Tips Promosi Melalui Internet

By | August 3, 2016

internet

 

Di jaman yang serba maju ini, memiliki bisnis sendiri menjadi impian bagi banyak orang, baik bagi Anda yang sudah bekerja kantoran, seorang ibu rumah tangga ataupun anak muda yang ingin lebih maju. Mempunyai bisnis bisa dilakukan secara online maupun offline. Yang menjadi tantangannya adalah mempromosikan usaha atau bisnis Anda tersebut.

Mempromosikan usaha dan bisnis kita bisa dilakukan secara online lewat internet ataupun offline. Keuntungan mempromosikan bisnis Anda menggunakan media internet adalah jangkauan yang sangat luas. Hal ini berbeda jika Anda menggunakan sistem offline yaitu lewat media cetak seperti koran ataupun lewat radio, Anda hanya menjangkau pasaran lokal saja.

Berikut cara mempromosikan usaha dan bisnis Anda melalui internet:

Gunakan Media Sosial

Anda dapat memanfaatkan sarana media sosial sebagai alat promosi bisnis Anda, seperti facebook, twitter, instagram, dll. Link pertemanan pada media sosial yang Anda miliki dapat dipakai untuk mempromosikan bisnis yang sedang Anda jalankan. Dengan memperbanyak akun media sosial Anda maka akan semakin luas pula jaringan yang bisa Anda peroleh.

Promosi Melalui Blog

Selain menggunakan media sosial, Anda bisa membuat blog untuk mempromosikan bisnis atau usaha Anda. Di blog yang Anda buat, Anda  bisa menambahkan gambar dan ulasan tentang produk yang Anda jual, harga, cara pembayaran dan lain sebagainya. Semakin lengkap informasi yang Anda sampaikan, akan menambah rasa percaya dari calon konsumen Anda. (Baca juga : Cara Mudah membuat Blog)

Memanfaatkan Situs Berjualan Gratisan

Cara berpromosi melalui situs berjualan atau marketplace ini sangat efektif bahkan tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun alias gratis. Contoh marketplace di Indonesia yang terkenal saat ini misalnya OLX.co.ci, bukalapak.com , tokopedia.com , FJB kaskus, dan lain sebagainya.

Di dalam situs penjualan gratis tersebut, Anda harus memberikan informasi secara jelas dan dilengkapi dengan foto produk. Penjelasan yang diperlukan biasanya meliputi deskripsi produk, foto, alamat usaha, kontak telepon atau whatsapp atau pin bb, cara pemesanan, cara pembayaran dan testimoni pelanggan jika ada.

Memanfaatkan Marketplace Berbayar

Manfaatkan marketplace atau situs berjualan yang berbayar juga untuk mengembangkan bisnis Anda. Namun selain membutuhkan modal untuk memasang iklan dan promosi, biasanya marketplace berbayar lebih segmented sifatnya, seperti untuk Anda yang memiliki bisnis properti Anda bisa berlangganan di rumah.com atau rumah123.com.

Beriklan Di Google

Google juga menyediakan sarana untuk memasarkan produk kita yaitu di google ads. Tentu saja hal ini tidak gratis. Kita bisa mengeluarkan budget yang sesuai dengan kemampuan kita, dan batas waktu atau lamanya kita memasang iklan tersebut. Bagi Anda yang memiliki modal cukup besar, tentu hal ini adalah peluang terbaik dalam mempromosikan bisnis Anda.

Itulah tips mempromosikan bisnis Anda melalui internet. Di era yang serba cepat dan praktis ini, media internet memang sangat membantu kita dalam mengembangkan bisnis kita. Untuk Anda pelaku bisnis dan menginginkan kemajuan pada bisnis Anda, tentu Anda akan menerapkan cara – cara diatas.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *