Tips Menjual Rumah

By | August 1, 2016

rumah

 

Mungkin Anda pernah memiliki pengalaman dalam menjual rumah. Baik rumah Anda sendiri, ataupun rumah rekan Anda yang meminta tolong untuk menjualkan rumahnya. Bisnis properti saat ini memang sedang menggeliat lagi, setelah pada tahun 2013-2014 yang lalu sempat mati suri karena adanya Pemilu dan Pilpres di negara kita. Penjualan rumah pun sekarang sedang marak lagi, hal ini tidak lepas dari banyaknya program kepemilikan rumah oleh bank-bank di tanah air ini. Persyaratannya pun sudah tidak sesulit dulu. Jika Anda hendak menjual rumah Anda, inilah saat yang tepat.

Ada banyak penyebab kenapa rumah Anda susah laku walaupun sudah pasang papan penguman “rumah ini di jual” dan juga banyak faktor kenapa rumah Anda tidak laku terjual dengan harga tinggi, bahkan bisa merugi karena tawaran calon pembeli yang rendah, cobalah tips berikut ini.

Kondisikan Rumah Dalam Kondisi Terawat

Jika rumah masih di tempati mungkin rumah akan selalu terawat, karena ada yang nempati. Tetapi bila rumah dalam kondisi kosong, maka minimal setiap pekan Anda kunjungi rumah Anda yang di jual untuk sekedar membersihkan halaman rumah. Ada hal buruk yang membuat rumah susah laku terjual dengan harga tinggi ( khususnya rumah kosong) yaitu rumah terkesan angker dengan banyak ilalang dan rerumputan liar. Kedua kondisi bangunan terlihat rusak dan kusam, terkondisi seperti rumah tua. Kondisi ini sangat mempegaruhi minat calon pembeli, susah laku terjual dan harganya tidak bisa tinggi.

Lakukan Perbaikan

Jika rumah Anda, khususnya di bagian depan terdapat kerusakan sebaiknya Anda betulkan supaya terlihat lebih rapi. Lakukan pengecatan ulang agar terlihat baru di renovasi, agar siapapun yang sedang survey akan mendapatkan kesan yang baik.

Tentukan Harga Rumah

Dalam menentukan harga rumah tentu tidak terlepas dari harga pasaran tanah/rumah di daerah Anda tinggal. Patokan harga tanah biasanya 3 kali nilai NJOP. Namun untuk rumah sedikit berbeda. Kondisi bangunan, akses menuju rumah, lingkungan, kondisi jalan di depan rumah, dan lokasi rumah, menjadi faktor penentu harga rumah itu sendiri.

Mengiklankan Rumah

Anda perlu media agar orang tau rumah Anda sedang dijual. Cara yang paling efektif adalah dengan beriklan. Saat ini banyak sekali sarana untuk beriklan di internet. Anda bisa memanfaatkannya, karena selain mudah, calon pembeli juga bisa langsung melihat foto-foto rumah yang Anda unggah. Iklankan rumah Anda sebanyak-banyaknya agar semakin besar peluang bagi rumah Anda untuk laku terjual. Informasi yang dipasang pada iklan Anda juga harus jelas dan menarik, agar calon pembeli tertarik dengan iklan Anda.

Buat Open House

Anda bisa melakukan cara ini untuk menjaring calon pembeli. Siapkan 1 hari dalam 1 minggu untuk mengadakan open house, dimana para calon pembeli bisa survey rumah Anda. Para calon pembeli pun bisa langsung bertatap muka dengan Anda untuk menanyakan semua hal tentang rumah yang Anda jual, termasuk negosiasi harga.

Itulah tips menjual rumah agar cepat laku terjual. Anda bisa juga memakai jasa broker properti untuk membantu menjualkan rumah Anda, namun tentu saja Anda harus memberikan komisi apabila mereka bisa menjualkan rumah Anda.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *