Tips Merawat Mobil Bagi Pemula

By | August 2, 2016

mobil

 

Memiliki mobil tentu saja memiliki konsekuensi untuk merawatnya. Perawatan mobil mulai dari mesin, body hingga interior mobil sangat perlu Anda lakukan, agar mobil Anda selalu tampil prima setiap kali Anda membutuhkannya. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan dalam merawat mobil Anda, hanya dibutuhkan waktu kurang dari 10 menit setiap hari untuk merawat mobil Anda sendiri. Baiknya tips ini dijalankan setiap pagi. Berikut ini tipsnya.

Cek Kondisi Air

Setiap pagi sebelum memanaskan mobil, Anda sebaiknya mengecek air pada radiator dan tabung radiator. Bila kurang, tambahkan air/coolant kedalamnya. Hal ini tentu saja agar Anda tidak terkena overheating di jalan. Periksa juga air wiper Anda, air wiper berfungsi saat kaca mobil kotor di jalan, sehingga komponen yang satu ini sangat diperlukan namun sering dilupakan.

Cek Oli Dan Pelumas Lain

Setelah mengecek kondisi air-air di mobil, langkah selanjutnya adalah mengecek kondisi oli dan pelumas di mobil Anda. Cek Oli mesin melalui dip stick oli, cek apakah oli berada dalam level maximum. Cek juga minyak rem, minyak power steering, dan oli matic pastikan bahwa semua oli dan pelumas itu berada dalam level maximum.

Cek Aki/Accu

Komponen ini juga harus dicek, karena memiliki kegunaan untuk mensupply listrik pada mobil Anda. Ada 2 tipe aki/accu, yaitu tipe kering dan basah. Tipe kering tidak membutuhkan perawatan lebih daripada tipe basah. Pada Aki tipe basah, pengecekan air aki perlu dilakukan secara berkala. Sebaiknya seminggu sekali Anda mengecek air aki Anda. Kepala aki jugaa harus di cek setiap hari. Apakah pemasangannya sudah kencang atau belum,

Cek Mesin

Cek mesin Anda apakah ada rembesan air/oli pada mesin Anda. Apabila ada, maka dipastikan ada kebocoran pada mesin/sstem pendingin mesin Anda.

Memanaskan Mesin Mobil

Setelah pengecekan-pengecekan tersebut di atas, Anda dapat menyalakan mesin Anda. Jangan lupa nyalakan AC Anda juga dan kap mobil masih dalam kondisi terbuka. Dengarkan apakah ada suara-suara aneh ketika mobil dinyalakan. Coba semua lampu-lampu dan komponen listrik lainnya, pastikan semua berfungsi.

Bersihkan Interior Mobil

Membersihkan interior mobil setiap hari adalah penting, agar udara di dalam mobil bersih ketika Anda berkendara menggunaka, AC mobil. Buang sampah-sampah di dalam mobil dan dan bersihkan karpet-karpet mobil Anda. Kebersihan interior mobil juga akan memperpanjang umur AC mobil Anda.

Cuci Mobil Anda

Ketika pulang dari bepergian atau sehabis terkena hujan, segera cuci mobil Anda. Jangan biarkan berhari-hari mobil Anda kotor, karena hal ini bisa membuat cat mobil dan kaca mobil Anda berjamur. Bahkan lebih parahnya, karat yang menjadri musuh logam, akan cepat muncul. Apalagi bagi Anda yang tinggal di daerah pesisir pantai.

Servis Berkala

Jangan tunda untuk pergi ke bengkel untuk mengganti oli atau tune up. Hal ini mencegah kendaraan Anda mogok di jalan. Selain itu pengecekan di bengkel juga akan menganalisa kondisi mobil Anda, apakah ada kerusakan/tidak.

Itulah Tips mudah cara merawat mobil untuk para pemula. Memiliki mobil berarti ada tanggung jawab yang Anda pikul untuk merawatnya. Kerapihan dan kebersihan mobil adalah cerminan dari pemiliknya.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *