Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Yang Memulai Usahanya Dari Nol

By | September 25, 2016

kisah-pengusaha-sukses

 

Baru-baru ini, banyak orang yang lebih tertarik menjadi seorang pengusaha sukses dibandingkan menjadi seorang karyawan dengan jabatan tinggi di sebuah perusahaan ternama sekalipun. Hal ini karena dorongan ingin mencapai kesuksesan dan kebebasan finansial dan waktu bekerja yang lebih fleksibel. Dibandingkan dengan menjadi karyawan apalagi dengan karir yang belum jelas, menjadi seorang pengusaha lebih menarik minat banyak orang.

Untuk  bisa memotivasi ketika akan membangun sebuah usaha, kamu bisa membaca beberapa kisah inspiratif pengusaha yang sukses memulai usahanya dari nol. Mereka berhasil melewati proses yang panjang dan akhirnya bisa menikmati kesuksesan yang butuh perjuangan dan pengorbanan.

Berikut ini ada beberapa kisah sukses pengusaha yang memulai usahanya dari nol. Siapa sajakah mereka?

 

Inspirasi Pengusaha Sukses

 

Bob Sadino

Siapa yang tak kenal dengan Bob Sadino. Beliau pernah jatuh bangun dalam merintis usahanya. Namun, pada akhirnya bisa meraih kesuksesan. Pada mulanya, dia menjadi pegawai selama 9 tahun. Kemudian, banting stir mencoba membuka usaha. Pertama kali, dia membangun bisnis penyewaan mobil. Modalnya hanya 1 buah mobil saja yang merupakan mobil pribadinya.

Namun, kendala pun didapatinya. Mobilnya mengalami kecelakaan sehingga bisnisnya harus berhenti di tengah jalan. Meskipun demikian, Bob Sadino tidak putus asa. Dia tetap semangat. Pada waktu itu, dia beralih profesi menjadi seorang buruh bangunan.

Kemudian, dia membuka bisnis kembali. Kali ini, bisnis yang digelutinya ialah ternak ayam dan telur ayam negeri. Modal yang digunakan ialah pinjaman dari tetangganya. Pada mulanya, dia menawarkan dagangannya dari rumah ke rumah. Bisnis yang dia jalankan lancar dan berkembang menjual daging dan sayuran hidoponik. Dia merupakan orang yang ulet dan pekerja keras. Akhirnya, Bob Sadino mampu mendirikan Kem-Chicks, yaitu sebuah supermarket terkenal yang menjual berbagai jenis hasil pertanian dan peternakan. Dia tak pernah sungkan untuk melayani konsumennya sendiri walaupun sudah menjadi orang yang sukses.

Rajkumar Gupta

Rajkumar Gupta merupakan seorang pengusaha yang sangat sukses. Dia yang mendirikan Mukti Group. Selain itu, dia juga mampu meluncurkan apartemen hunian dengan konsep yang modern. Kemudian, bisnis yang dia jalankan berkembang sehingga dia memiliki banyak pusat hiburan dengan multikompleks, restoran, hotel bertaraf internasional dan masih banyak lagi.

Rajkumar Gupta merupakan seseorang yang berasal dari keluarga tidak mampu. Dulunya, dia mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan kecil dengan bayaran Rp150.000 per bulan. Kemudian, dia pindah ke perusahaan lain sambil belajar cara dagang.

Setelah mendapatkan cukup ilmu tentang cara bergadang, dia membuka usaha sendiri. Awalnya, dia menyewa sebuah rumah yang kecil. Rumah itu digunakannya untuk menjalankan bisnisnya sekaligus sebagai tempat tinggal keluarga kecilnya. Meskipun mereka tinggak berdesak-desakan, hal ini tak menjadi masalah.

Meskipun Rajkumar bukanlah orang yang berkecukupan, dia sangat rajin menyumbang. Kebiasaannya telah dikenal oleh banyak orang sehingga saat dia membuka usaha, banyak orang yang menanam investasi sebab mereka yakin bahwa Rajkumar adalah orang yang jujur.

Pelajaran yang didapatkan dari kisah inspiratif Rajkumar Gupta ialah sebaiknya kita memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Untuk bisa meraih kesuksesan, kita tak boleh takut hidup susah pada awalnya. Selanjutnya, pelajaran yang paling berharga ialah jangan lupa untuk tetap membantu orang yang membutuhkan.

Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti ialah menteri kelautan Indonesia di bawah Presiden Jokowi. Beliau lahir pada tahun 1965. Banyak orang mengenalnya sebagai orang dengan pribadi yang tegas. Beliau merupakan seorang pengusaha yang merintis usahanya dari nol di bidang perikanan dan maskapai penerbangan.

Pada mulanya, dia memutuskan untuk berhenti sekolah saat masih duduk di bangku sekolah menegah atas. Kemudian, dia mengawali karir dengan berjualan pakaian dan bed cover. Lalu, dia melihat bahwa ada kesempatan bagus berdasarkan potensi di daerah tempat tinggalnya, Pangandaran, Jawa Barat sebagai penghasil ikan. Akhirnya, usaha perikanan diambilnya karena dianggal sebagai usaha yang memiliki peluang bagus.

Dengan memakai modal Rp.750.000, dia membeli ikan di pelelangan kemudian menjualnya di beberapa restoran. Modalnya diperoleh dari hasil menjual perhiasan yang dimilikinya. Tentu saja, dalam menjalankan bisnisnya, dia sempat mengalami beberapa masalah. Akhirnya, Susi mampu mengembangkan bisnisnya sampai di bidang ekspor ikan dan lobster.

Kemudian, dia menambah bisnisnya di bidang maskapai penerbangan. Pengiriman ikan apabila melalui darat dan laut akan mengalami keterlambatan karena memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan lewat jalur udara. Akhirnya, Susi mampu membeli sebuah pesawat dengan modal pinjaman dari bank. Pesawat itu digunakannya untuk mengirim produk lautnya. Lambat laut, armada penerbangan Susi berkembang sampai melayani rute pedalaman dan carter.

Reza Nurhilman

Mungkin banyak orang yang jarang mendengar nama Reza Nurhilman. Akan tetapi, banyak orang yang tahu mengenai “kripik setan” Maicih. Ya, Reza ialah pengusaha yang berhasil menciptakan produk makanan dari keripik singkong yang memiliki rasa super pedas. Bahkan, produknya sangat populer.

Pada awalnya, Reza memulai bisnis keripik singkongnya pada pertengahan 2010 saat dia masih berumur 23 tahun. Modal yang ia gunakan sekitar Rp 15 juta.

Untuk memasarkan produknya, dia mengiklankan di platform media sosial seperti Facebook, Twitter dan sebagainya. Setelah itu, dia memiliki ide untuk memasarkan produknya dengan sistem keagenan agar produknya bisa tersebar lebih luas ke berbagai daerah. Jadi, para agen akan berkeliling atau nomaden dalam memasarkan produk keripik singkongnya.

Cara penjualannya yang tidak membuka toko seperti penjual pada umumnya membuat keripik ini ekslusif. Melalui sosial media, para agen memberikan informasi mengenai lokasi penjualan keripik singkong Maicih setiap harinya. Karena sistem penjualannya yang unik, keripik singkong Maicih ini mampu menjadi sangat fenomenal dan diminati banyak orang. Bahkan, baru saja sekitar 6 bulan menjalankan bisnis ini, omzet yang didapatkan sudah mencapai Rp 7 milyar setiap bulan. Sungguh luar biasa bukan?

Sunny Kamengmau

Tas Robita sangat terkenal di Jepang. Bahkan, kaum sosialita di negri sakura itu sangat mengindamkan bisa memiliki tas tersebut. Ternyata, orang yang menciptakan tas merek terkenal itu ialah Sunny Kamengmau yang berasal dari Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Tak disangka, pemuda yang tidak tamat SMA bisa menjadi pengusaha sukses karena kepandaiannya dalam menciptakan suatu produk.

Pada mulanya, Sunny hanya bermodal nekat. Dia pergi merantau ke Bali dan bekerja di hotel sebagai tukan sapu. Setelah beberapa lama, dia dipindahkan bagian menjadi satpam karena kerjanya bagus. Saat menjadi satpam, dia belajar bahasa Inggris dan Bahasa Jepang. Bahkan, dia membeli kamus ketika mendapatkan gaji pertama menjadi satpam.

Keberuntungan datang kepadanya. Di hotel tersebut, dia bertemu dengan orang Jepang dan meminta Sunny untuk bekerja sama dengannya. Dia ditawarkan untuk memasok tas kulit ke Jepang. Sunny pernah terjatuh saat menjalankan bisnisnya. Pada saat itu,  hampir semua penjahit yang bekerja dengannya meninggalkannya. Akan tetapi, dia mampu bangkit secara perlahan sampai memiliki karyawan sebanyak 100 orang.

Gibran Rakabuming

Masyarakat Indonesia banyak yang sudah mengenal sosok Gibran Rakabuming. Ya, dia merupakan putra dari Presiden Joko Widodo. Gibran merupakan seorang pengusaha yang memiliki bisnis di bidang catering dan widding organizer. Nama usahanya yaitu Chili Pari.

Walapun ayahnya merupakan seseorang yang sangat berpengaruh, dia memilih untuk merintis usahanya seorang diri tanpa campur tangan sang ayah. Bahkan, modal awal untuk mendirikan usaha tersebut didapatkannya dari pinjaman bank. Untuk mendapatkan pinjaman dari bank, Gibran ditolak beberapa kali dan pada akhirnya ada sebuah bank yang mempercayainya dan memberikan pinjaman untuk usaha cateringnya yang baru melayani partai kecil.

Atas semangat dan keuletan Gibran, akhirnya dia mampu membesarkan Chili Pari. Saat ini, usaha cateringnya sudah melayani orderan dalam partai besar. Ternyata, dengan mengandalkan kemampuan diri sendiri, dia mampu mencapai kesuksesan. Tentu pencapaian yang diraihnya bisa memberikan kepuasan yang luar biasa karena mampu berdiri di telapak kaki sendiri.

Nicholas Kurniawan

Mungkin nama Nicholas Kurniawan masih asing di telinga. Akan tetapi, faktanya Nicholas merupakan pengusaha muda berusia 20 tahun yang sudah berhasil menjadi eksportis ikan hias. Dia bertekad menjadi seorang pengusaha karena keadaan keluarganya yang terpuruk dan memiliki banyak hutang. Akhirnya, dia berniat untuk bisa merubah nasibnya.

Nicholas pernah mencoba beberapa usaha seperti di bidang makanan, asuransi, MLM dan mainan. Namun, semua usahanya gagal bahkan dia pernah tidak naik kelas saat duduk di bangku SMA kelas 2. Walaupun sudah mendapatkan kegagalan yang bertubi-tubi, dia masih semangat untuk melanjutkan usahanya.

Bisnis ikan hias dipilihnya. Dia mencoba menjual ikan secara online melalui forum Kaskus. Dia pernah beberapa kali ditipu oleh calon pembeli. Namun, berkat keuletannya, dia mampu menjual ikan hias sampai ke luar negeri. Omzet yang dia dapatkan sudah mencapai Rp.100 juta perbulan.

Francois Pinault

Francois Pinault merupakan pengusaha yang sukses di bidang fashion. Akibat kemiskinannya, dia sering diejek oleh teman-temannya. Hal ini menyebabkan dia harus berhenti sekolah.

Walaupun dia putus sekolah, Pinault merupakan seorang yang memiliki taktik luar biasa, yang sering disebut sebagai taktik predator. Ketika perusahaan-perusahan kecil mengalami kebangkrutan, Pinault akan membelinya dengan harga yang murah. Sampai saat ini, dia akhirnya bisa memiliki beberapa rumah mode high-endnya yang mendunia seperti Gucci, Stella McCartney, Alexander McQueen, dan Yves Saint Laurent.

Kamu bisa mengambil hikmah dari kisah sukses yang dialami oleh Francois Pinault yakni orang yang tertawa belakangan biasanya lebih sukses. Jadi, ketika ada orang yang menghina keadaan miskinmu, tak perlu kamu hiraukan. Cukup diamkan dan berusaha bangkit untuk mengejar kesuksesan. Ketika kesuksesan sudah kau raih, mereka yang menertawakanmu akan terdiam. Saatnya giliranmu untuk tertawa.

Sam Walton

Sam Walton merupakan pengusaha yang berasal dari keluarga tidak mampu. Dia sudah terbiasa bekerja saat usianya masih dini. Banyak pekerjaan yang sudah dilakoninya untuk menyambug hidup seperti memerah sapi lalu menjual susunya, pengantar Koran dan majalah. Pekerjaan yang dilakoninya membuatnya memiliki kemampuan untuk bernegosiasi.

Sam tetap bekerja sampai dia menginjak remaja. Bahkan, dia masih tetap bekerja saat menjadi mahasiswa di perguruan tinggi sebagai pramusaji.  Pada tahun 1945, Sam mencoba membuka usaha toko kelonting dengan menggunakan uang tabungannya selama ini. Dia juga mendapatkan pinjaman dari ayah mertuanya. Akhirnya, usaha yang digelutinya memberikan hasil yang maksimal karena dia memiliki bakat wirausaha yang luar biasa.

Pelajaran yang bisa didapatkan dari kisah Sam ini ialah kita harus mengasah bakat sedini mungkin. Tanamkan sikap pekerja keras sehingga akan menjadi bekal di kemudian hari.

Jan Koum

Jan Koum terlahir dari keluarga yang miskin. Saat dia berusia 16 tahun, dia pergi meninggalkan Ukraine menuju Amerika. Jam Koum memilih bekerja sebagai tukang bersih-bersih di toko swalayan.

Pada usianya ke-18, dia diterima bekerja di Ernst & Young sebagai penguji keamanan. Lalu, dia bekerja di Yahoo. Kemudian, dia mampu membeli iPhone. Dia dan temannya mampu membuat aplikasi Whatsapp. Dia tidak menyadari kalau smartphone akan booming dan diminati oleh seluruh orang di dunia. Aplikasi yang berhasil dia ciptakan akhirnya dibeli oleh Facebook seharga Rp.252 triliun.

Pelajaran yang bisa kamu dapatkan ialah keahlian merupakan sesuatu yang sangat penting. Kamu harus memilikinya sehingga bisa meraih kesuksesan. Lalu, jangan lupa untuk selalau waspada dengan berbagai hal yang sedang atau akan berkembang karena itu bisa menjadi kesempatan yang bagus untukmu.

Michael Dell

Michael Dell merupakan seorang pelopor perusahaan komputer Dell. Dulunya, Michael Dell ialah seorang pencuci piring di restoran Chinese. Lalu, dia bisa menyaring data untuk mendapatkan pelanggan baru di Houston Post. Akhirnya, dia mendapatkan modal sehingga bisa membeli tiga sistem komputer.

Michael mendapatkan kesempatan emas karena belum ada perusahaan yang menjual langsung sistem komputer ke public. Akhirnya, dia menciptakan komputer sendiri dan menjual ke teman-temannya. Sebenarnya, kedua orang tua Michael menginginkan anaknya belajar menganai obat-obatan. Namun, dia lebih tertarik dengan bidang teknologi dan bisnis. Buktinya, dia mampu mendapatkan kesuksesan dari bidang yang dia sukai.

Pelajaran yang bisa diperoleh dari kisah inspiratif pengusaha sukses ini ialah ikuti minatmu dan dapatkan kesempatan di dalamnya. Dengan begitu, kesuksesan akan datang kepadamu.

John Paul DeJoria

John Paul menghabiskan masa mudanya dengan bekerja penuh semangat. Dia pernah bekerja sebagai pengantar Koran, sopir truk dan petugas kebersihan agar bisa mendapatkan sesuap nasi. Dia juga terlibat dengan geng-geng jalanan di Los Angeles. Bahkan, karena tidak memiliki rumah, dia harus tidur di mobilnya.

Keadaan sulitnya berubah ketika dia diterima bekerja di perusahaan perawatan rambut. Dia mampu menjalin kerja sama dengan salah satu penata rambut di perusahaan tersebut. Lalu, dia membuat perusahaan sendiri namanya Pau Mitchell.

Untuk modal, mereka meminjam uang sebesar Rp.30 juta. Mereka mulai menjual produk shampoo dengan berkeliling dari rumah ke rumah.

Salah satu pelajaran penting yang bisa didapatkan ialah untuk mendapatkan kesuksesan, kita perlu bermitra dengan orang yang memiliki visi atau tujuan sama. Kita juga harus yakin dan percaya dengan produk yang dimiliki. Janganlah takut ditolak, tetap terus berusaha sekuat tenaga meskipun pada awalnya mungkin kita sering menghadapi kegagalan.

Demikianlah beberapa kisah inspiratif pengusaha yang sukses memulai usahanya dari nol. Mereka adalah orang-orang tangguh yang bisa merubah nasibnya sendiri. Terbukti bahwa kekayaan tidak hanya bisa didapatkan dari warisan orang tua. Walaupun kamu  terlahir dari keluarga tak mampu, kamu bisa merubah nasih menjadi orang sukses.

Semoga kisah dari beberapa pengusaha sukses tersebut bisa menginspirasi dan memotivasi dirimu untuk bisa membuka usaha dan mengembangkannya menjadi bisnis yang lebih besar dan lebih maju. Jangan lupa untuk mengambil setiap hikmah atau pelajaran dari setiap kisah inspiratif pengusaha sukses.

(Ika Pratiwi)

 
Share

One thought on “Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Yang Memulai Usahanya Dari Nol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *