Kutipan Kata Bijak Nabi dan Alquran Agar Hidup Semangat dan Bahagia

By | September 3, 2016

kata kata bijak islami

 

Nabi Muhammad SAW ialah junjungan kita sebagai umat islam. Banyak hadis yang mengandung kata kata bijak islami yang bisa kita gunakan sebagai pedoman dan panutan dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Selain hadis Nabi Muhammad SAW, kamu juga bisa menggunakan Al-Quran sebagai pedoman dan inspirasimu utama kamu.

HADIST NABI

Nah, berikut ini merupakan beberapa sabda Nabi Muhammad SAW yang dikutip dari beberapa hadis. Semoga kamu bisa mendapatkan inspirasi dan memahami makna yang terkandung di dalamnya.

 

Kata Kata Bijak Islami

 

Perbuatan amal

“Seorang Muslim yang menanam pohon atau menabur benih pada bidang tanah, di mana manusia, burung dan hewan bisa memakannya, adalah melakukan perbuatan amal”. (HR Muslim)

Pahala tak selamanya didapatkan dari beribadah kepada Allah SWT saja. Namun, menanam tanaman yang mana hewan dan manusia bisa memakannya merupakan suatu perbuatan amal yang mendatangkan pahala. Ayo rajin menanam tanaman. Jika tidak memiliki ladang yang luas, kamu bisa memanfaatkan tanah pekarangan ataupun bertanam di dalam pot.

Semir untuk jantung

Ada sebuah semir untuk segala sesuatu yang menghapus karat, dan semir untuk jantung adalah dengan mengingat Allah” (HR Bukhari)

Jika kamu ingin memiliki jiwa yang tenang dan damai, perbanyaklah mengingat Allah SWT di manapun dan kapan pun berada. Gunakan waktu sebaik-baiknya untuk beribada kepada Allah. Jangan lupa untuk selalu berdzikir menyebut nama Allah di setiap kesempatan yang kamu miliki.

Tindakan yang terbaik

Tindakan apa yang paling baik? Dengan menggembirakan hati manusia, memberi makan orang yang lapar, membantu para korban, meringankan kesedihan yang sedih, dan menghilangkan penderitaan yang terluka”. (HR Bukhari)

Jika kamu bertanya mengenai tindakan apa yang paling baik untuk dilakukan, sebenarnya ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan. Berusahalah untuk menyenangkan hati orang lain. Jangan sekali-kali kamu melukai perasaan orang lain karena kamu akan mendapatkan dosa. Selain itu, ketika ada orang yang kelaparan, berilah makanan. Kata kata bijak Islami di atas merupakan renungan bagi kita agar selalu menjalin hubungan baik antar sesama manusia di muka bumi ini.

Amal yang baik

Amal yang paling dicintai oleh Allah adalah yang terus menerus meski hanya sedikit”.

Kata kata bijak Islami ini memiliki makna yang bisa kamu lakukan setiap hari. Dalam beribadan kepada Allah, lakukan ibadah secara terus menerus meskipun hanya sedikit. Sesungguhnya yang demikian ini lebih dicintai oleh Allah SWT.

Ingat mati

Perbanyaklah kamu mengingat mati, karena hal itu bisa membersihkan dosa dan menyebabkan zuhud atau tidak cinta kepada dunia”.

Ketika kita terlalu sibuk dengan urusan duniawi, cobalah untuk selalu mengingat mati. Dengan cara ini kamu akan berhati-hati dalam bertindah dan berucap karena takut akan dosa.

Tanda orang celaka

Tanda-tanda orang yang celaka antara lain: Bergairah dalam mengerjakan perbuatan-perbuatan haram, dan menjauhi nasihat”.

Janganlah kita termasuk sebagai orang yang celaka. Padahal, sesuatu yang haram biasanya susah mendapatkannya dan tidak gratis, lalu perbuatan yang mendapatkan pahala sangat mudah dilakukan tanpa biaya. Namun kenyataannya orang lebih menyukai untuk berbuat maksiat dibandingkan berbuat kebajikan untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Jangan anggap remeh kebajikan yang kecil

Jangan sekali-kali kamu menganggap remeh kebajikan meski kelihatannya tidak berharga, yaitu seperti ketika kamu  menyambut temanmu dengan menampakkan wajah berseri-seri

Kata kata bijak Islami ini sangat menginspirasi. Sebagai manusia, kita diperintahkan untuk selalu berusaha berbuat baik, meskipun perbuatan itu sangat sepele. Misalnya, sambutlah tamu atau teman dengan wajah berseri karena hal ini akan membuat orang lain merasa senang dan nyaman.

Kutipan Kata Bijak Tentang Bersyukur atas nikmatNya

Lihatlah orang-orang yang dibawahmu dalam urusan harta dunia, dan jangan sekali-kali melihat yang berada di atasmu, supaya kamu tidak meremehkan karunia Allah yang diberikan kepadamu”.

Kamu bisa berguru dari kutipan kata bijak Nabi tersebut. Biasanya, orang tidak akan merasa puas dengan apa yang sudah diperolehnya. Apalagi ketika mendapati banyak teman-temannya yang bisa membeli beberapa barang baru.

Jika kamu berada dalam kondisi seperti ini, cobalah untuk menengok ke bawah karena masih ada banyak orang yang keadaan ekonominya berada di bawah kamu. Dengan cara ini kamu akan lebih mudah bersyukur atas apa yang telah kamu dapatkan.

Berbuat baik kepada orang lain

 “Allah tidak akan memberikan belas kasihan kepada siapa pun, kecuali orang-orang yang memberikan rahmat bagi makhluk lain.” (Abdullah b Amr:. Abu Dawud & Tirmidzi)

 Jika kamu ingin dikasihani oleh Allah, cobalah untuk berbelas kasih kepada sesame yang nasibnya tidak seberuntung kamu. Sungguh Allah hanya akan memberikan belas kasihnya kepada hambaNya yang berbagi untuk orang lain. Inilah jawaban mengapa orang yang rajin sedekah tidak akan pernah miskin. Allah selalu melipatgandakan harta orang yang mau dipergunakan di jalan Allah.

Pandai-pandailah bersyukur

Ketika Anda melihat seseorang yang telah diberikan kekayaan dan keindahan melebihi Anda, lihatlah orang-orang yang masih mampu bersyukur meski dalam kekurangan.” (HR Muslim)

Hal yang wajar ketika kita melihat orang yang memiliki harta melimpah memiliki perasaan ingin seperti mereka. Namun, sebenarnya hal ini tak lebih baik dibandingkan dengan melihat seseorang yang kondisi keuangannya di bawah kamu, namun dia masih bisa bersyukur atas nikmat Allah SWT. Sungguh hal ini akan membuat malu kita karena tidak bisa seperti dia yang tetap berterima kasih dan bersyukur meskipun harta yang didapatkan tidak seberapa.

Perilaku yang terpuji

Lebih baik duduk sendirian daripada ditemani dengan keburukan; dan lebih baik duduk dengan baik daripada sendirian. Lebih baik berbicara dengan seorang pencari pengetahuan daripada tetap diam; tapi lebih baik berdiam diri daripada mengucapkan kata-kata kurang sopan. “(HR Bukhari)

Dalam menjalani kehidupan ini, pastinya ada berbagai halangan dan cobaan yang harus kita hadapi. Selain itu, kita akan menghadapi dua pilihan. Benar seperti kutipan kata bijak nabi karena lebih baik sendirian daripada ditemani keburukan, dan lebih baik diam daripada berkata sesuatu yang tidak baik. Namun hal tersebut akan lebih baik dibandingkan dengan duduk dengan baik serta mengucapkan mengenai kebaikan kepada orang lain.

Ajarkan sopan santun kepada sang anak

Sesungguhnya, seorang laki-laki yang mengajarkan sopan santun kepada anaknya lebih baik daripada memberikan satu gantang gandum untuk disedekahkan.” (HR Muslim)

 Allah akan lebih memuliakan seorang ayah yang mau mengajarkan tentang sopan santun dan tata karma kepada anaknya. Meskipun memberikan sedekah kepada orang miskin sangat mulia, namun hal ini tak lebih baik dibandingkan dengan mendidik anak sebab anak adalah titipan Allah yang harus dipertanggungjawabkan. Anak bisa menyeret orang tua ke neraka, bisa juga mengajak ke surga. Sudah sepantasnya sebagai orang tua selalu mendidik dan membekalinya dengan ilmu agama sehingga bisa tumbuh menjadi anak yang sholeh dan shalihah.

Berbuat baik kepada sesama manusia

Siapapun yang baik, Allah akan baik padanya; Oleh karena itu bersikaplah baik kepada manusia di bumi. Dia akan menunjukkan belas kasihan pada Anda “(Abu Dawud: Tirmidzi).

Allah memerintahkan manusia untuk tak hanya melakukan ibadah secara vertikal (hubungan manusia dengan Allah SWT) , namun juga memerintahkan untuk beribadah secara horizontal (hubungan manusia dengan manusia yang lainnya). Kedua jenis ibadah ini akan saling berkaitan. Nah, mulai sekarang jaga tingkah laku kepada sesama manusia, jangan sampai menyakitinya. Jika kamu berbuat baik kepada orang lain, maka Allah SWT yang akan membalas semua kebaikanmu.

Rencana Allah lebih indah

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui” (QS.Al-Baqarah/2: 216)

Kata bijak ini dikutip dari Al-Quran ini memerintahkanmu supaya selalu beranggapan dan berlaku positif terhadap apa yang menimpamu sebab itu semua karena takdir dari Allah SWT. Ketika apa yang kamu kehendaki tidak bisa terwujud, percayalah bahwa ada rencana yang lebih indah dari Nya untukmu. Sedangkan apa yang kamu inginkan tersebut belum tentu baik untukmu.

Semua karena Allah SWT

Jika Allah menolong kamu, maka tak ada orang yang dapat mengalahkan kamu; jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu? Karena itu hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakkal”. (QS.Ali Imran/3:160)

Sebenarnya segala hal yang ada pada dirimu ialah titipan Allah. Bahkan, ketika kamu memiliki suatu ketrampilan atau kelebihan, semua karena Allah. Tanpa bantuan atau pertolongan Allah kamu bukan siapa-siapa. Kita sebagai hambaNya haruslah selalu berusaha semaksimal mungkin dan mengharap pertolongan dari Allah SWT.

Bersikap sabar dan dirikan shalat

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’ ”. (QS.Al Baqarah/2: 45)

Sesuai dengan firman Allah dalam Al-Quran, kita diperintahkan untuk berpegang teguh pada shalat dan bersikap sabar. Kedua hal tersebut memang tidak mudah dilakukan. Namun, yakinlah kamu bisa melakukannya agar termasuk sebagai orang yang bertakwa dan beriman.

Nikmat Allah

Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (QS. An-Nahl/ 16:18)

Sungguh tiada terbatas nikmat Allah yang telah kamu dapatkan. Bahkan, jika kamu mencoba menghitungnya, jumlahnya tak dapat kamu dapatkan karena terlalu banyak. Misalnya saja nikmat oksigen yang bisa kamu dapatkan secara gratis. Seandainya kamu harus membayar untuk mendapatkannya, tentu kamu akan mengeluarkan uang yang tidak sedikit jumlahnya.

Nikmat sedekah

Siapaka yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah ), maka Allah akan memperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lopat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezki) dan kepadaNyalah kamu dikembalikan”. (QS. Al-Baqarah/2:245)

Tak ada orang yang jatuh miskin karena rajib bersedekah. Justru Allah telah berjanji untuk menambah harta bagi orang yang senang bersedekah. Sebaliknya, orang yang pelit menyedekahkan sebagian hartanya akan disempitkan pintu rezekinya.

Allah selalu bersamamu

Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah selalu bersama kita”. (QS.At-Taubah 40)

Ketika kamu mengalami masalah yang berat, kamu harus tabah dan ikhlas dalam menjalaninya. Jangan terlalu berduka cita karena kamu memiliki Allah SWT yang selalu menemanimu. Mintalah apa yang kau inginkan kepadaNya. Sesungguhnya Allah akan mengabulkan doa hambaNya yang bertakwa.

Semua milik Allah dan akan kembali kepadaNya

Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang ketika ditimpa musibah mereka mengucapkan Sungguh kita semua ini milik Allah, dan Sungguh KepadaNya lah kita kembali”. (QS.al-baqarah;155-156)

Meskipun melakukan kesabaran itu tidak mudah, namun dengan usaha yang keras kamu akan bisa melakukannya. Segala apa yang terjadi pada diri kita pasrahkan saja pada Allah SWT. Yakinlah karena kita semua adalah milikNya sehingga Allah SWT akan menjaga kita semua.

Jangan putus asa

Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah melainkan orang-orang yang kufur (terhadap karunia Allah).” (Q.S. Yusuf: 87)

Yakinlah bahwa selalu ada harapan bagi Allah yang selalu mau berusaha. Agama islam tidak membolehkan kita untuk bersikap putus asa. Tanamkan semangat pada dirimu sehinga kita bisa menjalani hidup dan berjuang untuk lebih baik lagi.

Berharap pada Allah

Dan hanya kepada Tuhanmulah (Allah SWT), hendaknya kamu berharap”. (Qs Al Insyirah: 8)

Jangan berharap kepada siapapun selain hanya kepada Allah SWT. Sebab hanya Allah yang memiliki kekuatan dan Dia Maha Menolong hambaNya. Hanya Allah yang bisa diandalkan tak terkecuali.

Minta kepada Allah SWT

Berdoalah (mintalah) kepadaKu (Allah SWT), Pastilah aku kabulkan untukmu”. (QS. Al-Mukmin : 60)

Allah SWT telah memerintahkan kita semua untuk selalu berdoa dan meminta sesuatu kepadaNya. Dia berfirman akan mengabulkan setiap doa yang dilantunkan oleh hambaNya. Jangan mengeluh karena ada Allah yang senantiasa bisa kita mintai pertolongan dalam segala urusan.

Berdoalah kepada Allah SWT

Apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu (Wahai Muhammad) tentang Diriku, maka jawablah, bahwa Aku ini dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepadaKu, maka hendaknya mereka itu memenuhi perintahKu dan hendaklah mereka yakin kepadaKu, agar mereka selalu berada dalam kebenaran“. (Al-Baqarah : 186)

Allah SWT selalu dekat dengan hambaNya yang selalu bertakwa dan beriman. Allah bahkan menjanjikan akan mengabulkan setiap doa hamba yang meminta kepadaNya asalkan mau melakukan segala perintahNya dan menjauhi segala laranganNya. Kemudian, janganlah merasa ragu terhadap Allah SWT.

Jadilah orang beriman

Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi derajatnya, jika kamu orang-orang yang beriman.” (Q.S. Al-Imran: 139)

Allah SWT menjadikan manusia sebagai manusia yang paling tinggi derajatnya. Di antara manusia yang lainnya, Allah tidak pernah membedakan berdasarkan harta kekayaan maupun kecantikan fisik. Allah hanya menilai derajat manusia dengan iman dan takwanya.

Cobaan yang datang padamu, sesuai dengan kemampuanmu

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kadar kesanggupannya.” (Q.S. Al-Baqarah: 286)

Jangan bersedih hati jika kamu mengalami cobaan sebesar apapun itu. Yakinlah bahwa kamu bisa melaluinya karena Allah SWT tidak mungkin memberikan cobaan diluar kemampuan hambaNya.

Jangan putus asa

Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.” (Q.S. Al-Insyirah: 5-6)

Tak seharusnya kamu kehilangan semangat ketika menghadapi suatu kesulitan hidup. Percayalah bahwa dibaliknya ada kemudahan. Tak ada suatu masalah yang tak dapat diselesaikan. Yang perlu kamu lakukan ialah bersemangat mencari solusi dari permasalahan yang kamu hadapi.

Itulah beberapa kumpulan kata kata bijak Nabi dan AL-Quran agar hidup semangat dan bahagia. Semoga bermanfaat sehingga kamu bisa mengambil hikmahnya dan menjadikannya sebagai pedoman hidup.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *