Tips Sukses Membuka Usaha Kecil

By | August 2, 2016

tips-bisnis-online

 

Usaha kecil bisa Anda jalankan dengan modal dan resiko yang kecil. Usaha kecil ini layak dijadikan sebagai usaha sampingan. Disebut sebagai usaha sampingan karena usaha ini digunakan sebagai tambahan penghasilan dari penghasilan utama. Anda bisa mendapatkan modal untuk membuka usaha kecil ini dengan menyisihkan pendapatan utama sebagai karyawan di perusahaan Anda bekerja. Jangan salah, peluang usaha kecil bisa sangat bagus dan bisa berkembang menjadi usaha skala besar.

Kunci menjalankan usaha sampingan yaitu harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Tak jarang banyak orang yang mengundurkan diri dari pekerjaan utamanya karena ingin lebih fokus menjadi wirausahawan. Akan tetapi, jika Anda belum merasa yakin sebaiknya jalankan keduanya dengan penuh tanggung jawab. Misalnya Anda bisa mengajak seseorang yang bisa dipercaya untuk menjalankannya karena Anda tidak memiliki waktu karena sibuk dengan pekerjaan utama.

Berikut ini ada sejumlah tips  sukses membuka usaha kecil, silahkan simak ya!

Memilih peluang dan memilih usaha yang dijalankan

Ketika ingin membuka suatu usaha kecil, Anda harus pintar melihat peluang mengenai jenis usaha mana yang berpeluang bagus. Selain itu, lebih baik pilihlah jenis usaha yang disukai agar hasilnya maksimal. Ketika melihat peluang usaha kecil, Anda bisa mempertimbangkan beberapa faktor seperti hal yang diminati, skill atau keahlian, dan kondisi lingkungan.

Fokus, ulet dan pantang menyerah

Apapun jenis usaha yang Anda jalani, bersikaplah fokus, ulet dan pantang menyerah. Jangan berganti-ganti bidang usaha karena hal ini tidak berpeluang bagus. Ingatlah, butuh perjuangan saat merintis suatu usaha. Anda harus berjuang dari nol dengan ulet dan pantang menyerah. Anda butuh memperhatikan seluk beluk usaha yang dijalani sehingga ketika ada suatu masalah, Anda bisa mengatasinya dengan baik.

Promosi dan lokasi

Lokasi usaha akan berpengaruh terhadap kesuksesan Anda karena kemudahan akses konsumen sangat penting. Jika Anda memiliki lokasi yang strategis, maka ini akan menjadi kelebihan tersendiri bagi usaha yang Anda jalani karena konsumen akan senang menjangkau akses yang mudah.

Selain memperhatikan lokasi yang strategis, Anda bisa melakukan promosi kepada konsumen. Misalnya saja dengan melakukan promosi pembelian ulang atau free delivery (pengiriman gratis) untuk beberapa wilayah.

Berikan layanan prima

Jika konsumen merasa puas dengan layanan yang Anda berikan, ini akan berdampak terhadap omset yang diterima. Biasanya, konsumen akan melakukan pembelian ulang jika merasa puas dengan pelayanan yang diterimanya. Ingat ya, selalu berikan pelayanan prima dan produk yang berkualitas kepada konsumen.

Penguasaan dan pengembangan skill

Skill atau keahlian merupakan faktor penting dalam menjalankan suatu usaha. Dalam usaha skala kecil, pemilik akan berperan sebagai pelaku sekaligus manajer. Maka dari itu, Anda harus paham mengenai seluk beluk usaha yang dijalankan.

Kelola uang dengan baik

Ketika melakukan suatu usaha, Anda sebaiknya mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran dari usaha yang Anda jalankan. Hal ini berguna untuk mengawasi keuangan sehingga Anda akan tahu berapa keuntungan yang diperoleh.

Itulah tips sukses membuka usaha kecil yang bisa Anda coba. Semoga sukses ya.

(Ika Pratiwi)

 
Share

2 thoughts on “Tips Sukses Membuka Usaha Kecil

  1. selltiket

    Baru dari selltiket.com,
    untuk semua agen selain anda bisa menjual tiket pesawat
    dan tiket kereta api sekarang anda
    juga dapat melakukan pembayaran :
    PLN, Pembelian pulsa, Pembayaran Telkom,
    pembayaran multifinance ADIRA, BAF, MAF, MEGA WOM.
    Gabung sekarang juga di http://agen.selltiket.com

     
    View Comment
    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *