Kata kata Mutiara Bijak Tentang Manajemen Waktu

By | October 10, 2016

Berikut ini merupakan nasehat bijak dan kata kata mutiara tentang manajemen sebagai inspirasi Anda untuk lebih efisien dalam memanfaatkan waktu. Waktu akan terus berjalan dan tak akan pernah bisa diulang kembali. Orang yang tak memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya sebenarnya sangat merugi. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan setiap kesempatan yang ada. Entah itu untuk belajar giat, bekerja rajin, melakukan berbagai aktivitas positif, dan lain sebagainya.

 

kata kata mutiara bijak

 

Manajemen waktu yang baik akan mampu mengantarkan kamu pada kesuksesan. Sebaliknya, orang yang tak mampu memanajemen waktu dengan baik tak akan mampu meraih kesuksesan. Orang sukses akan memanfaatkan waktu yang dimiliki dengan baik dengan memiliki target tentang apa yang akan diselesaikan dalam waktu tertentu. Kata bijak tentang pentingnya waktu akan memberikan inspirasi kepada kita semua untuk selalu memanfaatkan waktu dengan sebaik-nya.

Berikut ini ada beberapa kumpulan kata bijak tentang pentingnya waktu dari orang terkenal.

 

Kata kata Mutiara Bijak Tentang Manajemen Waktu

 

Waktu tetap berjalan

“Bagaimanapun keadaan kita, mau sedih, bahagia, waktu tidak pernah berhenti menunggu. Waktu tetap berjalan.” – Tere Liye

Jangan berputus asa ketika dalam masa sulit. Ingatlah bahwa waktu akan terus berjalan tak peduli apa yang sedang kamu rasakan. Jangan buang waktumu untuk meratapi kesedihan. Banyak orang mengatakan bahwa berjalannya waktu bisa menghilangkan perasaan sedih atau terluka. Sembari menunggu kesembuhan luka tersebut, ada baiknya jika kamu bersemangat untuk bangkit. Ketika ada semangat melawan rasa sedih, kamu akan mampu bangkit dalam waktu yang lebih cepat dibandingkan jika kamu bersedih hati meratapi keadaan yang sedang menimpamu.

Waktu adalah lingkatan nasib

“Waktu itu adalah lingkaran nasib tanpa henti. Siang-malam, pagi-petang, sepanjang tahun tak pernah rehat. Dalam setiap kesempatan putaran nasibnya selalu terjadi tiga kemungkinan. Paralel, bergerak serentak.” – Tere Liye

Waktu sangat bermakna. Menurut kata kata mutiara di atas Seiring berjalannya waktu, nasib seseorang dapat berubah. Yang tadinya di bawah, bisa berada di atas, dan begitu pun sebaliknya.

Tugas kita ialah berdoa dan bekerja keras agar selalu memiliki nasib yang baik. Kemudian, apabila kita masih berada di bawah, jangan pernah putus asa dan menyerah. Kamu tetap memiliki kesempatan yang besar untuk bisa berada pada posisi atas. Terus bersemangat dengan tidak lupa berdoa dan berusaha.

Lalu, ketika kamu sudah berada di posisi atas, jangan pernah sombong dan menghina orang-orang yang ada di bawahmu. Ingatlah bahwa semua yang kamu miliki ialah titipan dari Allah SWT. Dalam hitungan detik, kamu tak akan tahu bagaimana nasibmu. Jika Allah ingin mengambil hartamu, maka kamu tak akan memiliki apapun.

Kesedihan akan berlalu dengan berjalannya waktu

“Kesedihan pun akan terbang menjauh seiring dengan kepakan sayap waktu.” – Jean de La Fontaine

Banyak orang memiliki masalah dan merasa sedih. Masalah berat membuat kesedihan yang teramat dalam. Namun, seberat apapun itu, pasti akan sembuh seiring dengan berjalannya waktu. Kamu harus bersahabat dengan waktu. Yakinlah bahwa rasa sakit di dalam dada akan sembuh jika sudah melewati waktu yang cukup lama. Itulah mengapa waktu merupakan obat mujarab untuk segala macam kesedihan.

Memanfaatkan waktu dengan baik

“Menggunakan waktu adalah memanfaatkannya sesuai dengan apa yang telah ditentukan sebelumnya. Menghamburkan waktu adalah menyia-nyiakannya tanpa rencana dan sembarangan.” – Bruce Lee

Hidup ini butuh tujuan. Tujuan akan mampu dicapai dengan baik dengan suatu perencanaan yang matang. Jika kamu ingin mencapai segala apa yang ingin kamu impikan, jangan lupa untuk membuat rencana mengenai hal apa saja yang ingin kamu lakukan. Buatlah target pencapaian dalam periode waktu tertentu. Sesungguhnya orang sukses melakukan suatu perencanaan yang matang dalam hidupnya. Mereka selalu menghabiskan waktunya untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat demi terwujudnya impian.

Tepat waktu

“Lebih baik datang 3 jam lebih awal daripada terlambat 1 menit.” – William Shakespeare

Sangat dianjurkan untuk menjadi orang yang tepat waktu. Prinsip kata kata mutiara ini sebaiknya diaplikasikan pada setiap kesempatan. Orang yang selalu tepat waktu akan mampu mencapai kesuksesan lebih cepat dibandingkan dengan orang yang tak pernah bisa on time. Salah satu ciri orang sukses ialah datang tepat waktu.

Membiasakan diri untuk bisa tepat waktu memang bukan hal yang mudah. Kebiasaan tepat waktu bisa diusahakan dengan melatihnya. Usahakan untuk selalu datang tepat waktu atau lebih awal dari jam yang dijanjikan. Lama kelamaan, ini akan menjadi suatu kebiasaan baik yang bisa dilakukan dengan mudah.

Waktu adalah guru terbaik

“Seiring berjalannya waktu, waktu mengajarkan anda banyak hal” – Aeschylus

Guru terbaik ialah pengalaman yang didapat seiring berjalannya waktu. Ada banyak hal yang bisa dipelajari seiring berjalannya waktu. Pastinya, ada banyak masalah hidup yang kamu lalui. Berbagai masalah itu akan mengajarkan kamu mengenai arti hidup sesungguhnya.

Sebagai contoh, orang yang merintis bisnis akan memiliki banyak pengetahuan setelah dia menjalankan bisnisnya beberapa lama. Perjalanan bisnis sangat akrab dengan kegagalan. Orang bijaksana akan mengambil hikmah dari kegagalan yang dialami sehingga bisa berbuat lebih baik lagi. Inilah bukti kata kata mutiara di atas bahwa waktu dapat mengajarkan banyak hal yang merupakan guru terbaik yang tiada tandingannya.

Jangan buang waktumu

“Anda tidak membuang-buang waktu jika anda menghabiskan waktu anda dengan bijak.” – Rodin

Menurut nasehat kata kata mutiara di atas, jangan pernah menyia-nyiakan waktu yang kamu miliki. Melakukan berbagai hal positif yang berguna demi masa depan sangat penting. Secara tidak langsung, waktu merupakan investasi jangka panjang karena kamu bisa merintis karir tahap demi tahap dalam waktu yang lama sehingga dapat meraih kesuksesan seperti yang kamu harapkan.

Orang bijak akan menghabiskan waktunya untuk melakukan berbagai kegiatan positif yang bermanfaat baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Sebab waktu tak akan pernah bisa berputar kembali. Jadi, sebaik mungkin isi waktumu dengan hal-hal yang berguna.

Investasikan waktu

“Kuncinya terletak bukan pada bagaimana Anda menghabiskan waktu, namun dalam menginvestasikan waktu Anda.” – Stephen R. Covey

Siapa saja pasti bisa menghabiskan waktu yang ia miliki. Namun, pertanyaannya ialah apakah yang dilakukan untuk menghabiskan waktu yang dimiliki dapat memberikan manfaat untuk masa yang akan datang? Manusia hidup di dunia tak lama. Takdir kematian sudah tertulis dan kita semua tahu bahwa hidup di dunia ini tak lama. Menurut kata kata mutiara di atas waktu yang kita habiskan untuk melakukan kegiatan hari ini harus bermanfaat bagi masa depan kita.

Dalam mendapatkan hidup yang barakah, sudah sepantasnya kita mensyukuri akan waktu yang diberikan oleh Tuhan sehingga kita perlu mengisinya dengan melakukan berbagai hal yang bermanfaat. Selain untuk urusan dunia juga untuk urusan akhirat.

Beribadah sangat penting dilakukan untuk bekal kehidupan di akhirat nanti. Namun, selain mempersiapkan bekal untuk di akhirat, sudah kewajiban kita untuk memikirkan mengenai hidup di dunia ini. Siapa bilang harta benda tak bisa dibawa mati? Harta benda yang dicari dan dibelanjakan di jalan Allah akan mampu menjadi amal jariyah sehingga pahala akan terus mengalir walaupun kita telah meninggal.

Agar kita bisa beramal jariyah dengan membelanjakan harta di jalan Allah, maka kita harus menjadi orang sukses. Investasikan waktu yang kamu miliki dengan melakukan berbagai kegiatan positif agar bisa bermanfaat untuk kepentingan dunia dan akhirat.

Atur waktu sebaik mungkin

“Ambil keputusan untuk tidak pernah tinggal diam. Orang tidak akan pernah mengeluh membutuhkan waktu lebih jika ia tidak pernah kehilangan waktu. Banyak hal yang bisa kita raih jika kita selalu bekerja melakukan sesuatu.” – Thomas Jefferson

Banyak orang yang merasa butuh waktu lebih banyak dalam mengerjakan pekerjaannya. Bahkan, mereka tidak mencapai target yang telah ditentukan sehingga pekerjaannya menumpuk. Pastinya, hal ini akan membuat kamu semakin sulit mengerjakan berbagai pekerjaan karena tugas yang menumpuk banyak.

Masalah ini datang karena kamu tak mampu menajamen waktu secara baik. Untuk bisa menyelesaikan tugasmu tepat waktu, kamu harus lebih ekstra dalam memanfaatkan waktu yang kamu miliki. Mungkin ada beberapa hal yang harus kamu korbankan seperti waktu menonton TV atau berkumpul bersama teman-teman harus terkurangi.

Selain itu, kamu perlu menghindari menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tak berguna seperti memantengin sosial media hampir setiap waktu. Kegiatan ini tak terasa akan membuatmu kehilangan banyak waktu yang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk mengerjakan tugasmu yang sudah menumpuk. Sungguh bijak kata kata mutiara mengenai manajemen waktu di atas, yang bermakna agar kita selalu memanfaatkan waktu dengan sebaik baiknya melalui kegiatan yang berguna.

Manfaatkan waktu sebaik-baiknya

“Gunakan waktu sebaik mungkin, jangan lewatkan kesempatan yang ada.”
– William Shakespeare

Kata kata mutiara bijak ini hampir memiliki makna yang sama dengan yang sebelumnya. Kesempatan yang ada, terkadang tak akan bisa terulang kembali. Oleh karena itu, segera manfaatkan kesempatan yang kamu miliki. Tahukah kamu bahwa kesempatan baik akan datang kepada orang yang pandai memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Karena mengisi waktu dengan melakukan berbagai hal yang positif, maka orang akan memiliki kesempatan dalam hidupnya.

Hal ini berbeda dengan orang yang tak pernah mengisi waktu dengan hal positif. Kesempatan baik akan sulit menghampirinya. Ternyata, kesempatan dan kebiasaan baik memiliki hubungan yang erat.

Hargai kehidupan dengan menghargai waktu

“Seseorang yang berani membuang waktu 1 jam dari hidupnya bukanlah seseorang yang menghargai kehidupan.” – Charles Darwin

Setiap jam, setiap menit, bahkan setiap detik merupakan hal yang sangat penting dalam hidupmu. Jangan pernah kamu menyia-nyiakan waktu meskipun hanya 1 jam. Orang seperti ini termasuk orang yang tidak bisa menghargai kehidupannya.

Orang bijak akan selalu menghargai waktu yang dimilikinya. Waktu akan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin sehingga tidak terbersit keinginan untuk melakukan hal yang tidak berguna dalam hidupnya.

Perhatikan setiap hal kecil

“Gunakan setiap menit yang ada dan setiap jam akan menjadi sangat berharga” – Lord Chesterfield

Menurut kata kata mutiara di atas, jangan menyepelekan waktu walaupun hanya semenit. Menit demi menit akan menjadi jam yang bermakna apabila dimanfaatkan dengan baik. Isilah waktu yang kamu miliki dengan sesuatu yang berharga dalam hidupmu. Jangan pernah ada menit yang terbuang sia-sia. Inilah kunci sukses yang bisa kamu lakukan. Dengan memperhatikan mulai dari hal kecil, maka hal besar bisa kamu jangkau. Impian besar akan bisa dicapai jika kamu mau melalui sebuah proses pelan pelan, sedikit demi sedikit, mulai dari hal kecil.

Tak ada orang sukses yang instan tanpa ada usaha atau perjuangan yang sungguh-sungguh. Kalaupun ada orang kaya mendadak, kesuksesan yang ia raih tidak akan bertahan lama seperti orang-orang sukses yang mencapainya dengan melalui tahapan proses panjang sebab ada banyak hal yang dipelajari selama proses tersebut berlangsung.

Fokus pada masa kini

“Jangan pernah membiarkan hari yang sudah lalu menyita hari Anda.” – Richard H. Nelson

Menurut kata kata mutiara di atas Anda harus segera bangun dari masa lalu Anda. Mengenang masa lalu sah-sah saja. Biasanya orang akan terhanyut kecewa terhadap masa lalu yang buruk. Menyikapi masa lalu yang buruk, kamu tak perlu terlalu terpuruk meratapinya sehingga menyia-nyiakan waktu yang kamu miliki saat ini. Tak akan ada yang bisa merubah hal yang sudah terjadi di masa lalu.

Untuk menebus kesalahan yang telah kamu lakukan, saatnya fokus terhadap masa kini dengan berusaha berbuat lebih baik dan tidak melakukan kesalahan seperti dulu kala. Selalu berusaha memperbaiki diri merupakan perbuatan yang sungguh bijaksana dibandingkan hanya meratapi masa lalu dengan tidak berbuat apa-apa.

Jangan terlalu memikirkan masa lalu

“Saya tidak memikirkan masa lalu. Satu-satunya hal yang penting adalah saat ini yang sedang Anda jalani.” – W.Somerset Maugham

Agar bisa menjalani hidup dengan bahagia, jangan terlalu fokus terhadap masa lalu yang sudah dijalani. Kamu harus selalu optimis dengan fokus terhadap apa yang saat ini kamu jalani demi menggapai masa depan yang lebih baik dari sekarang.

Ini merupakan kunci meraih kebahagiaan. Masa lalu suram bukan alasan bagimu untuk tidak bisa berbahagia. Kesedihan bukan untuk diratapi tapi untuk dilupakan sehingga berganti dengan keceriaan.

Memanfaatkan waktu dengan baik

“Yang terpenting adalah bagaimana Anda memanfaatkan waktu Anda saat ini. Jika anda merasa jenuh dengan bagaimana anda menghabiskan waktu Anda, maka ubahlah kebiasaan anda.” – Marcia Wieder

Kejenuhan mungkin saja terjadi. Jika kamu merasa bosan dengan aktivitas keseharian kamu, coba cari solusi untuk menghilangkan rasa jenuh tersebut. Bisa saja kejenuhan terjadi karena kamu melakukan kegiatan yang itu-itu saja. Oleh karena itu, cobalah untuk merubah kebiasaan kamu dengan kebiasaan yang baru sehingga tercipta suasana baru. Namun, perubahan kebiasaan haruslah dengan memperhatikan segi kemanfaatan. Kamu harus mencari kegiatan yang lebih bermanfaat untuk mengisi waktu yang kamu miliki sehingga hidup akan lebih berkualitas. Melalui kata kata mutiara di atas Anda diminta untuh lebih kreatif dalam memanfaatkan waktu Anda.

Waktu tak akan pernah kembali

“Seseorang yang selalu berduka adalah seseorang yang menghabiskan waktu.” – Dante

Benar juga ya, kata kata mutiara di atas. Jangan sampai kamu menghabiskan waktu dengan bersedih atas masalah yang kamu hadapi. Hal ini membuatmu rugi karena kamu kehilangan banyak kesempatan mendapatkan kebahagiaan jika terpuruk dalam kesedihan. Kamu harus percaya bahwa waktu bisa menghapus kesedihanmu. Namun, itu semua tentu harus disertai semangat tinggi dalam jiwamu untuk melawan kesedihan tersebut sehingga move on dapat terjadi dengan lebih cepat.

Tak ada yang bisa menggantikan kerugian kehilangan waktu

“Kerugian materi dapat digantikan dengan industri, kerugian pengetahuan dengan belajar, kehilangan kesehatan dengan kendali diri sendiri atau obat-obatan, namun waktu yang kita lewati akan hilang selamanya.” – Samuel Smiles

Tak ada yang bisa menggantikan kerugian akibat kehilangan waktu. Oleh karena itu, kamu harus memanfaatkan setiap waktu dengan bijaksana. Jangan biarkan waktumu terbuang sia-sia karena waktu tak dapat berputar kembali.

Misalnya, kamu harus mampu mengatur waktu untuk mengerjakan setiap tugas-tugas yang harus diselesaikan. Usahakan setiap pekerjaan bisa selesai tepat pada waktunya sehingga tidak akan menumpuk. Segera kerjakan apa yang seharusnya kamu kerjakan. Jangan pernah menunda-nunda suatu pekerjaan karena semakin ditunda maka pekerjaan akan semakin sulit diselesaikan karena kamu kehilangan waktu yang longgar untuk menyelesaikannya. Kemudian, miliki kebiasaan datang tepat waktu untuk acara apapun agar bisa bersikap disiplin dengan menghargai waktu.

Demikianlah kata kata mutiara bijak tentang pentingnya waktu dari orang terkenal. Setelah membaca uraian mengenai kata kata bijak di atas, diharapkan kamu bisa lebih menghargai waktu dan memanfaatkannya untuk hal-hal yang bermanfaat. Jangan sampai waktumu terbuang sia-sia karena itu akan merugikan diri sendiri.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *