Cara Mendapatkan Uang dari Blog Bagi Pemula

By | September 17, 2016

cara-mendapatkan uang dari-blog

 

Kali ini pertamakali.com akan membahas bagaimana cara mendapatkan uang dari blog bagi pemula. Kebutuhan untuk mencukupi ekonomi keluarga kadang kala memaksa kita untuk mempunyai bisnis sampingan. Walaupun kita sudah mempunyai pekerjaan tetap setiap hari, namun dengan kemajuan teknologi, kita juga bisa menjalankan bisnis tanpa menganggu karir kita. Salah satunya adalah dengan membuat toko online. Keunggulan toko online adalah bisa dikerjakan dimana saja, tidak harus mempunyai pegawai yang  banyak dan tidak ada biaya penyewaan tempat usaha seperti jika kita membuka toko offline. Apalagi dengan mahalnya penyewaan tempat usaha yang pastinya akan membuat modal usaha kita membengkak, dengan membuat toko online, kita akan bisa banyak berhemat.

Cara pembuatan blog atau toko online juga tidak terlalu sulit. Kita bisa memesan jasa pembuatan website toko online dengan biaya yang relatif terjangkau. Banyak sekali jasa pembuatan website toko online yang tersebar di internet, mulai dari harga yang murah sampai kelas premium yang memerlukan design khusus dan eksklusif. Tentu hal ini bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan dan modal awal kita.

Untuk lebih menghemat biaya, sebetulnya kita bisa membuat sendiri toko online kita dengan cara yang mudah. Tidak usah takut karena tidak menguasai ilmu komputer, karena banyak aplikasi yang praktis dan mudah dipahami. Berikut adalah cara mudah membuat toko online kita sendiri:

Tentukan Produk Yang Akan Ditawarkan

Sebelum memulai membuat website untuk usaha, hendaknya kita mempunyai suatu produk yang akan ditawarkan. Untuk produk bisa berupa produk fisik yang berupa barang yang akan dijual dan memerlukan jasa pengiriman pihak kedua misalnya melalui Jne, Tiki atau kantor pos, ataupun produk digital yaitu Ebook yang dikirim lewat email.

Tentukan Nama Blog atau Toko Online

Menentukan nama website atau blog yang mudah diingat dan sesuai dengan produk atau jasa yang akan kita jual merupakan hal yang tidak mudah. Jika kita sudah mendapat nama yang diinginkan, cobalah cari di mesin pencarian google terlebih dahulu, adakah usaha lain yang bernama sama dengan toko online kita. Hal ini penting dilakukan agar toko online kita tidak seperti meniru toko online yang sudah ada terlebih dahulu di internet serta agar terkesan unik. Buatlah nama toko online yang tidak terlalu panjang, unik dan mudah diingat agar konsumen kita bisa cepat mengingat namanya.

Buat Alamat Email

Hal lain yang penting sebelum kita membuat toko online adalah membuat alamat email. Kita bisa membuat alamat email di gmail.com atau yahoo.co.id. Nama alamat email ini bisa kita sesuaikan dengan nama toko online kita agar lebih terkesan profesional. Buatlah juga password yang mudah diingat dan jangan beritahukan kepada siapapun agar tidak terjadi sesuatu hal yang  tidak diharapkan.

Membuat Blog Toko Online

Setelah kita mempunyai produk, menentukan nama toko online dan membuat alamat email dengan nama yang sama dengan toko kita, langkah selanjutnya adalah membuat website toko online. Ada dua penyedia website besar, gratis dan terkenal di internet yaitu wordpress.com dan blogspot.com. Kedua penyedia hosting gratis ini menawarkan berbagai kemudahan untuk membuat website. WordPress mempunyai lebih banyak tampilan atau tema website sehingga banyak orang memanfaatkannya untuk membuka toko online. Caranya adalah:

  • Ketikkan wordpress.com dalam alamat pencarian
  • Setelah muncul, pilihlah “Create Website”
  • Pilihlah jenis usaha yang akan kita buat. Contohnya jika kita akan menjual baju, kita pilih Arts & Entertainment, kemudian Style & Fashion
  • Pilih design website yang diinginkan, sebetulnya ini bisa kita lakukan kemudian, atau kita bisa menggantinya nanti.
  • Menentukan tema tampilan website, hal ini juga bisa kita lakukan kemudian
  • Memilih nama domain, kita masukkan nama toko online yang sudah kita buat sebelumnya. Sementara kita pakai yang gratis dahulu dengan alamat wordpress.com di belakang toko online kita.
  • Menentukan Plan dari toko online kita, bisa dengan Free Plan dengan mengupgrade plan di kemudian hari
  • Setelah menentukan Plan, masukkan alamat email yang kita buat tadi, dan pilihlah password yang mudah diingat, kemudian klik “Create My Account”
  • Selamat, website toko online sudah selesai dibuat.

Dengan banyak berlatih tentunya kita akan semakin mahir dalam membuat dan melengkapi website kita sehingga bisa bersaing dengan kompetitor lain yang menawarkan produk yang sama.

Mendapatkan Pegunjung Blog

Sebagus apapun blog atau website kita, bila tidak dipromosikan atau dikenalkan kepada orang lain, tentu akan menjadi percuma. Semakin banyak orang yang mengenal blog atau website kita, akan semakin banyak jumlah pengunjung yang membuka dan membaca blog kita tersebut. Jika kita menjual sesuatu pada blog tersebut, tentu hal ini merupakan hal yang sangat diharapkan.

Setelah kita belajar membuat toko online sendiri, langkah penting selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah mendapatkan pengunjung pada blog kita itu. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mempromosikan blog kita sehingga mendapatkan pengunjung blog yang terus meningkat.

Update Setiap Hari

Dengan mengupdate blog kita setiap hari, bisa dipastikan blog kita selalu aktif. Kita bisa menambahkan produk yang akan dijual setiap hari, atau pun menambah artikel yang bermanfaat, agar pembaca blog kita terus mendapatkan hal yang positif setiap harinya. Semakin lengkap blog kita, tentu akan semakin disukai pengunjung blog dan pasti mereka akan terus menunggu informasi yang baru setiap harinya.

Membuat Fanpage Facebook

Kekuatan sosial media untuk promosi memang sudah tidak diragukan lagi. Banyak pengelola blog yang memanfaatkan facebook untuk mempromosikan dan mengenalkan blog mereka dengan membuat Fanpage. Langkah membuat Fanpage Facebook cukup mudah, kita bisa membuatnya dari facebook personal kita. Pilih opsi “Create Page” di profile kita. Setelah terbuka akan ada beberapa pilihan seperti Local business or place, Company, organization or institution, Brand or Product dan lain sebagainya. Pilih yang sesuai dengan tema blog kita. Setelah memilih yang sesuai, tentukan juga kategori dan beri nama pada Page kita yang tentunya disesuaikan dengan nama blog kita. Tambahkan dengan foto profile dan keterangan lain, dan undanglah teman – teman untuk menyukai Fanpage kita tersebut. Setiap kita mengupdate blog kita, buatlah postingan di fanpage yang mengarahkan pengunjung untuk membaca artikel tersebut sehingga pengunjung blog kita meningkat.

Aktif Di Grup Facebook

Kita bisa juga mempromosikan blog kita tersebut ke grup facebook yang bertema sama dengan tema blog kita. Misalnya blog kita tentang resep masakan, aktiflah di grup facebook yang bertema masakan. Carilah grup facebook yang aktif dan mempunyai jumlah anggota ribuan agar semakin banyak pengunjung ke blog kita. Gunakan tata bahasa yang sopan dan balaslah setiap pertanyaan yang diajukan. Ada banyak grup facebook aktif yang bisa kita ikuti, dan tentunya semakin besar juga peluang kita mendapatkan pengunjung blog. Jangan menggunakan tools penyebar iklan massal yang banyak ditawarkan, karena hal ini bisa dianggap Spam dan bisa mengganggu kenyamanan anggota grup tersebut.

Promosi lewat Twitter

Selain menggunakan facebook dan fanpage facebook, twitter juga bisa menjadi media promosi yang menguntungkan. Buatlah twitter dengan nama yang sama dengan blog agar lebih mengenalkan blog kita tersebut. Ajaklah teman – teman kita untuk mengikuti kita di twitter, dan mintalah mereka untuk me-retweet postingan twitter kita. Kekuatan retweet ini lah yang membuat twitter kita menjadi terkenal dan semakin banyak follower kita. Tulislah konten yang bermanfaat agar pembaca twitter kita mendapat ilmu baru dan akhirnya mau mem-follow twitter kita.

Membayar Jasa Iklan

Jika kita mempunyai modal berlebih, tidak ada salahnya kita memanfaatkan media berbayar untuk mempromosikan blog kita. Kita bisa memanfaatkan google ads, yang akan memposisikan blog kita ke halaman google nomer satu untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog. Di facebook, kita bisa memanfaatkan fanpage ads dengan pengunjung tertarget sesuai dengan kebutuhan kita. Tentunya semuanya itu harus kita sesuaikan dengan modal dan kemampuan kita.

Dengan menerapkan cara mendapatkan pengunjung blog diatas, diharapkan blog kita akan menjadi terkenal dan bisa mendapatkan pengunjung yang loyal setiap harinya.

 

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog


Membuat sebuah blog dan mendapatkan penghasilan besar dan konsisten dari blog tersebut memang bukan perkara yang mudah. Bila kita membaca kisah sukses dari blogger yang sudah sukses, mereka bisa meraih penghasilan jutaan, puluhan juta bahkan ratusan juta dari pekerjaannya sebagai blogger. Tentu jumlah yang tidak sedikit bukan? Oleh sebab itu banyak orang kemudian mencoba membuat blog dengan harapan bisa sukses seperti para blogger pendahulu mereka. Tapi tidak sedikit dari mereka yang kemudian tidak berhasil dan menyerah di tengah jalan karena merasa putus asa dengan blog mereka yang tidak kunjung membuahkan hasil yang memuaskan.

Banyaknya persaingan blogger dewasa ini semakin meningkat. Setiap hari tercatat lebih dari 2 juta postingan baru dari para  blogger diseluruh dunia. Di Indonesia sendiri persaingan para blogger juga mulai terlihat dari beberapa tahun yang lalu. Banyak blogger dari Indonesia dengan berbagai umur, aktif menjalankan pekerjaannya sebagai blogger. Tidak sedikit yang sudah mendapatkan kesuksesan juga blog yang mereka buat, tapi tidak sedikit juga yang baru memulai usaha dari blog.

Lalu bagaimana cara mendapatkan uang dari blog? Selain dengan mendapatkan pengunjung yang banyak serta berjualan produk atau jasa langsung melalui blog atau toko online, berikut ini kami rangkum beberapa cara yang dapat kita lakukan agar bisa mendapatkan penghasilan dari blog yang kita buat.

Mengikuti Program Afiliasi

Ini adalah cara yang paling mudah jika kita ingin menjual suatu barang tanpa perlu repot untuk menyetok barang dan mengirimnya. Banyak program afiliasi yang tersebar di internet,  baik dari luar negeri maupun asli Indonesia. Jika Anda ahli berbahasa Inggris, ada baiknya Anda mencoba membuat blog dengan bahasa Inggris dengan target pengunjung blog dari luar negeri. Hal ini sangat menguntungkan, karena pengguna internet di luar negeri lebih besar daripada pengunjung blog di Indonesia. Untuk program afiliasi, produk yang biasa dijual adalah Ebook, software, produk fisik ataupun bisa merupakan sebuah jasa. Uang yang kita hasilkan adalah dari hasil penjualan produk tersebut melalui link afiliasi kita, yang kita pasang di blog.

Mengikuti Program Dropshipping

Program Dropshipping adalah menjualkan produk orang lain dengan memakai foto produk yang terpasang di blog kita, tanpa perlu mengeluarkan modal pembelian produk diawal. Program ini juga sangat cocok untuk pemula yang ingin mendapatkan uang dari blog tanpa modal sedikitpun. Untuk prosesnya, pembeli akan memilih barang yang diinginkan melalui  blog kita, mentransfer uang pembelian ke rekening kita, dan tugas kita adalah membelikan pesanan pembeli tersebut ke penyedia dropshipping. Pihak penyedia dropshipping akan mengirimkan barang tersebut langsung ke alamat pembeli kita tadi, jadi kita tidak perlu repot mengirimkannya dahulu. Keuntungan yang kita peroleh adalah dari selisih harga jual produk yang terdapat di blog kita dengan harga asli dari penyedia dropshipping.

Memasang Iklan PPC

Pay Per Click atau PPC adalah program iklan berbayar yang dipakai orang untuk mempromosikan blognya. Untuk mendapatkan uang dari PPC ini cukup mudah, yaitu dengan memasang iklan tersebut di blog kita, dan kita akan mendapatkan uang dari jumlah pengunjung blog yang mengklik iklan tersebut. Selain google dengan google adsensenya sebagai penyedia PPC terbesar di Internet, ada beberapa website lain seperti kliksaya.com, kumpul blogger, AdPlus, dan beberapa situs PPC lain yang terbukti bagus dan membayar anggotanya. Setelah memasang banner iklan tersebut di blog kita, tugas kita selanjutnya adalah mendatangkan jumlah pengunjung  ke blog kita sebanyak – banyaknya dengan menulis artikel yan menarik, promosi di media sosial, membuat fanpage, dan lain sebagainya. Untuk promosi offline, kita juga bisa memasang website kita di mobil kita dengan stiker, membagi – bagikan brosur, bahkan memasang iklannya di surat kabar.

Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari blog dengan mudah. Tentunya kita perlu meluangkan waktu khusus untuk mengelola blog kita agar bisa menjadi ladang uang yang menghasilkan di kemudian hari.

Membuat Google Adsense

Jika kita sudah mempunyai sebuah blog di Internet, kita bisa memanfaatkannya untuk mencari tambahan penghasilan lewat Google Adsense. Tapi apakah google adsense itu? Google adsense adalah program periklanan dari google yang memungkinkan konsumen memasang iklan untuk suatu usahanya. Dengan memasang iklan google adsense dalam blog kita, kita akan berpotensi mendapatkan penghasilan, apabila ada pengunjung blog kita yang meng-klik iklan tersebut. Tugas kita adalah mendapatkan pengunjung yang banyak di blog kita, agar kemungkinan iklan tersebut diklik menjadi semakin besar.

Banyak kisah blogger sukses yang mendapatkan uang dari google adsense ini, dan pembayarannya adalah dalam bentuk dollar. Rata – rata penghasilan mereka dalam satu bulan mencapai ratusan dollar, dan google pasti membayar mereka. Misalnya untuk niche kesehatan, google membayar $0.1 per klik iklan di blog kita. Untuk menghasilkan $100 dollar setiap bulan, kita harus mendapat 1000 pengunjung yang mengklik iklan di blog kita tersebut. Jika diasumsikan dari 10 orang pengunjung hanya satu orang yang mengklik iklan blog kita, maka kita harus bisa mendapatkan 10.000 pengunjung agar target $100 perbulan tercapai. Tentu bukan jumlah yang sedikit bukan?

Untuk membuat supaya blog kita bisa disetujui dan mendapatkan google adsense terbilang cukup mudah. Berikut ini cara mendapatkan uang dari google adsense yang bisa dicoba:

  • Buatlah email dengan akun gmail

Akun gmail yang masih satu produk dari google akan mempermudah kita untuk membuat blog dan mendaftar google adsense. Bila belum punya, kita bisa membuatnya terlebih dahulu di gmail.com

  • Membuat blog di blogspot.com

Agar kita lebih mudah mendaftar google adsense, blog yang kita buat harus berada di blogspot.com. Hal ini karena blogspot merupakan produk dari google dan opsi google adsense sudah tersedia dalam blog itu sendiri, namun belum aktif.

  • Buatlah konten yang menarik

Google adsense akan menilai isi konten kita, apakah sesuai dengan niche yang kita pilih, isi konten yang bermanfaat dan asli tulisan kita sendiri, blog yang aktif dan di update setiap hari, dan hal detail lainnya. Isi konten merupakan faktor penting dalam penilaian google, oleh karena itu membuat konten yang bagus dan bermanfaat bagi pengunjung blog sangat diperlukan. Luangkan waktu selama beberapa jam sehari untuk selalu mengupdate blog dengan konten yang menarik. Hindari penggunaan konten yang terlarang seperti konten pornografi, kekerasan, pelecehan, penindasan atau yang berbau SARA.

  • Usia Penulis

Usia penulis juga berpengaruh terhadap diterima atau tidaknya mengajuan google adsense kita. Usia yang diperbolehkan adalah minimal 18 tahun.

  • Kelengkapan Blog

Agar blog kita disetujui dan mendapatkan iklan dari google adsense, kita perlu juga mengatur kelengkapan blog kita antara lain menggunakan halaman pendukung misalnya Kontak Saya, privacy & policy, menu navigasi, widget, dan lain sebagainya.

  • Jumlah pengunjung

Untuk mendapatkan google adsense, blog kita harus aktif terlebih dahulu dan sudah mendapatkan jumlah pengunjung yang konsisten setiap harinya. Untuk jumlah awal mungkin sekitar 200-250 pengunjung blog setiap hari, baru google akan menyetujui blog kita. Sebetulnya tidak ada jumlah pengunjung yang ditentukan untuk hal ini, tapi semakin banyak jumlah pengunjung akan semakin besar kemungkinan google adsense ini disetujui. Untuk mendapat pengunjung dengan jumlah ini pasti usia blog kita juga sudah cukup lama, yang berarti tidak bisa blog baru langsung mendaftarkan google adsense.

  • Mendaftar Google Adsense

Apabila blog sudah siap, daftarkan blog di google adsense, bisa langsung dalam menu blogspot dalam navigator blog. Bisa juga mendaftar lewat http://www.google.com/Adsense. Isi kelengkapan data dengan jelas termasuk negara domisili kita. Setelah itu tunggulan konfirmasi dari pihak google yang akan kita  terima lewat email, apakah permohonan kita ini disetujui atau tidak.

  • Memasang iklan di blog

Setelah kita mendapat email konfirmasi dari pihak google, saatnya kita memasang iklan tersebut di blog kita. Caranya adalah kita masuk ke dashboard google adsense kita, dan cari html yang bisa kita copy-kan ke blog kita. Ambil semua iklan yang disediakan oleh google untuk dipasang di blog kita, dan posisikan di bagian – bagian blog yang mudah terlihat oleh pengunjung blog kita, yaitu bagian atas judul blog, dibawah judul blog, samping kanan atau disela – sela postingan blog kita. Hal ini tentunya membutuhkan kreatifitas kita dalam menempatkan iklan – iklan ini.

Demikianlah cara membuat blog dan mendapatkan uang dari blog yang kita buat secara online yang bisa kita terapkan untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Tentu dibutuhkan kesabaran dan ketekunan untuk bisa mendapatkan keuntungan dari cara ini, tapi hasil yang akan diperoleh akan sepadan bahkan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Disarankan Anda tidak terburu-buru memasang iklan di website Anda. Coba untuk membuat konten-konten yang menarik terlebih dahulu di website Anda sehingga website Anda dikenal dan dikunjungi banyak orang. Jika Anda melihat pengunjung sudah semakin banyak dan website Anda sudah mulai dipercaya dan dikenal, Anda dapat memutuskan untuk memasang iklan di website untuk produk Anda sendiri atau mendapat penghasilan melalui iklan di website Anda melalui google Adsense atau iklan promosi dari perusahaan atau orang-orang yang Anda tawarkan.

Semoga artikel di atas bermanfaat..

(Marthika)

 
Share

2 thoughts on “Cara Mendapatkan Uang dari Blog Bagi Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *