Cara Make Up Natural Untuk Cantik Alami

By | September 17, 2016

make-up-cantik-alami

 

Memakai make up untuk pergi ke suatu acara pesta atau ke kantor sepertinya sudah menjadi keharusan bagi para wanita yang ingin tampil cantik alami dan berbeda. Selain untuk tampil lebih cantik, make up bisa juga berfungsi sebagai penutup flek di wajah atau juga mengoreksi bentuk wajah agar terkesan lebih bagus seperti keinginan kita. Misalnya bila kita mempunyai pipi chubby, kita bisa memakai make up untuk memberi kesan pipi kita lebih kurus. Atau mengoreksi bentuk hidung kita agar terlihat lebih tinggi dan mancung. Tentu saja hal ini perlu teknik tersendiri agar hasil yang nampak pada riasan kita seperti harapan kita. Bila kita salah mengaplikasikan teknik make up, bukannya menghasilkan riasan yang bagus, kita malah bisa mendapatkan bentuk wajah yang aneh dan tidak natural.

Menguasai teknik dan cara make up natural untuk cantik alami sebenarnya tidak begitu sulit. Kita tidak perlu pergi ke salon mahal untuk mendapatkan riasan yang sebenarnya bisa kita lakukan sendiri dirumah. Make up natural sangat pas diaplikasikan setiap hari untuk pergi kerja karena selain terlihat cantik, kulit kita juga tidak terlalu terbeban dengan bahan kimia dari make up yang berlebihan.

Berikut kami rangkum cara make up natural untuk cantik alami yang bisa Anda terapkan dalam riasan sehari – hari.

 

Cara Make Up Agar Terlihat Cantik Alami

 

Memilih Make Up Sesuai Jenis Kulit

Tips dasar dalam bermake up adalah memilih make up yang sesuai dengan kulit kita, aman digunakan dan tidak menimbulkan alergi kulit. Kita perlu mengetahui jenis kulit kita terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli make up, khususnya untuk foundation dan bedak. Salah memilih foundation akan menyebabkan kulit berjerawat, gatal bahkan flek hitam yang pastinya malah menganggu penampilan wajah kita. Untuk kulit yang sensitif, pilihlah foundation dengan bahan dasar air dan khusus untuk kulit wajah yang sensitif. Untuk kulit kering, gunakan pelembab terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan make up ke wajah kita. Demikian juga halnya untuk memilih eyes shadow, eye liner, lipstik dan produk make up lain, jangan sampai membuat kulit kita alergi dan malah merusak penampilan kita. Gunakan make up dengan merk yang sudah terkenal dan terbukti aman, dan belilah di toko make up yang terpercaya agar tidak salah membeli barang yang palsu, karena dewasa ini sering terungkap kasus kosmetik palsu yang berbahaya.

Memilih Warna Foundation Dan Bedak

Penting juga untuk memilih warna foundation dan bedak yang sesuai dengan warna kulit. Para ahli kecantikan menyarankan untuk memilih foundation dengan warna satu tingkat diatas warna kulit kita, untuk menghasilkan riasan yang sempurna. Kita perlu juga menggunakan warna foundation atau bedak dengan warna setingkat dibawah warna kulit kita, atau lebih gelap dari kulit kita, untuk membuat shading atau bayangan dalam teknik make up. Walaupun cara make up natural untuk cantik alami lebih sederhana dan tidak memerlukan teknik khusus seperti shading, namun tidak ada salahnya kita mempelajari hal tersebut agar kita semakin mahir dalam bermake up.

Cara Mengaplikasikan Make Up yang Benar

Setelah kita memilih jenis make up yang sesuai dengan jenis kulit kita, kita harus mengetahui cara memakainya agar mendapatkan riasan yang natural dan tidak menor.

Berikut langkah – langkah dan cara make up natural untuk tampil cantik :

  • Bersihkan wajah terlebih dahulu

Cara make up natural untuk cantik alami yang paling awal adalah membersihkan wajah. Kita perlu membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum memakai make up agar make up semakin menempel pada kulit wajah. Selain itu, dengan membersihkan wajah kita terlebih dahulu, debu, minyak dan kotoran yang ada di kulit wajah kita tidak tertumpuk make up yang malah akan membuat alergi dan jerawat. Kita bisa menggunakan sabun muka untuk membersihkan muka kita, atau memakai pembersih dan tonic muka yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit wajah kita.

  • Memakai pelembab

Cara make up natural untuk cantik alami yang kedua adalah memakai pelembab. Bagi kulit kering dan normal, oleskan pelembab terlebih dahulu untuk menjaga kelembaban kulit wajah kita. Hal ini juga mencegah kekeringan dan alergi yang bisa ditimbulkan dari penggunaan foundation dan bedak setiap harinya. Untuk kulit berminyak bisa langsung memakai foundation tanpa menggunakan pelembab terlebih dahulu. Setelah memakai pelembab, tunggulah sekitar 5 menit agar pelembab dapat meresap sempurna ke kulit wajah kita, baru kita memakai produk make up lain seperti foundation.

  • Memakai foundation

Cara make up natural untuk cantik alami yang ketiga adalah memakai foundation. Oleskan foundation secukupnya ke kulit wajah secara merata sampai ke bagian leher belakang dan telinga. Jangan hanya memakai foundation di bagian wajah saja karena akan terkesan kita memakai topeng. Oleskan agak tebal di bagian kulit muka yang ada flek atau bekas jerawat untuk menyamarkan warna kulit hitam tersebut.

  • Membentuk Alis

Cara make up natural untuk cantik alami selanjutnya adalah membentuk alis. Alis sangat berpengaruh terhadap bentuk muka seseorang. Banyak salon yang menawarkan jasa membentuk alis dengan sulam alis, tatto alis ataupun hanya membentuk alis dengan mencabut rambut alis untuk membuat bentuk yang lebih teratur. Untuk mendapatkan alis yang lebih tebal, kita bisa menambahkan pensil alis yang diaplikasikan sesuai bentuk alis kita. Untuk menghitamkan rambut alis secara instan, aplikasikan maskara tipis saja ke seluruh rambut alis mata kita dengan hati – hati agar tidak mencoret bagian wajah yang lain.

  • Mempertajam bentuk mata

Cara make up natural untuk cantik alami berikutnya adalah mempertajam bentuk mata. Bila kita mempunyai bentuk mata yang kecil, kita memerlukan teknik khusus untuk membuatnya lebih besar. Tapi pada dasarnya, untuk mempertajam bentuk mata, kita hanya perlu memberikan eyeliner pada garis mata bagian atas dan bawah. Pilihlah warna eyeliner yang sesuai kebutuhan, dan buatlah garis mengelilingi mata kita bagian atas dan bawah. Setelah membentuk dengan eyeliner, oleskan eyeshadow dengan warna lembut dan alami misalnya coklat muda, krem, atau kuning tua. Untuk menjaga kesan natural, beri satu warna saja untuk eyeshadow. Jangan lupa untuk mengoleskan maskara agar bulu mata kita bisa terlihat lentik dan lebih panjang.

  • Membentuk Bibir

Cara make up natural untuk cantik alami selanjutnya adalah dengan membentuk bibir. Ketika kita sedang berbicara, mulut kita akan menjadi perhatian dari lawan bicara kita. Untuk itu kita perlu mempercantik bibir kita agar terlihat indah pada saat berbicara. Untuk bibir yang tipis, boleh menggunakan tekstur lipstik glossy dan mengkilat agar tampilannya lebih menonjol dan bibir terlihat penuh. Tetapi untuk bibir yang penuh sebaiknya menghindari tekstur ini. Gunakan tekstur matte untuk bibir yang penuh, agar terlihat lebih natural. Hindari juga memakai warna yang terlalu mencolok. Sebaiknya pilihlah warna yang setingkat lebih merah dari warna bibir agar tetap terlihat natural.

  • Make up pipi

Make up bagian pipi ini juga diperlukan agar mendapatkan make up natural untuk cantik alami. Pipi yang terlihat sehat dan kemerahan bisa kita dapatkan dari efek Blush On yang kita aplikasikan pada kedua tulang pipi kita. Cara membubuhkan blush on pada kedua tulang pipi ini bisa dilakukan dengan bantuan kuas, dari arah bawah ke atas tipis saja. Untuk warna bisa memakai warna merah muda, atau coklat muda untuk mengurangi bentuk pipi yang chubby, dan mempertegas bentuk wajah kita. Untuk mendapatkan bentuk hidung yang lebih tinggi, bisa juga menyapu bagian kanan dan kiri hidung kita dengan blush on warna coklat muda tipis saja agar tetap terkesan natural.

Cara make up natural untuk cantik alami ini sebetulnya tidak susah dan bisa dilakukan dengan cepat. Dengan banyaknya berlatih, pasti kita akan lebih mahir memakai make up.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *