya baru sadar bahwa selama ini usaha dan bisnis saya didapati dari hasil uang riba yang saya putarkan.
    Bulan terus berganti tidak terasa sudah hampir 2 thn sy berusaha untuk bangkit, apapun pekerjaannya saya lakukan bahkan jadi kuli bangunan, istri jualan sayur dpasar yang penting halal Puasa senin kamis pun sy lakukan agar dimudah doa dan keinginan. Alhamdulillah, ujian itu berakhir, Tuhan memberikan hidayahnya kepada saya meski pun lewat bantuan seorang Kyai. Beliau membimbing ke jalan yang lurus, membenarkan langkah kaki saya yg selama ini salah arah dalam bisnis. Beliau mengajarkan doa2, yang sangat mujarab. Alhamdulillah juga beliau menyarankan saya untuk merintis usaha (Usaha yg beliau sarankan), usaha baru mulai dari nol walaupun harus sakit sakit dahulu. ALLAHUAKABAR, 7bln usaha br yg saya rintis maju pesat. doa saya di ijabah, berkat bimbingan beliau serta arahannya usaha saya sangat pesat berkembang, Alhamdulillah ya ALLAH. Saat menulis kisah ini saya sudah bangkit kembali dan bisa untuk membayar hutang hutang, rasa kepercayaan orang lain timbul kembali. Dan Alhamdulillah saya sekeluarga sudah berangkat umrah . Hanya ALLAH yang bisa membalas budi baik kyai, beliau membantu tanpa Pamrih.
    Doa tanpa usaha, adalah suatu kebodohan. Usaha tanpa doa adalah suatu KESOMBONGAN. Yakinlah saudara2ku tiada satu manusia yang lolos dari cobaan , godaan dan ujian. Allah menguji sesuai kadar manusia masing2.
    Yuk banyak dhuha, banyak tahajud banyak berbagi dan bersedekahlah karena dengan sedekah suatu saat sedekah itu akan menolong diri sendiri.
    Hutang tetaplah Hutang yang harus dilunasi, karena hutang akan dibawa sampai mati dan harus dipertanggungjawabkan kepada Allah swt.
    Wassalam, semoga menjadi inspirasi
    ([email protected])

     
    View Comment
    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *