Kata Kata Hikmah Bijak Tentang Memaafkan

By | October 7, 2016

Berikut ini merupakan kumpulan kata kata hikmah tentang memaafkan yang mungkin dapat menginspirasi Anda ketika sedang menghadapi konflik dengan seseorang.

 

kata kata hikmah memaafkan

 

 

Maaf merupakan ungkapan penyesalan atas kesalahan yang telah dibuat kepada orang lain serta permintaan agar kesalahan tersebut dihapus atau dilupakan oleh orang yang telah disakiti sebagai ungkapan penyesalan atas kesalahan yang telah dilakukan. Tentunya, setiap manusia pernah melakukan kesalahan baik disengaja maupun tidak disengaja. Bahkan, selain antara keluarga, teman, atau orang lainnya, manusia juga sering melakukan kesalahan terhadap Tuhannya, Allah SWT. Meskipun kebanyakan manusia lebih sering melakukan kesahalann kepada Tuhannya, meminta maaf kepada yang di atas jauh lebih mudah daripada meminta maaf kepada teman, atau sesama manusia. Meminta maaf kepada Allah ialah bertobat atas semua kesalahan yang pernah dilakukan dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi yang dapat dilakukan di mana saja. Sedangkan meminta maaf kepada sahabat, teman atau keluarga kita perlu mendatangi langsung orangnya agar lebih afdol atau minimal kita bisa menghubunginya langsung melalui telepon.

Sebagai manusia, terkadang sulit memaafkan kesalahan orang lain terutama kesalahan yang besar. Akan tetapi, sebagai manusia pula sudah menjadi kewajiban kita untuk memaafkan sesama. Apabila kamu bisa memaafkan kesalahan orang lain dan menghapus rasa dendam yang ada di hati, maka hidup ini akan lebih damai dan bebas dari permusuhan dan pikiran negatif.

Berikut ini ada beberapa kumpulan kutipan hikmah tentang memaafkan yang bisa memberikan inspirasi:

 

Kata Kata Hikmah Memaafkan sebagai Inpirasi

 

Sulit memaafkan karena kebekuan

“Karena hanya kebekuan yang susah memaafkan.” – Sujiwo Tejo

Sebagai manusia, kita diwajibkan untuk memaafkan kesalahan orang lain. Seperti yang terdapat pada kata kata hikmah tentang memaafkan dari Sujiwo Tejo ini, bahwa hanya orang yang memiliki hati beku yang sulit memaafkan. Janganlah kita menjadi orang yang beku dan kaku sehingga bisa dengan ikhlas memaafkan kesalahan orang lain.

Memaafkan merupakan bagian dari cinta yang tulus

“Cinta adalah memaafkan, menerima, berjalan terus, merangkul, dan meliputi segalanya. Dan jika Anda tidak dapat melakukan itu untuk diri sendiri, Anda tidak dapat melakukannya dengan orang lain.” – Steve Maraboli

Jika kamu punya cinta, jagalah dia dengan setulus hari. Perasaan sayang tidaklah cukup tanpa adanya rasa saling memaafkan dan menerima apa adanya. Jika sepasang kekasih mampu memaafkan kesalahan pasangannya, maka hubungan tersebut dapat berjalan dengan harmonis dan mungkin sampai ajal memisahkan. Sungguh besar kekuatan memaafkan.

Balas rasa sakit dengan memaafkan

“Memaafkan ketika berdaya membalas dan bersikap adil ketika kuat.” – Abdul Malik bin Marwan

Orang bijak akan membalas rasa sakit yang dideritanya akibat perbuatan orang lain dengan memaafkan kesalahannya. Tak perlu kita membalas kejahatan dengan kejahatan. Cukup dengan maafkan segala kesalahannya dan lupakan kesalahan yang telah dia perbuat, walaupun sering sulit dilakukan. Percayalah, sesungguhnya hal ini akan memberikan ketenangan dan ketentraman hati sehingga kamu bisa merasakan bahagia tanpa beban akibat dendam membara.

Memaafkan dan mempercayainya kembali

“Memaafkan memang mudah, yang susah itu mempercayai kembali” – Kang Maman (Maman Suherman)

Kata kata hikmah tentang memaafkan di atas sering dialami setiap orang. Memaafkan bukan soal ungkapan “ya aku memaafkanmu”. Namun, memaafkan harus disertai perasaan ikhlas di dalam hari sehingga kamu bisa melupakan kesalahan yang telah dia perbuat. Namun, memang tidak dipungkiri bahwa ketika sudah dibohongi atau disakiti, kita menjadi sulit untuk percaya lagi kepada seseorang tersebut. Hal yang perlu  kamu lakukan ialah cobalah untuk memaafkan kesalahannya dengan memberikan satu atau beberapa kali kesempatan lagi untuknya agar berubah lebih baik.

Memaafkan bisa merubah masa depan

“Ketika anda memaafkan, Anda sama sekali tidak merubah masa lalu tetapi Anda yakin bisa merubah masa depan.” – Bernard Meltzer

Menurut kata kata hikmah memaafkan di atas, memaafkan bukan berarti bisa merubah apa yang telah terjadi di masa lalu. Namun, setidaknya hal ini bisa membuatmu merubah masa depan menjadi lebih baik. Kamu akan hidup lebih bahagia apabila bisa memaafkan kesalahan orang lain serta menghapuskan segala permusuhan. Jika kamu menjalani kehidupan dengan bahagia tanpa beban, segala hal yang kamu lakukan akan memberikan hasil yang maksimal termasuk dalam hal produktivitas kerja.

Memaafkan untuk bisa menikmati kebaikan-kebaikan besar

“Laki-laki yang tidak memaafkan wanita untuk kesalahan kecilnya, tak akan dapat menikmati kebaikan – kebaikannya yang besar.” – Khalili Gibran

Menurut kata kata hikmah di atas, sebagai laki-laki, kamu harus berbesar hati untuk bisa memaafkan kesalahan yang telah dilakukan oleh pasanganmu. Bukankah Rasulullah berkata bahwa wanita diciptakan dari tulang rusuk laki-laki yang bengkok. Kamu sebagai laki-laki bertugas untuk meluruskannya. Nah, definisi bengkok ialah sering berbuat kesalahan. Tugas seorang laki-laki ialah memaafkan kesalahannya dan membimbingnya untuk berbuat kebaikan dan tidak mengulangi kesalahannya.

Bentuk akhir dari cinta

Memaafkan adalah buntuk akhir dari cinta.” – Reinhold Niebuhr

Sebenarnya, memaafkan merupakan bentuk akhir dari cinta. Orang yang memiliki cinta kasih tulus akan mampu memaafkan kekasihnya ketika dia berbuat kesalahan. Meskipun hal ini tidak mudah dilakukan, tapi karena rasa besarnya cinta di hati, memaafkan bisa dilakukan dengan ikhlas.

Menang dengan memaafkan

“Memaafkan adalah kemenangan terbaik.” – Ali bin Abi Thalib

Menurut kata kata hikmah dari Khalifah besar serta menantu Nabi Muhammad SAW di atas, jangan gengsi untuk memaafkan kesalahan orang lain. Meskipun kamu masih merasakan rasa sakit hati akibat kesalahan yang diperbuatnya, jangan biarkan kebencian dan dendam menggerogoti jiwamu. Sesungguhnya jiwa akan lebih tenang jika kamu mampu memaafkan dan melupakan semua perbuatan yang telah dia lakukan padamu. Meskipun ini sulit dilakukan, percayalah dengan tekad dan niat yang kuat semuanya akan mudah dilakukan.

Memaafkan merupakan suatu perbuatan mulia

“Memaafkan adalah suatu kebajikan yang berani.” – Indira Gandhi

Tidak semua orang bisa memaafkan atas kesalahan orang lain. Oleh karena itu, orang yang bisa memaafkan orang lain termasuk orang yang kuat dan berani. Ingatlah bahwa memaafkan tidak berarti kalah. Justru ini merupakan hal mulia karena dengan memaafkan maka tali silaturahmi dapat terjalin kembali.

Memaafkan merupakan sifat orang perkasa

“Orang lemah tidak pernah bisa memaafkan. memaafkan adalah sifat orang perkasa.” – Adolf Hitler

Meskipun terkenal sangat kejam dan bengis, Adolf Hitler memiliki ungkapan kata kata hikmah memaafkan yang cukup bijak. Tidak banyak orang yang bisa memaafkan kesalahan orang lain dengan mudah. Hal ini karena memang memaafkan ialah sifat orang besar atau orang yang disebut perkasa. Sekarang saatnya kamu memilih ingin memiliki sifat orang perkasa dengan memaafkan, atau memilih tidak memaafkan sebagai bentuk sifat orang lemah.

Memaafkan merupakan pembalasan terbaik

“Tak perlu bersusah payah untuk membalas dendam, cukup maafkan setiap kesalahan. Karena memaafkan adalah pembalasan yang terbaik.” – Nazril Irham

Kata kata hikmah tentang memaafkan ini sangat menginspirasi. Kita tak perlu sibuk dengan memikirkan membalas dendam atas perbuatan jahat orang lain. Itu akan sia-sia karena tidak menghilangkan rasa sakit yang telah tergores. Bisa-bisa hanyalah membuat jiwa menjadi tidak tenang. Lagi pula, balas dendam ialah sifat iblis. Sebagai manusia yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebaiknya maafkan kesalahan orang lain dengan mendoakan semoga segera mendapatkan hidayah sehingga bisa berada di jalan yang lurus. Sesungguhnya inilah pembalasan yang terbaik yang harus kamu lakukan.

Raih pahala dengan memaafkan dan sabar atas penghinaan

“Tidak ada penghinaan yang akan membuat kita sengsara jika kita jadikan hal itu sebagai ladang amal untuk meningkatkan kemuliaan dengan memaafkan dan sabar.” – Abdullah Gymnastiar

Mendapatkan penghinaan memang terasa teramat sakit  di dada. Namun, orang beriman akan menjadikannya sebagai ladang amal dengan bersabar dan memaafkan orang yang telah menghina. Sesungguhnya apabila kita bersikap demikian akan membuat hati ikhlas dan tidak merasa sengsara. Sungguh dapat membuat kita lebih damai dengan mengikut kata kata hikmah dari AA Gymn di atas.

Raih kebahagiaan dengan memaafkan diri sendiri

“Betapa tidak bahagianya dia yang tidak bisa memaafkan dirinya sendiri.” – Publilius Syrus

Ya, itu juga yang sering dirasakan setiap orang. Jika kamu ingin merasa bahagia, kamu harus bisa memaafkan dirimu sendiri. Sering orang melakukan kesalahan sehingga dia tidak bisa memaafkan dirinya sendiri. Hal ini keliru. Yang sebaiknya kamu lakukan ialah dengan memaafkan diri sendiri dan berjanji pada diri sendiri untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama serta melakukan hal yang lebih baik lagi.

Memaafkan tanpa batas akhir

“Cinta adalah tindakan memaafkan tanpa batas akhir, sebuah tatapan lembut yang menjadi kebiasaan.” – Peter Ustinov

Wow, cukup mendalam juga pengertian kata kata hikmah memaafkan di atas. Jika kamu ingin memiliki hubungan cinta yang harmonis dan kekal sampai akhir hayat, kamu harus siap untuk memiliki sikap memaafkan pasangan. Dengan saling memaafkan, hubungan akan berjalan langgeng karena setiap masalah bisa diatasi dengan baik. Selain memiliki sikap memaafkan, maka kamu juga harus memiliki sikap lemah lembut.

Cinta itu mengerti, merasakan dan memaafkan

“Cinta bukan bagaimana Anda mendengar tetapi bagaimana Anda mengerti, bukan apa yang Anda lihat tetapi apa yang Anda rasakan, bukan bagaimana melupakan tetapi bagaimana Anda memaafkan.” – James Stephens

Tahukah kamu makna cinta yang sesungguhnya? Cinta yang sesungguhnya ialah tentang mengerti, merasakan dan memaafkan. Mengerti tentang apa yang sedang dialami oleh pasangan, ikut merasakan apa yang dirasakan oleh pasangan dan memaafkan ketika sang pujaan hati melakukan kesalahan.

Cinta itu memberi, menerima dan memaafkan

“Denganmu, cinta menjadi sangat sederhana. Cinta adalah memberi, menerima, dan memaafkan. Aku bukan malaikat, aku lelaki brengsek yang pernah menyia-nyiakanmu. Tapi aku tahu aku tidak akan meninggalkanmu hanya karena kau terlalu baik untukku. Aku akan selalu bersamamu, dan terus belajar mencintaimu, agar aku bisa sebaik kau.” – Tia Widiana

Lagi lagi kata kata hikmah memaafkan yang erat hubungannya akan cinta terhadap seseorang. Sebenarnya, cinta itu sederhana. Hal yang dibutuhkan ialah saling memberi, menerima dan memaafkan. Jika ketiga hal ini kamu miliki maka kamu akan mampu menjalani hubungan cinta dengan baik. Hubungan cinta akan berjalan langgeng karena setiap batu sandungan mampu kalian hadapi dengan baik.

Butuh kekuatan besar untuk memaafkan dari hati

“Dibutuhkan sebuah kekuatan karakter yang mumpuni untuk memaafkan dari hati ketimbang memaafkan karena kasihan. Seseorang harus mengetahui dirinya dan merasakan adanya rasa aman yang mendalam di dalam prinsip-prinsip dasar dalam dirinya untuk benar-benar memaafkan.” – Stephen Covey

Makna dari kata kata hikmah memaafkan di atas yaitu dibutuhkan kekuatan yang besar untuk bisa memaafkan dengan rasa tulus ikhlas. Ada dua hal yang membuat orang bisa memaafkan orang lain, yang pertama karena ikhlas dari dalam hati dan yang kedua karena perasaan kasihan kepada orang yang meminta maaf. Level tertinggi ialah memaafkan dengan tulus ikhlas.

Hati tenang dan bahagia dengan memaafkan, bersyukur dan meningkatkan diri

“Galau akan berlalu ketika kita fokus memaafkan, bersyukur, dan meningkatkan diri!” – Tung Dasem Waringin

Masih saja bergalau ria? Sesungguhnya galau bisa dihilangkan dengan selalu memaafkan kesalahan orang lain, bersyukur atas apa yang telah kita miliki dan selalu berusaha meningkatkan kualitas diri menjadi lebih baik lagi.

Wanita bisa memaafkan dengan mudah namun sulit melupakannya

“Hati perempuan bisa memaafkan tapi tidak melupakan apa yang pernah singgah di pedalaman hatinya. Kalau tidak serius jangan main-main.“ – Ahmad Fuadi

Kali ini kata kata hikmah memaafkan agar jangan bermain-main dengan hati wanita. Seorang wanita biasanya akan memaafkan lelakinya dengan mudah. Namun ingatlah bahwa dia tidak akan mudah melupakan apa yang telah kamu lakukan untuknya. Menyakitinya sama saja dengan menghancurkan hubungan cinta kalian. Jika ingin memiliki hubungan yang harmonis, maka jagalah perasaan wanita dengan tidak melakukan kesalahan atau menyakitinya.

Bahagia dengan memaafkan 

“Untuk menjadi bahagia sebenarnya sangat mudah jika kita mau memaafkan diri kita sendiri, memaafkan orang lain dan hidup dengan rasa syukur.” – Joseph Fort Newton

Kunci kebahagiaan ialah dengan memaafkan. Meskipun hal ini tidak mudah dilakukan, namun yakinlah bahwa kamu bisa melakukannya dengan baik asalkan ada niat. Jika kamu sudah bisa memaafkan diri sendiri, orang lain dan hidup penuh rasa syukur, kamu akan merasakan kebahagiaan di dunia ini.

Memaafkan bisa mendatangkan kegembiraan

“Kalau kita menolak memaafkan, kita sendiri yang menderita. Biasanya orang yang ‘bersalah’ tetap dengan gembira menjalani hidup sedangkan kita mengalami penderitaan batin yang berat.” – Windhy Puspitadewi

Benar kata kata hikmah memaafkan di atas. Banyak orang bersikukuh tidak akan memaafkan kesalaha orang lain. Sesungguhnya, hal ini salah karena andai saja kamu mau memaafkan kesalahan orang lain, kamu akan mampu hidup dengan bahagia dan tenang. Kamu tak akan lagi  merasakan penderitaan akibat perbuatan yang telah dilakukan oleh orang lain. Kebahagiaan batin akan kamu dapatkan saat kamu mampu memaafkan kesalahannya dan melupakan segala perbuatannya.

Jangan ungkit-ungkit kesalahan yang telah lalu

“Kalau wanita sudah memaafkan kekasihnya, dia tidak boleh mengungkit-ungkit kesalahannya.” – Marlene Dietrich

Makna memaafkan ialah mengampuni kesalahan orang lain dengan ikhlas dan melupakan segala perbuatan yang telah ia perbuat. Tentunya, memaafkan harus dari hati bukan hanya di lisan saja. Satu hal yang perlu kamu ingat bahwa ketika sudah memaafkan kesalahan orang lain, jangan pernah ungkit kesalahannya kembali.

Cinta memaafkan kesalahan apapun

“Karena cinta memaafkan segalanya. Kurang dan keliru.” – Robin Wijaya

Mungkin ini tidak bisa diakal sehat. Ketika ada seseorang yang bisa memaafkan kesalahan fatal yang telah diperbuat oleh pasanganmu, mungkin kamu berpikir bahwa itu tidak masuk akal. Namun, inilah faktanya bahwa cinta bisa memaafkan segala hal baik kesalahan kecil maupun besar, kesalahan yang tidak disengaja maupun yang disengaja. Inilah bukti kekuatan cinta yang sesungguhnya.

Memaafkan dan melupakan

“Kau selalu bisa memaafkan tanpa melupakan, tapi kau tidak akan bisa benar-benar melupakan tanpa memaafkan.” – Amanda Adriani

Kesempurnaan hidup ialah ketika kamu bisa memaafkan dan melupakan kesalahan orang lain. Meskipun ketika memaafkan kamu tidak bisa serta merta melupakan kesalahan yang telah diperbuat, dengan berjalannya waktu kamu bisa berusaha melupakannya. Namun, kamu tak akan pernah bisa melupakan kesalahan orang lain saat kamu tidak membuka pintu maaf untuk orang yang telah bersalah kepadamu. Jika hal ini dibiarkan maka kamu akan menderita dalam menjalani kehidupan karena hati dipenuhi perasaan dendam sehingga membuat tidak tenang.

Kembangkan kemampuan untuk bisa memaafkan

“Kita harus mengembangkan dan mempertahankan kemampuan untuk memaafkan. Dia yang menolak untuk memaafkan menolak untuk mencintai. Ada banyak kebaikan dari jahatnya kita dan banyak kejahatan dari baiknya kita. Ketika kita menemukan hal ini, kita akan lebih mudah memaafkan musuh kita.” – Martin Luther King

Sebagai manusia yang selalu ingin berbuat kebaikan, kita harus bisa memaafkan kesalahan orang lain. Jangan sekali-kali menolak untuk memaafkan kesalahan orang lain karena ada ribuan kebaikan yang bisa kamu dapatkan jika bisa ikhlas memaafkan orang lain dengan ikhlas.

Memaafkan dengan hati yang ikhlas

“Lisan saja tidak cukup untuk memberi maaf. Perlu hati juga untuk memaafkan. Sehingga tulus adanya.” – Jefri Al Buchori

Tentunya, makna memaafkan bukanlah hanya kata-kata yang keluar dari mulut saja. Kamu harus mengikursertakan hati untuk bisa ikhlas memaafkan dan melupakan kesalahan orang lain. Inilah yang dinamakan dengan ketulusan.

Demikianlah kumpulan kata kata hikmah tentang memaafkan. Semoga kamu bisa mendapatkan inspirasi untuk bisa terus berjiwa besar memaafkan kesalahan yang telah diperbuat oleh orang lain.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *