Kumpulan Kata Bijak Dari Mark Zuckerberg Pendiri Facebook

By | September 4, 2016

kata kata-bijak-mark-zuckerberg

 

Berikut ini merupakan kumpulan kata kata bijak dari salah seorang pemuda paling sukses di dunia pendiri Facebook Mark Zuckerberg. Sebagaimana kita tahu, hampir seluruh orang di muka bumi ini mengenal Facebook. Berkat kecanggihannya, Facebook banyak dimanfaatkan untuk bersosialisasi dengan satu orang dengan yang lainnya, bahkan banyak juga yang menggunakan Facebook untuk membagikan informasi-informasi penting serta untuk mempromosikan suatu barang atau jasa.

Melalui Facebook, kita bisa menemukan teman lama semasa kecil, atau menemukan keluarga yang tinggal berada jauh. Tentu saja hal ini sangat menyenangkan karena kamu bisa berkomunikasi dengan mereka.

Di balik ketenaran Facebook, tahukan kamu siapa pendirinya? Pendiri Facebook ialah Mark Zuckerberg. Dia seseorang yang memiliki ciri khas sederhana. Bahkan, dia selalu tampil dengan memakai kaos oblong yang berwarna abu-abu. Setiap ada acara, dia selalu tampil dengan ciri khasnya yaitu memakai kaos oblong abu-abu. Tentu saja, ini sangat menginspirasi kita semua karena walaupun ia sudah menjadi orang kaya, dia selalu menjunjung tinggi nilai kesederhanaan. Dia tak pernah terlihat sombong. Inilah yang sangat mengagumkan dari sosok Mark Zuckerberg. Tak banyak orang kaya yang memiliki kesederhanaan seperti dia.

Pada kesempatan kali ini, pertamakali.com akan mengulas mengenai kata bijak dari Mark Zuckerberg sehingga kamu bisa menggali inspirasi darinya lebih dalam.

 

Kata Kata Bijak Mark Zuckerberg

 

Resiko terbesar

“Risiko terbesar di dunia ini adalah tidak mengambil risiko apapun. Dunia ini berubah amat cepat, satu-satunya strategi yang dijamin tidak akan gagal adalah tidak mengambil risiko apapun!”

Kata kata bijak dari Mark Zuckerberg ini sangat benar. Kamu akan tahu jika sesungguhnya resiko terbesar ialah ketika kamu tidak memulai melakukan suatu tindakan. Karena dengan begitu, kamu tak memiliki kesempatan untuk berhasil. Kamu hanya akan gagal sekali dan selamanya keadaanmu seperti itu. Berbeda ketika kamu bertekad memulai suatu bisnis. Di awal, kamu yang tak tahu apa-apa seiring waktu akan mengetahui bagaimana ilmu bisnis itu, strategi apa yang harus kamu lakukan, resiko seperti apa yang akan kamu dapatkan jika melakukan suatu tindakan tertentu dan sebagainya.

Ciptakan hal baru

Orang yang sukses adalah orang yang selalu menciptakan hal-hal baru serta mencari cara untuk membuat peningkatan.”

Jika kamu ingin menjadi orang yang sukses, mulai sekarang segera lakukan perubahan. Kamu harus memutar otak dan gunakan daya kreativitasmu untuk bisa menciptakan sesuatu yang baru.

Kamu juga harus selalu melakukan suatu peningkatan serta perbaikan. Suatu bisnis akan mampu berkembang jika kamu selalu membuat perubahan dengan peningkatan kualitas produk atau layanan jasa dari sebelumnya.

Kerja sama

Keterbukaan dan transparasi, membangun komunitas, membuat kolaborasi, itu semua merupakan bagian cara kita bekerja bersama-sama.”

Marck Zuckerberg memberikan kutipan kata bijak mengenai kerja sama. Dalam suatu bisnis, kita sangat membutuhkan adanya jalinan kerja sama dengan orang lain. Suatu misi akan cepat tercapai jika kamu melakukannya secara bersama-sama.

Setiap orang pasti memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Hal ini akan membuat adanya rasa saling melengkapi dalam suatu tim.

Bekerja keras mencapai kesuksesan

Saya pikir orang mempunyai banyak fiksi tentang kami. Tetapi Anda tahu, cerita sesungguhnya dari Facebook adalah kami bekerja keras sepanjang waktu. Bahkan kami duduk didepan komputer selama lebih 6 tahun.”

Kata kata bijak dari Mark Zuckerberg di atas memberikan motivasi kepada kita semua untuk selalu bekerja keras ketika ingin mencapai sesuatu. Tak ada kesuksesan yang didapatkan secara instan. Kamu perlu melakukannya dengan penuh perjuangan karena ada serangkaian proses yang membutuhkan waktu lama.

Bahkan, seroang Mark Zuckerberg melakukan usaha kerasnya dalam membangun Facebook selama 6 tahun dan dia duduk di depan komputer secara terus menerus. Tentu hal ini tidak mudah dilakukan. Dengan semangat dan kerja kerasnya, kini Mark bisa menikmati hasil jerih payahnya selama 6 tahun yang tentunya sangat membosankan itu.

Kerjakan yang mudah terlebih dahulu

Saya pikir aturan sederhana bisnis adalah, jika Anda melakukan hal-hal yang lebih mudah terlebih dahulu, baru kemudian Anda benar-benar dapat membuat kemajuan.”

Seorang pebisnis bisa dikatakan telah mengalami kemajuan jika kamu sudah mampu melakukan hal-hal yang dianggap mudah di awal perjuangan. Jangan mudah menyerah ketika menghadapi suatu permasalahan di awal membuka usaha bisnis. Ini masih dikategorikan sebagai masalah yang ada di level rendah.

Hidup dan jalani bisnis dengan sederhana

Dalam melakukan pekerjaan, belajar dan berkembang sebagai pribadi. Anda hanya tumbuh lebih ketika Anda mendapatkan perspektif lebih banyak dari orang lain. Saya benar-benar mencoba dan menjalani misi perusahaan dan menjaga segala sesuatu dalam hidup saya dengan sangat sederhana.”

Menjalani hidup sengan kesederhanaan ialah prinsip hidup Mark Zuckerberg. Dia adalah orang yang sangat sederhana, termasuk dalam menjalankan pekerjaan bisnisnya. Dia selalu mau belajar hal-hal yang baru dari orang lain.

Misi yang kuat dan tim yang solid

Kami punya tradisi hackathon, yang didalamnya para staf dan sejumlah jajaran Facebook terjaga sepanjang malam untuk membuat sesuatu yang berguna.”

Dibutuhkan tim yang solid dan mau bekerja keras untuk bisa mencapai sesuatu yang sangat luar biasa. Kata bijak dari Mark Zuckerberg ini memberikan inspirasi bahwa Facebook dibangun oleh kekuatan tim yang mau bekerja keras sepanjang malam.

Tinggal dekat kantor

Saya ingin tinggal di dekat kantor, saya mau setiap pagi bisa berjalan kali 10 menit untuk menuju tempat kerja.”

Memiliki rumah atau tempat tinggal yang letaknya dekat dengan kantor membuatmu lebih nyaman. Produktivitas kerja akan semakin meningkat karena kamu tidak akan kelelahan di perjalanan. Inilah yang diinginkan oleh Mark bahwa ia ingin memiliki tempat tinggal yang lokasinya dekat dengan kantornya sehingga dia bisa berjalan kaki hanya membutuhkan waktu 10 menit.

Memikirkan untuk jangka panjang

Saya harus berfikir jangka panjang, memilih mana yang akan berhasil. Tujuan saya adalah membangun value yang sejati bagi pengguna dalam jangka panjang.”

Kebanyakan orang saat ini tergiur dengan keuntungan jangka pendek ini. Galilah inspirasi dari kutipan kata bijak dari Mark Zuckerberg ini bahwa kita harus fokus terhadap keuntungan jangka panjang karena kesuksesan sejati bermula dari sini.

Biarkan anak-anak bermain

Membiarkan anak-anak bermain dengan sesuatu merupakan salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan.”

Jika saat ini kamu sudah menjadi seorang ayah atau ibu, biarkan anak untuk bermain dengan hal yang dia suka. Bisa jadi apa yang anak kamu sukai menjadi pekerjaan yang bisa membawanya kepada kesuksesan.

Hal yang sama dialami oleh Mark Zukerberg bahwa sejak kelas 6 SD dia sudah menyukai komputer dan tertarik mempelajarinya. Ternyata, di usianya yang ke 19 dia berusaha menciptakan Facebook, dan berhasilah dia menjadi orang sukses yang masih muda. Oleh karena itu, kata bijak dari Mark Zuckerberg ini sangat memotivasi kita untuk membiarkan anak bebas menggali potensi yang ada pada dirinya.

Bertindak cepat

Bergeraklah dengan cepat dan hancurkan apapun hal yang menghalangi. Jika Anda tidak bisa menghancurkan sesuatu, itu berarti Anda tidak bergerak dengan cukup cepat.”

Seorang pebisnis sukses harus mampu melakukan tindakan yang cepat dengan pertimbangan yang matang. Jangan sampai keputusan yang kamu ambil salah sehingga memberikan kerugian bagi bisnis mu. Berpikir dan bertindak cepat harus kamu kuasai sehingga bisa menyelamatkan bisnis dari kebangkrutan.

Tujuan membuat Facebook

Facebook aslinya tidak dibangun untuk menjadi perusahaan. Facebook dibangun untuk misi sosial – untuk membuat dunia lebih terbuka dan saling terhubung

Bangunlah suatu bisnis dimulai dari hal yang kecil. Kata bijak dari Mark Zuckerberg ini maksudnya ialah Facebook dibangun tidak serta merta untuk menjadi suatu perusahaan yang besar.

Akan tetapi, pada mulanya dia hanya ingin menciptakan Facebook dengan misi sosial. Ternyata, sesuatu yang berguna untuk orang banyak, bahkan mendunia akan cepat berkembang dengan pesat.

Kekuatan berbagi

Dengan memberikan orang kekuatan untuk berbagi, kami membuat dunia menjadi lebih transparan

Saat ini banyak orang di seluruh penjuru dunia menikmati manfaat Facebok bagi kehidupannya. Bahkan orang yang tinggalnya di suatu negara tertentu, bisa berkomunikasi dengan orang yang tinggal di negara yang berbeda. Jarak bukan lagi menjadi halangan untuk saling berkomunikasi. Selain itu, berkirim pesan melalui Facebook lebih murah dibandingkan dengan sms menggunakan telepon genggam. Ini menjadi suatu inovasi baru yang sangat menakjubkan. Seiring berkembangnya jaman, Facebook akan semakin diminati oleh banyak orang.

Proses suatu kesuksesan memang membosankan

Banyak orang yang penasaran dengan cerita Facebook hingga bisa menjadi seperti ini. Sebenarnya ceritanya sangatlah membosankan. Maksud saya, kami hanya duduk bersama komputer kami selama enam tahun untuk coding

Banyak orang yang merasa putus asa ketika membangun suatu proses. Biasanya, mereka merasa bosan dengan kegagalan yang bertubi-tubi. Butuh tenaga, modal dan waktu yang ektra ketika akan membangun suatu bisnis.

Seperti yang tertulis pada kutipan kata bijak Mark Zuckerberg, dia mengatakan bahwa proses pembuatan Facebook sangat membosankan karena tim bekerja di depan komputer selama 6 tahun secara terus menerus.

Fokus

Ada orang yang sangat bagus menjadi manager, orang yang bisa mengatur perusahaan besar dan ada orang yang sangat analitik dan fokus pada strategi. Dua jenis sifat ini biasanya tidak ada di dalam satu orang. Saya lebih memilih menjadi orang yang fokus dan analitik.

Tak ada orang yang mampu memiliki sifat menjadi manager serta menjadi orang yang analitik dan fokus. Kamu tetap membutuhkan kerja sama dengan orang lain. Kalau ingin sukses, kamu harus memilih satu diantara dua sifat tersebut. Nah, jadilah orang yang fokus karena kamu akan mampu mengembangkan diri dengan baik.

Buatlah orang merasa nyaman dengan dirimu

Pertanyaannya bukan,”Apa yang kami ingin tahu tentang orang lain?”, tapi,” Apa yang ingin orang ceritakan tentang diri mereka?”

Jangan menjadi orang yang terlalu ingin ikut campur urusan orang lain. Kamu harus pAndai bergaul sehingga bisa mendapatkan klien dan konsumen dengan baik. Hal yang harus kamu lakukan ialah membuat orang-orang di sekitarmu merasa nyaman.

Lakukan yang terbaik

Jalan seorang hacker adalah pendekatan untuk membangun yang mencakup perbaikan dan iterasi secara terus-menerus. Hacker percaya bahwa sesuatu itu bisa selalu menjadi lebih baik, dan tidak ada yang sempurna.”

Jangan mengharapkan suatu kesempurnaan dalam menjalani bisnis. Namun, hal yang harus kamu lakukan ialah berjuang dengan melakukan sesuatu agar mendapatkan hasil yang lebih baik dari sebelumnya.

Percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki

Mungkin orang bisa menjadi sangat cerdas atau memiliki keahlian yang bisa langsung diaplikasikan, tetapi jika mereka tidak percaya dengan apa yang mereka punya, mereka tidak akan bisa bekerja keras

Kata bijak dari Mark Zuckerberg memberikan inspirasi kepada kita untuk selalu menumbuhkan rasa percaya diri. Walaupun sebenarnya kita memiliki potensi atau keahlian, tanpa adanya rasa percaya diri semua itu tak ada gunanya.

Ciptakan sesuatu yang berguna untuk orang banyak

Yang sangat memotivasi orang-orang di Facebook adalah kami membangun sesuatu yang kami banggakan

Jadilah sebagai orang yang bisa bermanfaat untuk orang lain. Seperti yang telah dilakukan oleh Mark Zuckerberg, dia telah berhasil menciptakan Facebook yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan orang banyak. Ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri.

Tujuan mulia

Kami menjalankan perusahaan ini untuk melayani lebih banyak orang

Jangan lupa untuk selalu menyelipkan tujuan mulia dalam menjalani bisnis. Jangan hanya bertujuan untuk mendapatkan uang dan uang. Kamu juga harus memikirkan manfaat bisnismu untuk kepentingan orang lain. Jika banyak orang yang merasa bergantung pada apa yang kamu ciptakan, secara otomatis uang akan datang padamu.

Lakukan sedini mungkin

Saya memulai situs ini saat umur 19 tahun. Dan saya tidak tahu banyak tentang bisnis pada waktu itu

Jangan menunda-nunda waktu untuk memulai suatu usaha. Meskipun kamu masih muda, jangan rendah diri dengana alasan tidak mengetahui dunia bisnis. Manfaatkan waktu mudamu untuk terus berkarya dan belajar tanpa batas. Mark Zuckerberg memulai usaha bisnisnya saat di usia 19 tahun. Kini, dia mampu meraih kesuksesan di usia muda. Tentu sangat menyenangkan karena kamu bisa menikmatinya lebih optimal.

Lakukan tindakan yang hebat

Orang-orang tidak peduli tentang apa yang seseorang katakan tentang Anda di film, benar? Mereka hanya peduli tentang apa yang Anda ciptakan. Dan jika Anda bisa membuat sesuatu yang membuat hidup orang menjadi lebih baik, Anda telah melakukan sesuatu yang hebat.”

Jangan kebanyakan bicara tentang apa yang kamu bisa ciptakan. Kamu tak perlu menceritakan mengenai keahlianmu di bidang tertentu. Cukup tekuni bisnismu sebaik-baiknya maka ketika kamu mencapai kesuksesan, banyak orang akan tahu siapa kamu sebenarnya. Bahkan, tak jarang mereka memilihmu sebagai penyemangan yang memberikan inspirasi untuk sukses.

Keingintahuan membawa keberhasilan

Saya mendapatkan komputer pertama saya saat kelas enam. Saya tertarik untuk mencari tahu bagaimana komputer ini bisa bekerja dan belajar programming pada tingkat yang lebih dalam dan lebih dalam lagi

Awal Mark Zuckerberg menyukai dunia komputer ialah ketika dia masih duduk di kelas 6 SD. Dia berpikir bahwa komputer sangat menarik dan dia terus belajar mengenai programming. Sampai pada akhirnya, di umur 19 tahun dia mencoba membangun Facebook.

Itulah beberapa kumpulan kata bijak dari Mark Zuckerberg seorang pendiri Facebook yang sangat terkenal. Kini Facebook digunakan oleh banyak orang baik kalangan muda atau orang tua. Bahkan, anak-anak juga sudah mulai menggunakan Facebook untuk berinteraksi dengan teman-temannya.

Semoga kutipan kata kata bijak ia atas bisa menginspirasi dan memotivasi kita semua sehingga bisa mencapai kesuksesan. Contohlah sikap Mark Zuckerberg yang selalu bekerja keras, semangat, memiliki keingintahuan yang besar, percaya diri dan selalu hidup dengan penuh kesederhanaan.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *