Tips Mudah Mencegah Munculnya Jerawat

By | August 27, 2016

mengatasi-jerawat

 

Setelah mengetahui cara mengatasi jerawat, saatnya kita harus mencegah munculnya jerawat. Hal ini sejalan dengan sebuah ungkapan ‘lebih baik mencegah daripada mengobati’ bukan? Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah munculnya jerawat. Anda bisa pergi ke salon atau klinik kecantikan atau Anda bisa mencegahnya menggunakan bahan-bahan alami dan melakukannya sendiri di rumah. Berikut ini cara mudah untuk mencegah munculnya jerawat.

Rajin Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah minimal 2 kali sehari menggunakan pembersih wajah adalah suatu keharusan. Setelah kita seharian melakukan aktifitas di luar rumah, debu dan kotoran di luar akan menempel di kulit, sehingga apabila didiamkan akan menumpuk dan menyumbat por-pori dan menyebabkan jerawat. Pilih produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Sekarang ini sudah banyak produk pembersih wajah yang terbuat dari bahan alami yang layak Anda coba. Rutin membersihkan wajah juga berguna untuk mengangkat minyak yang berlebihan pada kulit.

Hindari Make Up Berlebihan

Menggunakan make up secara berlebihan akan menghambat kulit untuk bernapas. Pori-pori kulit wajah akan tersumbat oleh make up tebal yang Anda pakai. Pemilihan make up pun dapat menjadi penentu munculnya jerawat. Pilih make up yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan usia Anda.

Rajin Berolah Raga

Olah raga terbukti dapat menyeimbangkan hormon dan mengurangi stress yang dapat memicu munculnya jerawat. Selain itu racun-racun yang ada di dalam tubuh pun ikut terbuang bersama keringat yang dikeluarkan tubuh saat kita berolah raga.

Pola Makan Sehat

Tidak ada yang menyangkal pernyataan pola makan sehat menghasilkan tubuh yang sehat. Kecantikan alami tentu harus didukung dengan asupan nutrisi yang baik dan seimbang. Makanan yang berlemak tentu akan memicu munculnya jerawat demikian pula dengan makanan cepat saji dan makanan instan. Ubah pola makan Anda dengan memperbanyak konsumsi sayuran segar dan buah-buahan segar.

Istirahat Yang Cukup

Apabila Anda kurang beristirahat, secara emosional Anda akan mudah marah atau stress. Hormon Anda akan menjadi tidak seimbang dan jerawatpun akan bermunculan. Istirahat 6 – 7 Jam sehari adalah kebutuhan tubuh manusia. Usahakan istirahat yang cukup dan miliki juga kualitas tidur yang baik, agar emosi dan hormon Anda tidak terganggu.

Air Putih

Khasiat air putih bagi kesehatan dan kecantikan memang sudah tidak terbantahkan. Asupan air dalam tubuh yang sesuai akan menjaga kelembaban kulit kita sekaligus mendetoksifikasi racun yang ada pada tubuh. Hal ini penting untuk mencegah jerawat mucul lagi.

Tidak Memencet Jerawat

Ketika jerawat muncul, jangan memencet jerawat Anda apalagi dengan tangan yang kotor. Memencet jerawat justru akan menimbulkan masalah baru yaitu munculnya bekas jerawat yang sulit hilang dan pengobatannya juga relatif mahal.

Bagi Anda yang ingin mengucapkan selamat tinggal pada jerawat, maka Anda bisa melakukan tips-tips yang ada di atas. Selamat mencobanya.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *