Cantik Alami dengan 15 Ramuan Tradisional Indonesia

By | September 3, 2016

cantik-alami

 

Berikut ini merupakan tips cantik alami dengan ramuan Tradisional Indonesia yang mungkin bermanfaat bagi Anda. Sebagai orang Indonesia, kita sudah seharusnya bangga karena Indonesia sangat berlimpah dengan budaya dan kekayaan alamnya. Banyak sekali  budaya yang bisa kita pelajari dan juga kekayaan alam yang bisa kita manfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan alami kita. Banyak tanaman obat yang bahkan hanya ada di Indonesia dengan teknik mengolahnya yang juga khas negara kita seperti ramuan tradisional atau jamu.

Ramuan tradisional atau jamu ini sudah dimanfaatkan oleh nenek moyang kita untuk menjaga kesehatan, mengobati penyakit dan juga menjaga penampilan agar tetap cantik alami. Dengan menggunakan bahan – bahan alami seperti rempah asli Indonesia, membuat ramuan tradisional ini menjadi sangat mudah karena kita bisa mendapatkan bahannya di sekitar kita. Rempah khas Indonesia yang biasa dipakai untuk membuat ramuan tradisional antara lain kunyit, jahe, cengkeh, kencur, temu lawak, kayu manis, asam jawa, beberapa dedaunan misalnya daun sirih, daun pepaya, daun sambiloto, daun jambu biji dan masih banyak lagi yang lain. Pengolahannya pun dahulu masih tradisional, dengan peralatan sederhana dan dibuat sendiri oleh penjualnya. Cara ini sebenarnya masih banyak kita jumpai pada penjual jamu gendong yang biasa dijual oleh seorang wanita dengan menggendong jamu jualannya. Soal rasa pastinya tergantung dari kemampuan masing – masing penjual jamu itu, semakin mahir dia mengolah ramuan tradisional tersebut, pasti semakin enak rasanya. Namun pasti ada beberapa ramuan tradisional yang memang terasa pahit dan tidak enak, namun memiliki khasiat yang tinggi dan bermanfaat agar tetap bugar, sehat dan cantik alami.

Di jaman sekarang dengan kemajuan teknologi yang pesat, ramuan tradisional ini pun bisa diolah menjadi minuman dengan kemasan yang lebih modern. Seperti ramuan tradisional kunyit asam dan beras kencur, sudah dapat kita nikmati sebagai minuman dalam kemasan botol yang segar. Selain menambah kesegaran, ramuan tradisional ini juga bermanfaat menambah kecantikan alami khususnya bagi para wanita. Untuk rasanya sudah pasti nikmat dan jauh dari kesan jamu yang pahit dan tidak enak. Minuman ramuan tradisional ini cocok disajikan untuk remaja sekarang ini yang tidak terlalu suka meminum jamu. Untuk olahan jamu lain, beberapa produsen jamu tradisional mengolahnya menjadi bubuk atau serbuk jamu. Kita cukup menyeduhnya dengan air panas saja dengan menambah sedikit madu agar rasanya lebih nikmat. Tentu sangat praktis bukan?

Selain ramuan tradisional kunyit asam dan beras kencur, masih banyak ramuan lain yang juga bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan alami. Cara membuatnya pun tidak terlalu sulit karena kita bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa membutuhkan peralatan yang khusus. Agar hasilnya maksimal, kita bisa memilih bahan – bahan yang masih segar dan berkualitas baik, dan bahkan banyak orang yang menanamnya sendiri dirumah. Kita bisa saja menanam tanaman kunyit, jahe dan rempah lain secara mudah dalam pot di halaman rumah. Perawatan tanaman ini pun cukup mudah dan bisa kita panen dalam waktu beberapa bulan sekali.

 

15 Ramuan untuk Cantik Alami

 

  1. Jamu Kunyit Asam untuk Kecantikan Alami

Ramuan tradisional yang bermanfaat untuk memancarkan kecantikan alami kita yang pertama adalah jamu kunyit asam. Jamu ini bermanfaat untuk menurunkan berat badan, membuang racun tubuh, meredakan peradangan, melancarkan siklus haid dan masih banyak lagi manfaat yang bisa diperoleh (baca juga : Manfaat Jamu Kunyit Asam Untuk Kecantikan). Untuk membuatnya, kita bisa memilih kunyit yang berukuran besar dan masih segar. Hal ini bisa dilihat dari warna kekuningan dari kunyit yang cerah, tidak ada bagian yang busuk atau berlubang. Bahan lain yang diperlukan adalah asam jawa dan gula merah. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Cuci bersih kunyit dari kotoran dan tanah yang menempel. Buang bagian kulit yang menghitam atau kita juga bisa mengupas seluruh kulitnya.
  • Setelah bersih, parut kunyit
  • Rebus parutan kunyit bersama asam jawa dan gula merah
  • Biarkan air rebusan sedikit menyusut, cicipi rasanya. Bisa ditambahkan gula merah bila dirasa kurang manis, atau asam jawa untuk menambah rasa asamnya. Bila rasa sudah pas, saring air rebusan agar terpisah antara air dan ampasnya
  • Jamu kunyit asam siap diminum ketika hangat, ataupun ditambahkan dengan es batu agar tambah segar
  • Minumlah secara teratur agar khasiatnya lebih terasa
  1. Beras Kencur untuk Kecantikan Alami

Beras kencur adalah jamu favorit dari anak – anak sampai dewasa. Rasanya yang segar dan manis membuat beras kencur sangat disukai dan menjadi minuman penawar pahit setelah meminum jamu yang lain. Selain segar, beras kencur juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat, membantu membentuk tubuh agar tetap ramping, dan lainnya (Baca selengkapnya di: Manfaat Beras Kencur Untuk Kecantikan Alami).

  1. Jamu Cabai Lempuyang untuk Kecantikan Alami

Ramuan tradisional untuk memancarkan kecantikan alami berikutnya adalah Jamu Cabai Lempuyang. Jamu ini terasa pedas, segar dan sedikit getir. Khasiat jamu cabai lempuyang ini antara lain mengatasi pegal – pegal tubuh yang biasanya terjadi di punggung, meredakan nyeri pinggang, mencegah anemia dengan meningkatkan produksi sel darah merah. Dengan lancarnya peredaran darah maka badan akan terasa segar sehingga kulit wajah kita akan berseri – seri.

Jamu cabai lempuyang ini dibuat dari campuran cabe puyang, temu ireng, temulawak, daun adas, jahe, kunyit, merica, kedawung, keningar, pulosari, kudu, asam jawa, kunci, dan ditambah pemanis dari gula merah, gula putih atau madu. Cara membuatnya yang pertama adalah menghaluskan semua bahan dan direbus dengan air sampai mendidih. Setelah mendidih, angkat, dinginkan sebentar kemudian saring. Ramuan tradisional ini bisa diminum hangat, ataupun disimpan di lemari es untuk dikonsumsi dingin. Jika disimpan dalam lemari es, jamu cabai lempuyang ini tahan selama satu minggu.

  1. Jamu Kunci Sirih untuk Kecantikan Alami

Ramuan tradisional untuk memancarkan kecantikan alami selanjutnya adalah Jamu Kunci Sirih. Jamu ini sangat bermanfaat untuk kesehatan kewanitaan kita seperti mengurangi keputihan, mengatasi bau tidak sedap, merapatkan organ kewanitaan, memperkuat email gigi dan mencegah peradangan. Kita bisa mengolah langsung daun sirih ditambah dengan temu kunci dan gula merah. Penjual jamu tradisional juga terkadang menambahkan beberapa bahan lain seperti kunyit, kencur, jahe, kayu manis, kapulaga, asam jawa, serai, perasan jeruk nipis, sedikit garam, gula merah serta buah delima dan majakani. Caranya sama seperti ramuan tradisional lain diatas, kita perlu menghaluskan semua bahan dan merebusnya dengan air sampai mendidih, saring dan segera minum disaat hangat.

  1. Jamu Sinom untuk Kecantikan Alami

Ramuan tradisional yang satu ini mempunyai rasa yang segar dan manis, yang biasanya diminum setelah mengkonsumsi jamu yang pahit. Bahan yang digunakan untuk membuat Jamu Sinom ini adalah Sinom (daun asam jawa yang masih muda), temulawak, kunyit, kayu manis, kapulaga, ditambah gula merah dan gula putih bila dirasa kurang manis. Khasiat jamu sinom ini antara lain adalah membuat badan segar, menambah nafsu makan, mengurangi peradangan lambung, menurunkan gejalan hepatitis C atau sakit kuning, dan sebagai ramuan alami untuk proses detoksifikasi. Dengan terbuangnya racun yang ada di tubuh, tentu akan membuat kulit kita lebih bersinar dan bebas jerawat.

  1. Jamu Pahitan untuk Kecantikan Alami

Ramuan tradisional untuk memancarkan kecantikan alami berikutnya adalah Jamu Pahitan. Sesuai dengan namanya, jamu ini berasa pahit. Banyak orang tidak menyukai jamu ini karena rasanya yang pahit. Tapi dibalik rasanya yang kurang enak, terdapat banyak manfaat yang bisa kita rasakan, antara lain menambah nafsu makan, menurunkan resiko diabetes, menurunkan kadar kolesterol darah, melancarkan peredaran darah dan mengatasi pegal – pegal. Untuk kecantikan, jamu pahitan ini bisa membantu menghilangkan jerawat, gatal –  gatal pada kulit dan mengatasi bau badan yang tidak sedap. Untuk membuat jamu pahitan ini, rebuslah brotowali, lempuyang, daun meniran, serai, lengkuas, temu ireng, widoro laut, widoro putih, adas, dan bahan rempah yang lainnya. Rebus sampai air rebusan menyusut jadi setengahnya, dan ramuan ini tidak ditambahkan gula sebagai pemanis. Untuk penawar rasa pahit, minumlah ramuan beras kencur, kunyit asam atau jamu sinom.

  1. Jamu Gepyokan untuk Kecantikan Alami

Ramuan tradisional yang satu ini sangat mudah dibuat dan memakai bahan yang ada di dapur kita. Bahan yang dipakai adalah jahe, lengkuas, kencur, kunyit, temu giring, temulawak, daun katuk, lempuyang, dan pemanis gula merah. Jamu Gepyokan ini sangat bermanfaat bagi ibu menyusui yaitu bisa meningkatkan produksi ASI karena adanya kandungan daun katuk dalam jamu tersebut. Untuk kecantikan alami, ramuan tradisional ini bisa menghilangkan bau badan tidak sedap dan mengecilkan perut. Cara membuatnya pun mudah, kita cukup menumbuk kasar bahan diatas, tambahkan air hangat dan peras dengan menggunakan kain tipis untuk diambil sarinya. Rebuslah sari ramuan tadi sampai mendidih,angkat dan dingingkan. Bisa tahan sampai satu minggu dalam lemari es untuk persediaan.

  1. Jamu Temulawak untuk Kecantikan Alami

Ramuan tradisional untuk memancarkan kecantikan alami selanjutnya adalah jamu temulawak. Sesuai dengan namanya, jamu temulawak ini sebagian besar bahannya memang temulawak. Bahan lain yang dicampurkan adalah kencur, jinten, asam jawa, daun pandan dan gula merah. Manfaat yang kita dapat dari jamu temulawak ini adalah membantu menurunkan hepatitis, membantu tubuh dalam memproduksi cairan empedu, mengobati sakit kepala dan lain sebagainya. Cara membuatnya adalah dengan mengiris tipis temulawak dan kencur kemudian di goreng tanpa minyak atau disangrai sebentar. Setelah disangrai tambahkan bahan lain dan tumbuk halus dengan tumbukan biasa atau blender. Setelah itu rebus bahan tersebut sampai mendidih, dinginkan dan saring.

  1. Ratus Rambut untuk Kecantikan Alami

Ramuan  tradisional untuk memancarkan kecantikan alami adalah dengan Ratus. Ratus adalah penguapan dari bahan – bahan alami yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan bagian tubuh yang diuapi. Untuk ratus rambut, bagian yang diuapi adalah rambut, menggunakan bahan alami seperti akar wangi, kayu manis, kayu cendana, mayosi, dan klebet. Semua bahan tersebut ditumbuk kasar, direbus dalam air sampai mendidih. Uap air dari ramuan yang mendidih ini yang dipakai untuk menguapi rambut kita. Sebelum memakai ratus  rambut ini, cucilah rambut terlebih dahulu dan keringkan sampai setengah kering. Uapi rambut yang masih lembab tersebut selama 10 – 15 menit.

  1. Cem – Ceman Rambut untuk Kecantikan Alami

Ramuan tradisional untuk memancarkan kecantikan alami berikutnya adalah cem – ceman rambut. Ramuan ini juga bermanfaat bagi kecantikan rambut kita antara lain untuk melebatkan, menghitamkan dan mengatasi rambut rontok. Ramuan cem – ceman ini juga sudah digunakan dari jaman dahulu, terutama untuk kaum wanita di keluarga keraton. Sekarang cem – ceman bisa kita dapat dengan mudah di supermarket dalam bentuk kemasan botol, tapi jika ada yang ingin membuatnya, bahan baku yang digunakan pun sangat mudah di dapat. Pertama yang harus kita siapkan adalah minyak kelapa, minyak kemiri, daun waru, sari jeruk purut, bunga melati, bunga kenanga, irisan pandan, dan daun mangkokan. Rebus semua bahan menjadi satu kemudian saring. Diamkan selama 2 -3 jam baru gunakan. Gunakan cem – ceman rambut ini setelah keramas atau sebelum tidur malam.

  1. Mangir untuk Kecantikan Alami

Mangir digunakan oleh para putri bangsawan keraton untuk mencerahkan warna kulit. Selain itu mangir juga berkhasiat menghaluskan dan mendinginkan kulit yang terkena sengatan sinar matahari. Mangir terbuat dari bahan alami seperti kunyit, tepung beras, daun kemuning, temu giring,  dan bunga kenanga.

  1. Tapel untuk Kecantikan Alami

Tapel adalah jamu luar tubuh yang diperuntukkan bagi para wanita pasca melahirkan. Fungsinya adalah untuk menghangatkan perut, mengencangkan kulit sekitar perut dan menghilangkan selulit. Tapel dapat kita buat sendiri di rumah karena bahan –bahannya pun mudah di dapat. Bahan – bahan untuk membuat tapel adalah tepung beras, adas, kencur, pulosari, bangle, klabet, jahe, dan kayu manis. Haluskan semua bahan tersebut dan campur dengan air sebelum menggunakannya, Balurkan ke area perut dan tempelkan daun sirih, lalu dibebat dengan kain. Gunakan selama 40 hari setelah melahirkan.

  1. Jeruk Nipis dan Madu untuk Kecantikan Alami

Vitamin C pada jeruk nipis mampu menyerap kalsium pada sel – sel lemak tubuh. Hasilnya adalah penurunan berat badan bisa berlangsung lebih cepat.  Membuatnyapun sangat mudah yakni dengan mencampurkan 1 sendok teh madu ke dalam perasan jeruk nipis. Jika Anda rutin meminumnya, maka penurunan berat badan akan cepat terjadi. Tubuh langsing dan ideal pun akan Anda miliki.

  1. Jamu Brotowali untuk Kecantikan Alami

Jamu brotowali mungkin banyak yang mengenalnya karena rasanya pahit luar biasa. Jamu yang baik untuk mengobati diabetes ini ternyata juga baik untuk untuk kecantikan. Dengan memanfaatkannya sebagai masker wajah, brotowali dapat mengatasi jerawat dan menghilangkan bopeng di wajah. Semakin sering Anda menggunakannya semakin cepat jerawat atau bopeng bekas jerawat hilang.

  1. Jamu Bersih Darah untuk Kecantikan Alami

Jamu bersih darah dikenal mengatasi berbagai masalah kulit yang bisa mengurangi rasa percaya diri seseorang. Permasalahan seperti jerawat, bisul, alergi baik udara maupun makanan, dan menghilangkan bercak hitam. Jamu jenis ini mungkin sering Anda jumpai di depot – depot jamu atau toko obat, namun Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan – bahannya pun sangat mudah, seperti temulawak, kunyit, temu ireng, daun ayang – ayang, akar alang – alang, daun pegagan, kulit kayu pulai, dan daun bidara laut. Cara membuatnya adalah dengan merebus semua bahan tadi, tentu saja setelah dicuci dan dikupas kulitnya. Setelah mendidih, saring airnya dan tunggu sampai dingin. Jamu bersih darah pun siap untuk diminum. Minum jamu ini 2 kali sehari sebelum makan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah manfaat dari jamu tradisional untuk kecantikan alami kita. Selain bahan – bahannya alami dan mudah di dapat di pasar, dengan menggunaka jamu tradisional ini berarti kita juga ikut berpartisipasi dalam melestarikan budaya luhur yang telah diwariskan dari para pendahulu kita. Selain itu jamu – jamu tradisional kita ternyata memang sudah diakui khasiatnya baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Itu sebabnya mulai banyak perawatan di salon – salon kecantikan menggunakan metode tradisional sebagai perawatan andalan di tempat mereka.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *