Tempat Wisata Di Jakarta Raya Yang Asik untuk Dikunjungi

By | September 3, 2016

tempat-wisata-di-jakarta

 

Anda sedang merencanakan liburan di akhir pekan? Atau Anda sedang mencari tahu tempat wisata di Jakarta ? Mungkin anda bingung ke mana Anda harus pergi. Selama ini mungkin Anda hanya mengenal Monas sebagai ikon kota Jakarta. Namun sebenarnya Jakarta raya atau yang biasa dikenal dengan Jabodetabek, memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan seru untuk dikunjungi. Untuk menuju ke obyek wisatanya pun tidak sukar, karena semua prasarana dan sarana sudah tersedia di Jakarta. Anda bisa memilih jenis wisata apa yang akan Anda pilih, apakah wisata alam, wisata sejarah, wisata kuliner, hingga wisata belanja.

Jakarta sebagai Ibu kota dihuni oleh lebih dari 10 juta penduduk. Sejarah kota ini sejak jaman dahulu memang sudah dikenal memiliki keterkaitan dengan terbentuknya negara Indonesia. Dalam catatan sejarah, Jakarta telah berganti-ganti nama, mulai dari Jayakarta, Sunda Kelapa, Batavia kemudian menjadi Jakarta. Perjuangan bangsa Indonesia sendiri tidak terlepas dari peranan kota metropolitan ini. Itu sebabnya banyak situs – situs sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang terletak di Jakarta dan sekitarnya.

Jakarta sebagai pusat perekonomian bangsa Indonesia ternyata memang sudah dimulai sejak jaman dahulu. Perdagangan antar bangsa pada masa lalu di pulau Jawa terpusat di Jakarta. Hal ini dikuatkan dengan catatan – catatan sejarah yang ada seperti dalam Babad Tanah Jawi, catatan-catan sejarah di Tiongkok, dan sebagainya yang menyebut kota Jakarta sebagai pusat perdagangan di Pulau Jawa. Hal ini juga yang menyebabkan kota Jakarta dihuni oleh berbagai macam suku dan ras. Nenek moyang mereka dahulu adalah pedagang yang kemudian tinggal menetap dan berasimilasi dengan warga asli Jakarta.

Suku asli di Jakarta adalah suku Betawi. Suku Betawi saat ini sudah mulai tersisih dan lebih banyak dijumpai di pinggiran Jakarta Raya. Keberadaan mereka mulai tersisih sejak gelombang urbanisasi ke Jakarta yang mulai tak terbendung akibat tidak meratanya pembangunan di Indonesia. Pembangunan gedung –  gedung perkantoran, apartemen dan mal di Jakarta juga menggusur keberadaan mereka dan memaksa mereka untuk tinggal di pinggiran kota.

Jakarta sebagai kota provinsi terbagi atas lima wilayah yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Barat. Masing-masing dipimpin oleh wali kota. Namun Jakarta juga ditopang oleh kota – kota satelit di sekitarnya seperti Bekasi, Depok, Tangerang Selatan, Tangerang dan Bogor sehingga seringkali kita mendengar istilah Jabodetabek atau yang Greater Jakarta (Jakarta Raya) dalam bahasa Inggrisnya. Lalu apa saja yang bisa kita lakukan di Jakarta saat liburan? Di mana saja tempat wisata di Jakarta yang menarik untuk dikunjungi? Berikut ini ulasannya.

Tempat Wisata di Jakarta yang Menarik

Berbagai Tempat Wisata Alam di Jakarta dan Sekitarnya

Mungkin Anda bertanya – tanya apa yang Jakarta bisa tawarkan untuk wisata alam. Sebenarnya ada banyak yang bisa Anda lakukan untuk menikmati alam Jakarta dan sekitarnya seperti pantai dan wisata pegunungan. Berikut ini daftarnya.

Wisata Alam Taman Impian Jaya Ancol

Kawasan wisata yang berada di wilayah Jakarta Utara ini memang banyak menawarkan obyek wisata. Ancol memiliki 2 wilayah pantai dengan pasir putih dan ombak yang cenderung tenang. Pantai Karnaval dan Pantai Festival Ancol adalah tempat bermain pasir sambil menikmati matahari tenggelam di pantai mungkin dapat menjadi akhir pekan yang mengesankan bagi Anda dan keluarga.

Terdapat Ancol Bay Park Mal di pantai Karnaval dimana Anda dapat menikmati keindahan matahari terbenam sambil menikmati makanan yang Anda pesan dari restoran yang ada di mal. Terkadang Ada suguhan live music di pantai ini yang dapat Anda nikmati sambil menikmati senja di pinggir pantai.

Di sebelah Pantai Karnaval terdapat 2 buah restoran yang menjual suasana pantai dengan 2 gaya yang sangat berbeda. Segara Sea Side Restaurant, menyajikan suasana romantis pinggir pantai dengan sofa – sofa panjang dan sofa tunggal yang menghadap langsung ke laut dan posisinya persis di pinggir pantai. Anda bisa menikmati kopi dan kudapan ringan atau makanan lainnya sambil bercengkrama bersama keluarga atau pasangan Anda sambil menikmati pemandangan laut yang indah, tentu akan menjadikan pengalaman yang berbeda. Tempat berikutnya adalah Restoran Jimbaran, dimana gaya restoran ini menyuguhkan nuansa Bali yang kental. Restoran ini memamng menjual masakan khas pulau Dewata.

Ancol Ecopark dimana kita bisa mengenal berbagai macam jenis tumbuh – tumbuhan yang ditanam di situ. Sambil berwisata kita juga bisa mengajari buah hati kita untuk menanam pohon dan pentingnya menanam pohon untuk dunia.

Ancol Outbound. Anda yang suka olah raga luar dan menantang, bisa mengunjungi Ancol outbound yang lokasinya berdekatan dengan Ecopark. Di sini Anda bisa menikmati permainan seperti spider web, flying fox, dsb. Anda juga bisa bermain paint ball di lokasi ini.

Ancol Wakeboarding. Wahana baru bagi Anda yang suka olah raga air. Anda dapat bermain ski air moderen yang ditarik dengan kabel secara mekanis, bukan lagi dengan perahu motor cepat.

Di Ancol Anda juga bisa menikmati berbagai macam wahana seperti Dunia Fantasy dengan berbagai wahana permainan serunya, Gelanggang Samudra dengan pertunjukan koleksi satwa lautnya seperti pesut, belluga (Paus putih Rusia), linsang, Anjing laut dan Kuda Nil dan Sea World dengan aquarium raksasa dan koleksi aquatik lautnya, serta Musium lilin yang merupakan wahana terbaru di Ancol. Selain itu Anda juga bisa menikmati gondola yang mengelilingi Ancol dari atas. Di sini Anda dapat menikmati pemandangan Jakarta dari atas gondola dan laut Jakarta dengan kapal-kapal nelayan yang tampak dari atas saat Anda naik gondola.

Wisata Alam Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda kelapa yang juga terletak di kawasan Jakarta Utara ini adalah pelabuhan yang sudah beroperasi sejak Abad ke 5, selain merupakan saksi sejarah terbentuknya Jakarta, pemandangan di pelbuhan Sunda kelapa ini sangat indah. Jajaran kapal – kapal Phinisi berwarna – warni di sepanjang pelabuhan merupakan suatu obyek foto yang indah untuk diabadikan. Apalagi ketika senja mulai datang, keindahan siluet kapal yang berjajar – jajar akan menjadi suatu suasana romantis yang tak terlupakan bagi Anda dan pasangan Anda. Di pelabuhan Sunda Kelapa kita bisa menyewa perahu motor untuk mengitari perairan sekitar pelabuhan sambil melihat mercusuar tua yang ada di lautan dekat Pelabuhan Sunda Kelapa ini.

Wisata Alam Pulau Seribu

Pulau Seribu masuk dalam wilayah admisnistratif Jakarta Utara. Pulau yang berjumlah lebih dari seribu pulau ini memiliki daya tarik alam yang luar biasa yang dapat Anda nikmati untuk berakhir pekan. Hampir setiap pulau memiliki keunikannnya masing masing. Mulai dari pulau Pramuka yang selain menawarkan keindahan alam pantai juga menawarkan pengalaman baru untuk melihat penangkaran penyu. Selain itu masih banyak pulau menarik lainnya seperti pulau Tidung yang banyak menawarkan aktifitas air seperti banana boat, snorkling dsb. Anda juga tidak perlu takut apabila harus menginap. Berbagai macam tempat penginapan siap menampung Anda dan keluarga.

Wisata Alam Pemandian Air Panas Ciseeng

Terletak di daerah Ciseeng, Parung kab. Bogor, pemandian air panas alami ini menyajikan terapi mandi air panas. Anda dapat memilih untuk mandi di kolam air panas, atau memilih untuk berendam di bak mandi. Terapi air panas ini dipercaya dapat menyembuhkan banyak penyakit, termasuk terapi bagi orang yang terkena stroke.

Wisata Alam Puncak

Bagi Anda yang ingin berwisata dengan nuansa pegunungan, Anda bisa mengunjungi tempat ini. Selain menikmati alam pegunungan, Anda bisa mengunjungi perkebunan teh gunung mas. Di tempas ini selain Anda bisa berjalan – jalan dan bersepeda di antara hamparan tanaman teh, Anda juga bisa melihat proses pengolahan teh. Namun ada banyak aktifitas lain di puncak yang Anda bisa nikmati bersama keluarga. Berikut ini daftarnya.

  1. Taman Safari.

Anda dapat meihat berbagai macam satwa yang ada di tempat ini. Dengan menggunakan mobil pribadi Anda, Anda bisa melihat langsung dan dekat dengan koleksi hewan – hewan di Taman Safari. Selain itu ada juga beberapa atraksi yang dapat Anda lihat di Taman Safari seperti atraksi Cowboy Show (Wild Wild West)  dan juga Anda dapat berinteraksi langsung dengan hewan buas seperti singa, Harimau dan Buaya dan berfoto bareng dengan hewan – hewan buas tersebut. Pengalaman Baru dengan bersafari di malam hari pun sekarang ditawarkan oleh Taman Safari.

  1. Villa Kota Bunga

Sebenarnya Villa Kota Bunga adalah real estate yang dibangun dengan model cluster tematik negara – negara di dunia, seperti Jepang, Amerika (Rumah Cowboy), Yunani, bahkan Barbie. Di tempat ini Anda juga bisa menikmati hamparan taman bunga yang luas. Selain itu Villa Kota Bunga juga memiliki Danau buatan dengan pemandangan menarik dan terdapat Marlion yang merupakan ikon Singapura dan miniatur Colloseum. Tempat yang menarik untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga bukan?

  1. Gantole

Bila Anda pecinta olah raga yang memacu adrenalin, Anda bisa mencoba olah raga ini. Terletak di Puncak Pass, Anda bisa terbang dengan gantole secara tandem atau solo. Sambil menikmati keindahan alam Anda bisa merasakan pengalaman yang baru dalam olah raga ini.

Berbagai Tempat Wisata Museum di Jakarta

Di Jakarta terdapat banyak sekali museum. Saat ini bahkan sudah ada komunitas pecinta museum, dimana mereka selalu mengunjungi museum bersama keluarga setiap akhir pekan. Bahkan komunitas ini seringkali mengadakan event – event seru seperti Night At Museums, forum diskusi bersama, Bakti sosial, dll. Bila Anda termasuk pecinta sejarah, tidak ada salahnya untuk bergabung dengan komunitas ini. Berikut ini Daftar museum yang wajib dikunjungi.

  1. Tempat Wisata Museum Bahari di Jakarta Utara

Museum bahari terletak di kawasan pelabuhan Sunda Kelapa. Di museum ini Anda bisa melihat sejarah nenek moyang bangsa Indonesia yang terkenal sebagai pelaut ulung. Anda juga bisa melihat galangan – galangan kapal yang dibangun pada masa kolonial Belanda, Kemudi Kapal, alat navigasi kapal jaman dulu, serta miniatur kapal phinisi.

  1. Tempat Wisata Monumen Nasional (Monas) di Jakarta Pusat

Ikon Kota Jakarta ini menyimpan teks asli Proklamasi dan rekaman suara asli dari Presiden pertama RI, Bapak Ir. Soekarno ketika membacakan naskah proklamasi. Di monumen ini pula terdapat diorama dari perjalanan bangsa Indonesia, dari jaman purbakala sampai dengan proklamasi kemerdekaan. Di Monas, Anda juga bisa menikmati pemandangan kota jakarta dari atas Monas.

  1. Tempat Wisata Museum Fatahilah di Jakarta Barat

Museum Fatahilah terletak di kompleks kota tua, dimana kita bisa temukan juga beberapa museum di sekitar museum Fatahilah ini, seperti museum wayang dan museum lainnya. Di kota tua ini kita bisa bermain sepeda onthel yang dapat di sewa di sana. Anda juga bisa berfoto – foto layaknya Noni dan Meneer Belanda jaman dahulu, yang propertinya dapat kita sewa di sana. Selain itu terdapat pula restoran bergaya Belanda yang menjual makanan Eropa yang dapat Anda coba, bila Anda tidak suka masakan asing Anda bisa membeli masakan khas Betawi seperti kerak telor yang banyak dijajakan di Kota tua.

  1. Tempat Wisata Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta Timur

Taman Mini Indonesia Indah adalah museum yang mengkoleksi warisan budaya Indonesia. Setiap propinsi terwakilkan di Taman Mini. Rumah Adat yang berisi pakaian adat, senjata khas daerah, dll disajikan di tiap – tiap ajungan. Anda juga bisa menikmati miniatur pulau – pulau di Indonesia dari atas Gondola. Selain itu ada juga Musem Olah Raga, Museum Transportasi, Museum Sains, Museum Energi, Museum Serangga dan Aquarium air tawar yang menyajikan koleksi satwa air nusantara.

  1. Tempat Wisata Kampung Betawi Setu Babakan di Jakarta Selatan

Kampung Budaya ini terletak di wilayah Jagakarsa, Jakarta Selatan. Anda bisa menikmati suasana kampung suku asli kota Jakarta ini, sambil menikmati keindahan danau. Setiap akhir pekan selalu digelar pula pertunjukan – pertunjukan tradisional betawi seperti Lenong, Gambang Kromong dan Tari – tarian khas Betawi sambil menikmati makanan khas Betawi yang bisa di beli di sepanjang Setu (danau). Anda juga bisa menghabiskan akhir pekan Anda dan keluarga untuk memancing di Setu Babakan ini. Jika Anda dapat ikannya dan mau langsung dikonsumsi, deretan warung yang ada di sepanjang setu siap untuk melayani Anda.

Berbagai Tempat Wisata Kuliner di Jakarta

Jakarta memiliki banyak makanan yang tidak bisa dilewatkan untuk dicicipi. Setiap sudut kota Jakarta selalu menawarkan jajanan dan masakan yang khas dan memiliki keunikannya. Selain itu tempat makan yang beken di Jakarta selalu asik untuk dipakai nongkrong atau bercengkrama dengan keluarga Anda. Berikut ini tempat makan yang asik dan wajib dikunjungi di Jakarta.

Wisata Kuliner Sea Food Muara Karang

Di daerah ini kita bisa membeli ikan segar langsung dari nelayan dan kita bisa membawa ke restoran – restoran yang ada di kawasan ini untuk dimasak sesuai yang kita inginkan. Aktifitas wisata kuliner baru berjalan di malam hari.

Wisata Kuliner Nasi Uduk Kebon Kacang

Nasi uduk yang memang khas Betawi ini terletak di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Nasi uduk yang biasanya disajikan dalam bungkusan daun pisang dan disajikan dengan posri kecil ini biasanya dinikmati dengan ayam goreng, petai, tempe dan tahu.

Wisata Kuliner Nasi Goreng Gila

Nasi goreng gila adalah makanan khas Jakarta yang banyak disajikan di warung-warung nasi goreng. Namun yang terkenal adalah yang ada di daerah Menteng. Nasi goreng dengan tambahan topping oseng-oseng daging, sosis dan telur yang dimasak dengan bumbu kari ini adalah hasil modifikasi pedagang-pedagang nasi goreng yang ada di Jakarta. Walaupun makan di emperan, namun suasana malam yang mengasikan, apalagi sambil bercengkrama dengan teman – teman.

Wisata Kuliner Soto Betawi

Kedua masakan ini adalah khas Jakarta. Soto santan dengan daging sapi sebagai isiannya dan ditaburi dengan bawang goreng dan emping ini banyak ditemukan di berbagai tempat di Jakarta.

Selain itu masih banyak lagi tempat makan yang khas dan asik untuk dikunjungi di Jakarta. Tempat makan di sepanjang jalan Sabang, di bawah kolong stasiun Gondangdia, lapangan Blok S, Gule Tikungan di sepanjang Bulungan – Blok M, Roti bakar Edi dan Roti Bakar Wiwied, adalah tempat – tempat yang enak untuk nongkrong di malam hari, selain rasa yang disajikan memang enak dengan harga terjangkau.

Inilah tempat – tempat wisata di Jakarta dan sekitarnya yang asik untuk menghabiskan akhir pekan dengan keluarga, kerabat dan teman. Sebenarnya masih banyak lagi tempat – tempat yang seru untuk dikunjungi di Jakarta, yang akan dibahas di lain kesempatan (baca: Tempat Wisata Kuliner di Jakarta) . Tidak perlu bingung lagi ketika akhir pekan tiba atau bagi Anda yang kebetulan berada di Jakarta. Panduan ini semoga dapat membantu Anda.

Semoga ulasan mengenai tempat wisata di Jakarta di atas dapat memberikan informasi yang dibutuhkan bagi Anda yang sedang ingin berwisata di dalam kota khususnya di Kota Jakarta tercinta.

(Marthika)

 
Share

3 thoughts on “Tempat Wisata Di Jakarta Raya Yang Asik untuk Dikunjungi

  1. nvziw

    Saya pecinta soto gan, dan saya sangat penasaran dengan soto betawi. sayangnya ditempat saya nggak ada yang jualan begituan jadi tiap kali ada blog yang saya samperin dan ngebahas tentang kuliner terutama soto, bikin ane klimpungan pengen nyobain.

    Thanks atas share-nya gan

    Salam kenal dari http://www.sparklepush.com | Portal Informasi Kinclongnya Indonesia

    baca juga tulisan ane di bawah ini gan, Thanks
    Info Hotel dan Destinasi Tempat Wisata
    Pantai Cantik Ini Kawasan Konservasi Penyu, Cek Yuk…!
    Tips Kesehatan dan keciantikan
    7 Tempat Wisata di Jakarta dan Sekitarnya Yang Selalu Recommended

     
    View Comment
    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *