Cara Memotivasi Diri Agar Lebih Dekat dengan Kesuksesan

By | September 25, 2016

motivasi-diri

 

Setiap orang pasti ingin sukses. Namun, kesuksesan tidak bisa didapatkan tanpa adanya perjuangan yang keras. Harus ada suatu usaha untuk mendapatkan kesuksesan tersebut. Ada serangkaian proses kesuksesan yang harus kamu lalui.

Motivasi diri sangatlah penting agar kamu selalu semangat dalam meraih kesuksesan. Untuk menumbuhkan motivasi dalam diri, tentu saja ini tidak mudah. Biasanya semangat seseorang akan naik turun karena dipengaruhi oleh perasaan dan emosional. Nah, bagaimana caranya untu memotivasi diri meraih kesuksesan? Misalnya saja dengan mengikuti kegiatan emosional. Kamu akan mendapatkan dorongan dari seorang motivator sehingga apa yang kamu cita-citakan akan segera kamu capai.  Akan tetapi, biasanya seseorang yang sudah lama tidak mengikuti seminar motivasi dalam dirinya akan turun drastic apabila tidak mendapatkan semangat motivasi secara terus menerus. Tak mungkin juga jika kamu secara terus menerus mengikuti seminar motivasi diri.

Sebelum membahas beberapa cara memotivasi diri, sebaiknya kamu kenali dulu beberapa hal yang bisa membuatmu kurang termotivasi. Nah berikut ini ulasannya!

  • Kurang percaya diri

Kurangnya rasa percaya diri bisa membuatmu merasa bahwa kamu tak akan bisa meraih kesuksesan. Jika tak ada rasa percaya diri kamu bisa meraih kesuksesan, untuk apa mencoba mengejar kesuksesan? Agar kesuksesan bisa kamu raih, kamu harus mampu membulatkan tekad agar segala sesuatu bisa kamu dapatkan.

  • Tidak fokus

Jangan biarkan dirimu tidak fokus. Ketidakfokusan ini membuatmu sulit meraih kesuksesan karena pikiranmu akan terpecah-pecah. Sebaiknya, kamu pikirkan satu tujuan agar bisa lebih fokus. Setelah satu tujuan sudah tercapai, barulah kamu bisa memikirkan hal lainnya.

  • Tidak tahu arah tujuan hidup

Kamu tak akan bisa sampai ke tempat tujuan kalau kamu sendiri tidak tahu arah ke mana kamu akan pergi. Oleh karena itu, sangat penting bagimu untuk tahu arah dan tujuan hidupmu.

Hindari ketiga hal tersebut agar kamu selalu termotivasi untuk bisa meraih kesuksesan. Selanjutnya, berikut ini ada beberapa cara memotivasi diri yang bisa kamu lakukan:

Motivasi Diri yang Dapat Anda Dilakukan

 

Bermimpilah

Orang yang memiliki mimpi untuk bisa sukses akan selalu termotivasi untuk melakukan segala usaha keras untuk meraih kesuksesan. Bahkan, walaupun dia mengalami suatu kendala yang tak mudah, dia tak akan merasakan putus asa. Kesuksesan yang ada di depan mata membuat semangat.

Pengaruhi pikiran bawah sadar

Kamu bisa mempengaruhi pikiran bawah sadar dengan impian yang ingin kamu raih. Perilaku dan kegiatan sehari-hari akan dipengaruhi oleh pikiran bawah sadar.

Cari inspirasi

Untuk selalu termotivasi, kamu bisa mencari inspirasi dari orang-orang sukses yang ada di sekitarmu. Atau, kamu bisa juga mencari buku inspirator mengenai kisah sukses pengusaha. Buku ini akan menceritakan tentang perjalanan hidup seseorang dalam meraih kesuksesan. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti seminar agar motivasi dalam diri selalu kuat.

Jadilah orang yang berprestasi

Apa yang kamu inginkan, kejarlah. Kamu berhak memiliki mahakarya yang akan menghasilkan uang untukmu. Biasanya, orang yang memiliki prestasi akan memiliki harga yang harus dibayarkan. Seseorang akan melakukan apapun agar impiannya tercapai bahkan sampai rela berkorban, berjuang dan bekerja keras.

Manfaatkan semua yang akan membantu anda meraih tujuan

Carilah sesuatu yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan kesuksesan yang ingin kamu raih. Biasanya, kebanyakan orang sukses akan mencari apa saja yang bisa membuat mereka untung. Lihatlah ke depan dengan selalu melihat peluang yang ada. Kamu harus selalu memikirkan masa depan. Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan peluang untung dan melakukan persaingan dengan baik.

Sikapmu menentukan posisimu

Sikap merupakan hal yang sangat penting. Ini merupakan pola piki atau cara untuk melihat sesuatu. Jika kamu  bisa fokus, kamu akan mendapatkan apa yang ingin kamu raih. Memang, tak ada jaminan kesuksesan untuk orang yang selalu berpikir positif. Namun, orang akan memiliki peluang jauh lebih besar jika mampu menjaga pikiran positif yang ada pada dirinya.

Efektifkan hukum rata-rata

Hukum rata-rata mengatakan semakin banyak kegagalan yang dihadapi semakin banyak kita mecoba semakin dekat kita dengan kesuksesan. Jangan mudah putus asa ketika mengalami kegagalan. Ketika kamu mendapatkan kegagalan yang bertubi-tubi, ubah mindset kamu dari patah semangat menjadi motivasi diri karena kegagalan itu memberikan kesempatan yang lebih besar untuk bisa sukses. Pada kegagalan yang kamu dapatkan, ada pengalaman berharga yang bisa kamu ambil.

Bekerja keras dan bertanggung jawab

Segala hambatan dan kegagalan bisa diatasi dengan baik apabila kamu mau bekerja keras meraih kesuksesan yang ingin kamu capai. Kemudian, rasa tanggungjawab akan membuat dirimu merasa harus melakukan sesuatu yang terbaik agar hasilnya maksimal.

Pengaruh lingkungan

Lingkungan memiliki banyak pengaruh untuk memotivasi diri kamu sendiri. Untuk memotivasi diri agar meraih  kesuksesan, kamu harus pandai mencari teman atau komunitas. Bergaulah dengan mereka yang memiliki motivasi sama yaitu ingin bekerja keras meraih kesuksesan. Dengan dukungan yang kamu dapatkan dari lingkungan sekitar, kamu akan mendapatkan motivasi positif. Mereka tak segan-segan akan memberikan bantuan kepadamu jika kamu mendapatkan kesulitan dalam menjalani proses menuju kesuksesan.

Disiplin dan konsisten

Orang sukses harus disiplin. Segala sesuatu harus dikerjakan secara tepat waktu. Kamu tak boleh menunda-nunda pekerjaan. Oleh karenanya, mulai sekarang biasakan untuk bersikap disiplin agar kamu bisa mencapai target yang ingin kamu dapatkan. Mimpi besar akan segera menjadi kenyataan jika kamu melakukan sesuatu dengan disiplin dan konsisten.

Kembangkan impian

Kamu perlu memiliki impian hidup yang tidak sederhana. Mengapa demikian? Sesungguhnya impian yang sederhana tidak akan membuat dirimu termotivasi dengan baik. Motivasi akan tumbuh menjadi suatu kekuatan yang besar jika kamu memiliki impian yang besar. Ini akan menjadi sesuatu yang bisa membuatmu lebih semangat dalam meraih kesuksesan.

Yakin dan percaya pada diri sendiri

Cara memotivasi diri untuk meraih kesuksesan yaitu dengan percaya diri. Kamu harus yakin dengan kemampuan yang kamu miliki. Kamu harus selalu percaya bahwa kamu bisa mencapai apa yang kamu impikan. Kesuksesan bisa terwujud, hanya saja kamu butuh waktu untuk mendapatkannya. Untuk meningkatkan rasa percaya diri, kamu bisa mencari beberapa koleksi buku atau VCD sehingga kamu akan mendapatkan siraman motivasi secara terus menerus.

Pikirkan hal-hal yang memberdayakan

Berhati-hatilah dalam menentukan apa yang kamu pikirkan, sebab ini akan menjadi penentu sesuatu yang kamu lakukan. Jika kamu memiliki pikiran positif, perilakumu juga akan positif. Lebih baik mencari orang-orang yang memiliki pikiran sama denganmu sebab ini sangat bermanfaat dalam memotivasi dirmu untuk meraih kesuksesan. Dorongan dari teman akan membantumu menumbuhkan semangat.

Fokus

Kamu harus menentukan sesuatu yang paling penting. Setelah itu, barulah kamu fokus terhadap cara atau upaya untuk mewujudkannya. Kamu harus fokus terhadap satu tujuan terlebih dahulu, agar kamu bisa mendapatkan kesuksesan yang presentasenya lebih tinggi. Cara ini juga mampu menumbuhkan semangat dan motivasi dalam diri.

Menetapkan tujuan

Hal yang bisa dilakukan untuk memotivasi diri sendiri ialah dengan menetapkan tujuan. Kamu harus tahu, di bidang apa kamu ingin sukses. Lalu, sebesar apa kamu ingin meraih kesuksesan? Kamu juga harus tentukan waktu untuk bisa meraih tujuan tersebut. Sebab, tujuan yang semakin jelas akan semakin baik.

Cara yang bisa kamu lakukan ialah menuliskan tujuan kamu secara terperinci pada selembar kertas. Lalu, tempelkan kertas itu pada tempat yang bisa kamu lihat setiap hari. Ketika kamu melihat tulisan-tulisan itu, kamu bisa mendapatkan motivasi agar selalu dalam meraih kesuksesan.

Membayangkan menjadi sukses

Kamu akan termotivasi dengan cara membayangkan diri kamu sudah sukses. Rasakan kenikmatan yang bisa kamu dapatkan ketika menjadi orang sukses. Jangan berpikir bahwa ini cara yang aneh karena sesungguhnya ini merupakan cara yang tepat. Pikiran akan mulai terpancing untuk melakukan segala upaya untuk meraih kesuksesan.

Ketika rasa percaya dirimu menurun, segera bayangkan kembali mengenai kesuksesan yang seolah-olah sudah kamu dapatkan. Semakin sering kamu melakukan hal ini, maka semakin meningkat rasa percaya diri yang kamu miliki. Tak masalah jika kamu kurang suka dengan cara ini karena terkesan konyol. Namun, setelah kamu melakukannya berulang-ulang kali, kamu akan merasakan betapa dahsyatnya manfaat cara tersebut.

Kamu akan termotivasi menjadi orang sukses setelah membayangkan beberapa hal yang akan kamu dapatkan. Perlakuan orang-orang di sekitarmu tentu akan berubah jika kamu sudah menjadi orang sukses. Pasti mereka sudah tidak meremehkanmu lagi.

Mengenang kesuksesan masa lalu

Cara memotivasi untuk meraih kesuksesan ialah dengan mengenang kesuksesan masa lalu. Maksudnya ialah bukan tentu kesuksesan karir. Namun, kamu bisa membayangkan kesuksesan yang pernah kamu raih misalnya menjadi siswa berprestasi di sekolah atau memenangkan perlombaan di bidang olahraga atau seni. Ketika kamu mendapatkan kesuksesan tersebut, apa reaksi orang-orang di sekitarmu. Pasti orang tuamu bangga karena kamu bisa mendapatkan prestasi.

Nah, saatnya kamu mengulang kesuksesan yang pernah kamu dapatkan di masa lalu. Jika kamu dulu sukses sebagai siswa yang berprestasi, saatnya kamu menjadi orang yang sukses dalam karir. Pastilah orang tuamu akan bangga melihatmu sukses menjadi pengusaha. Selain itu, kamu akan merasa puas karena bisa membahagiakan orang tua dan orang-orang yang ada di sekitarmu.

Mensyukuri kesuksesan masa lalu

Selain mengenangnya, kamu juga perlu mensyukuri kesuksesan di masa lalu. Dengan hidup penuh rasa syukur, kamu akan mendapatkan rasa percaya diri yang sangat bermanfaat untuk meraih kesuksesan yang ingin kamu dapatkan.

Berpikir positif

Kamu harus memiliki pikiran positif untuk bisa memotivasi diri dalam meraih kesuksesan. Jika kamu mampu menjaga pikiran untuk selalu berpikiran positif, hal ini akan mampu membuatmu terus bersyukur sebab segala sesuatu yang telah terjadi di bumi ini tidak ada yang kebetulan. Allah SWT telah menentukan apa yang akan terjadi di dunia ini. Jika kamu menemui segala hambatan, ingatlah bahwa itu merupakan suatu latihan agar kita menjadi pribadi yang kuat.

Kamu perlu menyingkirkan segala pikiran negatif. Kamu harus mampu menguasai diri sendiri. Pasti akan banyak hambatan saat meraih kesuksesan seperti mengalami konflik batin, ragu terhadap diri sendiri, dan sebagainya.

Menyerahkan semuanya kepada Tuhan

Cara memotivasi diri selanjutnya ialah menyerahkan semuanya kepada Tuhan. Setelah berbagai usaha telah dilakukan, sudah saatnya berserah diri kepada Sang Maha Pencipta. Hasil akhir dari usaha kita ialah Tuhan yang menentukan. Kita sebagai makhlukNya berkewajiban memberikan yang terbaik. Selain berpasrah kepada Tuhan, kamu harus selalu berpikir positif tentang apapun yang diberikanNya.

Kendalikan hidupmu sendiri

Kamu harus bisa mengendalikan hidupmu sendiri. Kamu harus selalu menjunjung tinggi tanggungjawab yang kamu miliki. Putuskan sesuatu yang berhubungan dengan hidupmu. Apapun yang kamu putuskan, kamu harus mau menanggung segala resikonya. Oleh sebab itu, sebelum memberikan suatu keputusan, pikirkan baik-baik jangan sampai kamu memberikan keputusan yang salah.

Kembangkan keberanian

Kamu harus memiliki keberanian yang luar biasa. Kadar keberanian yang harus kamu miliki ialah lebih besar dibandingkan dengan keadaanmu. Tentu saja, bukan berarti memiliki keberanian tidak memiliki rasa takut. Arti dari memiliki keberanian ialah kamu mampu bertindak meskipun sebenarnya kamu merasa takut. Jadi, keberanian mampu mengalahkan rasa takut.

Jenis keberanian yang harus kamu miliki ada dua, yaitu keberanian bertindak dan keberanian bertahan. Kedua keberanian ini sangat berpengaruh bagimu untuk bisa meraih kesuksesan. Berani bertindak muncul dari dalam dirimu. Kemudian, berani bertahan muncul dari keinginan untuk sukses.

Belajar dari kesalahan

Untuk memotivasi diri dalam meraih kesuksesan, kamu perlu belajar dari kesalahan yang pernah dilakukan. Tentu saja, kehidupan memiliki siklus sehingga kadang kamu akan merasakan di atas, kadang juga berada di bawah. Belajar dari kesalahan merupakan cara yang bijaksana.

Kita ambil contoh seorang peselancar. Ketika belajar bermain selancar, tentu peselancar akan mengalami kegagalan dengan tidak mampu berdiri tegak di atas papan selancar. Namun, kegagalan dan kesalahan bisa membuatnya bangkit. Dia menjadi tahu bagaimana melakukan penyesuaian yang bagus sehingga mampu berdiri tegak di papan selancar meskipun ada ombak besar yang datang.

Seberapa besar keinginan meraih impian

Besarnya keinginan untuk meraih impian akan memberikan pengaruh yang bagus dalam mengejar kesuksesan. Orang yang memiliki keinginan besar tidak akan goyah dalam perjalanan menuju kesuksesan meskipun ada badai besar yang menghadang.

Lakukan sesuatu yang kamu nikmati

Ketika ingin membuka suatu usaha, tentukan dulu bidang apa yang kamu sukai. Jika kamu melakukan suatu usaha yang kamu nikmati, kamu akan merasa senang dalam menjalani usahamu. Bahkan, kamu akan mau melakukan bidang yang kamu sukai walaupun tanpa dibayar. Cintai pekerjaanmu maka kamu akan meraih kesuksesan.

Harapkan yang terbaik

Harapan akan memberikan pengaruh positif pada dirimu. Tanamkan sebuah harapan pada hatimu sehingga ini akan selalu memotivasi meraih kesuksesan. Bahkan, seorang Napoleon berkata bahwa seseorang yang mampu memberikan harapan bagi pengikutnya ialah seorang pemimpin terbaik. Orang akan memiliki suatu kekuatan jika memiliki harapan. Oleh karena itu, dekatilah orang-orang yang mampu memberikanmu suatu harapan sehingga kamu bisa mengoptimalkan potensi yang ada pada dirimu.

Berkomitmen pada pengembangan diri

Jangan malas untuk terus belajar. Jangan sekali-kali kamu merasa bahwa kamu sudah mengetahui segalanya sehingga tak perlu belajar. Sesungguhnya, orang yang sering belajar akan merasa bahwa dia masih miskin akan ilmu pengetahuan.

Kamu bisa belajar mengenai berbagai bidang, terutama bidang yang bisa mendukung usaha yang kamu jalankan dari berbagai sumber seperti buku, internet atau VCD. Ini merupakan suatu investasi pada diri sendiri yang pastinya akan sangat bermanfaat.

Itulah beberapa cara memotivasi diri untuk meraih kesuksesan. Semoga bermanfaat sehingga kamu bisa menggunakan beberapa cara di atas untuk meraih kesuksesan yang selama ini kamu impikan. Percayalah tidak ada sesuatu di dunia ini yang tidak mungkin, asalkan kamu mau berusaha keras untuk mendapatkannya.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *