Tips Rumah Aman Ditinggal Libur Panjang Akhir Pekan

By | August 2, 2016

Rumah

Liburan merupakan kegiatan menyenangkan yang sangat dinantikan oleh setiap orang. Anda pasti menantikan datangnya libur panjang akhir pekan supaya bisa berlibur ke suatu tempat. Jika Anda ingin pergi berlibur ke suatu tempat pada waktu akhir pekan, pastikan keamanan rumah terjamin saat ditinggal selama beberapa hari.

Berikut ini ada beberapa tips rumah aman ditingal libur panjang akhir pekan. Apa sajakah itu? Yuk simak tipsnya supaya Anda bisa berlibur dengan tenang saat meninggalkan rumah.

Mengamankan kunci

Ketika akan berlibur ke suatu tempat, pastika semua kunci yang ada di luar rumah untuk disembunyikan dengan baik. Jangan menyimpan kunci rumah pada tempat yang dianggap umum seperti di bawan keset, batu atau pot bunga. Biasanya, pencuri akan mencari kunci rumah pada beberapa lokasi tersebut.

Parkir mobil

Ketika Anda harus meninggalkan rumah selama beberapa hari untuk berlibur, Anda bisa meminta tolong kepada tetangga agar memarkir mobil mereka di halaman rumah Anda. Hal ini bertujuan untuk memberi kesan seolah-olah rumah Anda tetap ada kehidupan ketika Anda meninggalkannya.

Perawatan rumput

Sebelum meninggalkan rumah, pastikan rumput di halaman sudah terawat dengan baik. Rumput yang tidak terawat akan membuat kesan bahwa rumah tersebut telah ditinggal oleh penghuninya. Jadi, pangkaslah rumput terlebih dahulu sebelum meninggalkan rumah.

Memadamkan dan menyalakan lampu

Selain keadaan rumput, lampu merupakan indikator yang menentukan ada tidaknya pemilik rumah. Untuk itu, walaupun Anda meninggalkan rumah pastikan lampu menyala di malam hari dan padam di siang hari. Untuk itu Anda bisa meminta bantuan tetangga untuk melakukannya.

Beritahu tetangga di sekitar

Saat Anda menitipkan rumah kepada salah satu tetangga terdekat, pastikan Anda juga memberitahukan kepada tetangga yang lainnya. Misalnya Anda memberitahukan kepada tetangga yang rumahnya berada di depan, belakang, samping kiri dan kanan agar mereka ikut mengawasi rumah Anda selama ditinggal berlibur beberapa hari. Dengan begitu, keamanan akan lebih terjamin karena secara kasat mata rumah Anda diawasi dari berbagai penjuru.

Jauhi Media Sosial

Tidak dipungkiri bahwa banyak orang yang tak sabar mengupload foto-foto saat mereka berwisata ke suatu tempat tertentu. Biasanya, mereka mengunggah foto-foto liburan di Facebook, Path, Instagram dan lainnya.

Ternyata, kebiasaan itu tidak baik karena secara langsung Anda memberitahukan kepada banyak orang bahwa Anda sedang tidak berada di rumah. Apabila ada orang jahat yang memiliki niat buruk, hal ini bisa menjadi kesempatan emas untuk mendatangi rumah kosong Anda dan mengambil beberapa barang berharga. Sebaiknya, jauhi media sosial selama Anda berlibur. Anda tetap bisa mengunggah foto-foto saat liburan, namun setelah Anda sampai di rumah. Ini akan lebih aman untuk dilakukan.

Semoga informasi mengenai tips rumah aman ditinggal libur panjang akhir pekan bisa bermanfaat.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *