Tips Mudah Mendidik Sambil Berwisata dengan Anak Balita

By | August 1, 2016

berjemur-di-pantai

 

Keberadaan sang buah hati ditengah keluarga anda tentu membuat anda dan pasangan merasa bahagia. Beragam cita-cita dan harapan anda terhadap masa depan sang buah hati yang kini menginjak usia balita, seakan tidak ada habisnya dengan berbagai rencana masa depannya. Selain perhatian langsung dengan kasih sayang, biasanya faktor pendidikan sekolah lah yang menjadi perhatian utama para orang tua dalam memberikan hal yang terbaik bagi sang buah hati. Dengan selektif para orang tua mulai sibuk memilihkan sekolah terbaik mana yang paling tepat bagi anak mereka. Kebanyakan orang tua berharap dengan memilih sekolah terbaik, sang buah hati mereka tentu akan mendapat pendidikan yang terbaik demi masa depan si anak dari kurikulum dan guru-guru yang mengajar di sekolah tersebut.

Hal tersebut sangatlah benar, namun tahukah anda, kalau anda sebagai orang tua, anda sebenarnya dapat mendidik sang buah hati secara tidak langsung. Loh! Wah masa toh? Eits, jangan berkecil hati dulu… memang, kalau mendidik mereka dengan cara atau sistem yang dilakukan para guru di sekolah tentu agak sulit dengan kondisi kesibukan orangtua sehari-hari dan mengingat tidak semua orang tua mempunyai latar belakang sebagai pendidik.

Namun yang saya maksud dengan mendidik disini adalah mendidik secara tidak langsung dengan cara melakukan kegiatan di lokasi wisata kota, sekitar kediaman anda. Hal ini memang terlihat mudah, namun dalam kegiatan ini, anda dituntut untuk aktif berkomunikasi dengan sang buah hati, minimal memancing rasa keingintahuan mereka terhadap sesuatu hal yang baru mereka lihat atau rasakan. Belajarlah bersama mereka, bila mereka menanyakan hal-hal yang anda tidak pahami ketika melakukan kegiatan ini.

Nah penasarankan dengan jenis tempat wisata apa saja yang dapat anda gunakan sebagai sarana untuk mendidik anak sekalian mempererat hubungan anda dengan sang buah hati? Yuk kita ikuti rangkuman nya berikut ini.

Museum

Banyak manfaat bila anda membawa balita anda ke tempat ini, selain dapat belajar secara visual mengenai sejarah, keberadaan mereka dimuseum pun akan dapat memancing pola pikir dan rasa keingintahuan mereka tentang benda-benda yang tidak pernah mereka lihat sebelumnya seperti benda bersejarah, karena banyak benda-benda unik bersejarah yang terdapat di museum. Ajaklah anak Anda di akhir pekan atau weekend bersama keluarga berwisata ke museum di wilayah kota tempat Anda tinggal.

Kebun Binatang

Mengajak si kecil ke kebun binatang akan membuat mereka mengenal lebih jauh tentang alam liar. Binatang-binatang yang biasa mereka lihat melalui televisi ataupun gambar, kini dapat mereka lihat secara langsung, hal ini tentu membuat mereka semakin memahami bentuk asli dari binatang-binatang tersebut. Dengan melihat langsung juga akan memudahkan mereka dalam menghafal nama-nama binatang yang mereka lihat.

Taman

Bawalah beberapa permainan yang bisa dilakukan oleh beberapa orang, seperti bola misalnya, biarkan dia bermain dengan bola tersebut. Biasanya di taman, akan ada orang tua seperti anda yang membawa anaknya bermain di taman juga, biarkanlah mereka bermain bersama. Selain melatih fisik, kegiatan ini juga dapat merangsang insting mereka untuk bersosialisasi.

Kolam Renang

Tempat ini bisa jadi sarana bermain bagi sang buah hati, disini mereka dapat bermain air sambil melatih mental agar tidak takut terhadap air. Selain itu, dengan melakukan aktivitas berenang, kegiatan ini  secara tidak langsung akan melatih reflex motorik dan menunjang perkembangan fisik mereka.

Nah mudahkan? Yuk kita siapkan liburan minggu ini dengan mengajak anak anda berwisata sambil mendidik mereka mengenal dunia diluar rumah : )

(Adrian)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *