Tips Merawat Cat Mobil Agar Mengkilap

By | August 2, 2016

mobil

 

Memiliki mobil adalah kebanggan tersendiri bagi pemiliknya. Mobil pun dapat menunjukkan sifat pemiliknya. Pemilik mobil yang bersifat rapi, bersih dan memelihara mobilnya, tentu mobilnya pun terlihat rapi, bersih dan terawat.

Namun seiring berjalannnya waktu, warna cat mobil Anda akan berubah menjadi kusam. Iklim tropis di negara kita membuat perawatan cat mobil harus lebih ekstra. Apalagi apabila mobil kita selalu berada di luar rumah/tidak di dalam garasi. Namun jangan berkecil hati. Ikuti saja tips-tips mudah berikut ini.

  1. Hindari sinar matahari,  Sebisa mungkin hindarkan cat mobil dari terik sinar matahari langsung, Saat mencuci mobil, disarankan dilakukan di pagi hari atau sore hari dikala sinar matahari tidak terlalu menyengat.
  2. Pakaialah Sabun khusus mobil, Hindari pemakaian deterjen untuk mencuci mobil dan gunakan sabun pencuci khusus yang diperuntukkan memang untuk cat mobil bukan untuk pencuci piring, pakaian dan lain-lain.
  3. Apabila terkena kotoran hewan, baik kelelawar, burung, dan lain-lain. Segera mungkin dibersihkan dan dicuci sampai bersih. Jangan menunggu terlalu lama didiamkan kalau tak ingin kotoran tersebut meresap ke dalam cat mobil dan membuat cat jadi rusak.
  4. Parkir di tempat teduh, hal ini sering dilalaikan mencari tempat parkir harus lebih selektif untuk menghindari sengatan sinar matahari secara langsung agar cat mobil bisa lebih awet dan warnanya tidak pudar.
  5. Saat Anda mencuci mobil, siram busa sabun yang menempel pada cat mobil segera. Jangan terlalu lama didiamkan karena berpotensi menimbulkan bercak noda pada cat mobil.
  6. Tips selanjutnya yaitu membersihkan bagian luar mobil dengan kain yang halus atau tidak kasar. Saat ini sudah ada kain khusus untuk lap mobil seperti chamois atau kanebo. Jika Anda tidak mempunyai kain Chamois, Anda bisa menggunakan kain lain yang halus dan lembut. Saat membersihkan body dengan kain lap, Anda harus menggunakan kain bersih, karena jika kain tersebut kotor dapat mengakibatkan bekas-bekas noda dan bembuat warna cat terlihat tidak bersih.
  7. Cara merawat cat mobil berikutnya yaitu mencuci mobil secara teratur. Penyucian secara teratur bertujuan untuk mencegah kotoran menempel terlalu lama, karena dapat mengurangi kilau cat mobil Anda. Tetapi menyuci mobil juga tidak harus setiap hari, minimal satu kali seminggu saat musim kemarau, dan lebih sering lagi ketika musim hujan. Saat mobil terkena hujan jangan dibiarkan terlau lama, langsung siram dengan air bersih lalu keringkan atau anda bisa mencucinya. Karena ternyata air hujan mengandung asam yang lumayan tinggi yang dapat memudarkan cat mobil jika dibiarkan.
  8. Poles Cat mobil Anda secara berkala. Dilakukan sebaiknya 3 – 4 bulan sekali, dengan menggunakan wax/obat poles yang berkualitas. Jika Anda tidak mau repot, Anda bisa menggunakan jasa salon mobil yang banyak terdapat d sekitar Anda. Tetapi, Anda jangan asal membawa mobil ke salon mobil, cari tau dahulu obat apa yang dipakai untuk memoles mobil Anda, dan amati hasil kerja mereka dari mobil yang sudah dikerjakan.

Itulah tips merawat cat mobil Anda. Lakukanlah saat waktu luang Anda dan ajak/libatkan anggota keluarga Anda untuk ikut merawat cat mobil Anda. Silahkan mencoba.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *