Motivasi Diri Dengan Pertanyaan yang Memberdayakan

By | September 13, 2016

Pernahkan Anda memotivasi diri sendiri dengan pertanyaan yang memberdayakan ? Seperti Anda mengajukan pertanyaaan seperti ini : Apa yang saya harus lakukan agar saya bisa mendapatkan promosi? Bagaimana agar kami bisa bekerja sama lagi? Atau pernahkan Anda bertanya pada diri Anda sendiri seperti : Mengapa gaji saya tidak naik-naik? Mengapa Saya selalu gagal dalam membangun hubungan dengan orang lain?

 

 

Memotivasi diri dengan pertanyaan

 

Pertanyaan yang berkualitas dapat menghasilkan pikiran-pikiran yang berkualitas sehingga mampu menghasilkan tindakan yang memberdayakan. Jika seseorang sering mengajukan pertanyaan yang salah dalam dirinya maka otaknya juga dapat membentuk pola pikir yang tidak memberdayakan dan memungkinkan mereka terjebak ke dalam tindakan yang tidak produktif.

Misalkan suatu hari Anda terlibat dalam suatu perselisihan di kantor dengan teman Anda. Anda merasa dicurangi oleh teman Anda. Dalam pikiran Anda berkembang pertanyaan-pertanyaan negatif yang kemudian mengembangkan pikiran negatif Anda. Misalkan : Kenapa dia mencurangi saya ? Bagaimana saya bisa percaya begitu saja dengannya ? Pikiran negatif Anda mulai bekerja berdasarkan pertanyaan yang Anda ajukan pada diri sendiri. Ini akan berbeda jika Anda mengajukan pertanyaan seperti : Apa yang perlu saya lakukan untuk menyelesaikan masalah ini? Bagaimana agar masalah ini tidak berkembang ? Anda tentunya akan mendapatkan pemikiran dan tindakan yang berbeda jika Anda melakukan pertanyaan yang berbeda. Pola pikir Anda akan terbentuk sesuai dengan pertanyaan yang Anda ajukan pada diri Anda. Jadi jika anda bertanya “Mengapa saya tidak berhasil dalam ujian ini?” Mungkin Anda akan menjawab : Saya bodoh. Saya tidak dapat mengikuti pelajaran. Atau Saya kurang suka dengan mata pelajaran tersebut. Coba bandingkan dengan pertanyaan berikut : “Bagaimana agar saya tidak mengulangi kesalahan yang sama dan dapat berhasil pada ujian berikutnya?” Mungkin Anda akan menjawab dengan : Saya perlu belajar lebih keras lagi. Saya perlu banyak bertanya dengan orang yang lebih pandai dari saya.

Kabar baiknya, Jika Anda dalam kondisi pemikiran yang tidak memberdayakan, Anda dapat dengan cepat mengalihkan perhatian Anda dengan dengan mengajukan pertanyaan baru dalam diri Anda. Otak manusia memiliki kemampuan memberikan jawaban yang lebih cepat daripada komputer tercanggih manapun di bumi. Otak dapat mencari jalan keluar dengan cara yang sangat powerfull dan menghasilkan emosi yang sangat kuat dibandingkan dengan teknologi buatan manusia.

Perlu diingat bahwa tidak hanya pertanyaan yang kita ajukan, pertanyaan produktif yang tidak kita ajukan juga dapat mempengaruhi kualitas pola pikir kita.

Orang-orang berhasil banyak mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang penting dalam hidup mereka sehingga mereka mendapatkan jawaban yang berkualitas yang mengarahkan tindakan mereka kepada tindakan yang produktif.

Michael Dell, misalnya, mendirikan Dell Computer setelah bertanya : mengapa sebuah komputer harganya 5 kali lebih mahal ketimbang harga komponen-komponennya ? Menjawab hal tersebut, Dell bukan hanya melahirkan produk yang ciamik, tetapi juga model bisnis yang revolusioner.

Saat industri mobil dalam masa-masa pertumbuhan, banyak orang yang ingin membuatnya, tetapi Hendry Ford bertanya, “Bagaimana saya bisa memproduksi mobil secara massal?”

Steve Jobs bertanya kepada dirinya sendiri setiap hari dengan pertanyaan : Jika hari ini merupakan hari terakhir dari hidup Anda, apakah Anda akan melakukan apa yang sedang Anda lakukan ?

Jadi jika Anda sedang dalam kondisi tidak produktif cobalah alihkan perhatian Anda dengan mengajukan pertanyaan yang dapat mengubah kondisi Anda.

Segera ubah pola pikir Anda yang tidak memberdayakan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang dapat memberdayakan Anda.

Dalam memberi pertanyaan jangan sampai Anda terganggu dengan ingin mendapatkan jawaban yang sempurna. Adakalanya Anda harus berhenti dan segera mengambil tindakan!

Baca juga :

Kata Kata Bijak Pendiri Facebook

Kata Kata Bijak Anthony Robbins

 
Share

One thought on “Motivasi Diri Dengan Pertanyaan yang Memberdayakan

  1. ari

    terkadang saya suka ga sadar dihinggapi pikiran negatif, sehingga bisa membuat saya drop .. cukup membantu artikelnya..trims

     
    View Comment
    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *