Kumpulan Kata Kata Bijak Motivasi untuk Lebih Kreatif

By | November 17, 2016

Kreativitas sangat diperlukan dalam hidup ini dalam memecahkan berbagai persoalan. Tak hanya digunakan dalam bidang seni saja, kreativitas juga sangat dibutuhkan dalam segala aspek kehidupan. Jadi, apapun bidang pekerjaan mu, kreativitas yang produktif sangat penting dan perlu dilatih sehingga produktivitas bekerja bisa ditingkatkan dan dilakukan secara lebih optimal.

 

Kata kata bijak motivasi kreatif

 

Sebenarnya, apa yang dimaksud sebagai kreativitas ? Kreavitas adalah ide, cara atau gagasan baru yang kamu gunakan atau miliki untuk memecahkan suatu persoalan. Apabila kamu bekerja dengan cara yang lebih kreatif, maka akan lahir nilai tambah baru. Tentu saja, ini sangat penting karena bisa membuat produktifitas mu bertambah dan usaha mu berkembang lebih baik.

Pada dasarnya setiap orang memiliki daya kreativitas. Tuhan memberikan manusia daya kreativitas sehingga bisa melahirkan ide-ide baru yang akan berguna untuk kehidupannya sehari-hari. Jika kamu berpikir bahwa kamu tidak memiliki kreativitas, pemikiran ini keliru dan dapat mematikan kreativitas itu sendiri.

Berikut ini ada beberapa kumpulan kata bijak tentang kreativitas. Semoga kutipan kata-kata tersebut menginspirasi sehingga kita yakin dengan kreativitas yang kita miliki dan betapa pentingnya kreativitas tersebut.

Lahirkan kreativitas dalam pekerjaan

“Tidak ada yang salah dengan pekerjaan kita, yang salah adalah bagaimana kita memikirkannya. Pekerjaan sebagai beban yang akan mengekang kreativitas kita atau pekerjaan sebagai tantangan yang memunculkan kreativitas kita sehingga kita asyik bekerja dan disebut “gila kerja” oleh orang-orang disekitar kita.” – Ari Irawan Nugroho

Tak selamanya bekerja itu melelahkan dan menjenuhkan. Jika kamu merasa jenuh dan bosan dengan pekerjaanmu, pastinya ada yang salah dengan cara yang kamu lakukan. Pekerjaan akan terasa menyenangkan dan mengasyikkan apabila kamu berupaya penuh mengeluarkan segala daya kreativitasmu. Orang akan merasa tertantang dengan pekerjaannya sehingga melakukan pekerjaan tidak akan terasa melelahkan. Bahkan, kamu akan menikmati pekerjaanmu dengan baik.

Mungkin di lingkungan sekitarmu kamu bisa melihat orang yang gigih bekerja. Salah satu ciri orang sukses yaitu gigih bekerja. Semangat kerja yang menggebu-gebu disebabkan oleh kreativitas yang kamu miliki sehingga kamu terpancing untuk melakukan suatu hal baru.

Kreativitas butuh keberanian

“Kreativitas membutuhkan keberanian untuk melepaskan kepastian.” – Eric Fromm

Dalam kutipan kata bijak tentang kreativitas ini, dibutuhkan keberanian untuk bisa memunculkan kreativitas. Bahkan, jika kamu ingin sukses, kamu harus berani keluar dari zona nyaman dan berada pada ketidakpastian. Ya, ketika kamu sedang berjuang meraih kesuksesan, tentunya ada dua kemungkinan yang bisa saja terjadi yaitu sukses atau gagal. Namun, yakin dan percayalah bahwa segala usaha yang dilakukan dengan tekad yang kuat tak akan pernah sia-sia. Kalaupun kamu mengalami kegagalan, kamu harus segera bangkit dan berjuang kembali untuk meraih kesuksesan.

Kreativitas membuat bekerja terasa asyik

“Gila kerja dimana kreativitas tidak lagi dapat dibendung sehingga tiada batasan bagi kita dalam bekerja karena keasyikan itu sendiri.” – Ari Irawan Nugroho

Memiliki semangat kerja yang tinggi sangat bagus. Bahkan, para penggila kerja terlihat menikmati dengan pekerjaannya. Tak ada kata malas dan bosan dengan apa yang dilakukannya. Tahukah kamu apa yang menyebabkan mereka bersikap seperti itu? Kreativitas yang dimiliki oleh orang-orang tertentu membuat mereka selalu bersemangat bekerja karena ingin menciptakan hal-hal baru sehinga bisnis yang dimilikinya akan semakin maju dengan pesat.

Kunci kreativitas ialah keingintahuan

“Keingintahuan adalah kunci kreativitas.” – Akio Morita

Setiap orang dikaruniai keingintahuan. Tugas kamu ialah memendam rasa keingintahuan itu atau membiarkannya tumbuh. Untuk mencari tahu tentang semua hal, tentu tidak mudah. Kamu butuh usaha dan perjuangan untuk melakukannya. Walaupun diperlukan usaha yang keras, hal ini akan sangat bermanfaat demi kemajuan usahamu karena sikap ini akan melahirkan kreativitas dalam bekerja. Orang yang kaya akan wawasan dan pengetahuan biasanya akan memiliki daya kreativitas lebih tinggi.

Kreativitas karena adanya pengalaman

“Kreativitas hanyalah menyambungkan sesuatu. Ketika kamu menanyakan orang-orang kreatif bagaimana mereka melakukan sesuatu, mereka merasakan sedikit bersalah karena mereka tidak benar-benar melakukannya, mereka hanya melihat sesuatu. Hal itu akan terlihat jelas bagi mereka setelah beberapa lama. Itu terjadi karena mereka mampu menghubungkan pengalaman yang mereka miliki dan membuahkan hal baru.” – Steve Jobs

Banyak pengusaha sukses yang bisa kamu jadikan inspirasi. Dalam mengejar karirnya, mereka menggunakan segala daya dan upaya agar bisa mencapai kesuksesan. Kesuksesan yang diraih oleh para pengusaha sukses tidak terjadi secara instan karena ada proses pencapaian yang mesti dilalui. Tak tertinggal daya kreativitas dibutuhkan agar mampu menghadapi persaingan yang ketat. Produk baru yang berbeda dan lebih berkualitas tentunya lebih diminati oleh masyarakat. Produk seperti ini akan sangat laku di pasaran.

Menulis melahirkan kreativitas

“Menulis adalah suatu cara untuk bicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyapa—suatu cara untuk menyentuh seseorang yang lain entah di mana. Cara itulah yang bermacam-macam dan di sanalah harga kreativitas ditimbang-timbang.” – Seno Gumira  Ajidarma

Menulis bukanlah sekedar merangkai kata-kata menjadi kalimat. Melalui tulisan, kamu bisa berbicara, menyapa dan menyentuh hati orang lain. Oleh karena itulah menulis merupakan suatu cara untuk mendapatkan kreativitas. Kamu pasti setuju bahwa ada banyak penulis sukses yang terbukti memiliki daya kreativitas yang tinggi. Buktinya, mereka bisa melahirkan mahakarya yang sangat luar biasa. Apa yang ditulis bukan sekedar tulisan biasa, melainkan tulisan yang memiliki makna mendalam.

Kreativitas adalah seni dari ketidakmungkinan

“Politik adalah seni dari segala kemungkinan, kreativitas adalah seni dari segala ketidakmungkinan” – Ben Okri

Tahukah kamu bedanya politik dengan kreativitas? Jika politik berharap celah dari segala kemungkinan, kreativitas berharap dari segala ketidakmungkinan. Banyak hal yang bisa terjadi dari kreativitas yang kamu miliki. Bahkan, sesuatu yang kelihatannya tidak mungkin terwujud, berkat kreativitas akan bisa terwujud secara nyata. Cobalah untuk mengejar apa yang kamu inginkan dengan mengedepankan kreativitas yang kamu miliki. Tingkatkan kemampuan yang kamu miliki maka impianmu akan segera menjadi nyata.

Jiwa muda memiliki kreativitas

“Saatnya yang muda yang berperan dengan kreativitas yang tak gampang padam.” – Najwa Shihab

Di usiamu yang masih muda, saatnya kamu gunakan segala daya kreativitasmu untuk mencapai impian yang kamu miliki. Jangan sampai potensi kreativitas yang kamu miliki putus di tengah jalan. Manfaatkan sebaik mungkin karena kesempatan sukses akan terbuka lebar dengan memiliki daya kreativitas. Tentunya, di usia yang masih muda kesempatan jauh lebih besar dibandingkan ketika sudah memasuki usia tua. Maka dari itu, sangat disayangkan apabila waktu muda dihabiskan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

Setiap orang memiliki kreativitas

“Setiap orang yang lahir datang dari Sang Pencipta yang penuh kemuliaan. Kita datang dari Sang Pencipta dengan kreativitas. Aku pikir bahwa setiap orang lahir dengan kreativitas.” – Maya Angelou

Sebenarnya setiap orang pasti memiliki kreativitas. Allah SWT menciptakan manusia dibekali dengan kreativitas sehingga bisa berpikir dan menghasilkan pemikiran-pemikiran baru yang memberikan hasil luar biasa. Akal pikiran manusia merupakan bekal pokok untuk berkreasi. Bersyukurlah atas apa yang kamu miliki. Saatnya kamu memanfaatkannya dengan baik.

Salah satu sumber awet muda ialah kreativitas

“Sumber awet muda itu adalah pikiran, bakat, dan kreativitas Anda yang membawa ke dalam hidup Anda dan hidup orang-orang yang Anda cintai. Bila Anda belajar untuk memanfaatkan sumber ini, Anda akan benar-benar telah mengalahkan usia.” – Sophia Loren

Kata bijak tentang kreativitas ini memberi inspirasi untuk menjaga kreativitas karena hal ini bisa membuat kita terlihat lebih muda dibandingkan dengan umur sebenarnya. Penampilan fisik yang terlihat lebih muda sebenarnya karena semangat tinggi yang ada di dalam jiwa. Kamu akan lebih semangat melakukan sesuatu yang baru dengan memaksimalkan apa yang kamu miliki.

Sekolah jalanan member kreativitas

“Sekolah terbaik adalah sekolah jalanan, yaitu sekolah yang memberikan kebebasan kepada muridnya supaya kreatif.” – Bob Sadino

Bob Sadino melalui kutipan kata bijak tentang kreativitasnya memberikan pendapat bahwa kreativitas bisa tercipta melalui sekolah jalanan. Pada sekolah tersebut, siswa diberikan kebebasan yang mana kebabasan melakukan sesuatu bisa memunculkan ide baru yang disebut sebagai kreativitas. Orang akan lebih kreatif saat diberikan kebebasan dalam melakukan suatu hal. Pikiran dan imaginasinya bisa terbuka lebar saat diberikan beberapa pancingan.

Mimpi merupakan visi kreatif

“Sebuah mimpi adalah visi kreatif Anda untuk hidup Anda di masa depan. Anda harus keluar dari zona nyaman Anda saat ini dan menjadi nyaman dengan asing dan tidak diketahui.” – Denis Waitley

Raihlah masa depan yang kamu miliki dengan menjunjung tinggi visi kreatif. Jika kamu ingin bisa meraih kesuksesan, kamu harus mampu keluar dari zona nyaman. Saat kamu keluar dari tempat yang membuatmu nyaman, inilah awal perjuanganmu untuk meraih kesuksesan. Pasti akan ada banyak halangan sehingga kamu perlu berjiwa pantang samangat dan kreatif melewati itu semua. Tak akan ada orang sukses apabila tidak bernai keluar dari zona nyaman. Meskipun banyak resiko, meraih kesuksesan harus dilakukan dengan semangat tinggi dan pantang menyerah.

Guru yang baik memiliki ekspresi kreatif dan pengetahuan

“Seni tertinggi guru adalah untuk membangun kegembiraan dalam ekspresi kreatif dan pengetahuan.” – Albert Einstein

Guru yang paling baik ialah yang memiliki ekspresi kreatif sehingga membawa pengaruh baik bagi murid-muridnya. Selain mengajarkan ilmu pengetahuan, memancing daya kreativitas yang ada di dalam siswa-siswa merupakan hal penting yang harus dilakukan. Kreativitas inilah yang akan sangat berguna sebagai bekal mencari pekerjaan setelah mereka lulus sekolah.

Kreativitas bisa muncul saat berada di posisi bawah

“Aku tidak melihatnya seperti itu, tapi ternyata dipecat dari Apple merupakan hal yang terbaik yang terjadi pada saya. Beban berat sebagai orang sukses tergantikan oleh keleluasaan menjadi pemula kembali, menjadi ragu akan semua hal kembali. Hal itu mengantarkanku untuk memasukki salah satu periode paling kreatif dalam hidup saya.” – Steve Jobs

Steve Jobs ialah salah satu tokoh terkenal. Dia sukses dalam bisnisnya menciptakan produk apple yang dikenal di seluruh dunia. Namun, karena suatu hal dia dipecat oleh rekannya dari perusahaan Apple yang sudah sangat besar. Mengalami hal ini, Steve Jobs tidak berputus asa. Ia menjadikan kejadian ini sebagai motivasi untuk bersikap lebih kreatif sehingga mampu mewujudkan bisnis baru dengan ide yang baru. Terbukti, dia mampu memiliki bisnis baru yang lebih sukses dari sebelumnya.

Cinta mampu melahirkan tindakan produktif dan kreatifitas

“Cinta adalah suatu proses aktualisasi diri yang bisa membuat orang melahirkan tindakan-tindakan produktif dan kreatif. Dengan cinta, seseorang menyadari bahwa ia akan mendapatkan kebahagiaan bila mampu membahagiakan orang yang dicintainya. Timbulnya kebahagiaan itu pada gilirannya menghendaki tindakan-tindakan seperti perlindungan, perhatian, tanggung jawab, dan pengetahuan.” – Abraham H. Maslow

Produktivitas dan kreativitas bisa lahir karena adanya cinta. Dalam cinta seseorang akan berusaha membuat orang yang dicintainya merasa bahagia. Kebahagiaan akan dirasakan ketika melihat pasangannya bahagia. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat pasangannya bahagia. Karena adanya cinta, orang akan mampu melakukan apa saja untuk kebahagiaan orang yang dicintainya.

Raih kesuksesan dengan kreatif, konstruktif, dan penuh keyakinan

“Hadapi setiap tantangan! Buang perasaan bimbang dan ragu. Kesuksesan diraih ketika kita mampu melakukan sesuatu dengan kreatif, konstruktif, dan penuh keyakinan.” – Andrie Wongso

Kata bijak tentang kreativitas dari Andrie Wongso memang benar. Jika ingin bisa meraih kesuksesan, maka jangan ada perasaan ragu dan bimbang. Biasanya, orang akan menghadapi berbagai masalah dalam perjuangannya menuju kesuksesan. Jangan berhenti di tengah jalan. Terus majulah dengan langkah yang mantap karena perjuangan yang dilakukan tak akan pernah mengkhianati hasil. Selain keyakinan yang besar, kreativitas juga harus mengiringi proses perjuanganmu meraih impian.

Beri cukup waktu bermain untuk melahirkan pekerja yang kreatif

“Jika Anda menginginkan pekerja yang kreatif, beri mereka cukup waktu untuk bermain.” – John Cleese

Memiliki pekerja yang kreatif merupakan impian dan harapan setiap pengusaha. Jika kamu ingin memiliki pekerja yang kreatif sehingga berguna untuk mengembangkan bisnismu, maka kamu harus tahu bagaimana caranya melahirkan para pekerja yang kreatif. Berilah waktua bermain untuk mereka sehingga kreativitas bisa terlahir dari mereka.

Menyelesaikan masalah dengan kreativitas

“Kreatifitas nyaris mampu menyelesaikan semua masalah. Aksi kreatif, kalahnya kebiasaan oleh orisinalitas, mengatasi semuanya.” – George Lois

Kreativitas mampu menyelesaikan segala permasalahan yang kamu miliki.  Dengan memiliki daya kreativitas, kamu akan bisa mengatasi segala hal. Ketika ada suatu masalah, kamu bisa menyelesaikannya dengan mengambil berbagai cara. Inilah manfaat memiliki daya kreatif. Kamu tak akan pernah kehabisan cara untuk menyelesaikan suatu permasalahan sehingga bisa diselesaikan dengan baik.

Tentukan apa dan kapan melakukan hal yang ingin kamu lakukan

“Menentukan apa yang ingin kamu lakukan, dan kapan melakukan adalah tindakan kreatif. “ – Peter McWilliams

Seseorang yang kreatif akan mampu memikirkan mengenai hal apa yang ingin dilakukannya. Setelah mendapatkan ide mengenai hal yang ingin dilakukan, saatnya menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukannya. Kedua hal ini sangat penting karena melakukan hal di waktu yang tak tepat hasilnya tak akan maksimal.

Orang kreatif termotivasi oleh keinginan berprestasi

“Orang kreatif termotivasi oleh hasrat untuk berprestasi, bukan nafsu untuk mengalahkan orang lain.” – Ayn Rand

Motivasi untuk selalu berprestasi dimiliki oleh orang yang kreatif. Untuk mencapai sesuatu, tak ada niatan karena ingin mengalahkan orang lain. Dengan begitu, orang kreatif selalu berpikir dan bertindak positif sehingga baik bagi perkembangannya. Itulah mengapa bahwa orang bisa sukses dengan mengerahkan daya kreativitasnya. Orang yang bernafsu mengalahkan orang lain akan melakukan berbagai cara termasuk cara kotor untuk meraih apa yang diinginkan. Kalaupun bisa mendapatkan kesuksesan, kesuksesannya tidak akan bertahan lama karena diperoleh dengan cara yang kotor.

Selalu ada tempat untuk orang-orang kreatif

“Orang-orang yang kreatif selalu punya tempat di manapun.” – Alit Susanto

Menjadi orang kreatif banyak keuntungannya. Kamu tak perlu takut di mana kamu berada sebab selalu ada tempat untuk orang-orang kreatif. Orang kreatif akan mampu beradaptasi  dengan lingkungan dan orang orang baru. Bahkan, saat berada pada posisi tersulitpun dia mampu mengatasinya dengan baik.

Pilih egois atau kreatif?

“Setiap orang harus memutuskan apakah ia akan berjalan di dalam terangnya kebersamaan yang kreatif atau dalam gelap dan hancurnya keegoisan.” – Martin Luther King

Sifat dasar manusia ialah kreatif atau egois. Dua hal itu sangat berbeda. Egois ialah perasaan ingin menang sendiri dan melakukan segala cara untuk meraih kesuksesan berlandaskan motif ingin mengalahkan orang lain. Sementara kreatif ialah memiliki ide baru untuk berbuat sesuatu sehingga bisa mencapai kesuksesan dengan prestasi yang dimilikinya.

Tuhan memberikan daya kreativitas

“Tuhan bekerja dengan memberi kita kapasitas untuk mencintai, dan itu menjadi tenaga yang kreatif dari dalam diri kita.” – Ayu Utami

Jangan pernah ragu mengenai kreativitas yang kamu miliki. Setiap orang dikaruniai kreativitas oleh Tuhan Yang Maha Esa. Karena adanya cinta di hati, memungkinkan manusia bisa bersikap kreatif. Jika ada orang yang tak mengerahkan kreativitasnya, bukan berarti dia tak memiliki kreativitas melainkan mengubur kreativitas yang dimiliki. Jangan sampai kamu termasuk orang seperti itu karena nasibmu, kamulah yang menentukan. Seperti yang telah dikatakan oleh Allah SWT bahwa keadaan seorang manusia tidak akan berubah kecuali dia yang berusaha mengubahnya sendiri.

Demikianlah kumpulan kata bijak tentang kreativitas. Semoga bisa memberikan inspirasi kepada kita semua sehingga selalu berupaya memiliki sikap kreatif.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *