Cara Praktis Menggabung Kata Dengan Rumus Teks Microsoft Excel

By | November 7, 2016

Seringkali, penambahan kata pada lembar Microsoft Excel menyita banyak waktu sehingga pekerjaan tak kunjung selesai. Penambahan kata ini sering kali menyusahkan banyak pekerja karena merepotkan. Pastinya kamu butuh kerja keras untuk menambahkan kata tersebut. Jika jumlah data yang ditambahkan sedikit, itu tak menjadi masalah yang terlalu berarti. Namun, bila kata yang akan ditambahkan tersebut pada data yang jumlahnya banyak, ini membuatmu kelabakan. Pastinya, mengetik ulang pada data yang sudah jadi merupakan pekerjaan yang membosankan.

Namun, kamu tak perlu berpusing ria terlebih dahulu. Sebab, kamu bisa melakukan penambahan kata tanpa mengetik ulang. Jadi, pekerjaan tersebut akan cepat selesai dengan mudah dan praktis. Caranya cukup mudah, rumus yang digunakan ialah penambahan karakter “&”.

Sebagai contoh, kali ini data yang akan diolah ialah data buah-buahan. Perhatikan gambar berikut ini.

fungsi-concatenate

Hasilnya setelah ditekan enter ialah seperti pada gambar berikut ini.

fungsi-concatenate-2

Untuk menambahkan kata “Buah” pada seluruh data, hal yang perlu kamu lakukan ialah menarik kursor yang ada pada bagian bawah kanan sel B2. Tariklah kursor tanda plus (+) sampai pada sel B11.

rumus-concatenate-3

Kemudian, hasilnya akan terlihat seperti berikut ini.

rumus-concatenate-4

Wah, cukup mudah bukan? Penambahan kata pada data bisa dilakukan dengan cepat tanpa membuat repot. Kini, kamu tak perlu merasa pusing lagi jika ada pekerjaan menambahkan kata pada data di Excel meskipun data tersebut dalam jumlah banyak karena kamu bisa menggunakan fungsi penambahan “&” seperti di atas.

Selain menambahkan kata tanpa mengetik ulang dengan cara di atas, kamu juga bisa menggabungkan dua kata atau lebih menjadi satu kata pada satu sel dengan fungsi Excel lainnya. Caranya ialah dengan menggunakan fungsi CONCATENATE.

Misalnya, ketika akan menggabungkan nama pasien di sebuah rumah sakit dengan nama bangsal tempat ia dirawat.

Berikut ini contoh data yang bisa kamu perhatikan. Lihatlah gambar di bawah ini.

rumus-concatenate-5

Kamu bisa menggabungkan nama pasien yang ada di sel A2 sampai A5 dengan data yang ada pada B2 sampai B5.

Misalnya, ketika kamu akan menggabungkan data yang ada di sel A2 dengan data yang di sel B2, yaitu Hanum Wiranti dengan Anggrek 1, fungsi yang bisa digunakan ialah =CONCATENATE(A2;B2). Lihatlah gambar berikut ini.

rumus-concatenate-6

Setelah itu, tekan enter. Hasilnya akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini.

rumus-excel-concatenate-7

Lalu, lakukan hal yang sama untuk data berikutnya.

rumus-excel-concatenate-8

Selesaikan untuk sel A4 sampai A5 dengan menggunakan fungsi CONCATENATE. Hasilnya akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini.

rumus-excel-concatenate-9

Nah, cukup mudah bukan cara menggabungkan dua kata atau lebih dengan menggunakan fungsi CONCATENATE ? Kamu bisa mencobanya sehingga memudahkan kamu untuk menyelesaikan pekerjaan dengan mudah dan cepat. Semoga dapat bermanfaat ya.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *