Kata kata Bijak Tentang Kepercayaan Diri dan Menjadi Diri Sendiri

By | September 25, 2016

kata kata bijak menjadi diri sendiri

 

Berikut ini ada beberapa kumpulan kata kata bijak tentang menjadi diri sendiri yang bisa kamu  gunakan sebagai sumber motivasi dan inspirasi sehingga bisa mencapai kesuksesan yang kamu inginkan.

Banyak orang yang berprinsip menjadi diri sendiri. Namun, pada kenyataannya menjadi diri sendiri bukanlah hal yang mudah karena banyak halangan yang datang padamu. Selain itu, banyak orang menyalah artikan dari maksud menjadi diri sendiri. Sebenarnya, maksud menjadi diri sendiri ialah kita harus memaksimalkan potensi yang ada pada diri sendiri sehingga kita bisa menunjukkan keunikan yang kita miliki. Hal yang paling penting ialah kita tidak boleh mengikuti orang lain tanpa punya keunikan sendiri. Sebagai inspirasi menjadi diri sendiri, Yuk kita ikuti kutipan kata bijak inspiratif dari orang sukses dan terkenal tentang menjadi diri sendiri berikut ini :

 

Kata kata Bijak Tentang Menjadi Diri Sendiri dari Orang Sukses

 

Jangan jadi duplikat

“’Jadilah dirimu sendiri, ekspresikan dirimu sendiri, yakinlah pada dirimu sendiri, jangan pergi dan mencari kepribadian sukses dan menduplikasinya “ – Bruce Lee.

Ada banyak orang yang sukses namun kamu perlu tahu bahwa kesuksesan yang diraih oleh satu orang dengan yang lainnya tidak ada yang sama. Setiap orang memiliki jalan cerita menuju kesuksesan yang berbeda meskipun sama-sama berjuang dengan penuh suka dan duka. Kamu boleh-boleh saja mendapatkan inspirasi dari orang sukses namun kamu tak akan bisa menduplikasi kesuksesannya. Yang perlu kamu lakukan ialah, contoh semangat juangnya dalam mencapai kesuksesan yang telah ia raih.

Tanya pada diri sendiri ketika merasa ragu

“Jika ragu dalam melakukan sesuatu, sebaiknya tanya kepada diri sendiri, apa yang kita inginkan esok hari dari apa yang telah kita lakukan sebelumnya” – Jonh Lubbock

Terkadang, kita merasa ragu ketika akan melakukan sesuatu. Apabila kamu merasa ragu, sebaiknya tanya pada dirimu sendiri mengenai tujuan hidupmu. Apa yang kamu lakukan haruslah sesuai dengan tujuan hidupmu.

Lakukan yang kamu cintai

“Jangan menjadikan sukses sebagai tujuan, lakukan apa yang Anda cintai dan percayai maka sukses akan datang dengan sendirinya” – David Frost

Jangan salah memiliki sebuah tujuan ketika memulai membuka sebuah usaha. Tujuan akhir mendirikan bisnis bukanlah kesuksesan. Sebenarnya, kamu akan merasakan sukses apabila mampu melakukan hal yang kamu cintai. Yakinlah bahwa pekerjaan yang kamu lakukan bisa membawamu pada kesuksesan sehingga kamu tak akan pernah merasa bosan melakukannya meskipun dalam waktu yang lama. Biasanya, godaan terberat seorang pengusaha ialah rasa bosan yang ada pada dirinya. Agar bisa menghindari perasaan bosan, kamu harus mencintai pekerjaanmu dan kamu harus yakin pada diri sendiri bahwa kamu bisa melakukan semua pekerjaanmu dengan baik.

Disiplin dan bersikap baik

“Sukses tidak diukur dari uang atau kekuatan atau status sosial. Sukses diukur dari kedisiplinan dan kecantikan dalam diri Anda” – Mike Ditka

Jadi diri sendiri sangatlah penting. Kamu boleh saja melihat kesuksesan orang lain sebagai motivasi agar kamu juga bisa sukses. Namun, kamu tak harus berubah menjadi mereka untuk bisa meraih kesuksesan. Setiap orang tentunya memilik cara dan ide kreatif untuk melakukan suatu rencana dalam mendirikan dan menjalankan bisnisnya. Selain itu, hal yang perlu kamu pahami ialah bahwa tolaj ukur kesuksesan bukanlah uang atau tingginya status sosial. Akan tetapi, kamu bisa menjadi diri sendiri dengan bersikap disiplin.

Wujudkan mimpimu

“Mari kita buat masa depan kita sekarang dan mari buat mimpi-mimpi kita menjadi kenyataan di esok hari” – Malala Yousafzai

Setiap orang memiliki mimpi masing-masing yang berbeda-beda. Kamu tak akan pernah bisa membuat mimpimu menjadi nyata tanpa melakukan suatu tindakan yang nyata. Untuk memulai mengejar mimpi yang kamu miliki, lakukanlah dari sekarang karena ini merupakan langkah awal dan langkah kecil dalam mencapai mimpi besarmu.

Kamu harus yakin pada diri sendiri bahwa kamu bisa meraih apa yang kamu inginkan. Ingatlah bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini asalkan ada usaha dan kemauan yang keras dari dalam diri sendiri.

Jadi orang yang lebih baik

“Tidak pernah ada kata terlambat untuk menjadi orang yang Anda ingingkan” – George Eliot

Jangan salah memaknai kata kata bijak dari Geroge Eliot ini. Menjadi orang yang Anda inginkan di sini bukan berarti kamu meniru orang lain. Namun, maksud dari kalimat ini ialah kamu berhak merubah dirimu menjadi pribadi yang lebih baik.

Tentunya kamu masih ingat bahwa menjadi diri sendiri bukan berarti bertahan dengan segala keburukan sikap. Akan tetapi, menjadi diri sendiri ialah mau mengubah sikap buruk menjadi sikap yang baik. Selama kamu masih hidup di dunia ini, kamu masih memiliki kesempatan untuk berubah menjadi lebih baik. Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

Menikmati hidup menurut jalanmu sendiri

“Hanya ada satu kesuksesan, yaitu menjadi mampu menghabiskan hidup Anda menurut jalan Anda sendiri” – Christopher Morley

Dalam menjalani kehidupan ini, tentunya kita butuh mendengarkan kritik dan saran dari orang lain supaya kita bisa hidup lebih baik lagi. Namun, terkadang ada kalanya kita tak perlu mendengarkan mereka. Jangan hiraukan cibiran dan hinaan orang tentang sesuatu yang telah kita ambil. Selama pilihan kita tidak merugikan orang lain, kita berhak melakukannya tanpa persetujuan orang lain. Mereka tak akan pernah mengerti jalan pikiranmu karena mereka tak pernah ada di posisimu sehingga tidak mengerti apa yang kamu rasakan. Orang lain hanyalah mampu menilai sesuatu yang kita hadapi, namun tidak bisa merasakanya. Untuk itu, segala keputusan ada di tanganmu sendiri karena kamulah yang berhak menentukan hidupmu. Ketika kamu mampu menghabiskan sisa umur sesuai dengan jalan pikiranmu, maka kamu akan bahagia karena sesungguhnya kamulah pemilik hidupmu.

Kuatkan diri sendiri

“Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu” – Petrus Claver

Kutipan kata bijak menjadi diri sendiri ini bukan berarti mengajarkan kita untuk menjadi egois. Namun, kamu harus selalu memikirkan diri sendiri terlebih dahulu untuk kepentingan orang lain.

Ciptakan jati diri

“Hidup bukan untuk menemukan jati diri. Hidup itu untuk menciptakan sebuah jati diri” – George Bernard Shaw

Jati diri bukanlah untuk ditemukan, melainkan untuk dibentuk. Kamu bisa menjadi dirimu sendiri dengan proses perjalanan hidup. Jangan lupa untuk selalu menjadi lebih baik karena kamu harus melakukan semua itu demi meningkatkan kualitas hidupmu.

Lakukan apa yang ingin kamu lakukan

“Saya belajar, bukan eksekutif yang baik. Saya seorang pengusaha , dan saya kreatif. Saya harus pergi dan melakukan apa yang ingin saya lakukan”– Jerry Weintraub

Menjadi diri sendiri memang sangat penting untuk mencapai kesukesesan. Seperti kutipan kata kata bijak menjadi diri sendiri dari Jerry Weintraub, dia selalu berpikir secara kretaif dan belajar dengan baik.

Lakukan untuk diri sendiri

“Jika Anda ingin menjadi seorang pengusaha, itu bukan pekerjaan, itu gaya hidup. Hal ini mendefinisikan Anda. Lupakan liburan, pulang pukul 6 sore hal terakhir di malam hari Anda akan mengirim email, hal pertama di pagi hari Anda akan membaca email, dan Anda akan bangun di tengah malam. Tapi itu sangat bermanfaat, karena Anda memenuhi sesuatu untuk diri sendiri” – Niklas Zennstrom

Jangan merasa bahwa kesibukan yang kamu miliki menyita waktumu untuk bersenang-senang. Apakah kamu mau bersantai-santai menikmati waktu senggangmu dengan bermalas-malasan. Berbahagialah jika kamu memiliki kesibukan yang padat karena semua itu akan berguna demi masa depanmu yang cerah.

Miliki tujuan hidup untuk dirimu sendiri

“Kita harus memiliki tema, tujuan, maksud dalam hidup kita. Jika Anda tidak tahu di mana sasaran, Anda tidak memiliki tujuan. Tujuan saya adalah hidup saya sedemikian rupa ketika aku mati, seseorang bisa mengatakan dia peduli” – Mary Kay Ash

Tujuan dalam hidup sangat dibutuhkan dalam hidup ini karena dengannya kita bisa menentukan langkah apa yang akan kita lakukan selanjutnya. Tanpa adanya tujuan hidup, orang tak tahu ke mana ia akan melangkah. Selagi masih ada kesempatan untuk hidup di dunia ini, berbuat baiklah kepada orang lain sehingga ketika engkau mati akan dikenang sebagai orang yang baik dan peduli terhadap sesame.

Bermimpilah

“Saya tidak mendapatkan ini dengan bermimpi atau berpikir tentang hal itu. Aku sampai di sini dengan melakukan hal itu” – Estee Lauder

Setiap orang berhak memiliki mimpi yang ia inginkan. Setiap mimpi yang dimiliki oleh seseorang akan berbeda dengan mimpi orang lain. Yang perlu kamu lakukan ialah berpikir tentang cara mewujudkan mimpi yang kamu inginkan sehingga bisa menjadi nyata.

Maju mendahului diri sendiri

“Urusan kita dalam kehidupan bukanlah mendahului orang lain, tetapi maju mendahului diri sendiri” – Stuart B. Johnson

Menjadi diri sendiri memang memiliki tantangan yang kuat. Kamu harus mampu mendahului diri sendiri. Maksudnya, kamu harus selalu berkembang untuk dapat menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Kualitas diri yang terus berubah menjadi lebih baik akan membuat dirimu bisa mencapai apa yang ingin kamu raih.

Tentukan pilihanmu

“Yang menentukan masa depan adalah pilihan Anda, bukan kesempatan” – Jean Nidetek

Kamu harus tahu bahwa kamu berhak menentukan dan memutuskan segala sesuatu yang berkaitan dengan hidupmu. Hal ini karena hidupmu adalah milikmu. Oleh karena itu, tetap berusahalah menjadi diri sendiri karena kamu akan jauh merasa bahagia ketika apa yang kamu lakukan sesuai dengan hati nuranimu.

Kenali diri sendiri

”Kenalilah diri Anda sendiri maka Anda akan memenangkan semua pertempuran” – Lao-Tzu

Jika kamu ingin memenangkan suatu pertempuran, hal yang harus dilakukan ialah dengan mengenali diri sendiri terlebih dahulu. Jika kamu sudah memahami bagaimana dirimu, kamu bisa menyusun strategi yang  sesuai dengan kepribadianmu. Jangan biarkan emosimu menguasai dirimu sehingga kamu sendiri tidak bisa mengontrol dirimu sendiri.

Berbuat benar

”Saya sudah tidak mau lagi bersikap kaku. Yang saya inginkan hanyalah benar” – Stephen Hawkin

Kutipan kata bijak menjadi diri sendiri ini sangat menginspirasi sebab pribadi yang baik ialah dia yang tidak bersikap kaku. Namun, dialah yang selalu berbuat kebaikan dan kebenaran sehingga memiliki pribadi dengan karakter yang mulia.

Mental yang positif

”Suatu sikap mental yang positif berakar dalam kepercayaan diri yang jelas, kalem dan jujur” – John Maxwell

Junjunglah tinggi mental yang positif sehingga kamu akan mendapatkan kepercayaan diri yang tinggi. Dalam menjalani kehidupan ini, sikap percaya diri sangat dibutuhkan. Selain percaya diri, kamu juga harus bersikap kalem dan jujur.

Dicintai apa adanya

“Kebahagiaan tertinggi dalam kehidupan adalah kepastiaan bahwa Anda dicintai seperti apa adanya, atau lebih tepatnya dicintai walaupun Anda seperti diri Anda adanya” – Victor Hugo

Kutipan kata bijak menjadi diri sendiri ini memang benar. Banyak orang yang rela berubah menjadi orang lain untuk mendapatkan seseorang yang dia cintai. Sebenarnya, cara ini salah karena kamu harusnya tetap menjadi dirimu sendiri sehingga kamu akan mendapatkan seseorang yang tepat untukmu.

Lihat sekitar dengan penuh kesadaran

“Jangan melihat masa lampau dengan penyesalan, jangan pula lihat masa depanmu dengan ketakutan, tetapi lihatlah sekitarmu dengan penuh kesadaran” – James Thurber

Banyak orang menyesali apa yang terjadi di masa lampau. Kegagalan yang bertubi-tubi membuatnya menyesal. Padahal, hal yang harus kamu lakukan ialah bangkit dan tidak terpuruk dengan penyesalan yang ada. Kamu harus menghadapi hidup ini dengan rasa penuh kesadaran melihat sekelilingmu. Hadapi segala masalah yang ada. Kamu tak perlu takut menyongsong masa depan karena semuanya akan baik-baik saja.

Mengukur kemampuan diri sendiri

“Kita menilai diri kita dengan mengukur dari apa yang kita rasa mampu untuk kita kerjakan. Orang lain menilai diri kita dengan mengukur dari apa yang telah kita lakukan” – Henry Wadsworth Longfellow

Tak perlu pusing pikirkan omongan orang tentang kejelekan kita selama kita merasa bahwa kita benar. Faktanya, orang lain hanya bisa menilai dari apa yang telah kita lakukan tanpa melihat proses panjang untuk melakukan sesuatu.

Selalu berbuat baik

“Lakukanlah semua kebaikan yang dapat Anda lakukan dengan segala kemampuan Anda, dengan semua cara yang Anda bisa, di segala tempat, setiap saat, kepada semua orang, selama Anda bisa” – Samuel Wesley

Banyak orang salah mengartikan mengenai makna menjadi diri sendiri. Bukan berarti menjadi diri sendiri itu bertahan dengan segala keburukan sikap yang kamu miliki. Sebaliknya, kamu harus merubah keburukan-keburukan tersebut menjadi sikap yang baik sehingga bisa membuat hidupmu lebih dihargai dan dihormati oleh orang lain.

Sebaliknya, menjadi diri sendiri haruslah selalu memiliki sikap yang baik. Kamu harus berusaha selalu berbuat baik kepada siapa saja, di mana saja dan kapan saja.

Pentingnya daya khayal

“Kalau saya periksa diri dan metode berfikir saya, sampai pada kesimpulan bahwa karunia daya khayal lebih berarti dari pada bakat saya untuk menyerap pengetahuan” – Albert Einstein

Setiap orang memiliki daya khayal. Banyak orang menyepelekan mengenai dunia khayalnya. Padahal, khayalan indah yang kamu miliki bisa diwujudkan menjadi nyata apabila kamu tekun dan gigih dalam meraihnya. Bahwa, Albert Einsten melalui kutipan kata bijaknya menyatakan bahwa bakat yang dimilikinya dikalahkan oleh daya khayalnya. Ini berarti kekuatan dunia khayal sangat luar biasa.

Menolong orang lain

”Anda dapat memperoleh sesuatu yang Anda inginkan dalam hidup jika Anda cukup menolong orang lain mendapatkan apa yang mereka inginkan” – Zig Ziglar

Hidup ini indah. Tuhan telah mengatur kehidupan ini sedemikian indahnya. Pasti kamu pernah mendengar istilah indahnya berbagi. Tentu pernyataan ini bukan hanya isapan jempol belaka. Kamu akan bisa merasakan keindahan berbagi ketika sudah melakukannya.

Demikianlah kata bijak menjadi diri sendiri. Semoga kata-kata di atas bisa memotivasi dan menginspirasi kita semua. Dalam hidup ini, menjadi diri sendiri sangatlah penting. Jangan sekali-kali menjadi duplikat orang lain karena itu tidak akan membuat dirimu merasa bahagia.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *