Cara Memerahkan Bibir Secara Alami

By | September 2, 2016

bibir-kering

 

Salah satu pendukung kecantikan alami adalah mempunyai bibir yang merah alami dan terjaga kelembabannya. Banyaknya pemakaian lipstik dengan bahan kimia yang kita oleskan pada bibir kita setiap hari ternyata bisa merusak bibir, membuat bibir hitam dan juga kering.

Bibir kita sebenarnya merupakan bagian yang sangat sensitif karena berupa kulit tipis tanpa kelenjar minyak dan terdiri dari pembuluh darah yang mudah terlihat. Pembuluh darah yang terlihat dibalik kulit bibir yang tipis inilah yang menyebabkan warna merah pada bibir kita. Oleh karena itu pada saat kita sedang sakit, bibir kita akan terlihat pucat karena kondisi aliran darah yang kurang lancar.

Jika kita adalah wanita yang aktif yang perlu memakai lipstik setiap hari, ada baiknya kita menyimak tips cara memerahkan bibir secara alami berikut ini.

Menghilangkan kulit mati pada bibir

Walaupun hanya memiliki lapisan kulit yang tipis, ternyata bibir juga perlu digosok untuk menghilangkan kulit matinya. Caranya adalah dengan mengoleskan sedikit gula atau madu ke bagian bibir, dan gosok pelan. Setelah dirasa cukup, basuh dan keringkan bibir Anda, dan pakailah Lip Balm atau pelembab bibir. Dengan terkelupasnya sel kulit mati pada bibir, akan mempermudah kolagen memproduksi sel kulit yang baru. Selain mengangkat kulit mati, cara ini juga bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah pada bibir sehingga bisa membuatnya lebih merah dan sehat.

Lindungi dari sinar matahari

Sinar matahari yang terlalu menyengat ternyata juga bisa membuat bibir menjadi hitam dan kering. Untuk melindunginya, gunakan lip balm atau pelembab bibir terutama yang mengandung SPF 15 agar bibir terjaga dari efek ultraviolet sinar matahari yang merugikan.

Jangan Merokok

Perubahan warna pada bibir juga bisa karena rokok. Merokok memang sangat merugikan baik bagi kesehatan organ tubuh bagian dalam dan juga kesehatan kulit. Kulit perokok akan cepat menjadi keriput karena kolagen dalam kulitnya lebih mudah hilang. Dengan menipisnya kolagen, tentu juga akan mengakibatkan sel kulit menjadi cepat rusak. Warna hitam bukan saja mempengaruhi bibir tetapi juga pada gusi dan gigi.

Minum air putih

Rajin meminum air putih setidaknya 2 sampai 3 liter sehari akan membuat kita sehat dan peredaran darah pun lancar. Bila peredaran darah lancar, bibir pun akan memerah alami dan terlihat sehat. Air putih memang terbukti dapat menyehatkan kulit kita dan menjaga kelembabannya. Jika Anda penyuka kopi, imbangilah dengan tetap meminum air putih.

Menjaga Kelembaban bibir

Menjaga kelembaban bibir selain menggunakan lip balm, juga bisa dengan mengoleskan madu, minyak zaitun, minyak kelapa atau minyak almond agar bibir tidak pecah – pecah. Bibir yang kering dan sampai pecah – pecah terasa menyakitkan dan juga mengganggu penampilan. Karena itu perlu kita jaga kelembabannya dengan rajin mengoleskan minyak diatas setiap malam atau beberapa kali dalam satu minggu.

Mengoleskan pewarna merah alami

Kita juga bisa membuat pengoles bibir dengan bahan alami seperti buah – buahan yang berwarna merah seperti ceri, strawberry, canberry, buah delima atau umbi merah. Caranya dengan mengupas buah tersebut dan langsung mengoleskannya pada bibir. Atau bisa juga dengan menghancurkan daging buahnya, dan memakai bantuan cotton bud untuk mengoleskannya pada bibir. Ulangi langkahnya sampai mendapat warna merah yang diinginkan, kemudian tutup dengan lip balm agar tahan lama.

Selain tanpa bahan kimia, berbagai cara diatas juga aman dan bisa dilakukan dengan mudah dirumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi Anda agar terlihat lebih segar dan cantik secara alami.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *