Lokasi Wisata Kuliner Di Jakarta Yang Bisa Buat Nagih

By | September 3, 2016

tempat wisata-di jakarta

 

Jakarta sebagai Ibu kota negara Indonesia memiliki banyak sekali hal yang ditawarkan. Mulai dari impian seseorang untuk sukses, tempat wisata di jakarta yang menarik (baca : Tempat Wisata Menarik di Jakarta) , banyaknya pusat perbelanjaan dan tentu saja kuliner. Seperti kita ketahui bersama bahwa masyarakat Jakarta adalah masyarakat yang majemuk. Semua suku atau etnis yang ada di seluruh nusantara ini ada di Jakarta. Semua suku yang ada di Jakarta membawa ciri kedaerahan mereka termasuk makanan. Namun makanan khas daerah luar Jakarta itu banyak pula yang berasimilasi dengan budaya lokal Jakarta (Betawi) karena permasalahan selera dan bahan masakan yang tidak dapat dijumpai di Jakarta. Inilah keunikan – keunikan yang dapat ditemukan dalam wisata kuliner di Jakarta.

Selain menawarkan tempat wisata di jakarta khususnya kuliner berupa makanan khas daerah – daerah di nusantara, makanan Internasional pun banyak ditawarkan di Jakarta. Mulai dari masakan Eropa, Amerika Serikat, Meksiko, Arab, hingga masakan Asia seperti Jepang, Tiongkok, Korea, India dll. Hal yang unik adalah masakan-masakan baik tradisional maupun Internasional dapat kita jumpai baik di pusat – pusat perbelanjaan maupun di kaki lima.

Kebutuhan makan dari warga Jakarta adalah salah satu penyebab banyaknya tempat – tempat wisata kuliner yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta. Bahkan tidak semua tempat wisata kuliner yang direkomendasikan oleh pakar kuliner, dijual di mal atau restoran yang moderen. Banyak dari antara tempat – tempat wisata kuliner tersebut justru berada di pemukiman padat penduduk atau pasar tradisional, walaupun dalam perkembangannya di kemudian hari banyak yang meniru dan mengemasnya dengan kemasan yang lebih moderen. Bahkan ada beberapa tempat yang membuka kedai atau restorannya 24 jam. Tempat – tempat makan ini sebagian besar memang sudah terkenal sejak lama, namun ada beberapa tempat makan yang sedang ‘happening’ terutama bagi kalangan muda saat ini. Berikut ini daftarnya :

 

Tempat Wisata di Jakarta untuk Jajanan Kuliner

 

Bubur Kwang Tung

Bubur Kwang Tung adalah bubur seafood khas Hong Kong. Bubur ini bisa Anda temukan di daerah Pecenongan, Jakarta Pusat. Bubur ini hanya buka pada malam hari. Anda bisa memilih rasa dan topping bubur di sini. Selain rasa seafood, bagi Anda yang tidak suka makanan laut ini bisa memesan rasa ayam dan sapi. Selain itu Anda juga bisa memesan makanan khas Tiongkok lainnya seperti tumis sayuran, tim ikan, dll. Menikmati bubur di malam hari saat Anda pulang lembur sambil bercengkerama dengan kolega atau teman – teman Anda bisa menjadi menu alternatif untuk menghabiskan malam Anda, sambil menunggu jalanan Ibu kota yang macet saat jam – jam pulang kantor.

Roti Bakar Edi

Tempat wisata di Jakarta berupa jajanan kuliner Roti bakar yang hanya buka malam hari ini awalnya terdapat kawasan kebayoran baru, Jakarta Selatan. Namun sekarang Roti Bakar Edi telah membuka banyak cabang di beberapa wilayah di Jakarta. Roti bakar keju susu adalah yang paling polpuler, selain varian lainnya. Banyaknya keju dan susu kental manis sebagai topping roti bakarnya membuat, ciri khas tempat roti bakar ini. Sambil menikmati roti bakar, Anda bisa memesan coklat hangat atau susu segar yang dijual di tempat ini. Bila Anda tidak mau memesan roti bakar, Anda bisa memesan berbagai macam olahan mie instan seperti ‘Intel’ (Indomie telur), ‘Internet’ (Indomie Telur Kornet), sate padang, dll yang ada di tempat ini.

Gado – Gado Bon Bin

Gado – gado yang terletak di kawasan Cikini, Jakarta Pusat ini telah lama dikenal karena kenikmatannya, terutama saus kacang yang dipakai. Gado – gado yang juga menjadi langganan keluarga mantan presiden RI ke 2, Presiden Suharto ini, memiliki ciri khas saus kacangnya. Kacang tanah yang dipergunakan tidak digoreng dengan minyak, namun hanya disangrai. Selain gado – gado, menu lain yang dijual di tempat ini adalah lontong cap gomeh, nasi rames, ayam goreng, dan minuman seperti es shanghai, es cendol, dan es kelapa muda. Dinamai Gado – gado Bon Bin karena dahulu lokasi berjualan gado – gado ini dekat dengan lokasi bon bin (Kebon Binatang) di Cikini.

Soto Jakarta Pak Yus

Soto di tempat ini adalah soto khas Jakarta atau yang lebih dikenal dengan Soto Betawi. Soto yang umumnya dibuat dari kuah santan dan daging sapi ini, disajikan dengan berbagai macam isian, seperti lidah sapi, jeroan, kikil, paru, iso, dsb. Soto Jakarta Pak Yus berada di daerah Menteng, Jakarta Pusat tepatnya di Jalan Teuku Umar.

Asinan Betawi Ibu Yenni

Berada di Jalan Lamandau, Blok M – Jakarta Selatan ini menjual asinan khas Betawi. Asinan sayur dan buah disajikan di warung ini. Karena sempitnya tempat dagangan ini, maka banyak orang yang membeli untuk dibawa pulang.

Rumah Baba

Rumah makan khas Betawi yang terletak di Jalan Senopati Jakarta Selatan ini menempati gedung bergaya tahun 1970 an dan mereka menambah dekorasi restorannya dengan memarkir motor – motor tua di depannya. Para pekerjanya pun menggunakan baju tradisional khas Betawi. Bahkan para pekerja pria mengenakan kostum layaknya “Si Pitung”. Pahlawan Masyarakat Betawi. Di restoran ini kita bisa menikmati masakan Betawi seperti sop kaki sapi, sop sum-sum sapi yang disajikan dengan tulang sapi utuh dalam mangkuk dengan sedotan di atasnya. Anda bisa menikmatinya dengan menyedot sumsum sapi ini dengan sedotan yang disediakan.

RM Betawi Haji Nasnun

Rumah makan yang berada di Jalan M. Kahfi II, Srengseng Sawah – Jagakarsa ini dikelola secara turun temurun. Restoran ini hanya menyajikan 3 menu pokok yaitu, Pecak Gurame, Gabus Pucung, dan Sop Daging Sapi. Menu ini dikelola dengan menggunakan resep turun – temurun juga. Menu yang paling diminati adalah Pecak Gurame. Sambal pecak yang terbuat dari kacang mede ini merupakan ciri khas dari rumah makan ini. Lokasi Rumah makan ini berdekatan dengan Kampung Betawi Setu Babakan. Jadi setelah Anda mengelilingi dan belajar budaya Betawi di Kampung Betawi, Anda bisa langsung mencicipi makanan khas Betawi di rumah makan Haji Nasnun ini.

Restoran Bumbu Betawi Mpok Ani

Restoran khas Betawi ini terletak di Jalan Antasari, Jakarta Selatan. Untuk memperkuat image Betawi, restoran ini pun dirancang dengan bentuk arsitektur rumah adat Betawi (Rumah Bapang). Makan khas Betawi yang disajikan adalah Soto Betawi, Soto Tangkar, Laksa Betawi, Asinan Betawi, dll. Resep yang dipakainya pun merupakan warisan turun –temurun dari nenek moyang dan dijamin ke otentikan rasanya.

Bebek Kaleyo

Bagi pecinta masakan berbahan bebek, Anda bisa datang ke Jalan Radin Inten, Jakarta Timur. Swelain menyajikan masakan bebek yang nikmat dan lezat, tempat di restoran ini pun sangat nyaman bagi Anda dan keluarga untuk sekedar bersantap siang atau malam sambil bercengkrama bersama. Anda bisa menikmati makanan olahan bebek seperti bebek bakar, bebek rica, bebek goreng kremes, sate bebek, bebek cabai hijau, bebek cetal, dsb. Restoran yang buka dari jam 11 siang sampai jam 10 malam ini dikenal memiliki daging bebek yang empuk dan gurih.

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Nasi goreng memang santapan yang sangat akrab bagi masyarakat Indonesia. Nasi goreng kambing yang terletak di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda pecinta masakan nasi goreng. Racikan bumbu nasi goreng dengan bumbu kari, yang terpengaruh dari masakan khas timur Tengah, dipadukan dengan daging kambing tentu akan memanjakan lidah penikmatnya.

Bandar Jakarta

Terletak di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol ini menawarkan menu khas laut (Seafood). Selain lokasinya persis di sebelah teluk Jakarta, dimana Anda bisa melihat aktifitas para nelayan yang lalu lalang, Anda juga bisa memilih langsung ikan, udang, cumi – cumi, kepiting, dll yang Anda hendak konsumsi. Jenis olahan makanan yang ditawarkan pun sangat variatif. Untuk urusan rasa, Bandar Jakarta tak perlu diragukan lagi kelezatannya. Sekali Anda mencobanya Anda pasti akan ketagihan.

Burger Blenger

Burger Blenger adalah burger karya anak bangsa yang meroket kepopulerannya karena daging burger yang besar dan tebal, serta memiliki bumbu barbecue yang lezat. Makanan khas negeri paman sam ini awalnya dibuka di tiga tempat di Jakarta yaitu di daerah Lamandau, Blok M, Bintaro dan Senopati. Namun kini Burger Blenger telah banyak cabangnya di Jakarta. Selain digandrungi anak muda karena rasa dan harga yang ditawarkan, biasanya anak muda suka menikmatinya sambil nongkrong bersama teman – teman mereka. Menu yang disajikan selain Buger adalah Hot dog dan Kentang goreng (French Fries) serta berbagai minuman soda.

Abuba Steak

Warung Steak yang berada di Jalan Cipete Raya Jakarta Selatan ini sudah dikenal sejak lama. Steak yang ditawarkan pun sekelas dengan steak yang ada pada restoran – restoran mahal ataupun hotel – hotel terkenal. Kini warung steak Abuba banyak memiliki cabang di hampir seluruh wilayah Jakarta. Dengan porsi yang besar dan saus steak yang lezat, membuat Anda akan ketagihan apabila mencobanya. Selain menjual daging sapi Indonesia, di Abuba Steak, Anda dapat memilih daging impor seperti dari Amerika Serikat dan Australia. Bahkan daging sapi kualitas premium seperti Wagyu dan Kobe pun dapat Anda pesan di Steak Abuba ini.

Warung Nagih

Tempat makan yang selalu ramai diserbu oleh para pelajar dan pegawai kantoran ini terletak di Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan. Hal ini karena harga di warung nagih ini sangat terjangkau. Makanan yang dijual pun sangat lezat dan cocok untuk menemani kita untuk nongkrong. Makanan seperti roti bakar keju dan coklat, berbagai macam olahan mie instan yang unik hingga chicken wings, dimsum, dll. Berbagai macam varian minuman yang dijual pun sangat bervariasi, seperti es teh Thailand, es stroberi susu, bermacam – macam kopi, coklat, dll dijual di sini. Warung Nagih buka dari siang hingga jam 1 malam.

Warteg Warmo

Warung makan Tegal yang kita kenal dengan sebutan warteg ini terletak di daerah Tebet, Jakarta Selatan. Warteg yang buka 24 jam ini adalah warung Tegal yang paling lengkap menu masakannya. Hal ini karena sang pemilik yang memiliki konsep ‘toserba’ pada wartegnya. Beliau akan sangat sedih jika pelanggannya harus kecewa karena lauk – pauk yang diinginkannya tidak tersedia di tempat makannya Disebut Warmo karena letaknya yang mojok di perempatan jalan. Warung Tegal ini sangat direkomedasikan untuk dicoba.

Gulai Tikungan

Gulai Tikungan yang banyak dijumpai di sepanjang kawasan Bulungan, Jakarta Selatan ini akrab disebut ‘Gultik’. Gulai sapi dengan nasi dan kerupuk ini dijual malam hari di emperan –emperan jalan. Namun, penikmatnya bisa dibilang dari berbagai kelas sosial. Banyak pula mobil – mobil mewah yang parkir untuk makan gulai ini, sambil nongkrong dengan kolega atau teman – temannya. Selain murah, Anda juga bisa ‘cuci mata’ melihat orang yang lalu lalang di kawasan ‘gaul’ kota Jakarta ini. Apabila Anda tidak menyukai gule, Anda juga bisa membeli makanan lain yang ada di situ seperti nasi goreng, sate, dll.

Indomie Abang Adek

Sesuai namanya, warung makan ini menyediakan berbagai macam olahan mie instan. Tempat makan yang dibuat dengan konsep unik dan menarik ini sangat digandrungi oleh anak – anak muda. Berlokasi di daerah Grogol – Jakarta Barat, tempat makan ini menyajigan olahan Indomie goreng dengan berbagai macam variasi. Bagi yang memiliki selera makan pedas, Anda bisa memesan Indomie dengan berbagai level pedasnya.

Nasi Goreng Gila Menteng

Nasi goreng gila yang banyak dijajakan malam hari di sepanjang jalan Menteng, Jakarta Pusat ini banyak dipenuhi pembeli, terutama saat akhir pekan. Walaupun hanya duduk di bangku plastik di trotoar jalan atau makan di mobil, namun tempat makan yang satu ini sudah ‘in’ sejak dahulu hingga kini. Nasi goreng yang ditambahi toping daging ayam dan sosis yang digoreng menggunakan bumbu kari ini, bisa dinikmati dengan sate ayam atau sate kambing yang juga dijual di kawasan ini.

Ragusa Es Krim Italia

Bagi Anda yang ingin menikmati es krim yang lembut dan lezat, Anda harus mencoba es krim yang satu ini. Terletak di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, ini memang didirikan oleh dua orang berkebangsaan Italia, Vincenzo Ragusa dan Luigie Ragusa. Maka tak heran, apabila es krim ini benar – benar memiliki cita rasa Italia yang khas, namun dengan harga yang terjangkau.

Social House

Tempat makan yang terletak di Mall Grand Indonesia ini adalah restoran yang digadang – gadang merupakan tempat makan paling enak di Jakarta. Tempat makan yang memiliki menu andalan iga bakar sambal ijo dan capricciosa pizza ini selain menyuguhkan makanan enak, juga menyajikan pemandangan kota Jakarta dari Restorannya. Restoran high class ini cukup menguras kantong Anda, walaupun pada waktu jam makan tiba dan akhir pekan selalu dipadati pengunjung.

Restoran Garuda

Rumah makan Garuda adalah rumah makan yang menjual makanan khas Melayu. Rumah makan yang juga terkenal di Malaysia ini memiliki konsep elegan dan ekslusif yang membuat pengunjungnya betah berlama – lama di restoran tersebut. Awalnya Restoran ini dibuka di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, namun kini telah memiliki banyak cabang di Jakarta. Restoran ini pernah menjadi restoran terbaik di Asia.

Dim Sum Inc.

Tempat makan yang berada di kawasan Food festival Kemang, Jakarta Selatan ini adalah tempat makan yang ‘happening’ bagi kaum muda yang rata rata menjadi pelanggan tempat ini. Di sini kita bisa memesang berbagai macam dimsum seperti, Hakau, Siomay, dll. Selain itu bagi pecinta Shisha, Anda juga dapat menikmatinya di tempat ini.

Martabak Boss

Martabak yang menjadi camilan favorit masyarakat Indonesia ini kini sudah mengalami berbagai macam modifikasi. Martabak manis dengan berbagai varian rasa seperti coklat keju, duren, martabak nanas, martabak toblerone, sampai martabak pandan pun ditawarkan di sini. Martabak boss dijual di dearah Menteng, Jakarta Pusat ini buka dari jam 6 sore.

Sebagai kota metropolitan, Jakarta memang harus memuaskan setiap orang yang tinggal di kota ini dengan salah satu caranya adalan makanan. Makanan juga menjadi alat untuk menyatukan semua kalangan dan keberagaman suku dan agama di Jakarta. Bagi penikmat kuliner, Jakarta adalah tempat yang sangat memanjakan Anda untuk berwisata kuliner.

Demikianlah info tempat wisata di jakarta untuk jajanan kuline khas daerah atau khas jajanan luar negeri. Semoga info di atas dapat menginspirasi Anda yang sedang mencari tahu tempat asik untuk makan bersama keluarga di Jakarta dan sekitarnya.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *