Kata Kata Bijak yang Menginspirasi dari Steve Jobs

By | September 17, 2016

kata-kata-bijak-steve-jobs

 

Kali ini, kita akan mengambil hikmah dari kata kata bijak Steve Jobs. Dia adalah sosok visionaris yang sangat terkenal. Banyak orang yang sangat terinspirasi dengan apa yang diberikan oleh Steve Jobs. Untuk mengerti apa saja kata kata bijaknya, berikut ini ada beberapa kata bijak dari Steve Jobs.

Sebelumnya, marilah kita mengenal siapa Steve Jobs terlebih dahulu. Banyak yang sudah mengenal Steve Jobs, namun ada juga beberapa orang yang belum mengenalnya dengan baik. Sebenarnya, beliau adalah seorang entrepreneur, inventor , co-founder chairman dan CEO sebuah perusahaan yang terkenal. Apple, ya inilah nama perusahaan yang dirilisnya. Perusahaan Apple sudah dikenal oleh seluruh orang di dunia. Produknya juga dikenal memiliki kualitas yang bagus dibandingkan dengan merek dari perusahaan yang lainnya.

Akan tetapi, berita duka datang pada tanggal 5 Oktober 2011, Steve Jobs meninggal dunia karena memiliki penyakit Tumor Pankreas yang telah diidapnya sejak tahun 2003.

Nah, berikut ini beberapa kenangan kata-kata bijak Steve Jobs untuk kita jadikan sebagai inspirasi dan motivasi yang sangat berguna untuk menjalani kehidupan ini supaya lebih baik lagi.

 

Kata Kata Bijak Steve Jobs sebagai Inspirasi Sukses

 

Kualitas lebih penting dibandingkan kuantitas

Hal yang selalu dijunjung oleh Steve Jobs ialah mengenai betapa pentingnya kualitas dibandingkan dengan kuantitas. Kutipan kata kata bijak nya yaitu,

“Kualitas lebih penting daripada kuantitas. Satu home run jauh lebih baik daripada dua doubles”.

Jika kamu tahu olah raga baseball, pasti tahu arti kata home run. Ini merupakan sebuah perumpamaan mengenai betapa pentingnya kualitas dibandingkan kuantitas sehingga kamu bisa mempraktekkannya pada kehidupan nyata di kasus yang lain.

Seperti perumpamaan yang diungkapkan Steve Jobs dalam sebuah permainan baseball. Dalam permainan ini, 1 home run lebih bagus dibandingkan dengan 2 doubles. Saat ada pemain yang bisa mencapai 2 base dalam 1 pukulan dinamakan dengan doubles. Sebenarnya, home run dan 2 double merupakan keuntungan yang sama sama didapat serta menghasilkan perolehan angka akan tetapi, nilai dari keduanya sangat berbeda dimana Home Run memiliki nilai yang jauh lebih baik.

Kematian adalah penemuan terbaik kehidupan

“Tidak ada satu orang pun yang ingin meninggal. Bahkan mereka yang ingin masuk surga juga tidak ingin meninggal untuk dapat masuk ke sana. Namun kematian adalah tujuan yang kita miliki bersama. Tidak ada satu orangpun yang berhasil kabur dari hal itu. Memang seperti itu harusnya, karena kematian adalah penemuan terbaik dari Kehidupan.”

Sebenarnya, kematian merupakan suatu hal yang bisa memberikan kesempatan. Biasanya, kematian menjemput orang yang lebih tua terlebih dahulu. Namun, yang muda pun akan menjadi tua sehingga akan dijemput oleh kematian juga. Meskipun ini merupakan suatu hal yang dramatis, akan tetapi ini merupakan suatu kebenaran.

Kata bijak dari Steve Jobs ini menceritakan tentang kematian yang akan menjemput siapa saja yang hidup di dunia ini. Siap tidak siap, kamu  harus menghadapinya. Sebab, kematian bukanlah sesuatu yang harus dihindari. Kita harus senantiasa bersyukur atas hal tersebut sebab dengan adanya kematian setiap orang memiliki kesempatan baru untuk menghadapi kehidupan selanjutnya dengan pengalaman baru yang belum pernah dialaminya.

Inovasi adalah berkata tidak ke ribuan hal

“Saya bangga akan banyak hal yang belum kami lakukan sama halnya dengan banyak hal yang sudah kami lakukan. Inovasi adalah berkata tidak ke ribuan hal.”

Kata bijak dari Steve Jobs ini memiliki arti bahwa untuk mendapatkan inovasi, harus ada suatu pengorbanan yang dilakukan. Pengorbanan itu ada dalam berbagai bentuk seperti waktu, materi, ataupun tenaga. Apabila kamu tak mau berkorban, maka inovasi tak akan pernah terjadi.

Jangan terpaku dalam kesuksesan terlalu lama

“Saya rasa jika Anda melakukan sesuatu dan ternyata menghasilkan sesuatu yang ternyata mengangumkan, maka Anda harus mencoba melakukan hal luar biasa lainnya, jangan terpaku terlalu lama. Temukan saja apa hal selanjutnya.”

Kamu pasti tahu mengenai produk apple yang telah mendunia. Tidak ada yang menyanggah mengenai kualitas dan kejayaan perusahaan apple dalam menciptakan produknya yang berkelas. Apple merupakan karya yang diciptakan oleh Steve Jobs. Yang selalu ditekankan oleh dia melalui kata bijaknya ialah jika kamu sudah berhasil dalam menciptakan suatu karya, jangan terlalu lama diam akan kesuksesan yang telah kamu raih. Jika kamu hanya diam dan terus menikmatinya tanpa melakukan suatu pembaharuan yang lebih luar biasa, produk yang kamu ciptakan akan tersaingi oleh perusahaan lain sehingga kesuksesan yang telah kamu raih akan lengser digantikan oleh orang lain.

Dipecat dari Apple adalah hal terbaik dari kehidupan saya

“Dipecat dari Apple adalah hal terbaik yang pernah terjadi kepada saya. Beban besar dari kesuksesan digantikan oleh keringanan menjadi pemula lagi. Itu memperbolehkan saya memasuki salah satu periode paling kreatif dalam kehidupan saya.”

Banyak orang yang sudah mengetahui bahwa Steve Jobs ialah co-founder perusahaan Apple. Namun, dia pernah dipecat oleh Stakeholder utama Apple. Saat dia diberhentikan, Steve Jobs mendirikan NeXT.Inc. Ini merupakan suatu temuan yang menakjubkan. Inilah cikal bakal ditemukannya World Wide Web atau WWW yaitu internet yang telah dinikmati sampai sekarang.

Kisah yang dialami oleh Steve Jobs memberikan inspirasi yang luar biasa bagi kita. Ternyata pemberhentian secara paksa merupakan suatu kesempatan emas baginya untuk bisa menciptakan suatu karya yang lebih bagys lagi. Kamu bisa mengambil motivasi hidup bahwa kejatuhan dan keterpurukan bukan akhir dari segalanya. Kamu bisa bangkit dan terus semangat agar bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dari sebelumnya.

Yang membedakan pengusaha sukses dan yang tidak adalah ketekunan

“Saya percaya bahwa hampir setengah hal yang membedakan pengusaha sukses dengan mereka yang tidak hanyalah ketekunan (kegigihan)”

Kata bijak dari Steve Jobs menekankan kita untuk selalu bekerja dengan penuh ketekunan. Sebab, keberhasilan akan didapatkan jika kita selalu tekun. Pasti ada suatu halangan yang membuatmu merasa bahwa kesuksesan ternyata sulit didapatkan. Namun, jika kamu mampu terus bersemangat, kamu akan bisa menyingkirkan semua halangan yang menerpa.

Cintai pekerjaan yang kamu miliki

“Jika Anda tidak mencintai sesuatu, maka Anda tidak akan mengambil upaya lebih, bekerja di hari libur, atau menantang status quo sejauh mungkin”

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan status quo? Maksud status quo ialah keadaan di mana kamu berada di zona nyaman dan aman selama mungkin. Padahal, kenyataannya tidak akan pernah ada orang yang benar-benar sukses tanpa adanya tantangan keluar dari zona aman. Nah, itulah sebabnya bahwa orang sebaiknya mendalami bidang pekerjaan yang ia cintai. Dengan cara ini, seseorang akan lebih bahagia dalam menjalani pekerjaannya.

Kejar kesempurnaan

“Anda telah memanggang sebuah kue yang sangat cantik,  namun kemudian Anda menggunakan kotoran anjing untuk hiasannya”

Sungguh kutipan kata bijak dari Steve Jobs yang sangat kasar. Namun, kutipan kata bijak ini memiliki makna yang cukup bagus. Sebagaimana kita tahu, Steve Jobs ialah orang yang sangat perfeksionis. Dia tidak suka melakukan pekerjaan dengan jalur instan. Jika kamu sudah membuat sebuah desain yang sangat bagus, janganlah merusak desain itu dengan desain yang jelek.

Fokus ke Produk, Bukan ke Profitnya

“Jika Anda selalu fokus ke profit dan keuntungan, Anda akan mengurangi kualitas produk. Namun jika Anda fokus untuk menghasilkan produk yang luar biasa, maka profit dan keuntungan akan mengikuti”

Kita bisa melihat bahwa banyak orang yang gagal karena terlalu banyak mengambil keuntungan sehingga tidak fokus pada kualitas produk yang diciptakan. Kemudian, kamu juga bisa mengamati bahwa ada perusahaan yang sukses karena di awal berdirinya mereka tidak begitu melihat profit yang dihasilkan melainkan fokus pada kualitas produk yang dihasilkan.

Usahakan yang terbaik

“Jika saya mencoba yang terbaik dan saya gagal, yah, setidaknya saya sudah mencoba yang terbaik”.

Kutipan kata bijak dari Steve Jobs ini sangat menginspiratif. Meskipun isinya sangat sederhana, namun maknanya sangat bagus dan mudah dipahami oleh siapa saja. Janganlah takut gagal ketika ingin memulai sesuatu. Kamu berhak menuangkan ide cemerlangmu untuk meraih mimpi yang ingin kamu capai. Walaupun pada akhirnya kamu gagal, setidaknya kamu sudah mencobanya sehingga proses tersebut akan membuatmu merasa puas. Bahkan, saat kegagalan kamu terima, setidaknya kamu sudah belajar banyak hal saat menjalani proses tersebut.

Tetaplah lapar , tetaplah bodoh

“Stay Hungry, stay Foolish”

Saat ada acara upacara kelulusan Universitas Stanford tahun 2005, Steve Jobs memberikan kata bijaknya yang berisi untuk tetap menjadi lapar dan bodoh. Maksud dari kutipan ini ialah seseorang yang merasa bahwa dirinya bodoh akan terus menerus mencari ilmu pengetahuan, wawasan serta informasi yang belum ia ketahui. Setiap harinya, dia akan mengupgrade apa yang bisa didapatkannya.

Raih kesuksesan

“Apakah kamu ingin menghabiskan sisa hidupmu dengan menjual air bergula atau kamu ingin merubah dunia?”

Ketika memulai suatu bisnis, sebaiknya ciptakan karya hasil inovasi dirimu sendiri. Melalui cara ini, kamu  akan mampu menembus dunia. Sebaliknya, jika kamu hanya puas meniru karya orang lain, produk tiruanmu tidak akan mampu menembus dunia. Tak usah pedulikan perusahaan yang biasa meniru karya orang lain. Yang terpenting ialah mimpimu selanjutnya.

Jangan sia-siakan waktumu

“Waktu Anda terbatas, jadi jangan sia-siakan hidup orang lain. Jangan terperangkap dengan dogma- yaitu hidup dengan hasil pemikiran orang lain”

Apabila kamu menginginkan hasil yang maksimal, kamu harus berusaha menciptakan yang lebih bagus dari karya orang lain. Buatlah suatu terobosan baru mengenai produk yang bisa kamu ciptakan sehingga bermanfaat untuk orang lain.

Inovasi membedakan antara pemimpin dan pengikut

Inovasi merupakan suatu hal yang sangat penting dalam suatu bisnis. Kamu akan dikatakan sebagai pemimpin jika mampu menciptakan suatu produk dari hasil inovasi dirimu sendiri. Namun, jika kamu membuat produk dari hasil mengikuti produk orang lain, maka kamu bukanlah pemimpin melainkan seorang pengikut.

Cari pekerjaan yang kamu cintai

“Satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan besar adalah mencintai apa yang Anda lakukan. Jika Anda memiliki belum menemukannya, teruslah mencari. Jangan menetap. Seperti dengan semua masalah hati, Anda akan tahu bila Anda telah menemukannya.”

Jika kamu ingin meraih kesuksesan, kamu harus menemukan suatu bidang pekerjaan yang kamu cintai. Dengan cara ini, pekerjaan yang kamu lakukan akan semakin ringan. Selain itu, kamu juga akan merasakan kepuasan tersendiri jika mampu melakukan suatu pekerjaan yang kamu cintai.

Tentang Inovasi

“Inovasi ialah dengan mengatakan tidak pada ribuan pilihan yang ada“

Fokus ialah hal yang harus kamu lakukan untuk bisa menciptakan suatu inovasi meskipun banyak pilihan yang bisa kamu pilih. Melakukan satu pekerjaan terlebih dahulu sampai tujuannya tercapai, barulah beralih ke pekerjaan berikutnya.

Jika ingin menciptakan suatu hal baru, kamu harus selalu berjuang dan berkorban. Pasti ada waktu, tenaga hingga air mata yang harus kamu korbankan. Bahkan ketika suatu pilihan yang lain datang, kamu harus mampu mengatakan untuk tidak memilihnya meskipun kelihatannya pilihan itu memiliki masa depan yang lebih baik.

Utamakan suara hati

“Jangan biarkan suara dari pendapat orang lain menghilangkan suara dari hati nuranimu sendiri”

Kutipan kata bijak dari Steve Jobs ini mengajarkan kita untuk mengutamakan suara hati dibandingkan dengan pendapat orang lain. Sangat diperbolehkan untuk meminta pendapat orang lain, namun itu hanya sebatas sebagai pembanding ketika kamu bingung memutuskan sesuatu. Namun tetap, apapun yang akan kamu putuskan harus berdasarkan pikiranmu dan hati nuranimu sendiri.

Hidup ini keras

“Terkadang hidup ini akan memukul kepala Anda dengan batu bata. Jangan hilang kepercayaan. Saya yakin bahwa satu-satunya yang membuat saya terus berusaha adalah karena saya menyukai apa yang saya lakukan”.

Kutipan kata bijak dari Steve Jobs ialah ia menyebutkan  bahwa hidup ini sangat keras. Bahkan, kamu akan mengalami suatu masalah yang sangat pelik. Saat itu terjadi, jangan sampai hilang kepercayaan. Kamu harus selalu yakin bahwa kamu bisa melewati dan menyelesaikan permasalahan itu dengan baik.

Hari Terakhir

“Jika hari ini adalah hari terakhir hidupmu, maukah kau melakukan hal yang ingin kau lakukan di hari ini?”

Bayangkan jika hari ini merupakan hari terakhir kamu hidup. Di sisa-sisa waktu terakhirmu, pikirkan tentang hal yang akan kamu lakukan. Pastinya, kamu akan melakukan sesuatu yang terbaik. Dengan cara ini, kamu akan mampu melakukan yang terbaik yang berguna bagi hidupmu.

Pikirkan hari esok

“Mari ciptakan hari esok daripada khawatir dengan apa yang terjadi kemarin”.

Steve Jobs mengajarkan untuk tidak menghabiskan waktu dengan kekhawatiran yang telah terjadi di masa lalu. Yang perlu kamu lakukan ialah berbuat hal yang lebih baik sehingga bisa meraih masa depan yang cemerlang. Mimpi besar akan mampu dicapai melalu perbuatan-perbuatan yang kecil terlebih dahulu.

Lakukan hal yang penting

“Memutuskan hal yang tidak perlu dilakukan sama pentingnya dengan memutuskan hal harus dilakukan”.

Dalam hidup ini, tentunya ada banyak pilihan. Bebagai pilihan itu harus kamu pilah-pilah antara mana yang penting untuk dilakukan, dan mana yang tidak penting untuk dilakukan. Jadilah pribadi yang fokus melakukan suatu pekerjaan sehingga kamu mampu meraih apa yang menjadi tujuan hidupmu.

Demikianlah tips dan kata kata bijak dari Steve Jobs. Semoga kamu bisa mendapatkan inspirasi sehingga bisa menjalani hidup menjadi lebih baik. Jangan pernah ada kata menyerah dan putus asa. Apapun harus kamu lakukan dengan sebaik mungkin.

Yakinlah bahwa siapa saja memiliki hak yang sama untuk bisa sukses asalkan mau berusaha dan berjuang untuk menciptakan suatu inovasi dalam menghasilkan karya yang berguna bagi masyarakat luas bahkan bisa mendunia. Steve Jobs selalu menekankan untuk tidak menjadi seseorang yang meniru karya orang lain. Ciptakan suatu produk berdasarkan hasil pemikiranmu sendiri karena ini lebih berpotensi meraih kesuksesan.

(Ika Pratiwi)

 
Share

One thought on “Kata Kata Bijak yang Menginspirasi dari Steve Jobs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *