Tips Sukses Belajar Matematika

By | August 1, 2016

tips-cara-belajar

 

Banyak siswa menganggap bahwa pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang sangat menakutkan. Berkutat dengan angka-angka membuat siswa merasa bingung dan pusing. Sebenarnya, hal itu karena belum tahu cara sukses belajar matematika. Sebab, matematika bisa menjadi pelajaran yang sangat mengasyikan jika kamu tahu bagaimana kunci menguasainya.

Yang utama, bulatkan tekad bahwa kamu ingin bisa menguasai matematika. Niat sangat penting dalam melakukan sesuatu. Percayalah, dengan niat yang baik, segala masalah akan dipermudah begitu juga dalam belajar matematika.

Berikut ini ada informasi penting mengenai tips sukses belajar matematika. Yuk simak bagaimana caranya!

Berlatih matematika sedikit demi sedikit

Matematika bisa kamu kuasai dengan berlatih soal-soal matematika sedikit demi sedikit. Ini akan membangkitkan rasa percaya dirimu untuk bisa mengerjakan soal matematika di kelas nantinya. Kebanyakan siswa akan merasa grogi saat mengerjakan soal tes matematika karena sudah menganggap bahwa matematika itu sulit sebelum berusaha.

Aktif pada saat pelajaran matematika di kelas

Kamu harus menjadi siswa yang aktif di kelas. Misalnya saja ,ketika ada bahasan yang belum kamu mengerti, jangan ragu dan malu untuk bertanya. Apapun yang ingin kamu tanyakan, keluarkan. Guru di kelas akan senang terhadap siswa yang aktif bertanya di kelas. Siswa yang banyak  bertanya bukanlah siswa yang bodoh, namun sebaliknya. Jadi, kamu tak perlu malu untuk bertanya ya.

Selain itu, pelajaran matematika merupakan pelajaran yang berkesinambungan sehingga usahakan kamu  selalu mengikuti pelajaran agar tak ketinggalan.

Selalu kerjakan tugas yang diberikan oleh guru

Ketika ada tugas rumah atau PR, bersyukurlah karena kamu bisa berlatih soal. Biasanya, siswa akan malas belajar seperti mengerjakan soal matematika kalau tidak ada PR. Sebenarnya, guru memberikan PR supaya siswa mau belajar di rumah. Meskipun kamu mempunyai banyak tugas sekolah yang harus dikerjakan, jangan sekali-kali menyepelekan PR matematika. Sesulit apapun itu, cobalah kerjakan. Kamu bisa meminta bantuan teman yang lebih pintar untuk mengajari bagaimana cara mengerjakan soal matematika yang kamu anggap sulit. Selain teman, kamu bisa juga minta tolong diajari kakak atau saudara yang jago matematika.

Coba pahami soal matematika

Setiap ada soal, pahamilah soal tersebut. Kamu harus bisa memahami bagaimana cara menemukan hasilnya. Setiap soal matematika yang diberikan akan membutuhkan suatu penyelesaian. Cobalah untuk mencari bagaimana cara penyelesaian sebuah soal dengan mendapatkan solusi yang tepat.

Perhatikan penjelasan guru di kelas

Ketika mengikuti pelajaran matematika di kelas, cobalah perhatikan penjelasan guru dengan seksama. Walaupun banyak godaan untuk tidak memperhatikannya, jangan mudah terpancing karena kamu sadar jika tidak mendengarkan penjelasan guru maka kamu tidak akan bisa mengerjakan soal matematika. Penjelasan guru merupakan pondasi yang mesti diikuti dengan baik. Setelah itu, kamu bisa menambah wawasanmu dengan membaca buku-buku matematik serta mencoba mengerjakan latihan-latihan soalnya.

Demikianlah tips sukses belajar matematika. Semoga bermanfaat.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *