Tips Untuk Mengatasi Bisnis Online yang Sepi

By | August 4, 2016

internet

 

Hal yang wajar ketika menjalani sebuah bisnis kemudian mengalami kendala di tengah perjalanan. Seperti bisnis online yang bisa sepi akan konsumen. Jika Anda mengalami hal ini, jangan terburu merasa putus asa. Anda harus berjuang mengatasi masalah dengan mencari solusi yang tepat.

Saat ini, bisnis onlineshop atau toko online memang berpeluang bagus. Namun, bukan berarti Anda tak akan mengalami kendala ketika menjalaninya. Anda harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini saat bisnis online yang Anda kelola sepi oleh konsumen atau pembeli.

Melakukan Pengamatan & Perbaikan

Ketika ingin menyelesaikan masalah bisnis online yang sepi pengunjung, Anda sebaiknya mengamati dan memperbaiki apa yang menjadi penyebabnya. Coba cek mengenai managemen dan kualitas produk yang dijual. Jika sudah ketemu apa permasalahannya, segera benahi agar bisa meningkatkan kualitas bisnis Anda sehingga kembali memiliki banyak konsumen.

Upgrade Produk

Untuk bisa terus berkembang, Anda perlu melakukan pembaruan model terhadap produk yang Anda jual. Hal ini untuk membuat konsumen tidak merasa bosan. Selain itu, Anda perlu menambah stok penjualan agar pembeli memiliki keleluasaan memilih jenis produk yang akan dibelinya.

Berani Tampil Beda

Ada banyak pesaing toko online yang ada di interent. Anda harus berani tampil beda sehingga memiliki ciri khas yang lebih unik daripada toko online lainnya. Produk yang unik yang berbeda dengan yang lainnya akan lebih disukai oleh para pembeli. Anda bisa melihat bahwa produk homemade yang unik akan lebih laku di pasaran dalam harga yang mahal.

Pentingnya Pemasaran Online & Offline

Meskipun jenis bisnis yang Anda jalankan merupakan jenis bisnis online, tak selalu  harus berkaitan dengan dunia internet. Namun, marketing offline juga bisa dijalankan agar hasilnya lebih bagus. Misalnya, Anda bisa mempromosikan produk yang Anda jual dengan mengikuti bazaar atau pameran. Cetaklah brosur serta kartu nama untuk diberikan kepada para pengunjung. Dengan adanya brosur, mereka akan mengerti mengenai informasi produk yang Anda jual.

Memberikan Reward

Ide memberikan reward kepada pembeli yang membeli dalam jumlah besar sangat cemerlang. Dengan adanya reward, pembeli akan merasa mendapatkan penghargaan sehingga bisa saja dia kembali lagi suatu saat. Selain itu, promosi dari mulut ke mulut akan sangat efektif untuk perkembangan bisnis Anda. Jadi, perlakukan setiap konsumen dengan baik.

Bisnis online memang sangat mudah dilakukan. Namun, jangan beranggapan bahwa jalan yang dihadapi akan mulus tanpa suatu hambatan. Anda tetap harus ulet dan pantang menyerah menikmati setiap proses membangun bisnis online Anda. Jika Anda berpikir bisa sukses dengan cara yang instan, itu pikiran yang salah. Anda tetap harus bersabar karena usaha yang besar tidak akan terjadi dalam waktu yang singkat.

Demikian tips untuk mengatasi bisnis online yang sepi. Semoga informasi ini bermanfaat sehingga Anda dapat selalu bersikap optimis dalam menjalankan bisnis online Anda.

(Ika Pratiwi)

 
Share

12 thoughts on “Tips Untuk Mengatasi Bisnis Online yang Sepi

  1. suplemen fitnes

    bagi ku untuk yang baru memulai usaha yang masih berumur 1 tahun kebawah, wajar sekali tokonya masih sepi,. pengamatan dan pemasaran online sekarang ini bisa jadi solusi yang baik untuk memulai semuanya lebih baik lagi,.. tank infonya min

     
    View Comment
    Reply
  2. Peluang Bisnis Online MaisyaClub.com

    Artikel yang sangat bagus, Membuat blog dengan wordpress atau blogspot adalah salah satu cara untuk memulai bisnis online yang telah mulai sepi dan untuk memulai bisnis online kita harus memiliki website atau blog, baik itu blog dari wordpres maupun blogspot. banyak cara untuk menjadikan blog dan website kita sebagai mesin penghasil uang otomatis

    dengan memiliki blog atau website yang menulis tentang bisnis kita, maka diharapkan bisnis online atau toko online kita tidak akan pernah sepi dari pengunjung

     
    View Comment
    Reply
  3. Manyaw Blog

    Melakukan pengamatan dan perbaikan rasanya sangat penting jika bisnis online yang sedang dijalani tiba-tiba sepi pengunjung.

    Hal ini pernah terjadi pada saya. namun akhirnya saya bisa mengatasi masalah tersebut dengan melakukan pengamatan dan perbaikan terhadap website saya.Dengan perlahan tapi pasti, saya mencoba untuk menambah jumlah postingan agar dapat menarik traffik yang banyak.

    Terimakasih sudah berbagi tips untuk mengatasi bisnis online yang sepi 🙂

     
    View Comment
    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *