Tempat Wisata dan bermain di Jakarta yang Populer untuk Anak Anda

By | October 2, 2016

tempat-wisata-di-jakarta-untuk-anak

 

Bagi Anda yang sudah penat dengan aktifitas ibukota, mengajak anak pergi berwisata disaat libur atau akhir pekan adalah hal yang menyenangkan bukan? Selain untuk membuat anak – anak kita senang, mengajaknya pergi ke suatu tempat wisata di Jakarta juga bisa menambah wawasan pengetahuannya, apalagi tempat wisata tersebut bisa memberikan edukasi tersendiri. Manfaat bagi orang tua juga banyak, selain untuk melepas penat setelah bekerja selama satu minggu, berlibur di akhir pekan juga bisa menambah keharmonisan keluarga dan membangun keakraban antara orang tua dan anak.

Berlibur di akhir pekan bersama keluarga, tidak melulu harus ke Mall atau makan di restoran yang mahal. Kita bisa membawa keluarga kita, terutama anak – anak kita ke tempat wisata anak yang bisa memberikan pengetahuan seperti kebun binatang, museum atau obyek wisata lain seperti bermain outbound, wisata air, wisata alam dan yang lainnya. Untuk tempat wisata juga tidak usah terlalu jauh karena akan membuat badan kita lelah, apalagi dengan kemacetan Jakarta yang parah di akhir pekan. Lalu tempat wisata anak apa yang menarik untuk dikunjungi dan bisa menambah wawasan untuk anak – anak kita?

Kriteria tempat wisata di Jakarta untuk anak yang menarik dikunjungi tentu saja tidak terlepas dari keseruan dan unsur edukasi yang ditawarkan oleh tempat wisata itu sendiri. Jangan sampai ketika kita mengajak anak kita berlibur di tempat wisata itu, mereka justru tidak menikmatinya, sehingga tujuan awal kita untuk berlibur dan bersenang – senang dengan keluarga justru menjadi kebalikannya. Kita juga harus pandai – pandai membangun suasana dalam menikmati kunjungan wisata yang kita lakukan bersama keluarga khususnya si Buah Hati. Jakarta sebagai kota metropolitan menawarkan berbagai macam tempat wisata yang menarik dan seru untuk keluarga Anda, hal ini yang Anda harus manfaatkan. Berikut ini adalah tempat – tempat wisata yang populer di Jakarta yang harus Anda kunjungi bersama keluarga Anda, terutama anak – anak Anda.

 

Tempat Wisata di Jakarta untuk Anak

 

Kebun Binatang Ragunan

Jangan berpikir berlibur ke kebun binatang adalah pilihan buruk dan sudah ketinggalan jaman. Untuk anak – anak, berlibur ke kebun binatang adalah hal yang menyenangkan. Mereka bisa melihat langsung binatang – binatang yang tadinya hanya mereka lihat di buku bacaan atau buku pelajaran mereka. Apalagi kehidupan kota Jakarta yang sudah sangat padat, menemukan kupu – kupu pun sudah sangat jarang bahkan hampir tidak ada. Lalu  bagaimana kita bisa mengenalkan kupu – kupu ke anak kita? Satu – satunya cara adalah membawa mereka ke kebun binatang bukan? Kebun binatang Ragunan adalah satu – satunya kebun binatang di Jakarta dan sekitarnya. Tempat wisata di Jakarta yang berlokasi di daerah Ragunan Pasar Minggu Jakarta Selatan ini luasnya 140 hektar dengan koleksi satwa mencapai 295 spesies. Berlibur ke kebun binatang Ragunan ini cukup menguras tenaga karena tempatnya yang sangat luas. Kita bisa membawa sepeda anak untuk dipakai berkeliling, agar anak kita tidak terlalu capek bila harus berjalan jauh. Di kebun binatang Ragunan juga tersedia penyewaan sepeda yang bisa kita sewa dengan harga terjangkau. Sistem sewa sepeda tersebut adalah per jam, dan modelnya pun bermacam – macam, dari sepeda biasa, sampai sepeda tandem untuk berdua atau bertiga. Tentu hal ini bisa menjadi pengalaman baru dan menyenangkan buat anak kita. Sambil bersepeda, kita bisa mengenalkan jenis satwa penghuni kebun binatang itu satu persatu, berhenti sebentar untuk mengambil gambar, dan meneruskan bersepeda lagi. Tentu menarik bukan? Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di kebun binatang Ragunan adalah Pusat Primata Schumtzer, dimana kita bisa melihat koleksi primata dari berbagai tempat yang ada di dunia. Agar lebih menarik untuk anak Anda, ajak mereka berselfie selama di kebun binatang ini.

Taman Mini Indonesia Indah

Selain Kebun Binatang Ragunan, tempat wisata anak di Jakarta yang paling populer selanjutnya adalah Taman Mini Indonesia Indah. Taman Mini Indonesia Indah terletak di Jakarta Timur, tepatnya di daerah Pinang Ranti. Tempat wisata yang satu ini menawarkan wisata edukasi, dimana kita bisa mengajari anak – anak kita tentang kekayaan budaya Indonesia. Kita bisa mengajak mereka mengenali budaya di masing – masing ajungan propinsi yang ada di Taman Mini, baik rumah adatnya, pakaian adat dan senjata tradisionalnya, bahkan kita bisa masuk ke dalam rumah adat yang mungkin selama ini kita hanya melihatnya dari buku pelajaran sekolah atau internet. Taman Mini Indonesia Indah juga menawarkan berbagai macam museum yang menarik untuk menambah wawasan dan pengetahuan anak – anak kita, seperti museum transpotasi, museum olah raga, museum listrik dan energi, museum serangga, museum sains, museum rumah ibadah dan museum Timor Timur yang dahulu masuk ke dalam wilayah Republik Indonesia. Kita juga bisa menikmati pemandangan jajaran rumah – rumah adat ini dengan bersepeda atau menikmatinya dari atas dengan menaiki gondola. Wahana lain yang bisa dinikmati di tempat wisata Taman Mini ini adalah Teater Keong Mas, dimana kita bisa melihat film dokumenter tentang kebudayaan di tanah air kita. Di Taman Mini Indonesia Indah kita juga dapat mengunjungi aquarium air tawar yang mana koleksi satwanya berasal dari berbagai tempat di seluruh dunia. Pada jam – jam tertentu, kita bahkan bisa melihat ikan Piranha saat mereka diberi makan, dan bagaimana ganasnya ikan ini menggerogoti makanannya dengan sangat cepat dan buas. Anda juga bisa mengunjungi taman burung, yang memiliki koleksi burung dari berbagai macam tempat di Indonesia dan juga mancanegara. Setelah lelah mengelilingi tempat wisata Taman Mini, kita bisa berenang dan bermain air di Snow Bay Water Park yang terletak di dalam kompleks Taman Mini Indonesia Indah, tentunya harga tiket masuk Taman Mini Indonesia Indah belum termasuk tiket masuk di wahana air tematik ini.

Taman Impian Jaya Ancol

Siapa yang tidak kenal tempat wisata anak yang satu ini. Selain memiliki banyak tempat bermain bagi anak – anak, juga merupakan satu – satunya pantai terbuka yang dimiliki oleh warga Jakarta yang terletak di dalam kawasan Ancol ini. Tempat wisata di Jakarta Utara yang selalu dipenuhi pengunjung saat akhir pekan atau hari libur ini, memang menawarkan wisata yang membuat betah pengunjungnya. Kita akan coba mengupas satu – persatu wahana permainan yang ada di kawasan ini.

  1. Dunia Fantasi

Tempat wisata Dunia Fantasi atau yang lebih dikenal dengan istilah Dufan ini menawarkan banyak permainan seperti kincir – kincir, kora – kora, bianglala, arung jeram, istana boneka, tornado, perang bintang, halilintar, niagara gara, dan sebagainya. Wahana bermain ini pun bisa dimainkan dari anak – anak hingga orang dewasa. Bermain di Dufan akan menghabiskan waktu anda seharian penuh, dimana Anda dan anak Anda akan asyik bermain dan menguji adrenalin dengan permainan – permainan yang ditawarkan di Dufan.

  1. Gelanggang Samudra

Salah satu tempat wisata yang dapat Anda nikmati bersama dengan keluarga di Taman impian Jaya Ancol adalah Gelanggang Samudra. Di wahana ini Anda dapat melihat berbagai macam atraksi dari hewan – hewan air laut dan air tawar seperti, lumba – lumba, paus putih Rusia (Beluga), atraksi anjing laut dan singa laut, atraksi linsang dan kuda nil. Anda juga bisa mengajak anak Anda untuk melihat theater 4 dimensi di dalam Gelanggang Samudra.

  1. Sea World

Sea World merupakan aquarium air laut raksasa dimana kita bisa melihat kehidupan bawah laut ketika kita melintas di dalam aquarium ini. Di tempat wisata ini ada juga kolam sentuh, dimana anak – anak bisa menyentuh hewan – hewan laut seperti bintang laut, kura – kura dan lainnya.

  1. Eco Park

Eco Park Ancol adalah sebuah tempat wisata dimana Anda bisa mengajak keluarga untuk melihat berbagai macam tanaman baik yang berasal dari Indonesia maupun dari mancanegara. Tempat wisata ini adalah wahana edukasi tentang kekayaan flora di dunia, dan mengajarkan kita dan generasi penerus kita untuk menjaga bumi agar tidak menjadi gersang, karena pohon dan hutan adalah masa depan kelangsungan bumi kita. Selain itu kita juga bisa belajar menanam, top tree walking dan bermain paint ball di area ini.

  1. Pasar Seni

Bagi Anda yang ingin menumbuhkan kecintaan anak akan seni, Anda bisa membawa anak Anda ke Pasar Seni Ancol. Anda bisa melihat para seniman yang sedang melukis dan bahkan meminta mereka melukis Anda. Anda juga bisa melihat secara langsung proses pemahatan patung khas Bali maupun pahatan khas suku Asmat. Pasar Seni juga menjual kerajinan khas dari berbagai daerah di nusantara.

  1. Outbound

Jenis permainan ala militer juga disediakan di Ancol. Tempat wisata outbound ini merupakan permainan yang menguji adrenaline dan fisik ini memang tengah digemari karena faktor kedekatannya dengan alam. Permainan seperti spider web, unstable bridge, flying fox, terdapat di area ini.

  1. Museum Lilin

Museum lilin ini adalah wahana atau tempat wisata teranyar yang ditawarkan oleh Taman Impian Jaya Ancol. Jika dahulu kita mungkin hanya bisa menikmati karya seni patung lilin dari orang – orang terkenal di dunia ini di luar negeri, kini museum patung lilin telah hadir juga di Taman Impian Jaya Ancol. Tentu Anda dan anak Anda dapat berfoto dengan para tokoh dunia di dalam museum ini.

  1. Pantai Festival dan Pantai Karnaval

Apabila Anda bosan bermain di wahana –wahana yang ada di Ancol, Anda bisa bersantai di pantai yang terletak di dalam kawasan Ancol. Sambil menikmati suasana senja dan matahari terbenam sembari menikmati makanan dan minuman yang dijajakan di pantai ini, dan anak Anda juga bisa bermain air di pantai ini, karena ombaknya yang relatif bersahabat.

  1. Atlantis Water Adventure

Taman Impian Jaya Ancol juga memiliki tempat wisata anak untuk bermain air yang bernama Atlantis Water park. Anda dan anak anda bisa menikmati seluncuran raksasa atau sekedar bersantai di kolam arus, dan menikmati kolam ombak. Bermain air dengan anak – anak memang tidak pernah membosankan, ditambah lagi dengan banyaknya kolam tematik yang ditawarkan oleh Atlantis Water Adventure yang pasti membuat Anda dan anak Anda betah.

Waterbom Pantai Indah Kapuk

Tempat wisata air yang terbesar dan terpopuler di Jakarta ini menawarkan berbagai macam seluncuran air. Selain itu water bom ini sangat cocok bagi Anda yang senang bermain air dengan berbagai macam cara. Seluncuran yang biasa – biasa, seluncuran yang berputar – putar hingga seluncuran yang tinggi dan nyaris vertikal ini dapat Anda temui di tempat wisata air yang satu ini. Selain itu tersedia juga seluncuran dan kolam khusus anak dan kolam arus tempat Anda dan anak Anda bersantai. Bermain air sambil bercengkerama dengan anak – anak Anda adalah sesuatu hal yang sangat mengesankan dalam menghabiskan akhir pekan Anda.

Monumen Nasional (Monas)

Monumen yang menjadi ikon Ibukota Jakarta ini, tetap menjadi tempat wisata di Jakarta yang populer saat liburan atau akhir pekan. Tempat wisata yang dibangun pada masa pemerintahan Bung Karno ini menawarkan wisata pendidikan, terutama sejarah bangsa Indonesia. Jika kita masuk ke dalam Monumen Nasional, kita akan melihat jajaran diorama yang menceritakan perjalanan bangsa Indonesia dari jaman pra sejarah, jaman kerajaan, jaman penjajahan, hingga jaman perjuangan kemerdekaan. Di Monas ini juga kita bisa mendengarkan pembacaan teks proklamasi yang dibacakan oleh Ir. Soekarno, dimana rekaman ini adalah rekaman asli dari peristiwa paling bersejarah bagi bangsa Indonesia ini. Kita juga dapat melihat naskah asli proklamasi kemerdekaan Indonesia dan juga melihat bendera pusaka sang Merah Putih di Monas ini. Mengajak anak – anak kita berwisata ke monas, sudah menjadi keharusan, agar anak – anak kita mengenal perjalanan bangsanya sendiri. Berwisata ke Monas juga tidak hanya melihat diorama dan teks proklamasi saja, kita bisa melihat kota Jakarta dari atas monumen ini. Selain melihat dengan kasat mata, kita juga bisa melihat dengan menggunakan teropong yang Anda akan temui di setiap sudut ruangan ini. Selain itu Anda juga bisa berkeliling Monas dengan menggunakan Andong yang dapat disewa untuk berkeliling Monas.

Kidzania Jakarta

Kidzania adalah tempat wisata di Jakarta Selatan khusus edukasi anak yang moderen dan menawarkan konsep pengenalan akan profesi. Di tempat wisata ini, anak – anak akan dikenalkan dengan dunia kerja dan berbagai macam profesi kerja seperti koki, pilot, polisi, pemadam kebakaran, petugas SPBU, dokter, perawat, penata rambut, reporter, dan sebagainya. Orang tua diperkenankan untuk mendampingi anak yang sedang bermain di miniatur kota ini, namun hanya sebagai penonton saja. Anak – anak akan diberi tugas seperti profesi sesungguhnya. Simulasi penerbangan yang sesungguhnya pun dihadirkan demi mengenalkan sang anak akan dunia kerja yang nyata. Anak juga dipernalkan dengan sistem upah atau gaji, dimana mereka juga dibekali dengan kartu ATM yang mereka dapat pergunakan dengan mesin ATM asli. Kidzania selain menawarkan wahana profesi ini sebenarnya juga ingin mengajarkan pada anak – anak tentang bagaimana menjadi seorang yang sudah dewasa, dengan tugas dan tanggung jawabnya. Suatu tempat wisata anak yang sangat edukatif bukan?

Ice Skating Sky Rink – Mall Taman Anggrek

Menikmati tempat wisata yang berbeda sambil bermain sekaligus berolah raga tentu sangat mengasyikan, terutama untuk anak Anda. Bermain Ice skating di negara tropis seperti Indonesia, tentu akan menjadi suatu pengalaman unik. Taman Anggrek Mall Jakarta Barat menawarkan wahana bermain yang dapat dinikmati oleh Anda bersama anak – anak Anda. Tidak perlu khawatir dengan peralatannya, karena di sini Anda bisa menyewa sepatu khusus ice skating, dan bahkan Anda bisa menyewa instruktur untuk mengajari Anda dan anak – anak Anda untuk meluncur di lantai es ini. Tempat wisata di Jakarta Barat ini bisa dijadikan suatu alternatif bagi Anda dan buah hati untuk menghabiskan waktu bersama di akhir pekan.

Cibubur Garden Diary

Tempat wisata di jakarta timur untuk anak yang terletak di kawasan Cibubur ini menawarkan aktifitas wisata yang sedikit berbeda. Di tempat wisata ini, Anda beserta keluarga belajar untuk berternak dan memerah susu dari sapi yang ada di tempat yang sebenarnya adalah peternakan. Anda juga akan melihat pemberian pakan ternak, proses pasteurisasi susu dan pengolahan susu. Suatu tempat wisata yang layak dijadikan alternatif untuk liburan Anda bersama buah hati Anda.

Itulah tempat wisata di Jakarta untuk buah hati Anda yang sudah cukup terkenal dan populer. Selain berlibur, bersenang – senang dan bercengkrama dengan anak – anak, Anda secara tidak langsung akan mengajarkan suatu pelajaran berharga yang akan dibawa anak Anda. Selain itu tempat – tempat wisata anak ini bisa dijadikan alternatif liburan Anda dengan keluarga selain berjalan – jalan di mal atau sekedar makan di restoran yang lama – kelamaan akan menjadi sesuatu yang membosankan.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *