Kata Kata Bijak Tentang Kepemimpinan dari Tokoh Terkenal

By | September 18, 2016

kata kata bijak kepemimpinan

 

Pada kesempatan kali ini, pertamakali.com akan memberikan kumpulan kata bijak tentang kepemimpinan.

Siapa saja bias mengambil makna dan inspirasi dari kata bijak ini karena sejatinya kita semua adalah seorang pemimpin. Baik pemimpin diri sendiri, keluarga maupun orang-orang yang ada di sekitar kita.

Semoga kata-kata bijak tentang kepemimpinan di bawah ini bisa memotivasi kamu agar bisa mengetahui bagaimana prinsip seorang pemimpin yang baik. Kamu juga akan memahami peran dan tugas sebagai seorang pemimpin. Sesungguhnya, seorang pemimpin haruslah memiliki komitmen yang tinggi, bertanggung jawab, dan bisa diandalkan dengan baik.

Yuk simak beberapa ulasan mengenai kata kata bijak tentang kepemimpinan dari tokoh terkenal sebagai inspirasi dan motivasi :

 

Kata Kata Bijak Kepemimpinan Sebagai Inspirasi

 

Sentuh hati orang lain

“Seorang pemimpin mampu menyentuh hati orang lain sebelum meminta mereka melakukan sesuatu.” John Maxwell

Kamu harus menjadi pribadi yang baik. Kamu harus mampu mendekati orang lain sehingga mereka bisa menyukaimu. Apabila hal ini sudah kamu lakukan, meminta mereka untuk melakukan sesuatu akan sangat mudah bagimu. Hasil yang diberikan pun tentunya akan lebih baik karena mereka ikhlas dan semangat dalam menjalankannya.

Memahami budaya sekolah

“Pemimpin yang efektif memahami budaya sekolah (dan) mendukung terciptanya suatu kondisi yang membangun kerjasama, kepercayaan, dan kepedulian, yang merupakan beberapa pertanda dari suatu budaya sekolah yang sehat dan penuh energi.”Sally Zepeda

Budaya sekolah merupakan hal yang sangat penting. Seorang pemimpin yang baik harus mengerti mengenai ini dengan baik. Banyak hal baik yang akan tercipta dari sebuah budaya sekolah. Melalui ini, kerjasama, kepercayaan dan kebudayaan dapat terjalin dengan baik sehingga suatu kehidupan bermasyarakat dapat berjalan dengan lancar.

Tidak ada pemaksaan

“Pemimpin tidak memaksa orang lain untuk mengikutinya – dia mengundang orang untuk ikut dalam sebuah perjalanan.” Charles Lauer

Kamu harus tahu bahwa seorang pemimpin yang baik tidak pernah melakukan suatu pemaksaan. Janganlah memaksa orang lain untuk mengikutimu. Cukup mengundangnya saja untuk mengikuti perjalananmu. Selebihnya, serahkan padanya tentang pilihan ingin ikut denganmu atau tidak. Kebebasan ini akan mendorong dirimu menjadi pemimpin yang baik.

Tentang pemimpin sekolah

“Kepemimpinan sekolah membutuhkan kemampuan untuk mengembangkan,mengkomunikasikan, dan menempatkan sebuah visi untuk pengembangan sekolah yang mengorganisir energi dari anggota staf yang sangat beragam menuju tujuan bersama.”Charlotte Danielson

Tugas seorang kepala sekolah tidaklah mudah. Ada hal penting yang harus diatasi. Pemimpin sekolah harus mampu menjunjung visi yang dimiliki sehingga tujuannya bisa tercapai dengan baik.

Penjual harapan

“Seorang pemimpin adalah seorang penjual harapan.“Napoleon Bonaparte

Pemimpin yang baik ialah pemimpin yang bisa menumbuhkan sebuah harapan pada pengikutnya. Dengan adanya harapan yang tumbuh di hati, akan tergerak untuk melakukan suatu tindakan nyata demi merealisasikan suatu harapan tersebut menjadi kenyataan.

Tugas kepala sekolah

“Kepala sekolah yang sangat efektif memahami adanya komunitas para pemimpin. Ketika anggota staf, orang tua, serta murid merupakan bagian dari suatu komunitas para pemimpin, maka setiap orang menerima tanggung jawab untuk belajar, mengetahui alasan di balik apa yang sedang mereka lakukan, dan memiliki komitmen terhadap misi sekolah.”Elaine McEwan

Ketika menjadi seorang kepala sekolah, kamu harus memahami bahwa ada suatu komunitas para pemimpin di bawahmu. mereka ialah angora staf, orang tua serta murid. Kamu harus mampu menggerakkan mereka untuk melakukan tugasnya dengan penuh tanggung jawab.

Orang harus dipimpin

“Orang tidak bisa dikelola. Inventaris bisa dikelola, tapi orang harus dipimpin.” – Ross Perot

Dalam suatu usaha, pasti ada modal berupa inventaris yang harus dikelola dengan baik. Selain modal tersebut, suatu usaha haruslah memiliki  sumber daya manusia yang baik sehingga bisnis yang dijalankan mampu berkembang dengan baik. Tentunya, sumber daya manusia yang dimiliki harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Nah, inilah fungsi kepemimpinan yaitu memimpin orang-orang untuk digali potensinya sehingga mampu bekerja lebih baik dan lebih kreatif.

Tanggung jawab menjadi seorang pemimpin

“Setiap orang memiliki hak, tanggung jawab dan kemampuan untuk menjadi seorang pemimpin. “Linda Lambert

Sebenarnya, tanggung jawab dan hak menjadi pemimpin dimiliki oleh setiap orang. Tidak harus menjadi pemimpin yang membawahi orang banyak. Sesungguhnya kamu pun sudah menjadi pemimpin untuk dirimu sendiri. Apabila kamu memimpin diri sendiri dengan penuh tanggung jawab, maka setiap tindakan yang akan kamu lakukan pasti dipikirkan dengan penuh kehati-hatian.

Komunitas ibarat kapal

“Suatu komunitas ibarat sebuah kapal, setiap penumpangnya harus siap-siap dengan helm”Henrik Ibsen.

Kalimat bijak tentang kepemimpinan dari Henrik Ibsen memang benar. Komunitas itu seperti kapal yang bisa saja di tengah jalan mengalami masalah. Setiap anggota di dalamnya harus selalu waspada terhadap kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi.

Pemimpin terus belajar

“Pemimpin menjadi suri tauladan yang lebih kuat saat mereka belajar, bukan saat mereka mengajar. “ Elizabeth Moss

Sejatinya, pemimpin yang hebat akan terus menjadi suri tauladan yang lebih baik apabila mau untuk terus belajar menambah ilmu dan pengetahuannya. Jangan hanya mau mengajar saja. Di jaman sekarang ini, orang akan lebih senang jika mau belajar bersama-sama.

Melihat lebih jauh

“Jika saya mampu melihat lebih jauh dibanding yang lain, itu karena saya berdiri di bahu raksasa.”  – Isaac Newton

Tahukah makna kata bijak tentang kepemimpinan dari Isaac Newton? Sesungguhnya, seorang pemimpin dengan pengikutnya ialah sama. Seorang pemimpin mampu melihat segala sesuatu lebih jauh karena ada tanggung jawab yang besar sehingga apa pun akan dilakukan untuk hasil yang lebih baik.

Pemimpin yang hebat

“Seorang pemimpin membawa orang lain ke tempat yang mereka inginkan. Seorang pemimpin yang hebat membawa orang lain ke tempat yang barangkali tidak mereka inginkan, namun sebenarnya mereka harus berada di sana.”Rosalynn Carter

Ingatlah bahwa seorang pemimpin yang hebat bukanlah ia yang mampu membawa pengikutnya ke tempat yang mereka inginkan. Namun, sebaliknya seorang pemimpin yang hebat ialah dia yang mampu membawa pengikutnya ke tempat yang lebih baik, yang kemungkinan tidak mereka inginkan. Para pengikut akan bisa merasakan nikmatnya berada di mana mereka harus berada.

Memberi inspirasi

“Jika apa yang Anda lakukan memberikan inspirasi kepada orang lain untuk bermimpi lebih, belajar lebih, melakukan lebih dan menjadi lebih, maka Anda adalah seorang pemimpin. “John Quincy Adams

Pada dasarnya, setiap orang adalah seorang pemimpin. Yang membedakan satu orang dengan yang lainnya ialah apakah ia seorang pemimpin yang baik atau tidak. Nah, jika kamu mampu memberikan inspirasi kepada orang lain untuk berbuat sesuatu yang lebih baik, maka kamu layak disebut sebagai pemimpin yang hebat.

Miliki mimpi-mimpi

“Kita tidak tahu kemana mimpi-mimpi kita akan membawa kita pergi, namun kita mungkin bisa melihat dengan jelas kemana kita akan pergi jika kita tak memiliki mimpi-mimpi.” Marilyn Grey

Mimpi memiliki arti penting dalam hidup. Orang yang tak memiliki mimpi tak tahu ke mana mereka harus pergi. Berbeda dengan orang yang hidup dengan mimpi. Mimpi itu sebagai harapan dan motivasi sehingga bisa melakukan hal yang lebih baik demi tercapainya mimpi tersebut.

Prioritaskan yang penting

“Kepemimpinan yang efektif adalah tentang mendahulukan apa yang penting. Pengelolaan yang efektif adalah tentang disiplin, melaksanakan (apa yang telah diputuskan).”Stephen Covey

Agar kepemimpinan berjalan lebih efektif, kamu harus mampu memilah mana yang harus didahulukan, dan mana yang tidak. Sesuatu yang penting harus diprioritaskan terlebih dahulu. Lalu, tanamkan sikap disiplin demi mencapai suatu tujuan tertentu.

Hubungan timbal balik

“Mereka yang memimpin memberikan penglihatan kepada yang mengikutinya, dan mereka yang mengikuti memberikan hidup kepada mereka yang memimpin.”Pauline Tangiora

Pemimpin akan menjadi orang yang diandalkan oleh para pengikutnya. Mereka akan dijadikan panutan oleh para pengikutnya. Tentunya, mereka semua bergantung kepada pemimpinnya bahkan sampai rela menggantungkan hidup mereka. Pada keadaan seperti ini, kamu harus mampu memimpin dengan baik. Jadilah pemimpin yang benar-benar bisa dijadikan sandaran oleh para pengikutmu.

Memiliki visi

“Hal yang paling mendasar dari kepemimpinan adalah bahwa Anda harus memiliki sebuah visi.“Theodore Hesburg

Kalimat inspiratif bijak tentang kepemimpinan ini memberikan informasi penting mengenai dasar seorang pemimpin yang baik. Setiap pemimpin harus memiliki visi yang jelas dan nyata sehingga bisa melakukan suatu tindakan yang nyata.

Ujian terakhir dari seorang pemimpinn

“Ujian terakhir dari seorang pemimpin adalah mewariskan kepada orang-orang yang dipimpinnya keyakinan dan kemauan untuk terus maju.”Walter Lippman

Seorang pemimpin haruslah mampu memberikan warisan terhadap seseorang untuk terus maju. Ini merupakan hal penting yang harus dilakukan sebagai hasil kepemimpinannya.

Belajar dan memimpin

“Belajar dan memimpin adalah dua hal yang saling terkait, dan kita perlu melihat keduanya sebagai sesuatu yang perlu mendapat perhatian, kepedulian dan keterlibatan apabila kita ingin belajar bersama-sama. Kepemimpinan dapat dipahami sebagai sebagai proses belajar di dalam suatu komunitas yang bersifat timbal balik dan memiliki tujuan tertentu.”Linda Lambert

Bukan berarti seorang pemimpin ialah dia yang sudah mengerti akan segala hal. Sebaliknya, seorang pemimpin yang baik ialah dia yang mau terus belajar menambah wawasan dan pengetahuannya. Bahkan, memimpin dan belajar merupakan dua hal yang saling berhubungan.

Mitos tentang pemimpin dari faktor keturunan

“Mitos yang paling berbahaya tentang kepemimpinan adalah kepercayaan bahwa pemimpin itu dilahirkan – bahwa ada faktor keturunan dalam kepemimpinan. Mitos ini menekankan bahwa ada orang yang memang memiliki karisma untuk menjadi pemimpin, sedangkan orang lain tidak. Itu tidak masuk akal. Yang benar justru sebaliknya. Pemimpin dibentuk, bukan dilahirkan.”Warren Bennis

Banyak orang yang percaya bahwa seorang pemimpin yang baik lahir karena faktor keturunan. Sebenarnya, hal ini adalah mitos yang belum tentu kebenarannya. Faktanya, siapa saja bisa menjadi pemimpin yang baik dan berkharismatik meskipun tidak ada faktor keturunan. Hal ini karena kepemimpinan bisa dibentuk, bukan dilahirkan.

Proses menjadi pemimpin

“Pemimpin tidak lahir begitu saja. Kepemimpinan dipelajari dan dikembangkan. Proses itu dimulai sejak awal hidup kita dengan diri kita sendiri sebagai Individu. “Valerie Sokoloski

Ungkapan bijak tentang kepemimpinan ini memberikan inspirasi dan informasi bahwa sejatinya pemimpin tidak lahir begitu saja. Namun, ada serangkaian proses yang harus dipelajari dan dikembangkan dengan baik sehingga mampu menjadi pemimpin yang hebat. Bahkan, proses kepemimpinan itu sudah terjadi sejak kita dilahirkan.

Jangan takut

“Jangan takut mengambil sebuah langkah besar jika memang itu yang perlu dilakukan. Anda tak mungkin menyeberangi lubang yang besar dalam dua langkah kecil. “David Lloyd George

Jangan pernah takut untuk melangkah. Yakinkan dalam hatimu jika hal itu memang perlu dilakukan. Ingatlah bahwa tak mungkin menyeberang dengan langkah kecil jika kamu menghadapi lubang yang besar.

Keinginan yang kuat

“Seseorang tak mungkin bersedia untuk merayap jika dia memiliki keinginan kuat untuk terbang. “Helen Keller

Jika kamu memiliki harapan yang tinggi, pastinya kamu akan melakukan beberapa usaha untuk mencapainya. Usaha yang keras pasti akan memberikan hasil yang lebih baik.

Hebatnya pengaruh, bukan wewenang

“Saat ini, kunci dari kepemimpinan yang sukses adalah pengaruh, bukan wewenang.“Kenneth Blanchard

Kata kata bijak tentang kepemimpinan dari Kenneth Blanchard ini menyebutkan bahwa pengaruh merupakan kunci sukses sebuah kepemimpinan. Memang benar. Apabila kamu ingin menjadi pemimpin yang hebat, berusahalah menjadi pemimpin yang memiliki pengaruh yang besar bagi pengikutmu.

Jadi pelayan terlebih dahulu

“Para pemimpin yang baik harus terlebih dulu menjadi pelayan yang baik.”  – Robert Greenleaf

Untuk bisa mengambil hati para pengikut, ibaratnya kamu harus menjadi pelayan yang baik terlebih dahulu. Lakukan segala sesuatu yang bisa membuat para pengikutmu menyenangimu. Barulah kamu bisa mengambil hari mereka untuk menjadi pengikutmu yang baik.

Jangan terlalu menunggu

“Jangan menunggu datangnya seorang pemimpin, lakukan saja sendiri, orang per orang. Jangan remehkan hal-hal kecil, karena di situlah kekuatan Anda berada.”Mother Teresa

Mother Teresa memberikan kutipan kata kata bijak tentang kepemimpinan. Kepemimpinan dapat dimulai dari diri sendiri. Jika kamu mampu menjadi seorang pemimpin yang baik bagi dirimu sendiri, kamu bisa merangkak dan berkembang menjadi pemimpin yang baik untuk para pengikutmu. Segala sesuatu itu akan lebih baik jika dilakukan dari hal yang kecil.

Pimpin pengikutmu dengan baik

“Pimpin dan doronglah orang. Jangan pernah mencoba untuk mengatur dan memanipulasi orang. Inventaris dapat diatur, namun orang harus dipimpin.”Ross Perot

Jangan pernah gunakan wewenang sebagai pemimpin untuk mengatur dan memanipulasi. Hal yang harus kamu lakukan ialah memimpin para pengikut dengan penuh tanggung jawab dan disiplin.

Lakukan tindakan yang nyata

“Kepemimpinan dilaksanakan lebih sebagai sikap dan tindakan nyata, bukan sekedar kata-kata. “Harold Geneen

Kebanyakan pemimpin memberikan kata-kata yang manis tanpa ada bukti berupa tindakan yang nyata. Jangan menjadi pemimpin yang sering mengumbar kata-kata manis. Kamu harus lebih menekankan kepada sikap dan tindakan nyata. Lakukanlah apa yang menjadi tugasmu dengan penuh rasa tanggung jawab.

Dapatkan ilmu dari orang lain

“Para pemimpin menjadi besar dengan membebaskan secara penuh segala potensi dan kemampuan para pengikutnya. Mereka mendapatkan ilmu dari orang lain dan tidak sekedar bergantung pada ketrampilan dan kemampuannya sendiri.”Melissa Horner

Jika kamu menjadi pemimpin, jangan kekang segala potensi yang ada pada pengikut-pengikutmu. Kamu harus mendukung mereka untuk bisa mengeluarkan segala kemampuannya. Selain itu, pemimpin yang baik ialah dia yang mau terus belajar dan berkembang.

Demikianlah kumpulan kata bijak tentang kepemimpinan dari tokoh terkenal. Semoga semua itu bisa menginspirasi dan memotivasi diri kita untuk menjadi pemimpin yang baik, meskipun hanya menjadi pemimpin untuk diri sendiri.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *