Manfaat Garam Untuk Kecantikan Alami

By | September 3, 2016

Manfaat-Garam

 

Garam merupakan bumbu dapur yang wajib ada di setiap rumah tangga. Setiap masakan pasti menggunakan garam agar rasanya menjadi sedap. Namun taukah Anda jika garam memiliki khasiat untuk kecantikan alami? Bagaimana cara dan manfaat apa saja yang didapat dari garam untuk kecantikan? Kita lihat penjabarannya berikut ini.

Garam yang kita kenal adalah garam yang dihasilkan dari air laut. Sebenarnya ada beberapa jenis garam seperti garam laut, garam dari tambang garam, dsb. Namun semuanya memiliki sifat yang sama untuk menyedapkan masakan. Kandungan mineral pada masing – masing jenis garam pun sangat banyak, inilah yang membuat garam juga sangat bermanfaat bagi kecantikan kita. Selain memang garam adalah bahan yang diambil dari alam, harga garam pun sangat murah.

Berikut ini Manfaat garam untuk kecantikan:

  1. Scrub Alami. Garam memiliki tekstur kasar yang dapat dipakai untuk menghaluskan kulit, terutama wajah. Sel – sel kulit mati akan dapat diangkat saat Anda menggunakan garam sebagai scrub. Anda bisa langsung menggosok garam ke wajah Anda dengan gerakan memutar. Diamkan selama 15 menit agar mineral yang ada pada garam meresap pada kulit wajah. Bilas dengan air bersih.
  2. Detoks Kulit. Sejak lama garam dikenal di dunia kecantikan. Banyak salon – salon dan klinik – klinik kecantikan menggunakan garam untuk perawatan kecantikan. Berendam di air hangat yang diberi garam selama 30 menit akan mendetoks tubuh Anda. Metode ini juga berguna untuk mengurangi pembengkakan.
  3. Sebagai toner alami. Garam bukan saja berguna sebagai scrub tetapi juga menjadi toner alami. Buat larutan air dan garam, kemudian semprotkan ke wajah Anda. Tepuk-tepuk wajah sehingga meresap. Biarkan sampai kering sehingga nutrisinya terserap kulit wajah.
  4. Obat jerawat alami. Jerawat adalah hal yang paling dibenci oleh kaum hawa. Selain mengganggu, jerawat seringkali membuat rasa percaya diri seseorang menjadi berkurang. Buat larutan garam dan dengan menggunakan kapas Anda bisa mengkompres jerawat Anda. Air garam dapat meredakan peradangan dan bengkak yang terjadi saat jerawat muncul.
  5. Mengobati infeksi akibat pedicure. Setelah Anda melakukan pedicure, terkadang muncul infeksi. Ambil garam dapur (berbentuk kubus) dan masukkan ke air hangat. Rendam kaki anda selama 30 menit. Lakukan di pagi dan malam hari. Infeksi akan sembuh dalam 2 hari.
  6. Mengatasi bibir pecah – pecah. Bibir kering dan pecah – pecah tentu akan membuat penampilan Anda tidak menarik. Tetapi Anda tidak perlu kuatir. Campur 3 sendok teh garam dengan 1 sendok teh vaseline. Oleskan pada permukaan bibir, cara ini berguna untuk mengangkat sel – sel kulit mati pada bibir. Setelah beberapa menit, seka bibir Anda dengan lap basah yang bersih, kemudian kenakan lip balm untuk melembabkan bibir Anda.

Itulah sederet manfaat dari garam untuk kecantikan. Selain murah, garam sangat mudah didapatkan mulai dari toserba, pasar, warung hingga tukang sayur keliling menjual garam. Gunakan garam yang tidak berbumbu untuk melakukan perawatan kecantikan Anda secara alami.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *