Kecantikan Wajah dan Jenis Perawatannya

By | October 16, 2016

Berbagai tips kecantikan wajah sudah banyak tersebar di internet. Tapi mungkin kita belum juga menemukan tips yang cocok untuk merawat kulit kita. Beberapa tips kecantikan wajah pasti sudah kita coba praktekkan dirumah, seperti membuat masker sendiri dengan memanfaatkan bahan –bahan alami yang ada di sekitar kita. Tapi sering kita berpikir bahwa hasilnya kurang maksimal bukan?

 

Kecantikan Wajah

 

Menggunakan masker dengan buah alami untuk kecantikan wajah memang sangat mudah dipraktekkan. Yang perlu kita ingat bahwa penggunaan masker dengan bahan alami itu sangat aman karena tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya. Tapi memang untuk mendapatkan hasil yang maksimal harus rutin dilakukan dan memerlukan waktu yang lebih lama daripada merawat kecantikan wajah dengan krim atau kosmetik kecantikan yang dijual bebas di pasaran. Merawat kecantikan wajah dengan menggunakan bahan alami membutuhkan ketelatenan dan kesabaran untuk melakukannya. Bila kita sabar dan telaten menggunakannya tentu hasilnya akan tahan lama dan tidak menimbulkan ketergantungan seperti pada penggunaan krim atau kosmetik lainnya.

Jika kita sudah menggunakan bahan alami untuk merawat kecantikan wajah, dan merasa sudah lama memakainya misalnya dalam sebulan, tapi tidak juga mendapatkan hasil yang bagus, tentunya kita perlu menganalisa dimana letak kesalahan kita. Mungkin kita kurang mengenali jenis kulit kita sehingga bahan yang kita gunakan untuk merawat kecantikan wajah tidak bisa bekerja maksimal. Misalnya kita mempunyai jenis kulit berminyak tetapi kita memakai masker dari buah alpukat yang malah membuat kulit kita semakin berminyak sehingga bukannya menambah kecantikan wajah kita malah akan membuatnya berjerawat karena kebanyakan minyak yang menutup pori – pori. Nah, agar kita tidak salah memilih perawatan alami untuk merawat kecantikan wajah, kita perlu tahu jenis perawatan apa yang cocok untuk jenis kulit kita.

 

Merawat Kecantikan Wajah untuk jenis kulit kering

 

Sebelum melakukan perawatan kecantikan wajah, kita perlu mengetahui bagaimanakah ciri – ciri kulit kering itu. Biasanya jenis kulit yang kering mempunyai ciri – ciri sebagai berikut:

  • Permukaan kulit terasa kering, kusam dan kasar jika diraba
  • Pori – pori kecil dan biasanya tidak dapat terlihat dengan mata telanjang
  • Terasa kurang elastis seperti tidak adanya minyak atau kelembabannya
  • Mudah muncul bercak merah dan garis – garis pada kulit
  • Kulit wajah seperti tertarik atau mengencang setelah mandi terlebih mandi dengan air hangat

Setelah mengetahui ciri – ciri kulit kering diatas, kita harus tahu juga cara merawatnya agar kulit kita bisa mendapatkan perawatan yang tepat. Cara merawat kecantikan wajah untuk kulit kering adalah sebagai berikut:

  • Jangan mandi terlalu lama atau berendam terlalu lama terlebih dengan menggunakan air hangat. Terlalu lama terkena air akan mengurangi kadar minyak dalam kulit kita sehingga kulit kita akan terasa lebih kering.
  • Pakailah sabun muka yang mengandung susu agar menambah kelembaban kulit wajah
  • Pakailah jenis pelembab untuk kulit kering sehabis mandi atau setelah mencuci wajah. Pelembab yang tepat akan membantu merawat kecantikan wajah untuk kulit kering.
  • Jangan lupa membersihkan kulit wajah sebelum tidur malam agar terbebas dari kotoran dan sisa make up yang menempel. Bisa dengan memakai sabun muka ataupun dengan susu pembersih dan tonik yang sesuai dengan jenis kulit kering
  • Hindari menggosok kulit wajah terlalu keras karena bisa menyebabkan kulit wajah yang kering menjadi rusak atau teriritasi.
  • Hindari terik matahari secara langsung ke wajah apalagi jika tidak memakai sun block atau pelindung sinar matahari. Pakailah topi atau payung jika terpaksa pergi keluar ruangan.

Masker untuk perawatan kecantikan wajah untuk kulit kering pun berbeda dengan jenis kulit yang lain. Berikut jenis masker yang bisa kita pakai untuk perawatan kecantikan wajah kulit kering:

  • Masker Pisang

Buah pisang membantu melembabkan kulit yang kering sehingga cocok digunakan untuk perawatan kecantikan wajah. Kandungan vitamin dan mineral alami dari pisang dipercaya mampu memberi kelembaban, bahkan ada yang menganjurkan memakai lapisan kulit pisang bagian dalam untuk dimanfaatkan sebagai masker. Cara mengolah pisang untuk masker kecantikan kulit adalah dengan menghancurkan daging buah pisang, campurkan sedikit susu dan tambahkan satu sendok makan minyak zaitun. Oleskan campuran ini ke kulit wajah, diamkan kurang lebih15 menit dan bilas sampai bersih.

  • Masker Alpukat

Buah alpukat juga dapat membantu merawat kecantikan wajah kulit kering. Kandungan lemak nabati dalam buah alpukat mampu menutrisi kulit wajah yang kering dan kusam agar lebih lembab dan sehat. Caranya hancurkan daging buah alpukat, kita bisa memilih alpukat mentega yang berdaging tebal dan berwarna kuning, dan langsung dioleskan ke kulit wajah. Kandungan minyak nabati dalam buah alpukat cukup tinggi untuk melembabkan kulit kering sehingga tidak perlu dicampur susu atau minyak zaitun. Tapi jika Anda ingin mencampurnya juga tidak masalah.

  • Masker Madu dan minyak zaitun

Sebenarnya campuran madu dan minyak zaitun juga sudah cukup untuk melembabkan kulit kering kita. Caranya dengan mencampurkan kedua bahan tersebut dan langsung dioleskan ke wajah kita, diamkan 15 menit dan bilas.

Itulah masker alami yang bisa dipakai untuk merawat kecantikan wajah kulit kering. Selanjutnya akan kita bahas perawatan untuk kulit normal.

 

Merawat Kecantikan Wajah untuk jenis kulit normal

 

Merawat kecantikan wajah untuk jenis kulit normal lebih mudah dibandingkan dengan perawatan wajah jenis kulit lainnya. Berikut ini ciri – ciri jenis kulit wajah yang normal:

  • Kulit wajah yang normal umumnya terlihat bersinar dan halus. Bersinar disini maksudnya bukan mengkilat dan berminyak, tapi seperti nampak cerah berseri dengan kelembaban yang pas
  • Tidak terdapat banyak garis, flek atau jerawat akibat penumpukan minyak yang berlebih
  • Tidak sensitif atau gampang terkena alergi

Untuk perawatan kecantikan wajah jenis kulit normal, kita cukup rajin membersihkannya setiap hari pada saat mandi dengan sabun muka yang sesuai untuk kulit normal. Biasanya sabun muka jenis apapun cocok untuk kulit normal, tetapi tetap disarankan memakai sabun muka dengan kandungan bahan yang aman. Jangan lupa juga untuk membersihkan wajah pada saat malam menjelang tidur, bisa dengan sabun muka ataupun dengan susu pembersih yang sesuai dengan jenis wajah normal.

Untuk merawat kecantikan wajah dengan jenis kulit normal sebenarnya tidak terlalu sulit karena semua jenis masker akan cocok dipakai, namun ada baiknya kita menggunakan perawatan yang cocok untuk kulit jenis normal seperti dibawah ini:

  • Masker susu

Masker susu berfungsi untuk mencerahkan kulit dan membuatnya tampak putih berseri. Masker susu cocok dipakai untuk perawatan kecantikan wajah kulit normal karena kandungan lemaknya yang tidak terlalu tinggi sehingga tidak membuat kulit normal malah menjadi berminyak. Selain itu nutrisi dalam masker susu bisa semakin melembutkan kulit wajah berjenis normal ini. Cara memakainya adalah dengan mencampur susu bubuk, pilihlah jenis full cream tanpa memanis, dengan air panas secukupnya sampai menjadi adonan masker yang kental. Bisa juga dicampurkan dengan sedikit madu. Kemudian setelah menjadi adonan masker yang hangat, langsung dioleskan pada wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Diamkan kurang lebih 15 sampai 30 menit, kemudian bilas sampai bersih. Kulit wajah akan terasa lembut dan berseri setelah memakai masker susu ini.

  • Masker telur

Masker telur ini juga cocok untuk merawat kecantikan wajah dengan jenis kulit normal. Kita bisa memakai kuning telur atau putih telur sesuai dengan kondisi wajah kita.

  • Masker kuning telur cocok untuk kulit normal yang cenderung kering. Untuk mengurangi bau amisnya kita bisa memakai perasan jeruk lemon atau parutan kulit jeruk tersebut. Atau bisa juga kita mencampurnya dengan madu atau susu bubuk agar mengurangi bau amisnya. Caranya adalah dengan mengambil bagian kuning pada telur dan kocok lepas dengan garpu, campur dengan madu, susu, air jeruk lemon atau parutan kulit jeruk, sesuaikan saja dengan keinginan Anda, kemudian oleskan pada kulit wajah. Diamkan selama kurang lebih 15 sampai 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih.
  • Masker putih telur cocok untuk kulit normal yang cenderung berminyak. Untuk merawat kecantikan wajah dengan masker putih telur ini caranya sama dengan kuning telur diatas, yaitu kocok lepas putih telur dengan garpu sampai agak berbusa. Campurkan putih telur tersebut dengan madu, susu, air jeruk lemon atau parutan kulit jeruk, dan oleskan pada kulit wajah selama 15 sampai 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih.

Setelah melakukan perawatan kecantikan wajah dengan masker dari telur ini, kulit wajah kita akan terasa kencang, lembut dan tampak berseri. Lakukan secara rutin     setiap minggu agar kecantikan wajah kita semakin bersinar.

Merawat kecantikan wajah untuk jenis kulit berminyak

Mempunyai kulit wajah yang berminyak kadang kala menjadi masalah tersendiri. Masalah yang biasa dialami oleh wajah berminyak adalah kulit wajah yang mengkilap karena adanya kelebihan minyak di wajah, Make up sering cepat luntur dan kadang susah menempel sempurna di kulit wajah, betul bukan? Untuk itu kita perlu merawat kulit berminyak kita dengan perawatan kecantikan wajah yang tepat. Tapi kemungkinan ada yang belum paham ciri – ciri kulit berminyak ini, berikut adalah ciri – cirinya:

  • Pori – pori kulit yang mudah terlihat
  • Terasa adanya minyak di wajah beberapa jam setelah membersihkan wajah dengan sabun muka. Terlebih bila kita berkeringat, kulit wajah akan terasa berminyak
  • Sering munculnya komedo atau jerawat, hal ini disebabkan oleh menumpuknya minyak dan menutup pori – pori sehingga menyebabkan komedo atau jerawat
  • Area T pada wajah kita yaitu dahi, hidung dan dagu terasa sangat berminyak karena itu pada bagian ini biasanya akan muncul komedo atau jerawat.

Nah, setelah kita mengetahui ciri – ciri kulit berminyak diatas, ada baiknya kita mengetahui juga cara perawatan kecantikan wajah untuk jenis kulit berminyak ini:

  • Rajin membersihkan kulit muka dengan sabun muka khusus kulit berminyak atau dengan susu pembersih dan tonik untuk kulit berminyak. Jangan lupa juga untuk membersihkan sisa make up dan kotoran sebelum tidur malam
  • Kulit berminyak yang mengeluarkan kadar minyak berlebih pada kulit muka sering juga memunculkan komedo atau jerawat. Jangan memencet atau memecahkan komedo atau jerawat tersebut karena akan menyebabkan iritasi dan memperpanjang penyembuhannya. Cukup oleskan obat jerawat pada bagian yang berjerawat setiap malam sebelum tidur dengan membersihkan wajah terlebih dahulu.
  • Pakailah kertas minyak khusus wajah yang banyak dijual di pasaran. Kertas minyak ini membantu mengurangi kelebihan minyak di kulit wajah tanpa menghapus make up yang menempel. Caranya cukup menepuk – nepuk bagian wajah yang berminyak (area T) dengan kertas minyak ini agar kelebihan minyak menempel pada kertas. Anda bisa membeli kertas minyak khusus wajah ini di toko kosmetik atau mall di kota Anda.
  • Gunakan make up atau bedak yang cocok untuk perawatan kecantikan wajah kulit berminyak, terlebih bila kulit kita berjerawat. Biasanya dokter akan menyarankan pemilihan bedak tabur yang lembut dan bisa menutup pori – pori dengan sempurna, daripada menggunakan bedak padat.

Setelah kita mengetahui perawatan kecantikan wajah untuk kulit berminyak diatas, sekarang kita akan mengenal jenis masker alami apa yang tepat untuk kulit berminyak.

  • Masker Jeruk Nipis

Masker jeruk nipis ini sangat cocok untuk merawat kecantikan wajah dengan kulit berminyak, karena akan membantu mengurangi kadar minyak berlebih pada kulit wajah. Selain itu, masker jeruk nipis ini juga membantu mengurangi peradangan pada jerawat, serta membantu menghilankan komedo. Tentunya harus dilakukan secara rutin, seminggu dua kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Cara membuat masker jeruk nipis ini sangat mudah. Kita bisa membeli jeruk nipis di pasar atau tukang sayur. Jeruk nipis mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi, karena itu rasanya sangat asam. Kita cukup memeras jeruk tersebut untuk mengambil sarinya, kemudian langsung oleskan pada kulit wajah. Hal pertama yang dirasakan adalah rasa gatal atau sedikit perih pada wajah. Jangan oleskan pada jerawat dengan luka terbuka karena akan terasa sangat perih. Diamkan selama 10 sampai 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

  • Masker Apel

Menggunakan masker dengan buah apel ini juga bisa membantu mengurangi minyak berlebih pada kulit wajah. Merawat kecantikan wajah kulit berminyak dengan buah apel ini adalah dengan mengambil daging buah apel kemudian hancurkan dengan bantuan blender. Campurkan sedikit madu atau susu, dan diamkan dulu sebentar dalam lemari pendingin. Setelah dirasa cukup dingin, segera oleskan pada kulit wajah kita dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Efek dingin dan kandungan vitamin pada apel akan mengurangi produksi minyak di wajah serta mengurangi peradangan pada jerawat atau komedo yang ada.

  • Masker Nanas

Siapa sangka buah nanas yang segar ini bisa dijadikan masker untuk perawatan kecantikan wajah. Kandungan vitamin C dalam buah nanas yang tinggi sangat baik untuk kulit kita, terlebih untuk mengurangi kadar minyak berlebih di kulit wajah. Caranya pun sangat mudah, cukup menghancurkan daging buah nanas yang segar dengan cara diblender atau ditumbuk, dan campurkan dengan sedikit madu. Oleskan pada kulit wajah secara merata, hindari jerawat dengan luka yang terbuka. Diamkan selama 15 sampai 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin seminggu 2 kali untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

  • Masker Tomat

Selain jeruk nipis, apel dan nanas diatas, buah tomat juga bisa dijadikan masker alami untuk merawat kecantikan kulit wajah berminyak. Selain dapat mengurangi kelebihan minyak pada wajah, masker buah tomat juga membantu mengecilkan pori – pori yang besar pada kulit berminyak kita. Cara membuat masker tomat ini juga sangat mudah, pilihlah buah tomat segar dan berwarna merah cerah, ambil daging dan kulitnya saja, buang bagian bijinya. Haluskan daging dan kulit buah tomat dengan diblender atau ditumbuk, dan oleskan pada kulit wajah yang telah dibersihkan. Anda juga bisa memasukkan terlebih dahulu masker buah tomat dalam lemari pendingin agar terasa segar ketika dioleskan pada kulit wajah. Diamkan selama 15 sampai 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Demikianlah perawatan kecantikan wajah yang disesuaikan dengan jenis kulit masing – masing. Jangan lupa untuk rajin melakukannya, agar hasilnya bisa maksimal. Semoga bermanfaat.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *