Tips Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Secara Alami

By | September 2, 2016

 

Membersihkan-Wajah

 

Kecantikan wajah seseorang tentu akan menjadi terganggu dengan hadirnya flek hitam yang muncul. Namun Anda tidak perlu khawatir, noda hitam bisa dihilangkan dengan beberapa cara alami. Cara lain yang ditawarkan oleh klinik dan salon kecantikan moderen mungkin sudah lazim terdengar, tetapi Anda juga bisa mencoba tips menghilangkan flek hitam di wajah secara alami ini.

Penyebab timbulnya flek hitam adalah sekresi berlebihan pada melanin. Ketidak seimbangan hormon, menopouse, kehamilan, Kekurangan vitamin, dan efek pengobatan tertentu, stress dan gangguan usus adalah penyebab dari munculnya flek hitam. Berikut ini cara menghilangkannya.

Lemon

Kandungan asam sitrat di dalam lemon membantu meluruhkan sel kulit mati dan membantu pembentukan sel kulit yang baru dan membuat kulit tampak lebih cerah. Pada beberapa jenis kulit pengaplikasian lemon mungkin dapat terasa seperti terbakar, gatal, hingga kemerahan. Cara pemakaiannya pun mudah. Gunakan kapas dan celupkan ke air perasan lemon dan usapkan ke seluruh wajah. Diamkan sampai mengering, kemudian bilas dengan air. Sebaiknya hindari sinar matahari secara langsung selama pengobatan ini.

Pepaya

Kandungan papain pada pepaya dapat mendorong sel – sel kulit untuk beregenerasi. Papain juga menghambat sel – sel kulit penghasil pigmen yang digunakan untuk memproduksi melanin. Sebaiknya gunakan pepaya hijau karena memiliki kandungan papain lebih tinggi daripada yang sudah matang. Caranya dengan menghaluskan pepaya sampai lembut seperti bubur, lalu gosokkan ke area wajah yang ada flek hitamnya. Diamkan 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Kentang

Kandungan nutrisi pada kentang seperti vitamin dan mineral, asam lemak esensial, polifenol dan karotenoid pada kentang dapat merangsang kolagen dan elastin sintetis. Jus kentang adalah cara terbaik untuk menghilangkan bintik – bintik hitam pada kulit.  Vitamin C pada kentang juga berfungsi untuk mengelupaskan sel – sel kulit mati dan mengurangi timbulnya flek hitam di wajah. Siapkan 2 – 3 buah kentang lalu parut dan tmbahkan sedikit air. Ambil sarinya kemudian tambahkan air perasan lemon dan madu. Oleskan ke wajah dan diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Semangka

Semangka dikenal sebagai obat yang manjur untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Kandungan serat yang tinggi, vitamin A, B dan C pada semangka mampu mengurangi flek hitam yang muncul akibat paparan sinar matahari. Namun Anda tidak perlu buahnya untuk mengatasi permasalahan flek hitam di wajah. Anda hanya membutuhkan kulit semangka saja. Caranya dengan menggosok bagian dalam kulit semangka pada kulit wajah Anda sehingga sari semangka meresap ke kulit wajah. Setelah beberapa menit bilas dengan air bersih. Untuk hasil maksimal lakukan pengobatan ini 2 – 3 kali seminggu.

Kunyit

Kunyit memang secara klinis bermanfaat untuk menghambat penuaan dini dan menghilangkan flek –flek hitam di wajah. Untuk lebih praktisnya, Anda bisa membeli bubuk kunyit yang banyak dijual di pasar. Buat pasta dari kunyit, susu, dan air perasan lemon kemudian oleskan pada kulit wajah yang didapati ada flek hitamnya. Setelah beberapa menit bilas dengan air hangat.

Itulah tips menghilangkan flek hitam di wajah agar cantik secara alami. Selain bahan-bahan tersebut mudah didapat, harga bahan – bahan tadi juga relatif murah. Silahkan mencoba.

(Marthika)

 
Share

One thought on “Tips Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *