Kata kata Bijak Tentang Disiplin dalam Setiap Aspek Kehidupan

By | November 14, 2016

Disiplin merupakan sikap yang perlu dimiliki oleh setiap orang yang ingin sukses dalam hidupnya. Pentingnya penerapan disiplin karena dapat berdampak positif dalam berbagai aspek kehidupan. Dalam bidang apapun, disiplin perlu ditanamkan.

 

Kata Bijak Disiplin

 

Agar kita semua selalu memiliki sikap disiplin, berikut ini ada beberapa kumpulan kata kata bijak motivasi tentang disiplin dari beberapa tokoh terkenal. Semoga bisa menginspirasi.

Disiplin untuk mencapai cita-cita

“Disiplin adalah jembatan antara cita-cita dan pencapaiannya.” – Jim Rohn

Jika kamu ingin mencapai apa yang kamu cita-citakan, jangan lupa untuk selalu bertindak disiplin. Tanpa disiplin, cita-cita akan sulit tercapai. Mulailah dengan melakukan hal-hal kecil sebagai proses pencapaian suatu cita-cita yang diharapkan. Impian yang besar tak akan pernah terwujud tanpa adanya suatu proses tindakan kecil yang dilakukan secara konsisten.

Hindari penyesalan dengan disiplin

“Penderitaan karena disiplin, lebih baik daripada penderitaan karena penyesalan.” – Mario Teguh

Kata bijak tentang disiplin datang dari Mario Teguh. Beliau memberikan kutipannya bahwa penderitaan yang dialami karena kedisiplinan lebih baik dibandingkan penderitaan karena penyesalan. Tentu saja, ada banyak hikmah yang bisa kamu dapatkan ketika mendapatkan penderitaan akibat kedisiplinan. Kalaupun kamu tidak mendapatkan apa yang kamu impikan, banyak pelajaran yang bisa kamu dapatkan sehingga bisa digunakan sebagai bekal untuk bangkit dan mencobanya lagi.

Disiplin memberikan hasil yang berlipat ganda

“Bagi setiap usaha yang disiplin pasti ada hasil yang berlipat ganda.” – Jim Rohn

Percayalah bahwa sikap disiplin akan memberikan hasil yang luar biasa. Bahkan, kamu akan mendapatkan hasil yang berlipat ganda dibandingkan jika kamu tidak memiliki sikap disiplin dalam bekerja. Disiplin waktu sangat mulia dilakukan. Membiasakan diri memiliki sikap disiplin akan membuat kualitas dirimu menjadi meningkat.

Disiplin ialah harga keunggulan

“Harga keunggulan adalah disiplin, biaya biasa-biasa saja adalah kekecewaan.” – William Arthur Ward

Jangan pernah anggap sepele kedisiplinan. Disiplin merupakan harga keunggulan, lalu kekecewaan merupakan biaya biasa-biasa saja. Pastinya kamu ingin memilih kualitas unggul dibandingkan yang biasa-biasa saja.

Disiplin diri merupakan senjata ampuh

“Disiplin diri merupakan senjata ampuh yang harus dimiliki setiap orang yang mau sukses!” – Andrie Wongso

Jika kamu mau sukses kata bijak tentang disiplin ini harus kamu lakukan. Ya, kesuksesan bisa diraih dengan bersikap disiplin. Apapun itu,lakukanlah secara konsisten. Junjunglah disiplin waktu setinggi-tingginya sehingga kesempatan yang kamu miliki sia-sia. Itulah mengapa disiplin disebut senjata ampuh untuk meraih kesuksesan.

Taklukkan diri sendiri dengan disiplin

“Anda tidak pernah bisa menaklukan gunung. Anda hanya bisa menaklukan diri sendiri” – Jim Whittaker

Mustahil menaklukan gunung karena keberadaannya yang tinggi menjulang. Namun, menaklukkan diri sendiri membuat dirimu bisa melakukan apa saja. Ya, hal yang paling utama untuk dilakukan ialah memiliki sikap disiplin untuk bisa menaklukan dirimu sendiri.

Terapkan disiplin, meskipun harus dipaksakan

“Disiplin diri merupakan senjata ampuh yang harus dimiliki setiap orang yang mau sukses! Untuk memiliki disiplin harus dibiasakan, tidak jarang pula harus dipaksakan!” – Andrie Wongso

Setiap orang yang ingin sukses harus memiliki sikap disiplin. Walaupun disiplin sulit dilakukan, kamu harus terus mencoba berdisipplin. Jika masih sulit, paksalah dirimu untuk bisa berprinsip disiplin. Setiap harinya, biasakan dirimu untuk berdisiplin. Mulai dari membuka mata sampai memejamkan mata.

Tentang disiplin ilmu

“ Disiplin ilmu hanyalah modal pertama, ijazah cuma selembar kertas di atas meja.” – Najwa Shihab

Sekolah  bukan semata-mata bertujuan ingin mendapatkan ijazah. Ya, bukti kelulusan ialah ijazah. Namun, yang dibutuhkan untuk bekal kehidupan bukanlah selembar kertas tersebut melainkan disiplin ilmu yang telah dipelajari selama beberapa waktu. Ijazah dengan nilai yang bagus, kalau tanpa pengetahuan dan kemampuan akan menjadi sia-sia.

Pentingnya disiplin emosional

“Hanya dengan menggabungkan kecerdasan berpikir dengan disiplin emosional, Anda akan mendapatkan perilaku yang rasional.” – Warren Buffet

Jangan berpikir bahwa disiplin hanyalah menyangkut tentang tingkah laku atau perbuatan. Disiplin juga meliputi disiplin emosional. Apabila disiplin emosional digabungkan dengan kecerdasan berpikir maka akan menghasilkan perilaku yang rasional. Perilaku yang selalu menjunjung etika dan kesopanan.

Menghargai diri sendiri akan menuju disiplin diri

“Hargai usaha Anda, hargai diri Anda. Penghargaan kepada diri sendiri akan membawa Anda menuju disiplin diri.” – Tung Dasem Waringin

Sangat diperlukan menghargai usaha diri sendiri. Apa yang telah kamu lakukan harus dihargai oleh dirimu sendiri. Dengan begitu, kamu akan mampu mencapai disiplin diri. Saat itu, kamu akan lebih bersemangat dalam menjalankan usaha-usaha untuk mencapai kesuksesan maupun mempertahankannya.

Disiplin mampu menindaklanjuti

“Karakter yang membuat kita keluar dari tempat tidur, komitmen yang memindahkan kita ke dalam tindakan, dan disiplin yang membuat kita mampu untuk menindaklanjuti.” – Zig Ziglar

Tanpa disiplin, apa yang kita cita-citakan tak akan terwujud. Kedisiplinan berakar dari karakter. Kemudian, karakter melahirkan komitment. Setelah itu, barulah menuju tindakan. Sesungguhnya, kedisiplinan merupakan tindakan dengan berlandaskan komitmen.

Tanamkan keteguhan dengan disiplin

“Keteguhan tanpa disiplin adalah awal dari kebodohan.” – Jim Rohn

Keteguhan sangat diperlukan untuk mencapai sesuatu. Akan tetapi, keteguhan harus dibarengi dengan sikap disiplin. Tanpa kedisiplinan, keteguhan akan sia-sia. Apapun yang kamu lakukan haruslah memiliki komitmen yang kuat sehingga bisa meraih apa yang diinginkan.

Disiplin mengajarkan giat bekerja

“Kita mengajarkan disiplin untuk giat, untuk bekerja, untuk kebaikan, bukan agar anak-anak menjadi loyo, pasif, atau penurut.” –  Maria Montessori

Kata bijak tentang disiplin ini memberikan inspirasi kepada kita semua. Dengan disiplin, kita akan memiliki sikap giat bekerja. Giat bekerja merupakan salah satu sikap yang harus dimiliki jika ingin memiliki kehidupan yang sukses.

Mencintai dengan sesungguhnya ialah dengan cara yang baik dan disiplin

“Mencintai yang sesungguhnya adalah mencintai sesuatu yang indah dalam cara yang baik dan disiplin.” – Plato

Tahukah kamu bagaimana mencintai yang sesungguhnya? Mencintai dengan disiplin merupakan cara yang istimewa. Inilah cinta yang sebenarnya. Kedisiplinan memiliki komitmen yang kuat sehingga tidak akan berubah kadar ataupun intensitasnya meskipun telah termakan usia.

Pentingnya disiplin untuk meraih kesuksesan

“Sukses dalam berbisnis membutuhkan latihan, disiplin, dan kerja keras.” – David Rockefeller

Kesuksesan dalam berbisnis bisa diraih dengan beberapa tips. Tips-tips tersebut ialah dengan memiliki kedisiplinan dan kerja keras. Selain itu, kamu juga perlu melakukan latihan secara konsisten.

Sukses dengan disiplin

“Sukses tidak lain adalah menerapkan sedikit disiplin yang sederhana, dilatih setiap hari.” – Jim Rohn

Kedisiplinan sangat penting untuk dimiliki. Kesuksesan akan lebih mudah didapatkan jika kamu membiasakan diri untuk berlatih setiap harinya. Inilah yang disebut sebagai disiplin sederhana. Dengan cara ini, kamu akan lebih mudah melangkahkan kaki ke depan.

Tak ada keberhasilan tanpa disiplin

“ Disiplin tidak menjamin keberhasilan, tapi tidak ada keberhasilan tanpa disiplin” – Mario Teguh

Walaupun kita semua setuju bahwa disiplin tidak menjamin keberhasilan, akan tetapi tidak akan ada keberhasilan yang diraih tanpa adanya kedisiplinan. Untuk itu, disiplin merupakan hal yang harus dilakukan untuk mencapai kesuksesan. Gagal ataupun sukses, kamu tetap harus berusaha memiliki sikap disiplin sebagai bentuk usaha untuk mencapai apa yang kamu inginkan.

Untuk bisa disiplin dimulai dari motivasi

“Rahasia dari disiplin adalah motivasi. Jika seseorang termotivasi secara cukup, disiplin akan berjalan dengan sendirinya” – Sir Alexander Peterson

Mungkin saat ini kamu berpikir bahwa disiplin sulit dilakukan. Akan tetapi, sesungguhnya ini merupakan pikiran yang tak benar karena kedisiplinan akan menjadi suatu kebiasaan apabila kamu memiliki motivasi yang kuat. Motivasi sangat dibutuhkan agar seseorang memiliki sikap disiplin.

Tundukkan dirimu sendiri dengan disiplin

“Jika kamu tidak dapat menundukkan dirimu, maka dirimu akan menundukkan kamu” – Napoleon Hill

Kutipan kata bijak tentang disiplin mengajarkan kita untuk bisa menaklukan diri sendiri. Apabila kamu tak mampu menaklukan diri sendiri dengan selalu bersikap disiplin, maka kemalasan akan selalu menjadi teman setiamu. Tentu saja tak akan ada hasil apapun yang bisa kamu terima apabila memiliki sikap pemalas. Apabila ingin menjadi orang yang sukses, kamu perlu melakukan upaya untuk menundukkan dirimu sendiri.

Pentingnya disiplin untuk mencapai tujuan hidup

“Bakat tanpa disiplin adalah seperti seekor gurita pada sepatu roda. Ada banyak gerakan tapi Anda tidak pernah tahu apakah itu akan menjadi maju, mundur, atau ke samping.” – H. Jakson Brown, Jr

Bakat merupakan kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki seseorang. Kemampuan yang dimiliki seseorang akan membawanya ke dalam kesuksesan apabila dibarengi dengan sikap disiplin.

Bahkan, ketika kamu memiliki bakat yang bagus namun tak memiliki sikap disiplin, kamu tak akan mampu memanfaatkan bakat yang kamu miliki untuk mencapai kesuksesan. Padahal, memiliki bakat yang terpendam merupakan suatu hal yang sangat istimewa karena tak semua orang memiliki bakat yang luar biasa.

Disiplin untuk hidup sederhana dan kepuasan diri

“Disiplin diri sangat penting untuk kehidupan yang lebih sederhana dan lebih puas” – Tenzin Gyatso

Hidup sederhana bisa membawa kebahagiaan. Seperti yang dikutip dalam kata bijak tentang disiplin yang berasal dari Tenzin Gyatso bahwa kamu bisa merasakan kepuasan ketika berusaha menerapkan hidup secara disiplin. Meskipun hidup tak bermewah-mewahan, akan ada rasa kepuasan tersendiri yang bisa kamu rasakan dari sikap disiplin ini.

Menang karena disiplin diri sendiri

“Dalam membaca kehidupan orang-orang besar, saya menemukan bahwa kemenangan pertama mereka adalah menang atas diri mereka sendiri.. yaitu disiplin diri sendiri yang terlebih dahulu.” – Harry S Truman

Jika kamu ingin mengalahkan dunia. Hal pertama kali yang harus kamu lakukan ialah dengan memenangkan dirimu sendiri. Terkadang, ada keinginan yang timbul dari dalam diri kita tentang keinginan suatu hal yang tidak penting. Keinginan-keinginan itu apabila tidak dikontrol akan menimbulkan kegiatan yang tak bermanfaat dan bisa saja memecah konsentrasi dalam mencapai suatu impian besarmu.

Ketika kamu sudah bisa menerapkan sikap disiplin pada dirimu sendiri,  kamu akan semakin mudah melangkah. Lihatlah mereka orang-orang besar yang sudah bisa mencapai kesuksesan dalam hidupnya. Kamu bisa mendapatkan inspirasi bahwa mereka selalu hidup dengan penuh kedisiplinan.

Melakukan hal yang tidak kita inginkan melalui disiplin

“Disiplin berarti kemampuan untuk mendapatkan diri kita sendiri untuk melakukan sesuatu yang tidak kita inginkan.” – Arden Mahlberg

Tak jarang kamu harus melakukan kegiatan yang sebenarnya tak kau sukai demi tercapainya suatu impian. Kerja keras secara terus menerus tentu membuatmu bosan. Adakalanya kamu merasakan hal ini. Ya, rasa jenuh sering menghampiri mereka yang bekerja keras. Akan tetapi, jika kamu tak mampu melawan semua itu, impian sukses selamanya hanya akan menjadi khayalan belaka. Jika kamu ingin menjadikannya nyata, bangunlah dari mimpimu dan mulai melakukan tindakan nyata sebagai usaha untuk mencapai apa yang kamu cita-citakan.

Mengembangkan kebesaran karakter dengan disiplin

“Dengan disiplin diri dan pengendalian diri yang konstan, maka Anda dapat mengembangkan kebesaran karakter.” – Grenville Kleiser

Karakter bisa dibentuk dan dikembangkan dengan adanya sikap disiplin. Kamu mulai mampu mengendalikan diri sendiri apabila menerapkan sikap disiplin dalam kehidupan sehari-hari.

Disiplin membuat berpikir terlebih dahulu sebelum  bertindak

“Disiplin diri dimulai dengan penguasaan pikiran Anda. Jika Anda tidak mengontrol apa yang Anda pikirkan, Anda tidak dapat mengendalikan apa yang Anda lakukan. Disiplin diri memungkinkan Anda untuk awalnya berpikir dan bertindak sesudahnya.” – Napoleon Bukit

Banyak orang melakukan hal-hal tanpa berpikir panjang. Akibatnya, tak jarang dari mereka mendapatkan penyesalan karena melakukan tindakan yang salah.

Sesungguhnya, kedisiplinan mampu menghindarkan dirimu dari kejadian ini karena sebaiknya berpikir terlebih dahulu sebelum melakukan suatu hal yang ingin kamu lakukan.

Hubungan keberuntungan dengan disiplin

“Satu setengah dari hidup adalah keberuntungan, sedangkan separuh lainnya adalah disiplin – dan itu bagian yang sangat penting, karena tanpa disiplin Anda tidak akan tahu apa hubungannya dengan keberuntungan Anda.” – Carl Zuckmayer

Ternyata, keberuntungan dan disiplin memiliki keterkaitan. Orang akan sangat senang bila mendapatkan keberuntungan, entah itu dalam hal pendidikan maupun pekerjaan. Tentunya, keberuntungan tak akan pernah kamu dapatkan apabila kamu tidak mencoba menerapkan sikap disiplin dalam kehidupan sehari-hari.

Harga diri adalah akar dari disiplin

“Rasa martabat tumbuh dengan kemampuan untuk mengatakan tidak kepada diri sendiri.” – Abraham Joshua

Biasakan diri untuk bisa mengontrol diri sendiri. Misalnya berani mengatakan tidak untuk hal yang kamu sukai namun membawa dampak buruk bagi diri sendiri. Tentunya, manusia dibekali akal dan hati nurani untuk bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Ketika kamu menyukai hal yang bisa membuat keburukan pada dirimu, sikap disiplin membuatmu berani untuk mengatakan tidak.

Disiplin dan tidak mudah menyerah

“Kualitas ketangguhan mental adalah pengorbanan dan penyangkalan diri. Juga yang paling penting, dikombinasikan dengan kemampuan yang kuat untuk disiplin dan menolak untuk menyerah.” – Vince Lombard

Dengan bekal kedisiplinan, kamu akan memiliki jiwa yang tak mudah menyerah meskipun banyak halangan yang menghadang. Selain disiplin, kamu harus memiliki ketangguhan mental.

Disiplin merupakan bentuk kebebasan dari kemalasan

“Disiplin diri adalah bentuk kebebasan. Kebebasan dari kemalasan dan kelesuan, bebas dari harapan dan tuntutan orang lain, bebas dari kelemahan dan ketakutan, bebas dari keraguan. Disiplin diri memungkinkan kita merasa sebagai individu yang tangguh. Kita adalah majikan bukan budak dari pikiran dan emosi.” – H.A. Dorfman

Setiap orang suka dengan kebebasan. Namun, kebebasan yang sangat bermanfaat untuk masa depan ialah kebebasan dari rasa malas, lesu, takur, ragu dan tuntutan dari orang lain. Kamu akan menjadi pribadi yang tangguh ketika mampu memiliki sikap disiplin. Jangan mau diperbudak oleh pikiran dan emosi. Kamu harus mampu mengendalikannya sehingga apa yang kamu lakukan selalu terarah dengan baik.

Semoga kumpulan kata bijak tentang disiplin bisa berguna untuk kita semua sehingga selalu menerapkan sikap disiplin dalam kehidupan sehari-hari.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *