Kata Kata Mutiara Pernikahan dalam Berumah Tangga

By | October 11, 2016

Berikut ini merupakan kata kata mutiara pernikahan sebagai inpirasi agar rumah tangga Anda lebih harmonis. Ketika kita menikah atau melakukan pernikahan, artinya sepasang calon suami isteri berjanji untuk membuat komitmen agar masing-masing dapat dapat saling memberikan yang terbaik bagi kelangsungan rumah tangganya atau keluarganya termasuk anak-anaknya kelak.

 

kata kata mutiara pernikahan

 

Menikah memang awalnya indah dan akhirnya juga dapat tetap indah. Namun dalam proses menjaga keharmonisan rumah tangga, banyak hal-hal yang dapat terjadi. Bersama setiap waktu merupakan hal yang diinginkan oleh setiap pasangan. Namun, kita semua perlu tahu bahwa menyatukan perbedaan dari dua individu yang baru hidup bersama (setelah menikah) harus disertai dengan komitmen tulus. Hal tersebut karena akan ada banyak perbedaan yang harus dikompromikan oleh pasangan suami istri termasuk akan timbulnya masalah terutama saat saat awal menikah. Berbagai masalah tersebut misalnya masalah keuangan, perbedaan karakter, hubungan suami istri, perhatian, dan lain sebagainya.

Sebelumnya, marilah kita  bahas mengenai makna pernikahan sehingga akan benar-benar paham apa itu pernikahan.

Yang pertama, tujuan pernikahan bukanlah ingin hidup bahagia, melainkan ingin membuat hidup lebih baik. Tidak dipungkiri bahwa semua orang di dunia ini ingin hidup bahagia. Namun, dalam pernikahan tak akan selamanya ditemukan kebahagiaan karena pasti ada berbagai ujian. Dengan adanya berbagai “ujian”, melalui pernikahan, kamu akan dilatih menjadi orang yang lebih baik lagi, terutama saat kamu berhasil melewati hal-hal yang terasa sulit dengan pasangan kamu.

Yang kedua, dengan menikah, berarti kamu memilih untuk berkomitmen. Jangan menikah hanya karena rasa cinta sebab rasa itu bisa hilang seiring berjalannya waktu. Namun, dengan komitmen yang selalu dijunjung tinggi maka hubungan pernikahan akan langgeng sampai akhir hayat.

Berikut ini ada beberapa kumpulan kata bijak tentang pernikahan dari orang terkenal yang bisa memberikan informasi lebih mendalam mengenai masalah pernikahan.

 

Kata Kata Mutiara Pernikahan Agar Lebih Harmonis

 

Mencintai dengan segala kekurangannya

“Ketika seseorang tidak memenuhi kriteria kita, bahkan jauh sekali, maka bukan berarti kita tidak bisa menyukainya. Tanyakanlah ke orang tua kita, nenek kakek kita, pernikahan mereka langgeng, justru karena tetap menyukai seseorang dengan segala kekurangannya.” – Tere Liye

Jika kamu mencari yang sempurna, maka itu bukan cinta yang sesungguhnya. Mencari cinta sejati bukan hanya menerima segala kelebihannya, namun juga mau menerima segala kekurangannya.

Kita bisa bercermin kepada pernikahan orang tua ataupun kakek nenek yang tetap bisa berjalan langgeng meskipun mereka bukan pasangan yang sempurna. Kekurangan suami maupun istri menjadi pelengkap dalam kehidupan rumah tangga. Jadi, kunci kelanggengan pernikahan ialah mau menerima kekurangan pasangan kita.

Syarat utama pernikahan

“Ada empat persyaratan dalam setiap pernikahan yang membahagiakan. Yang pertama adalah iman, dan sisanya adalah kepercayaan.” – Elbert Hubbard

Menurut Kata Kata Mutiara Pernikahan di atas, jika kamu ingin mendapatkan kebahagiaan dalam pernikahan, milikilah iman dan kepercayaan. Iman kepada Tuhan akan mengajarkan kita untuk selalu menyayangi dan berusaha membahagiakan pasangan kita. Selanjutnya, jangan lupa untuk menjunjung tinggi kepercayaan. Kepercayaan sangat dibutuhkan dalam pernikahan agar tercipta suasana yang tenang dan tentram. Biasanya, pasangan suami istri memiliki perasaan cemburu kepada pasangannya. Selama rasa cemburu tidak melampau batas, hal ini tidak menjadi masalah. Cemburu yang berlebihan justru akan mengancam kebahagiaan rumah tangga.

Bagian dari Pernikahan

“Komitmen, kesetiaan, nafsu, dan cinta adalah bagian dari pernikahan.” – Lala Purwono

Dalam pernikahan, ada hal-hal yang harus diperhatikan. Misalnya ialah komitmen, kesetiaan, nafsu, dan cinta. Tanpa ada itu semua, pernikahan tak akan sempurna. Komitmen dibutuhkan agar pernikahan dapat bertahan lama sampai ajal menjemput. Pasangan yang berkomitmen akan menjalani pernikahan sampai akhir hayat dapat mempertahankan pernikahan meskipun ada banyak rintangan dan masalah yang datang.

Selanjutnya, Kata Kata Mutiara Pernikahan ini mengungkapkan bahwa kesetiaan juga sangat diperlukan agar kehidupan rumah tangga bisa langgeng. Setiap pasangan harus memiliki sifat setia. Rumah tangga lebih rawan pecah apabila pasangannya tidak memiliki kesetiaan.

Hal lain yang mesti diperhatikan ialah cinta. Cinta dapat membuat kehidupan rumah tangga bahagia. Pasangan suami istri harus selalu menjaga cinta agar tidak hilang dimakan waktu. Sebab, banyak pasangan suami istri yang telah lama melangsungkan pernikahan mengalami rasa bosan dan hilangnya rasa cinta.

Penyebab masalah pernikahan tidak bahagia

“Bukan karena kurangnya cinta, tapi kurangnya persahabatan yang membuat pernikahan tidak bahagia.” – Friedrich Nietzsche

Pernikahan tidak hanya soal mencintai. Namun, pernikahan yang bahagia ialah pernikahan yang memiliki komitmen kuat layaknya persahabatan. Sejatinya, persahabatan sangat diperlukan dalam sebuah pernikahan karena pasangan suami istri memiliki komitmen untuk saling melengkapi, hidup bersama, melakukan kerja sama di setiap tugas, saling mengerti dan sebagainya. Itu semua sangat diperlukan agar kehidupan rumah tangga bisa harmonis. Jika kamu menginginkan kebahagiaan, maka jangan lupa untuk bersikap seperti sahabat untuk pasanganmu. Apakah Kata Kata Mutiara Pernikahan di atas sudah Anda terapkan dalam rumah tangga Anda?

Pernikahan menciptakan cinta

“Cinta tidak menciptakan pernikahan. Pernikahan yang sadar, terencana, menciptakan cinta. Hal yang sama terjadi dalam semua hubungan.” – Harville Hendrix

Sesungguhnya, bukan cinta yang menciptakan pernikahan, namun pernikahanlah yang menciptakan cinta. Meskipun dua insan memutuskan untuk menikah karena adanya rasa cinta, namun setelah menikah rasa cinta akan semakin dalam. Dengan komitmen kuat, janji untuk saling mencintai, setia, saling menguatkan dalam segala kondisi, maka pernikahan dapat berjalan dengan harmonis. Semakin lama bersama, benih-benih cinta akan semakin tumbuh besar. Tugas suami dan istri ialah menjaga benih cinta tersebut agar tetap tumbuh. Rasa cinta bisa mati jika kedua belah pihak tidak menjaganya dengan baik. Kata Kata Mutiara Pernikahan di atas cukup bijak untuk direnungkan bagi banyak pasangan yang hanya bermodalkan cinta dan kasih saying namun tanpa perencanaan ketika menikah.

Lika liku kehidupan dalam pernikahan

“Pernikahan tidak saja berisi pelukan tapi juga perkelahian.” – Gede Prama

Jika kamu belum menikah, kamu harus tahu mengenai pernikahan bukan hanya soal yang indah-indah saja, namun ada juga pahit getir yang harus dirasakan. Jika kamu sudah tahu sejak awal, maka ketika menghadapi kehidupan rumah tangga kamu tak akan kaget.

Pasti setiap manusia ingin memiliki kehidupan rumah tangga yang bahagia. Namun, sudah menjadi rahasia umum bahwa setiap hubungan memiliki masalah yang berbeda-beda dengan pasangan yang lainnya. Masalah rumah tangga itu kompleks. Mulai dari masalah keuangan, hubungan intim, hubungan kekerabatan dengan keluarga besar, perbedaan pendapat, cara pola asuh anak, dan sebagainya. Jika masing-masing pasangan tak dapat mengatasinya dengan baik, maka hubungan rumah tangga akan hambar. Bahkan tak jarang banyak suami istri yang sering bertengkar karena mengalami beberapa masalah tersebut. Jangan anggap menikah itu hanya berisi senyum dan tawa saja..Menurut Kata Kata Mutiara Pernikahan dari Gede ini Anda harus siap dengan hal hal di atas ketika menjalani rumah tangga.

Tentang datangnya jodoh

“Mungkin selama ini Allah menghijabmu dari mahligai pernikahan yang lo harapkan karena maksiat lo tetap jalan.” – Felix Siauw

Banyak orang yang bertanya-tanya masalah jodoh yang tak kunjung datang. Seorang Ustad Felix melalui kutipan kata kata mutiara pernikahan nya mengatakan bahwa orang yang belum dikirimkan jodoh dari Allah SWT bisa saja karena dia masih melakukan berbagai macam kemaksiatan. Nah, jika kamu ingin segera bertemu dengan jodoh yang telah ditakdirkan untukmu, maka jangan lupa untuk menjaga tingkah laku dan perbuatan. Jangan sampai melakukan perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT. Banyak beramal akan mempermudah dirimu bertemu jodoh. Benar sekali Kata Kata Mutiara Pernikahan dari Pak Ustad Felix ini.

Kunci Pernikahan Sukses

“Pernikahan yang sukses selalu segitiga: seorang pria, seorang Allah.” – Cecil Myers

Kunci pernikahan yang sukses ialah pernikahan yang memiliki cinta antara pria, wanita dan Allah SWT. Inilah yang disebut dengan cinta segitiga.

Jika kamu ingin memiliki pernikahan yang sukses, jangan lupa untuk memiliki cinta segitiga yang melibatkan Allah SWT dalam hubungan pernikahanmu. Cinta karena Allah akan membuatmu selalu menjaga tingkah laku dan pandangan. Kamu juga akan melakukan semua kewajibanmu dan memberikan seluruh hak pasanganmu dengan ikhlas.

Jika kamu mencintai istri atau suami karena Allah, maka kamu akan memiliki cinta yang indah. Cinta yang selalu bersemi dan tak akan hilang meskipun kamu sudah bersama dengan pasanganmu selama bertahun-tahun. Rasa bosan itu akan dihilangkan atas kuasa Allah SWT.

Perbedaan sebelum dan sesudah menikah

“Bukalah matamu lebar-lebar sebelum pernikahan, dan setengah tertutup sesudahnya” – Benjamin Franklin

Menurut Kata Kata Mutiara Pernikahan di atas, Kamu berhak memilih pasangan hidup sebaik mungkin. Maka dari itu, sebelum menikah, bukalah matamu lebar-lebar sehingga bisa menemukan satu dari yang terbaik. Kamu sebaiknya melakukan berbagai usaha untuk menemukan mana yang menurutmu layak untuk dijadikan pasangan hidup.

Akan tetapi, setelah kamu menemukan yang terbaik untuk menjadi pasanganmu, rubah cara pandangmu. Kamu harus menutup setengah mata setelah kamu memutuskan untuk menikah. Meskipun di luar sana ada orang yang lebih baik dari pasanganmu, jangan hiraukan. Berkomitmelah untuk selalu mencintai pasanganmu dengan menerima segala kekurangannya. Jika ada perbuatannya yang menurutmu kurang baik, tegurlah secara baik-baik agar dia menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Menikah karena ibadah

“Ketika orang-orang menikah karena mereka pikir itulah kisah cinta sepanjang hidup, mereka akan berpisah sesegera mungkin. karena semua kisah cinta berakhir dengan kekecewaan. Pernikahan adalah sebuah pengakuan dari sebuah identitas spiritual.” – Joseph Campbell

Niat melakukan pernikahan sangat berperan penting untuk kelanggengan rumah tangga. Niat yang salah akan membuat pernikahan tidak berlangsung lama. Masih banyak orang yang melakukan kesalahan ketika melakukan pernikahan. Mereka menganggapnya bahwa menikah ialah kisah cinta mereka.

Kamu harus paham bahwa cinta manusia tak akan kekal. Seiring berjalannya waktu rasa cinta bisa saja pudar. Saat inilah rumah tanga terancam dan pernikahan akan berakhir seiring hilangnya cinta.

Cinta yang kekal dan abadi hanyalah milik Allah SWT. Jangan lupa niatkan menikah karena Allah SWT. Saat kamu melibatkan Allah SWT dalam hubungan cintamu dengan sang kekasih, perasaan cinta itu akan kekal sehingga membuat pernikahan langgeng.

Dalam ajaran islam, menikah ialah sunnah rasul yang apabila dilakukan akan mendapatkan pahala. Nah, niat menikah yang benar ialah untuk ibadah. Dengan menikah kita akan terhindar dari dosa zina yang sangat dilaknat oleh Allah SWT.

Pernikahan bahagia karena ada persahabatan di dalamnya

“Pernikahan yang bahagia selalu menikmati kesenangan-kesenangan persahabatan. Semua keindahan dan kemanisan bercampur dalam bahagianya hidup.” – Joseph Addison

Persahabatan membuat kehidupan menjadi indah. Senyum, tawa, tangis, sedih akan dirasakan bersama-sama dengan sahabat. Sahabat yang baik, akan selalu merasa nyaman di dekat sahabatnya. Begitu juga dalam kehidupan pernikahan. Apabila kamu ingin memiliki kebahagiaan dalam kehidupan rumah tangga, milikilah persahabatan yang kuat diantara suami dan istri.

Rumah akan terisi dengan canda dan tawa. Tak akan ada air mata karena terlalu posesif dengan pasangan, terlalu cemburu, menuntut pasangan untuk memberikan segala sesuatu, dan lain sebagainya. Pernikahan yang terdapat persahabatan akan memiliki rasa saling memahami, menyayangi, menguatkan, mengasihi, memaafkan, dan sebagainya. Kekurangan pasangan tidak akan menjadi alasan untuk terus mencintainya sampai akhir hayat.

Sering jatuh cinta pada orang yang sama

“Pernikahan yang sukses adalah jatuh cinta sering kali dan selalu terhadap orang yang sama.” – Mignon McLaughlin

Menurut Kata Kata Mutiara Pernikahan  di atas, sering jatuh cinta pada orang yang sama akan membuat pernikahan bahagia. Bayangkan saja jika setiap hari kamu jatuh cinta pada suami atau istrimu. Pasti hari-hari akan menjadi indah. Jatuh cinta membuat segala sesuatu yang dilakukan menjadi indah, kesalahan pasangan tak akan menjadikan masalah besar karena akan membuatmu lebih mudah memaafkan. Orang yang jatuh cinta juga akan selalu berusaha membuat pasangannya bahagia. Jika suami istri selalu berusaha saling membahagiakan, maka kehidupan pernikahan akan sukses.

Definisi pernikahan yang salah

“Sebagian remaja mengira pernikahan seperti memasuki restoran di mana orang-orang hanya menemukan yang enak-enak saja.” – Gede Prama

Tentu saja anggapan bahwa menikah akan selalu menemukan hal-hal yang indah saja itu tidak benar. Faktanya, pernikahan ialah fase kehidupan baru dimana dua orang berkomitmen untuk menjadi suami istri. Dalam kehidupan yang dijalaninya, pasti akan ada berbagai masalah yang datang. Masalah rumah tangga beragam.

Jika dirimu belum menikah, mulai sekarang siapkan diri untuk menghadapi kehidupan pernikahan. Bersiaplah untuk bisa menyelesaikan setiap persoalan yang ada. Jika kamu sudah bersiap, maka kamu akan mampu melewati pernikahan dengan sukses sehinga kebahagiaan akan menghampirimu.

Menjadi pasangan yang tepat

“Sukses dalam pernikahan bukanlah dicapai sekedar melalui menemukan pasangan yang tepat, melainkan juga melalui menemukan pasangan yang tepat, melainkan juga melalui menjadi pasangan yang tepat.” – Barnett Brickner

Jangan hanya mendambakan memiliki pasangan yang tepat untuk mendapatkan kebahagiaan dalam pernikahan. Tanpa merubah diri sendiri menjadi pasangan yang tepat, kamu tak akan bisa mendapatkan pernikahan yang sukses. Pasanganmu juga membutuhkan orang yang mau berbagi kasih dalam suka dan duka, sama seperti kamu. Bahkan, pasangan yang tepat akan hilang seiring berjalannya waktu jika kamu tak mampu menjaganya dengan baik. Pasangan yang tepat harus diimbangi menjadi pasangan yang tepat agar bisa langgeng.

Pernikahan memecah dinding pemisah antara laki-laki dan perempuan

“Tersembunyi atau terlihat, ada sebuah pemisah antara laki laki dan perempuan sampai sebuah pernikahan menyatukan mereka.” – C.S Lewis

Terdapat dinding pemisah antara laki-laki dan perempuan. Namun, dinding pemisah itu akan lebur ketika terjadi jalinan pernikahan. Yang dulunya, perempuan dan laki-laki tak bisa hidup bersama, setelah menikah mereka dapat hidup bersama memadu kasih.

Suami istri dapat bersatu dengan memiliki satu tujuan yang sama meskipun umumnya terdapat perbedaan-perbedaan pendapat yang sering membuat terjadi pertengkaran.

Indahnya pernikahan

“Pernikahan adalah hak untuk menemukan kesempatan buat saling menggoda dan bertengkar sesering mungkin.” – Jane Austen

Dalam mahligai perkawinan, terdapat dua hal yang sering dialami oleh pasangan suami istri. Memadu kasih dengan dilengkapi pertengkaran-pertengkaran.

Hampir semua pasangan di dunia ini pasti bertengkar dengan pasangan. Hal ini wajar terjadi. Namun, suami istri harus segera menyadari bahwa pertengkaran jangan dibiarkan berlama-lama karena dapat mengancam pernikahan. Biasakan untuk tidak membesar-besarkan masalah. Jalin komunikasi dengan pasangan agar pertengkaran dapat diminimalkan.

Itulah kumpulan Kata Kata Mutiara Pernikahan dari orang terkenal. Semoga dapat memberikan inspirasi tentang makna pernikahan dan bagaimana cara mendapatkan pernikahan yang bahagia. Jangan berharap kebahagiaan pernikahan akan selalu dirasakan setiap waktu tanpa ada usaha untuk menciptakan kebahagiaan tersebut.

Banyak orang menganggap bahwa kehidupan setelah menikah akan selalu indah. Faktanya, akan ada banyak permasalahan yang harus dilalui bersama oleh suami istri. Inti dari pernikahan ialah memposisikan suami dan istri sebagai sahabat sehingga hidup akan bahagia.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *