Rumus Mengetahui Duplikasi Data Pada Dua Kolom pada Microsoft Excel

By | October 30, 2016

Semakin banyak orang yang memanfaatkan Rumus dan fungsi Excel dalam berbagai keperluan mulai dari yang simpel sampai yang kompleks. Diantaranya ialah untuk membuat tabel, laporan keuangan, membuat grafik dan lain sebagainya.

Kali ini, kita akan mambahas mengenai cara mencari duplikat data pada dua tabel. Maksudnya ialah untuk mendeteksi apakah data yang kita buat merupakan data ganda atau tidak. Kegunaan ini ialah untuk mengecek apakah anggota kelompok A dan kelompok B ada yang sama.

Hal ini sangat bermanfaat misalnya seorang HRD yang sedang membuat jadwal shift pagi dan shift siang untuk para karyawannya. Jika sampai ada data yang ganda, tentu saja ini akan menjadi masalah. Untuk mengecek secara manual, tentu saja mata manusia memiliki keterbatasan ketelitian apabila data yang dimasukkan dalam jumlah yang banyak.

Yuk langsung saja kita bahas bagaimana cara mencari data duplikat atau unik pada dua kelompok yang berbeda. Misalnya, data yang akan dicari ialah sebagai berikut ini.

 

rumus-duplikat-data-excel-1

Untuk mencari pada kelompok shift pagi dan shift siang ada data yang double atau tidak, kamu perlu memasukkan rumus fungsi excel berikut ini;

=IF(ISNA(MATCH(C2;$B$2:$B$11;0));”Unik”;”Duplikat”)

C2 pada fungsi di atas merupakan sel di mana data yang dites apakah itu duplikat atau tidak. Jadi, kamu bisa menyesuaikan dengan mengisi sel sesuai tempat data yang akan kamu cari. Misalnya, jika data yang akan kamu cari tempatnya di sel C5, maka gunakan C5 pada fungsi di atas.

Setelah semua data dites menggunakan fungsi di atas, hasilnya akan diperoleh seperti gambar berikut ini.

 

rumus-duplikat-data-excel-2

 

Keterangan:

Apabila data di kelompok shift siang sudah ada di shift pagi, maka akan muncul tulisan “duplikat”. Sebaliknya, jika data itu belum ada pada kelompok shit pagi, maka akan muncul tulisan “unik”.

Namun, ada hal yang berbeda di sini. Jika kamu amati secara seksama, ada nama Ahmad Ulin Nuha yang memiliki keterangan unik. Padahal, pada kelompok shift pagi sudah ada nama Ahmad Ulin Nuha. Hal ini karena pada kelompok shift pagi, nama “Ahmad Ulin Nuha” menggunakan satu spasi, sedangkan pada kelompok shift siang menggunakan dua spasi.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan fungsi TRIM. Untuk menggunakan fungsi ini cukup mudah. Tulis saja =TRIM B2:B11. Nantinya akan ditemukan hasil error jika jumlah spasi lebih dari satu. Lalu, akan muncul keterangan value jika spasi yang digunakan sudah benar yaitu hanya menggunakan satu spasi. Dengan menggunakan fungsi TRIM ini kamu akan mendeteksi spasi pada suatu data dengan lebih mudah meskipun datanya dalam jumlah banyak.

Semoga informasi mengenai cara mencari duplikat data pada dua kolom dengan rumus fungsi excel di atas dapat bermanfaat.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *