Kata Kata Bijak Kesehatan untuk Menginspirasi Anda Tetap Sehat

By | October 30, 2016

Kesehatan merupakan anugerah terbesar yang diberikan oleh Tuhan YME kepada hamba-Nya. Tanpa kesehatan, hidup tak akan berarti. Namun terkadang orang lupa akan nikmat kesehatan yang dimilikinya karena terhanyut akan mimpi-mimpi indahnya.

 

Kata Kata Bijak Kesehatan

 

Berikut ini ada beberapa kumpulan kata kata bijak kesehatan dari orang terkenal yang bisa memberikan inspirasi mengenai betapa pentingnya kesehatan.

Air bersih melambangkan kesehatan

“Air adalah kehidupan, dan air bersih berarti kesehatan” – Audrey Hepburn

Kehidupan ini sangat membutuhkan air. Manusia dan hewan tak akan bisa hidup tanpa air. Namun, air bersih lebih utama karena melambangkan kesehatan. Manusia akan hidup sehat jika memanfaatkan sumber air bersih di lingkungannya yang belum tercemar. Misalnya saja menggunakan air bersih untuk keperluan sehari-hari seperti minum, mandi, mencuci pakaian dan alat makan, serta kebutuhan yang lainnya.

Kita sebagai manusia harus selalau menjaga kebersihan sumber mata air. Meskipun air termasuk sumber daya alam yang bisa diperbarui, namun keberadaan air bersih harus dipertahankan. Jika sumber air tercemar, bukan tidak mungkin akan ada wabah penyakit yang menyerang manusia dan hewan di sekitarnya. ‘

Salah satu prinsip keseimbangan hidup ialah kesehatan

“Aku memiliki prinsip keseimbangan untuk mencapai kehidupan yang tenteram. Yakni cinta, kesehatan, dan kemapanan” – James Thurber

Dalam hidup ini, ada tiga faktor yang mampu membuat hidup kita seimbang. Ketiga faktor itu ialah cinta, kesehatan dan kemapanan. Cinta bisa cinta terhadap keluarga, pasangan ataupun sahabat. Kemudian, orang akan merasa bahagia apabila kondisi kesehatannya baik karena bisa menikmati hidup. Misalnya bisa bebas pergi ke manapun, atau makan makanan apapun sesuai dengan selera yang diinginkan. Kemudian, hidup akan makin sempurna apabila memiliki kemapanan atau sukses. Tiga faktor tersebut akan membuat hidup ini makin bahagia.

Betapa berharganya kesehatan

“Kesehatan selalu tampak berharga setelah kita kehilangannya.” – Jonathan Swift

Banyak orang tidak menyadari betapa pentingnya kesehatan untuk dirinya. Mereka baru sadar akan hal ini ketika sudah kehilangannya. Ya, ketika merasakan sakit, orang akan sadar betapa nikmatnya memiliki kesehatan. Rasa sakit yang dirasakan membuat tidak  bisa melakukan berbagai aktivitas seperti biasa. Hanya berbaring di tempat tidur tentunya sangat membosankan.

Sebelum mengalami sakit, marilah jaga kesehatan. Selalu ingatlah bahwa kesehatan yang penting untuk dijaga karena kesehatan merupakan anugerah terbesar yang diberikan oleh Allah SWT untuk makhlukNya. Kita bertugas untuk menjaganya dengan baik misalnya dengan istirahat yang cukup, berolahraga secara teratur, menjaga pola makan dan lain sebagainya. Selalu pakailah semboyan lebih baik mencegah daripada mengobati.

Pentingnya kesehatan dan kekayaan

“Tidak sepatutnya seseorang merasa aman tentang dua hal : kesehatan dan kekayaan.” – Ali bin Abi Thalib

Dalam kehidupan ini, kesehatan dan kekayaan merupakan dua hal yang sangat penting. Hal ini sesuai dengan yang ada dalam kutipan kata bijak tentang kesehatan dari Ali bin Abi Thalib. Kebahagiaan sempurna akan diraih apabila seseorang tersebut memiliki harta dan juga kesehatan yang baik.

Seseorang akan mampu menikmati kekayaan yang dimilikinya apabila kondisi kesehatannya baik. Sebaliknya, kekayaan yang dia miliki tak akan bisa dinikmati apabila kesehatannya buruk. Misalnya saja, orang sakit tak mungkin pergi berlibur ke berbagai tempat. Dia juga tidak akan merasa enak ketika memakan makanan yang enak. Bersyukurlah atas kesehatan yang kamu miliki sehingga kamu bisa menikmati hidup ini tanpa batas.

Terdapat kebebasan dalam kesehatan

“Dalam kesehatan terdapat kebebasan. Kesehatan adalah hal paling pertama dalam semua kebebasan.” – Henri Frederic Amiel

Kamu harus tahu bahwa terdapat kebebasan dalam kesehatan. Tentu saja, orang bisa berbuat apa saja ketika dalam kondisi sehat. Berbeda dengan orang sakit yang tidak bisa melakukan kegiatan dengan bebas.

Orang sehat bebas pergi ke manapun dia suka, makan apapun yang dia suka, melakukan kegiatan apa aja , dan sebagainya. Hal ini berbanding terbalik dengan keadaan orang sakit yang tak bisa pergi ke manapun dia suka, makan terasa tak enak, tidak bisa bekerja dan sebagainya.

Kesehatan adalah harta terbesar

“Harta sehati adalah kesehatan, bukan emas dan perak” – Mahatma Gandhi

Jangan salah sangka. Emas dan perak akan kalah nilainya dengan kesehatan. Orang menyebut kesehatan merupakan harta sejati karena merupakan sumber kebahagiaan orang.

Orang mampu menikmati hidup apabila memiliki kesehatan yang baik. Bahkan, dalam keadaan sederhana akan tetap merasa bahagia apabila pandai bersyukur.

Kesehatan juga merupakan harta yang paling mahal. Sebagaimana kita tahu bahwa biaya berobat di rumah sakit sangat mahal. Teruatama untuk penyakit yang berat, orang akan mengeluarkan biaya yang tak terhingga untuk mendapatkan kesehatan.

Renungan yang pertama ialah kesehatan

“Kesehatan adalah renungan yang pertama dan tidur adalah syarat untuk mendapatkannya” – Raplph Waldo Emerson

Orang harus berpikir tentang kesehatan setiap harinya. Menjaga kesehatan merupakan kewajiban bagi setiap orang yang menginginkan hidup dengan bahagia. Ketika malam tiba, tidur merupakan kegiatan yang wajib dilakukan untuk membuat badan beristirahat dengan total.

Dengan tidur yang berkualitas baik, kesehatan akan mampu terjaga. Namun, orang yang tidak memiliki keseimbangan tidur akan memiliki kesehatan yang kurang baik. Pada siang hari, orang yang kurang tidur akan merasa lemas, mengantuk dan sakit kepala. Apabila dibiarkan, hal ini akan mendatangkan resiko penyakit yang lebih parah.

Bahagia dengan kesehatan yang baik

“Kebahagiaan terbesar kita tidak tergantung pada situasi hidup dimana kita berada, tapi selalu dari hasil dari kesadaran yang baik, kesehatan yang baik, pekerjaan, dan kebebasan dari semua tujuan.” – Thomas Jefferson

Harta benda seperti rumah mewah merupakan hal penting dalam hidup ini. Namun, tanpa kesehatan yang baik, itu semua tak akan ada artinya. Hidup akan lebih sempurna ketika memiliki kondisi kesehatan yang bagus, ditambah dengan memiliki pekerjaan yang bagus sehingga memiliki keuangan yang baik. Semua itu merupakan hal-hal yang membuat orang merasa bahagia akan hidupnya.

Pikiran yang tenang baik untuk kesehatan

“Pikiran yang tenang membawa kekuatan batin dan rasa percaya diri, sehingga itu sangat penting untuk kesehatan yang baik.” – Dalai Lama XIV

Untuk mendapatkan kesehatan yang baik, kita harus memiliki pikiran yang tenang. Sebenarnya, pikiran akibat segala permasalahan yang dihadapi bisa membuat tak tenang sehingga berdampak pada datangnya penyakit. Agar memiliki kesehatan yang baik, kita harus senantiasa menjaga pikiran agar tetap tenang.

Orang yang bahagia dengan hidupnya akan cenderung memiliki kondisi kesehatan yang baik. Berbeda dengan orang yang memiliki banyak permasalahan hidup, dia akan lebih lesu dan kurang semangat dalam menjalani hidup. Bahkan, banyak yang tidak memiliki nafsu makan ketika menghadapi permasalahan yang berat. Kalau hal ini dibiarkan dalam waktu yang lama, bisa saja mendatangkan berbagai macam penyakit.

Cara menjaga kesehatan

“Satu-satunya cara untuk menjaga kesehatan adalah makan apa yang tidak anda inginkan, minum yang anda tidak sukai, dan lakukan apa yang tidak anda senangi” – Mark Twain

Kita harus menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Bagaimana cara menjaga kesehatan dengan cara yang baik? Kamu bisa dengan makan yang tidak kamu inginkan. Maksud dari pernyataan ini ialah kamu harus menjaga pola makan. Pola makan yang teratur dan seimbang dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.

Sebagaimana kita tahu, makanan yang sehat tidak mengutamakan rasa sehingga rasanya akan kalah dengan makanan tak sehat seperti makanan berlemak yang digoreng. Meskipun makanan sehat tidak enak, kamu tetap harus memakannya untuk menjaga kondisi kesehatan. Bahkan, saat ini sudah banyak tanaman organik yang bisa dikonsumsi. Tanaman organik sangat baik bagi kesehatan karena tidak tercemar oleh zat-zat kimia yang bisa membahayakan tubuh apabila dikonsumsi.

Selain menjaga pola makan, kamu harus meluangkan waktu untuk berolahraga secara teratur agar tubuh tetap dalam kondisi prima. Tak perlu lama-lama berolahraga cukup luangkan waktu sebentar di pagi hari. Lakukan hal ini secara teratur agar hasilnya maksimal.

Dua aset berharga ialah waktu dan kesehatan

“Waktu dan kesehatan adalah dua aset berharga yang tidak kita kenali dan hargai sampai mereka telah habis.” – Denis Waitley

Waktu dan kesehatan merupakan dua hal yang sangat penting dalam hidup ini. Waktu tak akan berputar kembali sehingga kita harus memanfaatkan sebaik mungkin dengan mengisinya dengan kegiatan yang bermanfaat. Sementara kesehatan merupakan hal yang tak ternilai harganya karena tanpa memiliki kesehatan yang baik, hidup tak aka nada artinya. Orang akan mampu menikmati hidupnya saat kesehatannya baik. Apapun bisa dia perbuat dengan nyaman tanpa merasakan rasa sakit.

Jangan korbankan kesehatan

“Yang terbesar dari kebodohan adalah mengorbankan kesehatan untuk jenis lain dari kebahagiaan.” – Arthur Schopenhauer

Banyak orang salah langkah ketika akan mengejar kebahagiaan hidup. Jangan sampai kamu terjerumus dengan mengorbankan kesehatan demi mencapai kebahagiaan hidup yang lainnya. Misalnya kamu rela bekerja siang dan malam tanpa memperhatikan waktu. Hal ini bisa mengganggu kesehatan. Coba bayangkan, apa gunanya punya banyak uang tapi kamu sakit-sakitan. Lebih baik bekerja dalam batasan yang normal, tapi tetap giat dan semangat bekerja. Kemudian, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi tubuh sehingga memiliki kesehatan yang baik.

Membuat orang sehat lebih sulit

“Jauh lebih sulit untuk membuat orang sehat daripada membuat mereka sakit.” – DeForest Clinton Jarvis

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Hal ini sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kamu harus mampu menjaga kesehatan agar tidak jatuh sakit. Sesungguhnya membuat orang sakit lebih mudah dibandingkan menyembuhkannya. Oleh karena itu, jangan sia-siakan kesehatan yang kamu miliki. Kamu harus menjaganya dengan sungguh-sungguh. Butuh beberapa menit hanya untuk membuat orang jatuh sakit, namun menyembuhkan orang sakit butuh waktu yang cukup lama.

Kesehatan mencakup tubuh, pikiran dan jiwa

“Kesehatan adalah kata yang besar, soalnya ini mencakup tidak hanya tubuh, tetapi juga pikiran dan jiwa. Bukan sekedar tidak sakit atau kesenangan saja, tetapi seluruh keberadaan dan pandangan manusia.” – Jame H. West

Arti kesehatan sangat luas. Kesehatan bukan hanya soal kondisi tubuh, namun kesehatan juga mencakup pikiran serta jiwa. Pikiran yang tenang dan positif akan mampu mempengaruhi kondisi kesehatan menjadi baik. Sebaliknya, pikiran yang tak tenang karena menghadapi berbagai persoalan hidup membuat kesehatan terganggu.

Untuk menjaga kesehatan, jagalah pikiran untuk tetap bisa tenang. Pikirkan segala permasalahan dengan kepala dingin supaya bisa mengatasinya dengan baik.

Hubungan antara kesehatan dengan kebahagiaan

“Kesehatan dan keceriaan secara alami melahirkan satu sama lain.” – Joseph Addison

Ternyata ada hubungan antara kebahagiaan dengan kesehatan. Orang yang bahagia atas hidupnya akan memiliki kesehatan yang bagus karena jiwa dan pikirannya tenang. Sementara, kesehatan yang bagus juga akan membuat orang merasa bahagia karena bisa melakukan hal apa saja dengan nyaman tidak seperti apa yang dirasakan oleh orang sakit.

Dapat melakukan segalanya apabila sehat

“Saya percaya bahwa jika anda sehat, anda mampu melakukan segalanya. Tidak ada orang lain yang dapat memberikan selain Allah atau Tuhan YME. Dan menjadi sehat, saya percaya bahwa tuhan telah mendengarkan saya – Pedro Martinez

Tentunya kamu bisa melakukan apa saja ketika kondisi kesehatanmu baik. Ini merupakan anugrah terbesar yang kamu dapatkan. Hanya Tuhan yang mampu memberikan kesehatan kepada umatNya. Teruslah bersyukur atas pemberian yang nikmatnya sungguh tak terkira ini. Dengan kesehatan kamu mampu meraih apa yang menjadi keinginanmu karena kamu bisa berusaha melakukan apapun. Inilah bekal hidup yang diberikan oleh Tuhan sehingga umatNya bisa berikhtiar mencapai apa yang diinginkan dengan jerih payahnya sendiri.

Kesehatan mustahil didapatkan ketika pikiran berantakan

“Dalam pikiran yang berantakan, seperti dalam tubuh yang berantakan pula, kesehatan adalah hal mustahil.” – Cicero

Kesehatan hanya akan didapatkan dalam kondisi pikiran dan tubuh yang tenang. Jika kamu memiliki pikiran yang tak tenang, maka kesehatan mustahil kamu dapatkan. Pikiran tak tenang membuatmu tak bisa fokus menjaga kesehatan. Bahkan, ada beberapa hal yang akan kamu lakukan padahal hal itu sangat mengganggu kesehatanmu. Seperti misalnya tak bisa tidur, kehilangan nafsu makan, tidak mau beraktivitas apapun dan sebagainya.

Rajin berolahraga

“Untuk menikmati cahaya kesehatan yang baik, Anda harus berolahraga.” – Gene Tunney

Olahraga memiliki peranan penting dalam kesehatan. Tubuh memerlukan olahraga teratur sehingga kamu harus melakukannya setiap hari. Sebenarnya, tubuh akan merasa rileks setelah berolahraga. Mungkin kamu bisa memilih jenis olahraga yang ringan terlebih dahulu sebagai permulaan.

Kesehatan tak dapat dibeli

“Kesehatan yang baik bukanlah sesuatu yang dapat kita beli. Namun, sesuatu yang dapat menjadi tabungan yang sangat berharga.” – Anne Wilson Schaef

Tahukah kamu bahwa kesehatan tak dapat dibeli dengan uang atau apapun. Namun, kesehatan yang baik merupakan tabungan dari perilaku dan kebiasaan sehari-hari yang dilakukan dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, sebelum kesehatan kamu terganggu sangat penting untuk menjaga pola perilaku dan pola makan yang baik. Jangan lupa untuk rajin berolahraga.

Kesehatan dan tidur yang cukup adalah hal menyenangkan

“Hal yang paling menyenangkan di tengah masa sulit adalah kesehatan yang baik dan tidur yang cukup.” – Knute Nelson

Hidup ini seperti roda yang berputar. Terkadang, kita berada di posisi bawah, kemudian ada kalanya kita berkesempatan berada pada posisi atas. Begitu seterusnya.

Pada masa sulit, kamu akan merasakan bahwa kesehatan dan tidur yang cukup merupakan nikmat yang luar biasa. Dengan kesehatan yang baik, makanan apapun akan terasa enak. Kemudian, kamu juga bisa bekerja dengan giat sehingga masa sulit yang kamu hadapi berganti dengan kehidupan yang lebih baik.

Demikian kumpulan kata bijak tentang kesehatan dari orang terkenal. Semoga dapat bermanfaat dan memberikan inspirasi betapa pentingnya kesehatan dalam hidup ini.

(Ika Pratiwi)

 
Share

One thought on “Kata Kata Bijak Kesehatan untuk Menginspirasi Anda Tetap Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *